Rabu, 09 Maret 2016

CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 KELAS V SEMESTER 1 BAB 2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan dari contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1.  Kami  mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2 ini, sengaja kami buat untuk pendidik  khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dalam pelajaran bidang agama. karena sebagian besar dari teman - teman belum memiliki atau menyusun contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2. Kami berharap RPP ini bisa sedikit membantu teman - teman pendidik agar tidak kebingungan dalam membuat RPP pelajaran Agama. Bentuk dari komponen - komponen RPP ini sudah sesuai dengan buku guru yang didapat dari kementerian agama.  untuk kelanjutan RPP ini bisa dilihat di blog ini juga. langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


bab 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : .........................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : V/I
Alokasi Waktu          :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
        diri dalam berinteraksi dengan keluarga
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.2  Meyakini Allah SWT. Sebagai Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny.
2.2  Mencontoh sifat Allah SWT. Sebagai Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-
       Mughny.
3.2 Mengenal Allah SWT. Melalui sifat – sifat Allah SWT. Yang terkandung dalam Al-
      Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny).
4.1 Melafalkan Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny).

C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
            1. Menyebutkan arti Ar-Rozzaq.
            2. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat Ar-Rozzaq.
            3. Meneladani sifat Ar-Rozzaq.
            4. Menyebutkan arti Al-Fattah.
            5. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat Al-Fattah
            6. Meneladani sifat Al-Fattah.
            7. Menyebutkan arti Asy-Syakur.
            8. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat Asy-Syakur.
            9. Meneladani sifat Asy-Syakur
            10. Menyebutkan arti Al-Mughny.
            11. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat Al-Mughny.
            12. Meneladani sifat Al-Mughny
.


D. Materi Pokok
Mengenal Al-Asmaa’ Al-Husna Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughniy
1. Ar- Rozzaq
    Ar- Rozzaq artinya yang Maha Pemberi Rezeki. Bukti bahwa Allah SWT bersifat Ar-
    Rozzaq adalah Allah memberi rezeki kepada setiap makhluk-Nya.
2. Al-Fattah                                
    Al-Fattah artinya yang Maha Membukakan pintu rahmat bagi para hamba-Nya.
    Bukti bahwa Allah bersifat Al-Fattah adalah membukakan  pintu hati seorang ayah
    untuk menyayangi anggota keluarganya.
3. Asy-Syakur
    Asy-Syakur artinya yang Maha Menerima Syukur. Bukti bahwa Allah SWT bersifat
    Asy-Syakur adalah Allah memberikan tambahan nikmat bagi orang yang mau
    bersyukur.
4. Al-Mughniy
    Al-Mughniy artinya yang Maha Pemberi Kekayaan. Bukti bahwa Allah SWT bersifat
    Al-Mughniy adalah Allah memberi kekayaan kepada setiap hamba-Nya.baik itu
    berupa materi maupun berupa ketenangan hati.

E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan asmaul husna yang pernah
    dipelajari beserta artinya.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
     kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
    bagaimana keadaan ibu  tersebut? Mengapa bayi yang masih dalam kandungan
    dapat bertahan hidup? Darimana bayi dalam kandungan tersebut memperoleh
    makanan? Siapa yang memberi makan kepada bayi yang masih dalam kandungan?
c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
     tanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
    digunakan adalah take and give.
e. yang perlu dipersiapkan guru adalah
    
            i.  Kartu ukuran ± 10 x 15 cm (sejumlah peserta didik). Tiap kartu berisi
                sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya), materi sesuai                                  dengan  kompetensi yang ingin dicapai.





Contoh kartu

Nama         : ....................................................................
Sub materi :.....................................................................
NAMA YANG DI BERI
1. ......................................................
2. ......................................................
3. ......................................................
4. ......................................................
5. ......................................................

                        ii. Menyiapkan sub materi: materi yang akan dijadikan sebagai bahan                                    diskusi yaitu: Al-Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur
                        Al-Mughny).beserta artinya, bukti bahwa Allah bersifat Ar- Rozzaq, Al-
                        Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny. dan cara meneladani sifat Allah Al-
                        Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny).
                        Lihat buku teks.

f.  Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
g. Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap peserta didik diberi masing-
    masing satu kartu untuk dipelajari (dihafal) lebih kurang 5 menit.
h. Semua peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling
    memberi  informasi. Tiap peserta didik harus mencatat nama pasangannya
    pada kartu contoh.
i.  Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima
    materi masing-masing (take and give).
j.  Untuk mengevaluasi keberhasilan, guru memberikan pertanyaan kepada
    peserta didik yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi asmaul husna Ar- Rozzaq, Al-
    Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny.
3. Penutup
            a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan                                         berkaitan dengan asmaul husna Ar- Rozzaq, Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny.
            b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa                                  membiasakan diri untuk meneladani sifat Allah Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-
              Syakur, Al-Mughny.          
           c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran                 yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja                         yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa                 yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh                                  dilakukan.

Catatan:
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. menjawab pertanyaan yang rambu – rambu jawabannya sebagai berikut:
            a. bayi memperoleh rezeki dari tali pusar
            b. tumbuhan memperoleh rezeki dari zat hara yang ada dalam tanah
2. Contoh kasih sayang orang tua kepada anak – anaknya: memberi makan dan
    pakaian, menyekolahkan, membelikan alat-alat sekolah, memberi uang saku/jajan,
    membelikan obat atau memeriksakan ke dokter apabila sakit.
3. Apabila suatu pemberian diremehkan oleh orang lain: menerimanya dengan ikhlas,
    tidak memperdulikannya, muncul perasaan kecewa (namun sifat ini harus di
    hilangkan).
4. Berusaha dan bekerja dengan sungguh – sungguh, berdoa, tidak berputus asa
    apabila mengalami kegagalan.

Pada kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
    observasi sebagai berikut :


No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

Kemampuan menjelaskan

Keaktifan mencari pasangan
Kemampuan dalam menerima penjelasan

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1











2











3











4











            3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang.
Keterangan

Kemampuan menjelaskan


Baik
Menggunakan kalimat sederhana, runtut, dan mudah di pahami
Sedang
Menggunakan kalimat sederhana, runtut, tapi bisa di pahami
Kurang
Sulit dipahami
Keaktifan mencari pasangan
Baik
Mencari 5 atau lebih teman pasangan
Sedang
Mencari 3-4 teman pasangan
Kurang
Mencari 1-2 teman pasangan
Kemampuan dalam menerima penjelasan
Baik
Sekali penjelasan langsung paham
Sedang
Masih ada beberapa pertanyaan baru paham
Kurang
Minta kepada teman untuk menjelaskan ulang

Skor maksimal 9
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ---------------------- x 100
                        Skor Maksimal
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
            Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
            Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi kalimat asmaul husna Ar- Rozzaq, Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny

E. Penilaian
   Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
            1) Allah memberikan rezeki kepada ikan, Allah memberi rezeki kepada cacing
               yang ada didalam tanah.
            2) Allah memberikan rezeki kepada bayi yang masih dalam kandungan melalui
               tali pusar.
            3) Allah membukakan pintu hati seorang ayah untuk menyayangi seluruh
               anggota keluarganya
            4) Memberikan bantuan kepada fakir miskin, anak yatim, dan orang – orang yang
               membutuhkan
            5) Allah Maha Kaya, Allah tidak membutuhkan kekayaan, bahkan Allah tidak
               butuh kepada sesuatu
Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor
Peroleh
Skor Max

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3



15
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 15
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!

No

pernyataan

Jawaban
SS
S
TS

1
Allah bersifat Ar-Rozzaq, maka kita harus selalu giat dalam bekerja agar mendapatkan rezeki halal dan berkah.



2
Badi termasuk orang yang malas dalam bekerja, karena ia percaya bahwa Allah telah menjamin rezeki kepada setiap makhluk-Nya.



3
Walaupun hidupnya sederhana, pak umar selalu menyayangi keluarganya, Baginya berkumpul bersama keluarga adalah sangat menyenangkan.



4
Bu Fatimah seorang pedagang yang kaya raya, ia dikenal dermawan dan pemurah. Ia tidak takut miskin meskipun banyak bersedekah.



5
Pak Hamdan bekerja dengan sungguh – sungguh sehingga ia menjadi kaya. Dengan kekayaannya pak Hamdan selalu memberikan bantuan kepada membutuhkan.



6
Allah membukakan pintu hati seorang ayah untuk menyayangi anggota keluarganya.



7
Rosminah seorang pengangguran dan malas bekerja tidak mau berusaha karena berprinsip rezeki nanti akan datang sendiri.



8
Huda selalu memohon kepada Allah agar kedua orang tuanya senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.



9
Hayati termasuk perempuan yang berparas cantik, lembut, dan pandai, tetapi ia selalu rajin shalat dan termasuk orang yang bersyukur.



10
Meskipun kaya, pak Sukirman orang yang bakhil/pelit, ia takut hartanya akan habis jika di sedekahkan.




Rubrik Penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
2
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
3
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
4
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
5
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
6
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
7
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
8
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
9
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
10
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3

Pedoman penskoran

Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap  atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema             : ...................................................................
Hari/tanggal         : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























dst












            Keterangan:
            4 : Membudaya  3 : Berkembang   2 : terlihat      1: belum terlihat

F. Pengayaan
            Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis ayat dan terjemah: a). Surah Hud ayat 8, b). Surat Saba’ ayat 26, c). surat
    az- Zalzalah ayat 7, dan d). Surat at- Taubah ayat 28.
2. Menulis bunyi asmaul husna yang terdapat dalam setiap ayat tersebut.
G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.

H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
            Pada pelajaran ini orang tua/wali murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat asmaul husna Ar- Rozzaq, Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny

Mengetahui,
Kepala...................................



(...............................................  )
NIP.

......................., 27 juli  2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ................................. )
NIP. -

Demikian contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya di blog ini juga,  mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2  Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik lagi.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh





0 komentar:

Posting Komentar