Dibawah ini adalah contoh RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PENDIDIKAN sebagai kelanjutan RPP KTSP kelas 3 semester 2 tema - tema sebelumnya.dan biasanya awal pertengahan tahun semua guru di indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran. guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP kelas 3 yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ...........................
TEMA : PENDIDIKAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan
melestarikan alam
IV. Matematika
5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi
panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5.Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
7.Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam,
keramahtamahan.
|
||||
IPS
|
:
|
2.3
|
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah
|
||||
IPA
|
:
|
6.2
|
Menjelaskan
hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
||||
:
|
6.3
|
Mendeskripsikan
pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia
|
|||||
:
|
6.4
|
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
|||||
Matematika
|
:
|
5.2
|
Menghitung
luas persegi dan persegi panjang
|
||||
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
|
||||
6.2
|
Menceritakan
perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
|
||||||
7.1
|
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi
teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
|
||||||
8.1
|
Menulis karangan
sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang
tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
|
||||||
8.2
|
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
||||||
C.INDIKATOR
PKN
|
:
|
1. Mengidentifikasi macam-macam upacara adat
di tiap daerah
2. Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
3. Mengidentifikasi agama yang ada di
Indonesia
4. Mengidentifikasi manfaat gotong royong
5. Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di masyarakat
6. Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di sekolah
|
|||||
IPS
|
:
|
1. Menjelaskan perbedaan pasar tradisional
dan pasar swalayan
2. Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar
tradisional
3. Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar
swalayan
4. Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan
barter
5. Menyebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman
dulu
6. Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
|
|||||
IPA
|
:
|
1. Mengidentifikasi kondisi cuaca
2. Meramalkan keadaan cuaca yang akan
terjadi berdasarkan
keadaan langit
3. Menggambar secara sederhana simbol yang
bisa digunakan
untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
|||||
4. Mengidentifikasi kehidupan manusia yang
sesuai dengan
keadaan cuaca tertentu
5. Mendeskripsikan hubungan antara pakaian
yang dikenakan
dengan keadaan
|
|||||||
6.Membuat
daftar jenis-jenis sumber daya alam
7. Menjelaskan kegunan sumber daya alam
|
|||||||
Matematika
|
:
|
1. Menggambar luas persegi
2. Menggambar luas persegi panjang
3. Membandingkan luas bangun datar
4. Mengurutkan luas berbagai bangun datar
5. Menaksir luas daerah beberapa bangun
datar dengan menghitung
petak satuan
6. Menemukan cara menghitung luas persegi
7. Menemukan cara menghitung luas persegi
panjang
8. Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun
datar
|
|||||
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
2. Menjelaskan secara lisan tentang isi
dongeng yang
dibacanya dengan kata-kata sendiri
3. Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan
teman
4. Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang
dibacakan
5. Membaca bacaan dengan suara lantang
6. Mengamati gambar seri
7. Menentukan urutan dan maksud gambar seri
8. Menulis dan menggunakan
kata depan ke
9. Melengkapi kalimat dengan kata depan
10.Menyusun kalimat acak
11.Menulis amanat puisi yang sudah ditulis
siswa
12.Mengubah puisi yang sudah ditulis ke
dalam bentuk
prosa
|
|||||
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi macam-
macam upacara adat di tiap daerah
2.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa
Indonesia
3.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi agama yang
ada di Indonesia
4.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi manfaat
gotong royong]
5.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
gotong royong di masyarakat
6.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
gotong royong di sekolah
|
IPS
|
:
|
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan perbedaan pasar
tradisional dan pasar swalayan
2.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar
tradisional
3.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar
swalayan
4.
Melalui tanya jawab siswa dapat
menjelaskan dengan yang
dimaksud dengan barter
5.
Melalui membaca siswa dapat
menyebutkan alat tukar jual beli
yang digunakan pada zaman dulu
6.
Melalui membaca siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis uang
kartal
|
IPA
|
:
|
1. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengidentifikasi kondisi
cuaca
2. Melalui
pengamatan siswa dapat
meramalkan keadaan cuaca
yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
3. Melalui
pengamatan siswa dapat
menggambar secara
sederhana simbol yang bisa digunakan untuk
menunjukkan
kondisi cuaca
|
4. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengidentifikasi kehidupan
manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
mendeskripsikan hubungan
antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
|
||
6. Melalui
penjelasan siswa dapat membuat daftar jenis-jenis
sumber daya alam
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menjelaskan kegunan sumber
daya alam
|
||
Matematika
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
menggambar luas persegi
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
menggambar luas persegi
panjang
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
membandingkan luas bangun
datar
4. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengurutkan luas berbagai
bangun datar
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
menaksir luas daerah beberapa
bangun datar dengan menghitung
petak satuan
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
menemukan cara menghitung
luas persegi
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menemukan cara menghitung
luas persegi panjang
8. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyatakan pendapat terhadap
suatu pernyataan
2. Melalui
tanya jawab Siswa dapat
menjelaskan secara lisan
tentang isi dongeng yang dibacanya
dengan kata-kata sendiri
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
menjawab pertanyaan bacaan
yang dibacakan teman
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat
mengajukan pertanyaan dari
dongeng yang dibacakan
5. Melalui
bacaan siswa dapat membaca
bacaan dengan suara
lantang
6. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengamati gambar seri
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan urutan dan
maksud gambar seri
8. Melalui
membaca siswa dapat menulis dan menggunakan kata
depan ke
9. Melalui
penjelasan siswa dapat
melengkapi kalimat dengan
kata depan
10.Melalui
penjelasan siswa dapat
menyusun kalimat acak
11.Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis amanat puisi yang
sudah ditulis siswa
12.Melalui
penjelasan siswa dapat
mengubah puisi yang sudah
ditulis ke dalam bentuk prosa
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarian dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apersepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model
dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan
beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa menjelaskan yang dimaksud dengan cuaca
2. Siswa berdiskusi secara
berkelompok tentang macam-macam cuaca beserta keuntungan
dan kerugian dari cuaca tersebut
PKn
1. Guru menjelaskan tentang upacara adat dan
amcam-macam upacara adat yang ada di Indonesia
2. Siswa mempraktekkan/ mendemonstrasikan salah satu
upacara adat
Matematika
1. Guru menjelaskan mengenai luas persegi
2. Siswa menggambar luas persegi dengan ukuran yang telah ditentukan oleh guru
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membaca suatu cerita
2. Siswa menanggapi cerita yang telah dibacakan guru
IPS
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok
tentang perbedaan pasar tradisional dan pasar
swalayan, kemudian hasilnya dikumpulkan
Matematika
1. Siswa menggambar luas persegi panjang dengan macam-macam ukuran
ý Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa secara berpasangan saling tanya jawab tentan bacaan yang dibacanya
Matematika
1. Siswa mengerjakan
soal-soal yang diberikan guru tentang membandingkan luas bangun
datar
IPA
1. Siswa dapat menyebutkan
gejala-gejala cuaca yang akan terjadi menurut pengalamannya
masing-masing
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siwa membuat kincir angin yang
sederhana yang digunakan untuk menunjukkan kondisi
cuaca
PKn
1. Guru menerangkan tentang macam-macam
suku bangsa dan agama yang ada di
Indonesia
2. Guru memberikan tugas kliping tentang
macam-macam pakaian adat suku bangsa dan
tempat ibadah umat beragama
Matematika
1. Siswa mengerjakan
soal-soal yang diberikan guru dengan cara mengurutkan luas
berbagai bangun datar
ý
Pertemuan II : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membaca dongeng secara
lantang
2. Siswa membuat pertanyaan dari dongeng yang dibacanya
IPS
1. Guru menjelaskan tentang pasar tradisional dan pasar swalayan
2. Siswa berdiskusi secara
kelompok mengenai keuntungan dan kerugian jula beli di pasar
tradisional dan pasar swalayan
Matematika
1. Siswa menggambar bangun persegi dengan cara
menghitung petak satuan
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat kalimat
dari gambar-gambar yang ada pada buku dan mengurutkannya
sehingga menjadi sebuah cerita
IPA
1. Siswa dapat menjelaskan cara
kehidupan dan mata pencaharian masyarakat yang berada
di cuaca dingin (contoh : daerah Pangalengan,
Lembang)
Matematika
1. Siswa membuat gambar persegi panjang dengan cara menghitung
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa menjelaskan pakaian yang dikenakan yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
PKn
1. Siswa mendemontrasikan dengan cara membuat
drama yang isinya mengenai
keramahtamahan masyarakat Indonesia
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata depan ke-
2. Siswa melengkapi kalimat dengan kata depan
IPS
1. Guru menjelaskan yang dimaksud dengan
barter dan alat tukar jual beli pada zaman
dahulu
2. Siswa mempraktekkan di kelas tentang jual beli dengan cara barter
Matematika
1. Siswa menegrjakan soal-soal cara menghitung luas persegi
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa menyusun kalimat
yang diacak dengan tulisan sambung
IPA
1. Siswa membuat kliping tentang macam-macam pakaian yang sesuai dengan
keadaan
cuaca
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang
Minggu IV
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa mengelompokkan
sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya
alam yang tidak dapat diperbaharui
PKn
1. Siswa menjelaskan manfaat gotong royong
2. Siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dikerjakan
secara gotong royong di
masyarakat
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas
persegi panjang
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menulis puisi yang berisikan amanat
IPS
1. Siswa menyebutkan jenis-jenis uang kartal
2. Siswa mempraktekkan
jual beli dengan menggunakan uang kartal
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bangun
datar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mengubah puisi yang diberikan oleh guru ke dalam bentuk prosa
IPA
1. Siswa menjelaskan keguanaan-kegunaan dari tiap-tiap sumber daya alam
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
.1.Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan
maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Ensiklopedia
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar baju daerah
2. Gambar-gambar rumah ibadah
3. Gambar-gambar rumah adat
4. Kompas
5. Kincir angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat
I. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasi macam-macam upacara
adat di tiap daerah
§ Mengidentifikasi
suku bangsa Indonesia
§ Mengidentifikasi
agama yang ada di Indonesia
§ Mengidentifikasi
manfaat gotong royong]
§ Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di masyarakat
§ Mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di sekolah
IPS :
§ Menjelaskan perbedaan pasar tradisional
dan pasar swalayan
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar tradisional
§ Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar swalayan
§ Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan
barter
§ Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan
pada zaman dulu
§ Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§ Mengidentifikasi kondisi cuaca
§ Meramalkan keadaan cuaca yang akan
terjadi berdasarkan keadaan langit
§ Menggambar secara sederhana simbol yang
bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§ Mengidentifikasi kehidupan manusia yang
sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§ Mendeskripsikan hubungan antara pakaian
yang dikenakan dengan keadaan
§ Membuat
daftar jenis-jenis sumber daya alam
§ Menjelaskan kegunan sumber daya alam
Matematika :
§ Menggambar luas persegi
§ Menggambar luas persegi panjang
§ Membandingkan luas bangun datar
§ Mengurutkan luas berbagai bangun datar
§ Menaksir luas daerah beberapa bangun
datar dengan menghitung petak satuan
§ Menemukan cara menghitung luas persegi
§ Menemukan cara menghitung luas persegi
panjang
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§ Menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
§ Menjelaskan secara lisan tentang isi
dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§ Menjawab pertanyaan bacaan yang
dibacakan teman
§ Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang
dibacakan
§ Membaca bacaan dengan suara lantang
§ Mengamati gambar seri
§ Menentukan urutan dan maksud gambar seri
§ Memahami dan menggunakan kata depan ke
§ Melengkapi kalimat dengan kata depan
§ Menyusun kalimat acak
§ Menulis amanat puisi yang sudah ditulis
siswa
§ Mengubah puisi yang sudah ditulis ke
dalam bentuk prosa
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Sebutkanlah macam-macam upacara adat di
tiap daerah
§ Jelaskanlah
suku bangsa Indonesia
§ Jelaskanlah
agama yang ada di Indonesia
§ Jelaskanlah
manfaat gotong royong]
§ Jelaskanlah
kegiatan gotong royong di
masyarakat
§ Jelaskanlah
kegiatan gotong royong di sekolah
IPS :
§ Jelaskanlah
perbedaan pasar tradisional dan
pasar swalayan
§ Jelaskanlah
keuntungan dan kerugian jual beli
di pasar tradisional
§ Jelaskanlah
keuntungan dan kerugian jual beli
di pasar swalayan
§ Jelaskanlah
dengan yang dimaksud dengan barter
§ Sebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman dulu
§ Sebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§ Jelaskanlah
kondisi cuaca
§ Jelaskanlah
keadaan cuaca yang akan terjadi
berdasarkan keadaan langit
§ Jelaskanlah
secara sederhana simbol yang bisa
digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§ Jelaskanlah
kehidupan manusia yang sesuai
dengan keadaan cuaca tertentu
§ Jelaskanlah
hubungan antara pakaian yang
dikenakan dengan keadaan
§ Buatkanlah
daftar jenis-jenis sumber daya alam
§ Jelaskanlah
kegunan sumber daya alam
Matematika :
§ Buatkanlah
gambar luas persegi
§ Buatkanlah
gambar luas persegi panjang
§ Bandingkan luas bangun datar
§ Urutkan luas berbagai bangun datar
§ Naksir luas daerah beberapa bangun datar
dengan menghitung petak satuan
§ Temukan cara menghitung luas persegi
§ Temukan cara menghitung luas persegi
panjang
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§ Nyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
§ Jelaskanlah
secara lisan tentang isi dongeng
yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§ Jelaskanlah
pertanyaan bacaan yang dibacakan
teman
§ Jelaskanlah
pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§ Bacakanlah bacaan dengan suara lantang
§ Jelaskanlah
cara mengamati gambar seri
§ Tentukan urutan dan maksud gambar seri
§ Jelaskanlah
cara memahami dan menggunakan kata
depan ke
§ Jelaskanlah
cara melengkapi kalimat dengan
kata depan
§ Susunkanlagh kalimat acak
§ Tuliskanlah amanat puisi yang sudah
ditulis siswa
§ Jelaskanlah
cara mengubah puisi yang sudah
ditulis ke dalam bentuk prosa
· LKS
· Lmbar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala .....................
.................................
NIP.
|
.......,
...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
..............................
NIP. -
|
0 komentar:
Posting Komentar