Dibawah ini kami sajikan kelanjutan contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN.pembaca bisa menyimak perbedaan - perbedaan contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN dengan yang terdahulu. RPP ini sifatnya tidak baku. pendidik bisa merubah atau menambah sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat dimana pendidik tinggal.
Pada pertengahan tahun semua guru di indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran. guru kembali mmembuat perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN yang saya buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema - tema lain pada semester 2. semoga dapat bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : .........................................
TEMA :
KERAJINAN TANGAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
5. Menerapkan konsep energi gerak
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar
sederhana
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
3.2
|
Memberi
contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui
kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
|
|
IPS
|
:
|
2.1
2.3
|
Mengenal
jenis-jenis pekerjaan
Memahami
kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah
|
|
IPA
|
:
|
5.2
|
Membuat
kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi
energi gerak
|
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
|
Melakukan percakapan melalui telepon/ alat
komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yang runtut.
|
||||
C. INDIKATOR
PKN
|
:
|
1. Mengidentifikasikan perilaku yang
menceritakan harga diri
2. Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
3. Menjelaskan cara agar pendapat kita
didengar orang lain
4. Menjelaskan cara menyikapi teman yang
suka berbohong
|
||
IPS
|
:
|
1. Membuat kliping tentangjenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan
barang/ jasa
2. Menjelaskan tujuan jual beli
3.Menyebutkan yang dimaksud penjual
|
||
IPA
|
:
|
1. Membuat salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
2. Menentukan rancangan yang akan dibuat
3. Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapt dan mudah
digunakan
4. Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah
digunakan
5. Menggunakan alat dan bahan secara tepat
6. Siswa dapat membuat model sesuai
rancangan dengan
memperhatikan keindahan
7. Siswa dapat memodifikasi model-model
yang dibuat
|
||
Matematika
|
:
|
1. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
2. Menulis kalimat matematikanya
3. Menentukan sudut dari benda/ bangun
4. Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi
oleh dua senar (garis berpotongan)
5. Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
6. Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan
tumpul
|
||
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Mendengarkan bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
2. Membuat percakapan melalui telepon dengan
teman
3. Melakukan bermain peran dengan alat
komunikasi telepon
4. Memperagakan percakapan melalui telepon
5. Menyimpulkan isi bacaan
6. Membaca contoh karangan
7. Membuat percakapan melalui telepon
8. Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
9. Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
10.Menulis ringkasan dongeng anak-anak
11.Menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengidentifikasikan perilaku
yang menceritakan harga diri
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan cara agar dihargai
orang lain
3. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan cara agar pendapat
kita didengar orang lain
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan cara menyikapi
teman yang suka berbohong
|
IPS
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat kliping tentangjenis-
jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan tujuan jual beli
3. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan yang dimaksud
penjual
|
IPA
|
:
|
1. Melalui
pengamatan siswa dapat
membuat salah satu benda yang
dapat bergerak oleh angin
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan rancangan yang akan
dibuat
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan alat dan bahan yang
mudah didapt dan mudah digunakan
4. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan alat dan bahan yang
mudah didapat dan mudah digunakan
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
menggunakan alat dan bahan secara
tepat
6. Melalui
penjelasan siswa dapat membuat
model sesuai rancangan
dengan memperhatikan keindahan
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
memodifikasi model-model yang
dibuat
|
Matematika
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan pecahan
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis kalimat matematikanya
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan sudut dari benda/
bangun
4. Melalui
pengamatan Siswa dapat
menjelaskan sudut sebagai daerah
yang dibatasi oleh dua senar
(garis berpotongan)
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengurutkan besar sudut menurut
ukuran
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat jenis sudut lancip, siku-
siku dan tumpul
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Melalui
membaca siswa dapat
mendengarkan bacaan yang berisi
simbol lalu lintas
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat percakapan melalui telepon
dengan teman
3. Melalui
demonstrasi Siswa dapat
melakukan bermain peran dengan
alat komunikasi telepon
4. Melalui
demonstrasi siswa dapat
memperagakan percakapan melalui
telepon
5. Melalui
membaca siswa dapat
menyimpulkan isi bacaan
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
membaca contoh karangan
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat percakapan melalui telepon
8. Melalui
demonstrasi siswa dapat
membuat kalimat berdasarkan
gambar seri
9. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyusun karangan berdasarkan
gambar seri
10.
Melalui penjelasan siswa
dapat menulis ringkasan dongeng anak-
anak
11.
Melalui penjelasan siswa
dapat menentukan tema puisi
berdasarakan gamabar
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a ,
mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa mengumpulkan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
2. Guru menentukan alat dan bahan yang dikumpulkan oleh siswa
PKn
1. Guru menjelaskan tentang perilaku yang
mencerminkan harga diri
2. Siswa menyebutkan perilaku yang mencerminkan harga diri
Matematika
1. Membahas pengertian pecahan 1/2. 1/3. 1/4 dan
1/6 dari kegiatan sehari-hari
2. Menguji keterampilan siswa mewarnai gambar
sesuai dengan pecahan yang diminta
3. Siswa menentukan nilai pecahan dari gambar yang diwarnainya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Guru menjelasakn tentang simbol-simbol lalu
lintas
2. Siswa mendengarkan bacaan yang berisi
simbol-simbol lalu lintas
3. Siswa menuliskan arti simbol-simbol lalu lintas
yang disediakan
4. Siswa menjawab pertanyaan tentang simbol-simbol lalu lintas dengan bantuan
gambar
IPS
1. Guru menjelaskan tentang jenis-jenis pekerjaan baik yang menghasilkan
barang/ jasa
Matematika
1. Menjelaskan tentang pembilang dan penyebut
suatu pecahan
2. Mencari tahu pembilang dan penyebut suatu pecahan yang disajikan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Bersama teman sebangkunya, siswa mendiskusikan membuat percakapan melalui
telepon tentang pelajaran
2. Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan menggunakan alat komunikasi
telepon
Matematika
1. Guru menjelaskan cara menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
2. Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan
pecahan
IPA
1. Guru dan siswa menentukan
rancangan yang akan dibuat
2. Siswa menyiapkan rancangan tersebut
untuk membuat kincir angin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menyimak bacaan yang dibaakan oleh guru
2. Siswa menuliskan kesimpulan dan bacaan yang disimaknya
IPS
1. Siswa membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan
2. Siswa menjelaskan isi kliping yang dibuatnya di depan kelas
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa membuat kincir
angin dengan bimbingan guru
2. Siswa membawa kincir angin ke luar ruangan agar bergerak dengan
tiupan angin
PKn
1. Guru menjelaskan cara agar dihargai orang lain
2. Siswa diminta menjelaskan acra agar dihargai orang lain
Matematika
1. Bertanya jawab tentang benda-benda dalam
kehidupan sehari-hari yang menggunakan
sudut
2. Menyelesaikan soal-soal yang menentukan jumlah
sudut dengan sajian gambar benda-
benda
dalam kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa mendengar sebuah contoh karangan
2. Siswa menulis sebuah karangan dengan benar]
3. Siswa membacakan karangannya di depan kelas
IPS
1. Guru menjelaskan tentang jual beli
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang jual beli
Matematika
1. Bersama teman sebangku, siswa mendefinisikan pengertian sudut dari kegiatan
menghimpitkan lidi sama panjang pada kedua
ujungnya.
2. Siswa menyimpulkan dari hasil kegiatan tersebut
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa membuat percakapan
melalui telepon dengan benar
2. Siswa membacakan percakapan melalui telepon
yang dibuatnya
3. Siswa mendengarkan percakapan melalui telepon yang dipraktikkan oleh temannya
Matematika
1. Guru mengarahkan siswa
menunjukkan satu gerakan tubuh yang menunjukkan sudut
2. Siswa mendemonstrasikan gerakan tersebut di
depan kelas
3. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan sudut
IPA
1. Guru memberikan penilaian terhadp ketepatan penggunaan alat dan bahan yang
digunakan untuk membuat kincir angin
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menyusun gambar seri yang disajikan
2. Siswa menulis kalimat dari gambar seri tersebut
3. Siswa membacakan kalimat dari gambar seri tersebut
IPS
1. Guru menjelaskan tentang tujuan jual beli
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang tujuan jual beli
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn,
Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa memperindah kincir dengan hiasasan-hiasan
yang sesuai
2. Guru memberikan penilaian hasil karya siswa
PKn
1. Siswa diminta menjelaskan cara agar pendapat
kita didengar orang lain
2. Siswa diminta menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
Matematika
3. Guru mengarahkan siswa membuat sudut siku-siku dari selembar kertas
4. Disajikan gambar sudut, siswa diminta untuk mengurutkan besar sudut tersebut menurut
ukurannya
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Disajikan gambar seri, siswa menuliskan kalimat
dari gambar seri tersebut
2. Siswa menuliskan karangan dengan mengembangkan
kalimat dari gambar seri tersebut
3. Siswa membacakan hasil karangannya di depan kelas
IPS
1. Guru menjelaskan tentang penjual
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang penjual
Matematika
1. Dengan menggunakan kertas terlipat siku-siku,
siswa membedakan sudut siku-siku,
sudut tumpul dan sudut lancip
2. Siswa berdiskusi tentang definisi sudut tumpul
dan sudut lancip berdasarkan kertas lipat
yang
telah dibuat
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan
temannya/ gurunya
2. Siswa menuliskan ringkasan dari dongeng
tersebut
3. Siswa membacakan ringkasan dari dongeng tersebut
Matematika
1. Guru menguji kemampuan
siswa menentukan jenis sudut menggunakan kertas terlipat
siku-siku
2. Siswa menghitung banyaknya sudut menurut jenisnya dari suatu
bangun
IPA
1. Siswa memodifikasi model-model kincir angin
agar lebih bervariasi
2. Guru memberi penilaian hasil kerja siswa
ý Pertemuan IV : 3 x 35 (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Disajikan gambar dari sebuah puisi,
siswa membacakan puisi dengan penuh
penghayatan
2. Siswa menuliskan tema puisi
IPS
1. Siswa melakukan/ mempraktekkan proses jual beli
dengan bimbingan guru
2. Siswa membuat laporan dari hasil praktiknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas
tertentu yang bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa diberi kesempata dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi
belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan
maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan
dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. LKS
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
I. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasikan perilaku yang
menceritakan harga diri
§ Menjelaskan cara agar dihargai orang
lain
§ Menjelaskan cara agar pendapat kita
didengar orang lain
§ Menjelaskan cara menyikapi teman yang
suka berbohong
IPS :
§ Membuat kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§ Menjelaskan tujuan jual beli
§ Menyebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§ Membuat salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
§ Menentukan rancangan yang akan dibuat
§ Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Menentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Menggunakan alat dan bahan secara tepat
§ Membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
§ Memodifikasi model-model yang dibuat
Matematika :
§ Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Menulis kalimat matematikanya
§ Menentukan sudut dari benda/ bangun
§ Menjelaskan sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§ Membuat jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§ Mendengarkan bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
§ Membuat percakapan melalui telepon
dengan teman
§ Melakukan bermain peran dengan alat
komunikasi telepon
§ Memperagakan percakapan melalui telepon
§ Menyimpulkan isi bacaan
§ Membaca contoh karangan
§ Membuat percakapan melalui telepon
§ Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
§ Menyusun karangan berdasarkan gambar
seri
§ Menulis ringkasan dongeng anak-anak
§ Menentukan tema puisi berdasarakan
gamabar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah perilaku yang menceritakan
harga diri
§ Jelaskanlah cara agar dihargai orang
lain
§ Jelaskanlah cara agar pendapat kita
didengar orang lain
§ Jelaskanlah cara menyikapi teman yang
suka berbohong
IPS :
§ Buatkanlah kliping tentang jenis-jenis
pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§ Jelaskanlah tujuan jual beli
§ Sebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§ Buatkanlah salah satu benda yang dapat
bergerak oleh angin
§ Tentukan rancangan yang akan dibuat
§ Tentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Tentukan alat dan bahan yang mudah
didapat dan mudah digunakan
§ Jelaskanlah cara gunakan alat dan bahan
secara tepat
§ Buatkanlah model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan
§ Jelaskanlah model-model yang dibuat
Matematika :
§ Selesaikan soal cerita yang berkaitan
dengan pecahan
§ Tuliskanlah kalimat matematikanya
§ Tentukan sudut dari benda/ bangun
§ Jelaskanlah sudut sebagai daerah yang
dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§ Urutkan besar sudut menurut ukuran
§ Buatkanlah jenis sudut lancip, siku-siku
dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§ Jelaskanlah bacaan yang berisi simbol
lalu lintas
§ Buatkanlah percakapan melalui telepon
dengan teman
§ Jelaskanlah cara Melakukan bermain peran
dengan alat komunikasi telepon
§ Peragakan percakapan melalui telepon
§ Simpulkan isi bacaan
§ Bacakanlah contoh karangan
§ Buatkanlah percakapan melalui telepon
§ Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar
seri
§ Susunkanlah karangan berdasarkan gambar
seri
§ Tuliskanlah ringkasan dongeng anak-anak
§ Tentukan tema puisi berdasarakan gamabar
· LKS
· Lembar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
* aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ...........................
..........................................
NIP.
|
............ ...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
..............................
NIP. -
|
Demikian informasi tentang contoh contoh contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN dan mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan kritik serta saran sangat kami butuhkan demi sempurnanya contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''
0 komentar:
Posting Komentar