Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
dibawah ini adalah RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEGEMARAN sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 3 semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman mudah dalam membuat RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEGEMARAN. di blog ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ..............................
TEMA :
KEGEMARAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
Memiliki
harga diri sebagai individu
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
Memahami
kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia
memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
Geometri
dan Pengukuran
Memahami
unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
V. Bahasa Indonesia
Mendengarkan : 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
Berbicara :
6. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan
bertelepon dan bercerita
Membaca : 7. Membaca teks dengan membaca intensif
(150n – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis :
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan
puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan harga diri
Mengenal
kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
|
IPA
|
:
|
Mendiskripsikan
kenampakan permukaan bumi di lingkungan
|
Matematika
|
:
|
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang
dibaca secara intensif
Membaca
puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat
yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda
titik.
|
C. INDIKATOR
PKN
|
:
|
1. Mengatakan cara menjaga harga diri
pribadi
2. Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
3. Mengasumsi sikap ramah dan santun
4. Menyebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
|
IPS
|
:
|
1. Menyebutkan pengertian pembeli
2. Menyebutkan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam membeli satu
barang
3. Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di
lingkungan rumah
masing-masing
|
IPA
|
:
|
1. Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaaan bumi (daratan dan
sebaran air)
2. Menjelaskan melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar
permukaan bumi terdiri atas air
3. Menyimpulkan melalui pengamatan model
bahwa bentuk bumi tidak
datar tetapi bulat pipih
|
Matematika
|
:
|
1. Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
2. Membuat sudut satu,
setengah, seperempat putaran
3. Membangun bangun datar sesuai dengan
sifat- sifatnya
4. Menghitung keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
5. Menghitung keliling bangun persegi
6. Menghitung keliling bangun persegi
panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
2. Menanggapi pengalaman teman
3. Melakukan percakapan dengan teman dari
teks drama yang
dibacakan guru
4. Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
5. Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan
yang dilihat dan dialami
siswa
6. Membacakan cerita dengan isi teks agak
panjang
7. Membaca puisi
8. Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang
puisi yang dibacanya
9. Mengamati dan mengurutkan gambar
10. Menggunakan tanda
hubung (-) untuk menulis kata ulang
11. Membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
12. Menulis tegak
bersambung
13. Membuat karangan
sederhana
14. Menggunakan tanda koma
(,) untuk menandai tempat dan tanggal
lahir yang ditulis berurutan
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengatakan cara menjaga harga
diri pribadi
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengatakan cara menjaga harga
diri bangsa
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengasumsi sikap ramah dan
santun
4. Siswa dapat menyebutkan salah satu
keunikan yang dimiliki
bangsa Indonesia
|
IPS
|
:
|
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menyebutkan pengertian
pembeli
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menyebutkan hal-hal yang
harus diperhatikan dalam membeli
satu barang
3. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menyebutkan nama-nama pasar
yang ada di lingkungan rumah
masing-masing
|
IPA
|
:
|
1. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengidentifikasi berbagai
bentuk permukaaan bumi (daratan
dan sebaran air)
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan melalui
pengamatan model bahwa sebagian
besar permukaan bumi terdiri
atas air
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyimpulkan melalui
pengamatan model bahwa bentuk bumi
tidak datar tetapi bulat
pipih
|
Matematika
|
:
|
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan sudut sebagai jarak
putar
2. Melalui
demonstrasi siswa dapat
membuat sudut satu, setengah,
seperempat putaran
3. Melalui
demonstrasi siswa dapat
membangun bangun datar
sesuai dengan sifat- sifatnya
4. Melalui
penjelasan siswa dapat
menghitung keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
menghitung keliling bangun
persegi
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
menghitung keliling bangun
persegi panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1.
Melalui tanya jawab siswa
dapat memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh
2.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menanggapi pengalaman teman
3.
Melalui demonstrasi siswa
dapat melakukan percakapan dengan
teman dari teks drama yang
dibacakan guru
4.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan denah berdasarkan
petunjuk
5.
Melalui membaca siswa dapat
menceritakan kembali peristiwa
kecelakaan yang dilihat dan
dialami siswa
6.
Melalui membaca siswa dapat
membacakan cerita dengan isi teks
agak panjang
7.
Melalui demonstrasi Siswa
dapat membaca puisi
8. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjawab pertanyaan yang
diajukan tentang puisi yang
dibacanya
9. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengamati dan mengurutkan
gambar
10.Melalui
penjelasan siswa dapat
menggunakan tanda hubung (-)
untuk menulis kata ulang
11.Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
12.Melalui
demontrasi s iswa dapat menulis tegak bersambung
13.Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat karangan sederhana
14.Melalui
penjelasan siswa dapat
menggunakan tanda koma (,)
untuk menandai tempat dan tanggal
lahir yang ditulis berurutan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarian dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
1.Guru mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2.Grur memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru bersama dengan siswa
mengidentifikasi besar permukaan bumi
2. Guru dan siswa mengidentifikasi bentuk
permukaan bumi
3. Guru memperagakan bentuk bumi dengan globe
4. Siswa secara beregu mengamati globe
PKn
1. Guru menjelaskan
pengertian harga diri, siswa mencatat definisi harga diri
2. Guru menjelaskan cara menjaga harga diri
pribadi
3. Guru menjelaskan cara menjaga harga diri bangsa
4. Siswa mengidentifikasi cara-cara menjaga harga diri pribadi dan bangsa
Matematika
1. Guru menjelaskan dan
mepraktekkan bahwa sudut sebagai jarak putar
2. Siswa mempraktekkannya dengan bantuan alat
peraga jangka
3. Guru menjelaskan/ membuat putaran satu,
setengah dan seperempat.
4. Siswa mempraktekkannya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan cerita
2. Siswa menaggapi dan memberikan tanggapan
terhadap watak tokoh dalam cerita
3. Siswa dari tiap kelompok menceritakan
pengalaman di depan kelas
4. Siswa-siswa lain menanggapi pengalaman
temannya
IPS
1. Guru menjelaskan yang dimaksud pembeli
2. Guru mengajukan pertanyaan tentang hak dan
kewajiban pembeli
3. Siswa menjawaab pertanyaan guru
4. Siswa mencatat rangkuman tentang
pembeli
Matematika
1. Siswa mempraktekkan cara memutar sudut dari
kedua kaki sudutnya
2. Siswa membuat sudut seperempat putaran (sudut
siku-siku)
3. Siswa membuat sudut setengah putaran (lurus)
4. Guru menanggapi hasil pekerjaan siswa dan
memberikan penilaian
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan teks drama
2. Siswa secara beregu melakukan percakapan dari
teks drama
3. Siswa lain menaggapi percakapan teman
4. Guru menanggapi hasil percakapan dari
tiap-tiap regu
Matematika
1. Siswa membuat sudut putaran penuh (lingkaran)
2. Siswa mencari gambar yang menunjukkan sudut
seperempat putaran
3. Siswa mencari gambar yang menunjukkan sudut
setengah putaran
4. Siswa mencatat gambar yang menunjukkan
sudut satu putaran penuh
IPA
1. Siswa mencatat hasil pengamatan dari globe
2. Siswa merangkum tentanng materi permukaan bumi
3. Guru menilai hasil kerja siswa
4. Tiap kelompok presentase hasil
pengamatan, siswa lain menanggapinya
ý Pertemuan IV : 4 x 35 menit (Bahasa Indonesia,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan cara membaca denah
2. Siswa membaca denah
3. Guru mengajukan pertanyaan tantang denah
4. Siswa menjawab pertanyaan guru
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Melalui pengamatan model, guru menjelaskan
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
2. Guru bersama siswa mendefinisikan laut, palung,
dan jurang
3. Siswa menyebutkan contoh lautan yang luas
di Indonesia dengan alat peraga peta
PKn
1. Guru menjelaskan sikap keramahtamahan
2. Guru menjelaskan pentingnya keramahtamahan di
masyarakat melalui cerita
3. Siswa menaggapi cerita guru
Matematika
1. Guru membangun bangun datar sesuai dengan
sifat-sifatnya
2. Siswa menjiplak titik-titik pada kertas
berpetak
3. Siswa menggabungkan titik-titik tersebut
membentuk bangun datar
4. Guru memberi penilaian hasil kerja
siswa
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menceritakan di depan kelas pengalaman
melihat kecelakaan yang dilihatnya
2. Guru membacakan isi teks yang panjang
3. Siswa menanggapi cerita guru dan
menjawab pertanyaan guru
Matematika
1. Guru menjelaskan cara menghitung keliling
bangun datar
2. Siswa mencoba menghitung keliling bangun datar
yang dibuatnya
3. Guru menjelaskan satuan cm pada sisi bangun datar
4. Siswa menghitung keliling bangun datar
dengan satuan cm
IPS
1. Guru memberi penjelasan beberapa hal tentang
cara membeli suatu barang
2. Siswa mengulangi penjelasan guru
3. Siswa mencatatnya di buku tulis
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (Matematika, IPS, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan puisi
2. Siswa menjawab pertanyaan tentang isi puisi
3. Siswa membacakan puisi tersebut di depan kelas
4. Siswa mencatat teks puisi
Matematika
1. Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
2. Siswa menghitung keliling bangun datar persegi
3. Siswa menghitung keliling bangun datar
persegi panjang
IPA
1. Guru mengajukan pertanyaan tentang besar
permukaan bumi
2. Siswa menjawab pertanyaan guru secara tertulis
3. Guru memberi penilaian terhadap
jawaban siswa
ý
Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
B.
Indonesia :
1. Siswa membaca puisi tanpa teks di depan kelas
secara bergilir
2. Guru memberikan penilaian terhadap
bacaan puisi
IPS
1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang
cara memilih barang sebelum
membelinya
2. Siswa menjawab pertanyaan guru
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Melalui pengamatan gambar, guru menjelaskan
permukaan bumi tidak datar
2. Siswa memberi alasan, mengapa permukaan bumi
tidak datar
3. Siswa menyebutkan beberapa hal yang
menyebabkan permukaan bumi tidak datar
PKn
1. Guru menyebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
2. Siswa menyebutkan hasil karya yan dibuat oleh
rakyat Indonesia
3. Guru dan siswa mengasumsikannya
sebagai wujud kebanggaan sebagai anak Indonesia
Matematika
1. Guru menjelaskan caramenghitung keliling bangun
datar segitiga
2. Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
sama sisi
3. Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja
siswa
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mengamati dan mengurutkan gambar
2. Siswa membuat kalimat tiap-tiap gambar sehingga membentuk
satu paragraf
Matematika
1. Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
sembarang
2. Siswa menghitung keliling bangun datar segitiga
sama kaki
3. Guru memberi penilaian tentang hasil karya
siswa
IPS
1. Guru menjelaskan fungsi pasar tradisional
2. Guru dan siswa mengidentifikasi
pasar-pasar yang ada di kota Bandung
Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan tanda hubung (-) untuk menulis
kata ulang
2. Siswa menulis kata ulang dengan menggunakan
tanda hubung
3. Siswa membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
Matematika
1. Siswa menghitung keliling bangun datar tanpa
bangun, dalam bentuk soal cerita
2. Guru menilai hasil kerja siswa
IPA
1. Guru memperlihatkan gambar permukaan bumi
2. Siswa menyebutkan perbedaan antara gunung dan
pegunung
3. Siswa menuliskan perbedaan antara
jurang, palung, lembah, dan samudera
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
Minggu IV
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung
2. Siswa menuliskan nama-nama pasar swalayan sekitar rumah dan sekolah
3. Siswa menuliskan perbedaan pasar swalayan dan pasar tradisonal
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. LKS
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
I. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengatakan cara menjaga harga diri
pribadi
§ Mengatakan cara menjaga harga diri
bangsa
§ Mengasumsi sikap ramah dan santun
§ Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki
bangsa Indonesia
IPS :
§ Menyebutkan pengertian pembeli
§ Menyebutkan hal-hal yang harus
diperhatikan dalam membeli satu barang
§ Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di
lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§ Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
§ Menjelaskan melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§ Menyimpulkan melalui pengamatan model
bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§ Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
§ Membuat sudut satu, setengah, seperempat
putaran
§ Membangun bangun datar sesuai dengan
sifat- sifatnya
§ Menghitung keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
§ Menghitung keliling bangun persegi
§ Menghitung keliling bangun persegi
panjang
Bahasa Indonesia :
§ Memberikan tanggapan terhadap watak
tokoh
§ Menanggapi pengalaman teman
§ Melakukan percakapan dengan teman dari
teks drama yang dibacakan guru
§ Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
§ Menceritakan kembali peristiwa
kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
§ Membacakan cerita dengan isi teks agak
panjang
§ Membaca puisi
§ Menjawab pertanyaan yang diajukan
tentang puisi yang dibacanya
§ Mengamati dan mengurutkan gambar
§ Menggunakan tanda hubung (-) untuk
menulis kata ulang
§ Membuat kalimat yang di dalamnya
terdapat kata ulang
§ Menulis tegak bersambung
§ Membuat karangan sederhana
§ Menggunakan tanda koma (,) untuk
menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah cara menjaga harga diri
pribadi
§ Jelaskanlah cara menjaga harga diri
bangsa
§ Jelaskanlah sikap ramah dan santun
§ Sebutkan salah satu keunikan yang
dimiliki bangsa Indonesia
IPS :
§ Sebutkan pengertian pembeli
§ Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan
dalam membeli satu barang
§ Sebutkan nama-nama pasar yang ada di
lingkungan rumah masing-masing
IPA :
§ Jelaskanlah berbagai bentuk permukaaan
bumi (daratan dan sebaran air)
§ Jelaskanlah melalui pengamatan model
bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
§ Simpulkan melalui pengamatan model bahwa
bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
Matematika :
§ Jelaskanlah sudut sebagai jarak putar
§ Buatkanlah sudut satu, setengah,
seperempat putaran
§ Bangunkanlah bangun datar sesuai dengan
sifat- sifatnya
§ Hitunglah keliling datar dengan
menjumlahkan semua sisinya
§ Hitungkanlah keliling bangun persegi
§ Hitungkanlah keliling bangun persegi
panjang
Bahasa Indonesia :
§ Sebutkanlah tanggapan terhadap watak
tokoh
§ Jelaskanlah cara menanggapi pengalaman teman
§ Jelaskanlah cara melakukan percakapan
dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
§ Jelaskanlah denah berdasarkan petunjuk
§ Ceritakan kembali peristiwa kecelakaan
yang dilihat dan dialami siswa
§ Bacakan cerita dengan isi teks agak
panjang
§ Bacakanlah puisi
§ Jawabkanlah pertanyaan yang diajukan
tentang puisi yang dibacanya
§ Jelaskanlah cara mengamati dan
mengurutkan gambar
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda
hubung (-) untuk menulis kata ulang
§ Jelaskanlah cara membuat kalimat yang di
dalamnya terdapat kata ulang
§ Tuliskanlah tegak bersambung
§ Buatkanlah karangan sederhana
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma
(,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
· LKS
· Lembar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ...............................
.......................................
NIP.
|
...........,
...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
.....................................
NIP. -
|
demikian informasi tentang contoh RPP KTSP kelas 3 SD semester 2, dan
mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan semoga dapat memberikan
manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''
0 komentar:
Posting Komentar