Rabu, 09 Maret 2016

Contoh RPP Aqidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas V MI BAB I

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Kami  mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Karena Banyak diantara guru di indonesia khususnya para pendidik yang mengajar dibidang pelajaran agama yang merasa kebingungan dalam mencari contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. RPP ini sengaja kami buat sebagai bahan perbandingan saja atau referensi buat teman - teman. Untuk   bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah Akhlak kelas V MI BAB 1 bisa dilihat dibawah ini.   RPP ini  kami buat per-bab. agar dengan mudah pembaca bisa mencari di blog ini. langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.

BAB 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : ..........................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : V/I
Alokasi Waktu          :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
        diri dalam berinteraksi dengan keluarga
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kebesaran Allah SWT. Melalui kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
      Akbar).
2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar).sesuai
      ketentuan syar’i.
3.1 Memahami Allah SWT. Melalui kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
      Akbar).
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
      Akbar).

C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
            1. Menghafal kalimat thayyibah Al- hamdulillah
            2. Menyebutkan arti kalimat thayyibah Al-hamdulillah
            3. Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca kalimat thayyibah Al-
              hamdulillah.
            4. Membiasakan membaca kalimat thayyibah Al-hamdulillah
            5. Menghapal kalimat tayyibah Allahu Akbar
            6. Menyebutkan arti kalimat tayyibah Allahu Akbar.
            7. Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca kalimat tayyibah Allahu
              Akbar
            8. Membiasakan membaca kalimat tayyibah Allahu Akbar.

D. Materi Pokok
1. Kalimat thayyibah Al – hamdulillah
Al – hamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Alhamdulillah disebut juga bacaan tahmid.  Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah Al-hamdulillah adalah; ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT, ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar gembira, setelah selesai melakukan pekerjaan, ketika selesai shalat fardu
Adapun hikmah membaca kalimat tayyibah Al – hamdulillah adalah memberatkan timbangan amal kebaikan, lebih banyak mengingat Allah, dan terhindar dari sifat sombong.
2. Allah Akbar artinya Allah Maha Besar. disebut juga bacaan takbir.  Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat tayyibah Allah Akbar adalah; ketika mendapatkan mendengar, atau merasakan kemahakuasaan Allah SWT. Teriakan dimedan perang ketika mengumandangkan takbir pada malam takbiran, ketika mengumandangkan azan dan iqomat, pada waktu wirid setelah sholat fardhu, dan ketika melihat sesuatu yang luar biasa.
Adapun hikmah membaca kalimat tayyibah Allah Akbar adalah selalu mengingat kebesaran Allah, terhindar dari sifat sombong, dan mendapat pahala.

E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah
    yang pernah dipelajari beserta artinya.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
     kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
    bagaimana keadaan orang tersebut? Apa yang dilakukanoleh dokter itu?
    Apa arti bacaan tersebut? Apa hikmah membaca bacaan tersebut?
c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
     tanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
    digunakan adalah Group Investigation.
e. Guru menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: ba-
     caan tahmid (Al-hamdulillah)  dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat
     tayyibah Al-hamdulillah,hikmah membaca kalimat thayyibah Al-hamdulillah, bacaan
     takbir(Allahu Akbar).dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat tayyibah
     Allah Akbar, hikmah membaca kalimat tayyibah Allahu Akbar. Lihat buku teks
f.  Membagi kelas menjadi beberapa  kelompok yang anggotanya 4-5 anak, dan setiap
     kelompok memilih satu orang sebagai ketua kelompok dan satu orang sebagai juru
     bicara.
g. Setiap kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk
    didiskusikan.
h. Juru bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan
     kesempatan untuk memberikan tanggapan.
i.  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan
     hasil diskusi (sesuai dengan materi yang telah diberikan). Kegiatan ini berlang-
     sung sampai ke enam kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
j.  Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi kalimat tayyibah Alhamdulillah
    dan kalimat tayyibah Allahu Akbar.

3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
    dengan materi kalimat tayyibah Alhamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu Akbar..
b. Guru memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan
    untuk membaca materi kalimat tayyibah Alhamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu
    Akbar.
c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
    yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang
    belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang seha-
    rusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
            Pada kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
    observasi sebagai berikut :


No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

keterlibatan

inisiatif
Tanggung jawab

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1











2











3











4











            3 = Baik 2 = Sedang  1 = Kurang
.
Keterangan
Keterlibatan


Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif
Inisiatif


Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif
Tanggung jawab

Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif

Skor maksimal 9
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ---------------------- x 100
                        Skor Maksimal
Catatan:
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. Mengamati gambar kemudian menyusun kalimat yang menunjukkan waktu yang
    tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah Al-hamdulillah. Jadi rambu-rambu
    jawabannya adalah kalimat thayyibah Al-hamdulillah dibaca ketika:
            a. Menerima hadiah karena menjadi juara
            b. Selesai makan
            c. Bangun tidur
            d. Bersin
2. Membaca cerita singkat, dan menjawab pertanyaan dengan rambu – rambu jawaban
    sebagai berikut: kalimat tayyibah Allahu Akbar dibaca ketika mengumandangkan
    takbir, azan, iqomat, salat, zikir, dan melihat sesuatu yang luar biasa.

            Hasil yang diperoleh pada kolom kegiatan, hanya dijadikan sebagai alat ukur mengetahui kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik, sehingga guru tahu kompetensi apa yang belum dikuasai dan siapa saja yang belum menguasai kompetensi tersebut.

Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
            Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
            Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Al-hamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu Akbar.

E. Penilaian
   Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
            1) Alhamdulillah  Yang artinya: segala puji bagi Allah.
            2) ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT, ketika selesai mengerjakan
                suatu pekerjaan, ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar
                gembira.
            3) Merasa rendah hat, terhindar dari sifat sombong
            4) Allahu Akbar artinya: Allah Maha Besar
            5) Ketika melihat suatu peristiwa yang mengagumkan, ketika wirid setelah
               selesai sholat lima waktu, pada waktu malam takbiran, azan, dan iqomat.


Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor
Peroleh
Skor Max

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
3
2
1

3



15
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 15
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!

No

pernyataan

Jawaban
SS
S
TS

1
Amir menolong kakek Abdullah yang jatuh di jalan, setelah bisa berjalan dengan baik. Kakek mengucapkan Al-hamdulillah, dan berterima kasih pada Amir



2
Setelah puas buang hajat besar dikamar mandi, Imron mengucapkan Al-hamdulillah.



3
Allah SWT.menyediakan udara segar di bumi agar bisa dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita wajib memujinya.



4
Kepala MI Al Ikhlas mengucapkan syukur ketika seluruh siswanya dapat lulus 100% dan dengan hasil yang memuaskan



5
Mendengar ada teman yang menang dalam lomba kaligrafi di tingkat provinsi, upin diam saja tanpa menyebut kalimat apapun



6
Kaum muslimin mengumandangkan takbir pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha



7
Setelah selesai sholat, pak Kaslan tidak pernah membaca wirid



8
Mendengar ibu melahirkan kembar siam sampai lima, Toni mengucapkan Allahu Akbar



9
Untuk membakar semangat para demonstran yang ingin menuntut kenaikan upah, maka perlu meneriakkan kalimat takbir



10
Walaupun suaraku tidak begitu bagus, aku tidak malu apabila disuruh untuk mengumandangkan azan.



Keterangan :
SS       = Sangat Setuju
S         = Setuju
TS       = Tidak Setuju

Rubrik Penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
2
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
3
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
4
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
5
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
6
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
7
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
8
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
9
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
10
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap  atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema             : ...................................................................
Hari/tanggal         : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























dst




























            Keterangan:
            4 : Membudaya  3 : Berkembang   2 : terlihat      1: belum terlihat

F. Pengayaan
            Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
a. Tulislah doa-doa harian yang didalamnya terdapat kalimat tayyibah Alhamdulillah.
b. Hitunglah jumlah bacaan takbir dalam shalat dzuhur, ashar, magrib, isya, dan subuh

G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.

H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
            Pada pelajaran ini orang tua/wali murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat Alhamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu Akbar.



Mengetahui,
Kepala.....................



( .......................................... )
NIP.

................, 27 juli  2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ................................ )
NIP. -


Demikian contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 13 kelas V MI BAB I yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya,  mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1.Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


1 komentar:

  1. Trims atas perangkat pembelajarannya ya ??? Insya Allah amal Ibadahnya diterima Allah SWT

    BalasHapus