Sabtu, 12 Maret 2016

CONTOH KKM FORMAT BARU IPA KTSP KELAS 3 SD SEMESTER 2

CONTOH KKM FORMAT BARU IPA KTSP KELAS 3 SD SEMESTER 2 

CONTOH KKM FORMAT BARU IPA KTSP KELAS 3 SD SEMESTER 2 ini sengaja kami buat untuk memudahkan para guru membuat KKM dan memasukkan nilai - nilai serta memudahkan untuk penghitungan KKM itu sendiri.. sehingga dari tahun ke tahun ada pembaharuan untuk format KKM tersebut. adapun cara penghitungan KKM tersebut kami sudah membuat CONTOH KKM FORMAT BARU IPA KTSP KELAS 3 SD SEMESTER 2  Pembaca juga bisa melihat KKM mata pelajaran lain di blog ini khusus untuk mata pelajaran kelas 3 SD semester 2.
dibawah ini adalah proses cara penentuan hasil KKM, selamat membaca ya!

CONTOH FORMAT PENGHITUNGAN KKM (KTSP)



KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
KKM berfungsi sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD)
suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK), sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran, sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD–nya, sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid).
Adapun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:
1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.
Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik.
Berikut Contoh Format Penghitungan KKM
- See more at: http://parapencariinspirasi.blogspot.co.id/2013/02/contoh-format-penghitungan-kkm-ktsp.html#sthash.20NtEj5p.dpuf

CONTOH FORMAT PENGHITUNGAN KKM (KTSP)



KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.
KKM berfungsi sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD)
suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK), sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran, sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD–nya, sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid).
Adapun langkah dan tahapan penetapan KKM antara lain:
1. Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
2. Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian
3. KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
4. KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.
Jadi yang menjadi pertimbangan dalam menentukan KKM adalah kompleksitas, daya dukung, dan intake. Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang bersangkutan. Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain. Sedangkan Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik.
Berikut Contoh Format Penghitungan KKM
- See more at: http://parapencariinspirasi.blogspot.co.id/2013/02/contoh-format-penghitungan-kkm-ktsp.html#sthash.20NtEj5p.dpuf
  1. Adapun proses penentuan KKM sebagai berikut : JUMLAH SKOR PEROLEHAN X 100 JUMLAH SKOR MAKSIMAL Penentuan KKM diperoleh dari KKM indikator menjadi KKM KD kumpulan KKM KD menjadi KKM SK dari KKM SK menjadi KKM Mata Pelajaran, kumpulan KKM mata pelajaran diperolehlah KKM sekolah. Jika dipandang perlu menentukan KKM kabupaten dapat diperoleh dari KKM sekolah. b. Dengan teknik memberikan rentang nilai pada setiap aspek/kreteria : a. Kompleksitas : Tinggi : 50-65 Sedang : 66- 80  Rendah : 81-100 b. Daya dukung : Tinggi : 85-100 Sedang : 70-84 Rendah : 55-69 c. Intake (tingkat kemampuan rata-rata siswa) Tinggi : 80-100 Sedang : 60-79 Rendah : 40-59 D.jika  Bila belum mencapai KKM maka program pembelajaran untuk yang belum tuntas harus di remidi, Remedial : Merupakan program pembelajaran yang membantu peserta didik mencapai atau menguasai kompetensi dasar dengan KKM yang ditetapkan. Bentuk : penugasan atau tes Penugasan : 1. Penugasan terstruktur (Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dirancang oleh guru batas penyelesaian ditentukan oleh pendidik) 2. Kegiatan Mandiri tidak terstruktur (Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dirancang oleh pendidik batas penyelesaian ditentukan oleh peserta didiK) Namun batas waktu maksimal penyelesaian tugas terstruktur dan mandiri tidak terstruktur 50% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka. B. Penghayaan : Program pendalaman materi yang diberikan kepada peserta didik, yang sudah mencapai KKM agar peserta didik yang bersangkutan memiliki kompetensi yang lebih luas dan tinggi.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
                                    MATA PELAJARAN               :           IPA
                                    KELAS / SEMESTER           :           III (Tiga) / 2 (dua)
                                    ENERGI DAN PERUBAHANNYA
           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM



Jumlah

RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi






70

4.1. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi





70


4.2. Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
-           Siswa dapat menyebutkan macam-macam energi
-           Siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dalam kehidupan sehari-hari
-           Siswa dapat menjelaskan kegunaan energi panas dalam kehidupan sehari
-           Siswa dapat menjelaskan pengaruh energi gerak dalam kehidupan sehari
-           Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari


65
70

70

70
70


70
65

65

70
70


75
75

75

70
70


210
210

210

210
210


70
70

70

70
70
70



Mengetahui
Kepala ..............................

...........................................
NIP.

...................................    
Guru Tematik Kelas III

.............................
NIP. -

              
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

                                    MATA PELAJARAN               :           IPA
                                    KELAS / SEMESTER           :           III (Tiga) / 2 (dua)
                                    ENERGI DAN PERUBAHANNYA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM



Jumlah

RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

4.3. Mengidenti-fikasi sumber energi dan kegunaannya

-        Siswa dapat  menyebutkan sumber energi panas
-        Siswa dapat menyebutkan sumber energi cahaya
-        Siswa dapat menyebutkan sumber energi gerak
-        Siswa dapat menyebutkan sumber energi bunyi
-        Siswa dapat menyebutkan energi kimia
-        Siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sumber-sumber energi



65
70
70
70
70
70



70
65
65
70
65
70



75
75
75
70
75
70



210
210
210
210
210
210



70
70
70
70
70
70
70





              
Mengetahui
Kepala ...............................


.............................................
NIP.

....................................    
Guru Tematik Kelas III


...................................
NIP. -



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


                                    MATA PELAJARAN               :           IPA
                                    KELAS / SEMESTER           :           III (Tiga) / 2 (dua)

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


Jumlah


RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

5.  Menerapkan konsep energi gerak






70

5.1. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
-        Siswa dapat membuat kincir angin
-        Siswa dapat membuktikan bahwa energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
-        Siswa dapat membuat kesimpulan tentang perubahan energi angin menjadi energi gerak


65
70

70



70
65

70



75
75

70



210
210

210



70
70

70

70


5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
-        Siswa dapat menjelaskan dampak yang terjadi akibat pemakaian sumber energi yang dilakukan terus menerus
-        Siswa dapat menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari

65

70

70

65

75

75

210

210

70

70
70



Mengetahui
Kepala ..................................

...........................................
NIP. 

..................................  
Guru Tematik Kelas III

......................................
NIP. -

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

                                    MATA PELAJARAN               :           IPA
                                    KELAS / SEMESTER           :           III (Tiga) / 2 (dua)
                                    BUMI DAN ALAM SEMESTA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM



Jumlah

RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

6. Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan  melestarikan alam






70

6.1. Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
-         Siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk permukaan bumi yang meliputi daratan dan lautan
-         Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung
-         Siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan globe


65

70

70



70

65

70



75

75

70



210

210

210



70

70

70

70








           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM



Jumlah

RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

6.2. Menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca
-        Siswa dapat mendefinisikan pengertian cuaca
-        Siswa dapat menyebutkan keadaan-keadaan cuaca
-        Siswa dapat menjelaskan hubungan antara keadaan alam dan cuaca

65
70
70

70
65
65

75
75
75

210
210
210

70
70
70






              
Mengetahui
Kepala ..............................


..........................................
NIP.

................................   
Guru Tematik Kelas III


................................
NIP. -



           

















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

                                    MATA PELAJARAN               :           IPA
                                    KELAS / SEMESTER           :           III (Tiga) / 2 (dua)
                                    BUMI DAN ALAM SEMESTA

           
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM


Jumlah


RATA – RATA KKM


Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung

Indikator
KD
SK

6.3. Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
 - Siswa dapat menjelaskan pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia

65

70

75

210

70
70


6.4. Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
-        Siswa dapat melakukan pengelompokan SDA di lingkungan sekitar
-        Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan SDA bagi manusia
-        Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang merusak SDA
-        Siswa dapat menyebutkan dampak dari perusakan SDA bagi lingkungan
-        Siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara SDA
-        Siswa dapat menjelaskan cara-cara melestarikan SDA


65

70
70
70

70
70


70

65
65
70

70
70


75

75
75
70

70
70


210

210
210
210

210
210


70

70
70
70

70
70




Mengetahui
Kepala...............................


...........................................
NIP.

.............................
Guru Tematik Kelas III


...................................
NIP. -

0 komentar:

Posting Komentar