Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Karena Banyak diantara guru di indonesia khususnya para pendidik yang mengajar dibidang pelajaran agama yang merasa kebingungan dalam mencari contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. RPP ini sengaja kami buat sebagai bahan perbandingan saja atau referensi buat teman - teman. Untuk bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah Akhlak kelas V MI BAB 1 bisa dilihat dibawah ini. RPP ini kami buat per-bab. agar dengan mudah pembaca bisa mencari di blog ini. langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.
BAB 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. Karena Banyak diantara guru di indonesia khususnya para pendidik yang mengajar dibidang pelajaran agama yang merasa kebingungan dalam mencari contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1. RPP ini sengaja kami buat sebagai bahan perbandingan saja atau referensi buat teman - teman. Untuk bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah Akhlak kelas V MI BAB 1 bisa dilihat dibawah ini. RPP ini kami buat per-bab. agar dengan mudah pembaca bisa mencari di blog ini. langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.
BAB 1
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ..........................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: V/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini
kebesaran Allah SWT. Melalui kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
Akbar).
2.1 Terbiasa
membaca kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu Akbar).sesuai
ketentuan syar’i.
3.1 Memahami
Allah SWT. Melalui kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
Akbar).
4.1
Melafalkan kalimat tayyibah (Alhamdulillah dan Allahu
Akbar).
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
1. Menghafal kalimat thayyibah Al- hamdulillah
2. Menyebutkan arti kalimat thayyibah Al-hamdulillah
3. Menyebutkan waktu yang tepat
dalam membaca kalimat thayyibah Al-
hamdulillah.
4. Membiasakan membaca kalimat thayyibah Al-hamdulillah
5. Menghapal kalimat tayyibah Allahu
Akbar
6. Menyebutkan arti kalimat tayyibah
Allahu Akbar.
7. Menyebutkan waktu yang tepat
dalam membaca kalimat tayyibah Allahu
Akbar
8. Membiasakan membaca kalimat
tayyibah Allahu Akbar.
D. Materi Pokok
1. Kalimat thayyibah Al – hamdulillah
Al –
hamdulillah artinya segala puji bagi
Allah. Alhamdulillah disebut juga bacaan tahmid. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat
tayyibah Al-hamdulillah adalah; ketika mendapatkan kenikmatan dari Allah SWT,
ketika terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar gembira, setelah selesai
melakukan pekerjaan, ketika selesai shalat fardu
Adapun
hikmah membaca kalimat tayyibah Al – hamdulillah adalah memberatkan timbangan
amal kebaikan, lebih banyak mengingat Allah, dan terhindar dari sifat sombong.
2. Allah
Akbar artinya Allah Maha Besar. disebut juga bacaan takbir. Waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat
tayyibah Allah Akbar adalah; ketika mendapatkan mendengar, atau merasakan
kemahakuasaan Allah SWT. Teriakan dimedan perang ketika mengumandangkan takbir
pada malam takbiran, ketika mengumandangkan azan dan iqomat, pada waktu wirid
setelah sholat fardhu, dan ketika melihat sesuatu yang luar biasa.
Adapun
hikmah membaca kalimat tayyibah Allah Akbar adalah selalu mengingat kebesaran
Allah, terhindar dari sifat sombong, dan mendapat pahala.
E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah
yang pernah dipelajari beserta artinya.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak mengamati gambar.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
bagaimana keadaan orang tersebut? Apa yang
dilakukanoleh dokter itu?
Apa arti bacaan tersebut? Apa hikmah
membaca bacaan tersebut?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Group Investigation.
e. Guru
menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: ba-
caan tahmid (Al-hamdulillah) dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap
kalimat
tayyibah Al-hamdulillah,hikmah membaca
kalimat thayyibah Al-hamdulillah, bacaan
takbir(Allahu Akbar).dan artinya, waktu
yang tepat untuk mengucap kalimat tayyibah
Allah Akbar, hikmah membaca kalimat
tayyibah Allahu Akbar. Lihat buku teks
f. Membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang anggotanya 4-5 anak, dan setiap
kelompok memilih satu orang sebagai ketua
kelompok dan satu orang sebagai juru
bicara.
g. Setiap
kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk
didiskusikan.
h. Juru
bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan.
i. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menyampaikan
hasil diskusi (sesuai dengan materi yang
telah diberikan). Kegiatan ini berlang-
sung sampai ke enam kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
j. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan
materi kalimat tayyibah Alhamdulillah
dan kalimat tayyibah Allahu Akbar.
3. Penutup
a. Peserta
didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
dengan
materi kalimat tayyibah Alhamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu Akbar..
b. Guru
memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan
untuk membaca materi kalimat tayyibah
Alhamdulillah dan kalimat tayyibah Allahu
Akbar.
c. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang baru dilaksakan, materi apa saja yang
telah dikuasai, materi apa saja yang
belum dikuasai, dan mengajak peserta didik
untuk mengasosiasi apa yang seha-
rusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa
yang tidak boleh dilakukan.
Pada
kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
observasi
sebagai berikut :
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek
perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
keterlibatan
|
inisiatif
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang
.
Keterangan
Keterlibatan
|
Baik
|
Keterlibatan secara fisik dan
kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak terlibat/pasif
|
|
Inisiatif
|
Baik
|
Keterlibatan secara fisik dan
kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak terlibat/pasif
|
|
Tanggung jawab
|
Baik
|
Keterlibatan secara fisik dan
kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak terlibat/pasif
|
Skor
maksimal 9
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ---------------------- x 100
Skor Maksimal
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. Mengamati
gambar kemudian menyusun kalimat yang menunjukkan waktu yang
tepat
untuk mengucapkan kalimat thayyibah Al-hamdulillah. Jadi rambu-rambu
jawabannya adalah kalimat thayyibah Al-hamdulillah dibaca ketika:
a. Menerima hadiah karena menjadi
juara
b. Selesai makan
c. Bangun tidur
d. Bersin
2. Membaca
cerita singkat, dan menjawab pertanyaan dengan rambu – rambu jawaban
sebagai berikut: kalimat tayyibah Allahu
Akbar dibaca ketika mengumandangkan
takbir, azan, iqomat, salat, zikir, dan
melihat sesuatu yang luar biasa.
Hasil yang diperoleh pada kolom
kegiatan, hanya dijadikan sebagai alat ukur mengetahui kompetensi yang telah
dikuasai oleh peserta didik, sehingga guru tahu kompetensi apa yang belum
dikuasai dan siapa saja yang belum menguasai kompetensi tersebut.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang
dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang
perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta
didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru
menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu
berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Al-hamdulillah dan kalimat
tayyibah Allahu Akbar.
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Alhamdulillah
Yang artinya: segala puji bagi
Allah.
2) ketika mendapatkan kenikmatan
dari Allah SWT, ketika selesai mengerjakan
suatu pekerjaan, ketika
terhindar dari musibah, ketika mendengar kabar
gembira.
3) Merasa rendah hat, terhindar dari
sifat sombong
4) Allahu Akbar artinya: Allah Maha
Besar
5) Ketika melihat suatu peristiwa
yang mengagumkan, ketika wirid setelah
selesai sholat lima waktu, pada waktu malam
takbiran, azan, dan iqomat.
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
Peroleh
|
Skor Max
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
15
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
SS
|
S
|
TS
|
||
1
|
Amir
menolong kakek Abdullah yang jatuh di jalan, setelah bisa berjalan dengan
baik. Kakek mengucapkan Al-hamdulillah, dan berterima kasih pada Amir
|
|||
2
|
Setelah
puas buang hajat besar dikamar mandi, Imron mengucapkan Al-hamdulillah.
|
|||
3
|
Allah SWT.menyediakan
udara segar di bumi agar bisa dimanfaatkan oleh semua makhluk hidup. Oleh
karena itu kita wajib memujinya.
|
|||
4
|
Kepala MI
Al Ikhlas mengucapkan syukur ketika seluruh siswanya dapat lulus 100% dan
dengan hasil yang memuaskan
|
|||
5
|
Mendengar
ada teman yang menang dalam lomba kaligrafi di tingkat provinsi, upin diam
saja tanpa menyebut kalimat apapun
|
|||
6
|
Kaum
muslimin mengumandangkan takbir pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha
|
|||
7
|
Setelah
selesai sholat, pak Kaslan tidak pernah membaca wirid
|
|||
8
|
Mendengar
ibu melahirkan kembar siam sampai lima, Toni mengucapkan Allahu Akbar
|
|||
9
|
Untuk
membakar semangat para demonstran yang ingin menuntut kenaikan upah, maka
perlu meneriakkan kalimat takbir
|
|||
10
|
Walaupun
suaraku tidak begitu bagus, aku tidak malu apabila disuruh untuk
mengumandangkan azan.
|
Keterangan :
SS = Sangat Setuju
S = Setuju
TS = Tidak Setuju
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
2
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
3
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
4
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
5
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
6
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
7
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
8
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
9
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
10
|
Sangat setuju skor 3, setuju
skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang
dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan
rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
|||||||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
dst
|
|||||||||||||||
Keterangan:
4 : Membudaya 3 : Berkembang 2 : terlihat 1:
belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
a. Tulislah
doa-doa harian yang didalamnya terdapat kalimat tayyibah Alhamdulillah.
b. Hitunglah
jumlah bacaan takbir dalam shalat dzuhur, ashar, magrib, isya, dan subuh
G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi
tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi
itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap
sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta didik di
madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang
tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang
telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini dapat
dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik
diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada
orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta
membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
Pada pelajaran ini orang tua/wali
murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku
anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat Alhamdulillah dan kalimat
tayyibah Allahu Akbar.
Mengetahui,
Kepala.....................
( .......................................... )
NIP.
|
................, 27 juli
2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ................................ )
NIP. -
|
Demikian contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 13 kelas V MI BAB I yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 1.Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Trims atas perangkat pembelajarannya ya ??? Insya Allah amal Ibadahnya diterima Allah SWT
BalasHapus