Pada
kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan dari contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2 ini, sengaja kami buat untuk pendidik khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dalam pelajaran bidang agama. karena sebagian besar dari teman - teman belum memiliki atau menyusun contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2. Kami berharap RPP ini bisa sedikit membantu teman - teman pendidik agar tidak kebingungan dalam membuat RPP pelajaran Agama. Bentuk dari komponen - komponen RPP ini sudah sesuai dengan buku guru yang didapat dari kementerian agama. untuk kelanjutan RPP ini bisa dilihat di blog ini juga. langsung saja berikut contoh RPP
kurikulum 2013.
bab 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : .........................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: V/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi
dengan keluarga
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meyakini Allah SWT. Sebagai Ar-
Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny.
2.2 Mencontoh sifat Allah SWT.
Sebagai Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-
Mughny.
3.2 Mengenal Allah SWT. Melalui sifat – sifat Allah SWT. Yang terkandung
dalam Al-
Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq,
Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny).
4.1 Melafalkan Asmaa’ Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur,
Al-Mughny).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
1. Menyebutkan arti
Ar-Rozzaq.
2. Memberikan contoh bukti
bahwa Allah bersifat Ar-Rozzaq.
3. Meneladani sifat
Ar-Rozzaq.
4. Menyebutkan arti
Al-Fattah.
5. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat Al-Fattah
6. Meneladani sifat
Al-Fattah.
7. Menyebutkan arti
Asy-Syakur.
8. Memberikan contoh bukti
bahwa Allah bersifat Asy-Syakur.
9. Meneladani sifat
Asy-Syakur
10. Menyebutkan arti Al-Mughny.
11. Memberikan contoh
bukti bahwa Allah bersifat Al-Mughny.
12. Meneladani sifat
Al-Mughny
.
D. Materi Pokok
Mengenal Al-Asmaa’ Al-Husna Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughniy
1. Ar-
Rozzaq
Ar- Rozzaq artinya yang Maha Pemberi Rezeki.
Bukti bahwa Allah SWT bersifat Ar-
Rozzaq adalah Allah memberi rezeki kepada
setiap makhluk-Nya.
2. Al-Fattah
Al-Fattah artinya yang Maha Membukakan
pintu rahmat bagi para hamba-Nya.
Bukti bahwa Allah bersifat Al-Fattah adalah
membukakan pintu hati seorang ayah
untuk menyayangi anggota keluarganya.
3.
Asy-Syakur
Asy-Syakur artinya yang Maha Menerima Syukur. Bukti bahwa Allah SWT bersifat
Asy-Syakur adalah Allah memberikan tambahan
nikmat bagi orang yang mau
bersyukur.
4. Al-Mughniy
Al-Mughniy artinya yang Maha Pemberi Kekayaan.
Bukti bahwa Allah SWT bersifat
Al-Mughniy
adalah Allah memberi kekayaan kepada setiap hamba-Nya.baik itu
berupa materi maupun berupa ketenangan
hati.
E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan asmaul husna yang pernah
dipelajari beserta artinya.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak mengamati gambar.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
bagaimana keadaan ibu tersebut? Mengapa bayi yang masih dalam
kandungan
dapat bertahan hidup? Darimana bayi dalam
kandungan tersebut memperoleh
makanan? Siapa yang memberi makan kepada
bayi yang masih dalam kandungan?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah take and
give.
e. yang
perlu dipersiapkan guru adalah
i. Kartu ukuran ± 10 x 15 cm (sejumlah peserta
didik). Tiap kartu berisi
sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya),
materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai.
Contoh kartu
Nama : ....................................................................
Sub materi
:.....................................................................
NAMA YANG DI BERI
1.
......................................................
2. ......................................................
3.
......................................................
4.
......................................................
5.
......................................................
|
ii. Menyiapkan
sub materi: materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: Al-Asmaa’ Al-Husna (Ar-
Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur
Al-Mughny).beserta
artinya, bukti bahwa Allah bersifat Ar- Rozzaq, Al-
Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny. dan cara
meneladani sifat Allah Al-
Asmaa’
Al-Husna (Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-Syakur, Al-Mughny).
Lihat buku teks.
f. Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang
ingin dicapai.
g. Untuk
memantapkan penguasaan peserta tiap peserta didik diberi masing-
masing satu kartu untuk dipelajari
(dihafal) lebih kurang 5 menit.
h. Semua
peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling
memberi informasi. Tiap peserta didik harus mencatat
nama pasangannya
pada kartu contoh.
i. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat
saling memberi dan menerima
materi masing-masing (take and give).
j. Untuk mengevaluasi keberhasilan, guru
memberikan pertanyaan kepada
peserta didik yang tidak sesuai dengan
kartunya (kartu orang lain).
k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi asmaul husna Ar- Rozzaq, Al-
Fattah,
Asy-Syakur, Al-Mughny.
3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru
diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan asmaul husna Ar- Rozzaq,
Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny.
b. Guru memberikan
penekanan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan diri untuk meneladani sifat Allah Ar- Rozzaq, Al-Fattah, Asy-
Syakur, Al-Mughny.
c. Guru mengajak peserta
didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan, materi apa saja yang
telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta
didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan
dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. menjawab
pertanyaan yang rambu – rambu jawabannya sebagai berikut:
a. bayi memperoleh rezeki dari tali
pusar
b. tumbuhan memperoleh rezeki dari
zat hara yang ada dalam tanah
2. Contoh
kasih sayang orang tua kepada anak – anaknya: memberi makan dan
pakaian, menyekolahkan, membelikan
alat-alat sekolah, memberi uang saku/jajan,
membelikan obat atau memeriksakan ke dokter
apabila sakit.
3. Apabila suatu
pemberian diremehkan oleh orang lain: menerimanya dengan ikhlas,
tidak memperdulikannya, muncul perasaan
kecewa (namun sifat ini harus di
hilangkan).
4. Berusaha
dan bekerja dengan sungguh – sungguh, berdoa, tidak berputus asa
apabila mengalami kegagalan.
Pada
kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
observasi
sebagai berikut :
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek
perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
Kemampuan menjelaskan
|
Keaktifan mencari pasangan
|
Kemampuan dalam menerima penjelasan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
3 = Baik 2 =
Sedang 1 = Kurang.
Keterangan
Kemampuan menjelaskan
|
Baik
|
Menggunakan kalimat
sederhana, runtut, dan mudah di pahami
|
Sedang
|
Menggunakan kalimat
sederhana, runtut, tapi bisa di pahami
|
|
Kurang
|
Sulit dipahami
|
|
Keaktifan mencari pasangan
|
Baik
|
Mencari 5 atau
lebih teman pasangan
|
Sedang
|
Mencari 3-4 teman
pasangan
|
|
Kurang
|
Mencari 1-2 teman
pasangan
|
|
Kemampuan dalam menerima
penjelasan
|
Baik
|
Sekali penjelasan
langsung paham
|
Sedang
|
Masih ada beberapa
pertanyaan baru paham
|
|
Kurang
|
Minta kepada teman
untuk menjelaskan ulang
|
Skor maksimal 9
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ---------------------- x 100
Skor Maksimal
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang
dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang
perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta
didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru
menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu
berkaitan dengan materi kalimat asmaul husna Ar- Rozzaq, Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Allah memberikan rezeki kepada
ikan, Allah memberi rezeki kepada cacing
yang ada didalam tanah.
2) Allah memberikan rezeki kepada
bayi yang masih dalam kandungan melalui
tali pusar.
3) Allah membukakan pintu hati
seorang ayah untuk menyayangi seluruh
anggota keluarganya
4) Memberikan bantuan kepada fakir
miskin, anak yatim, dan orang – orang yang
membutuhkan
5) Allah Maha Kaya, Allah tidak
membutuhkan kekayaan, bahkan Allah tidak
butuh kepada sesuatu
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
Peroleh
|
Skor Max
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
15
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
SS
|
S
|
TS
|
||
1
|
Allah
bersifat Ar-Rozzaq, maka kita harus selalu giat dalam bekerja agar
mendapatkan rezeki halal dan berkah.
|
|||
2
|
Badi
termasuk orang yang malas dalam bekerja, karena ia percaya bahwa Allah telah
menjamin rezeki kepada setiap makhluk-Nya.
|
|||
3
|
Walaupun
hidupnya sederhana, pak umar selalu menyayangi keluarganya, Baginya berkumpul
bersama keluarga adalah sangat menyenangkan.
|
|||
4
|
Bu Fatimah
seorang pedagang yang kaya raya, ia dikenal dermawan dan pemurah. Ia tidak
takut miskin meskipun banyak bersedekah.
|
|||
5
|
Pak Hamdan
bekerja dengan sungguh – sungguh sehingga ia menjadi kaya. Dengan kekayaannya
pak Hamdan selalu memberikan bantuan kepada membutuhkan.
|
|||
6
|
Allah
membukakan pintu hati seorang ayah untuk menyayangi anggota keluarganya.
|
|||
7
|
Rosminah
seorang pengangguran dan malas bekerja tidak mau berusaha karena berprinsip
rezeki nanti akan datang sendiri.
|
|||
8
|
Huda
selalu memohon kepada Allah agar kedua orang tuanya senantiasa mendapatkan
rahmat dari Allah SWT.
|
|||
9
|
Hayati
termasuk perempuan yang berparas cantik, lembut, dan pandai, tetapi ia selalu
rajin shalat dan termasuk orang yang bersyukur.
|
|||
10
|
Meskipun
kaya, pak Sukirman orang yang bakhil/pelit, ia takut hartanya akan habis jika
di sedekahkan.
|
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
2
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
3
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
4
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
5
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
6
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
7
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
8
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
9
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
10
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
Pedoman
penskoran
Skor tertinggi
30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang
dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan
rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema : ...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
|||||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
dst
|
Keterangan:
4 : Membudaya 3 : Berkembang 2 : terlihat 1:
belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis
ayat dan terjemah: a). Surah Hud ayat 8, b). Surat Saba’ ayat 26, c). surat
az-
Zalzalah ayat 7, dan d). Surat at- Taubah ayat 28.
2. Menulis
bunyi asmaul husna yang terdapat dalam setiap ayat tersebut.
G. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik.
Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus
pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan
pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta
didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan
kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini
dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta
didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung
kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik
serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali
murid.
Pada pelajaran ini orang tua/wali
murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku
anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat asmaul husna Ar- Rozzaq,
Al- Fattah,Asy-Syakur, Al-Mughny
Mengetahui,
Kepala...................................
(............................................... )
NIP.
|
......................., 27 juli
2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ................................. )
NIP. -
|
Demikian contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya di blog ini juga, mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik lagi.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar