Senin, 14 Maret 2016

CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PENDIDIKAN

http://lenterakecil.com/wp-content/uploads/2011/11/rpp.jpg
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dibawah ini adalah contoh  RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PENDIDIKAN sebagai kelanjutan RPP KTSP kelas 3 semester 2 tema - tema sebelumnya.dan biasanya awal pertengahan tahun semua guru  di indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.  guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP kelas 3 yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator  pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

NAMA SEKOLAH        : ...........................
TEMA                              : PENDIDIKAN
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
WAKTU                          : 4 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I.    PKN
      4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.  IPS
      2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
      6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
      5.   Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
V.  Bahasa Indonesia
      5.Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
      6.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
      7.Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
      8.Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
     
B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
4.1
Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
IPS
:
2.3
Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah
IPA
:
6.2
Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca

:
6.3
Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kehidupan manusia

:
6.4
Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Matematika
:
5.2
Menghitung luas persegi dan persegi panjang
Bahasa Indonesia
:
5.1
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya


6.2
Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar


7.1
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif


8.1
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca


8.2
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik

C.INDIKATOR

PKN


:


1. Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
2. Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
3. Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
4. Mengidentifikasi manfaat gotong royong
5. Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
6. Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah


IPS
:
1. Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
2. Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar
    tradisional
3. Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar
    swalayan
4. Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
5. Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman
    dulu
6. Menyebutkan jenis-jenis uang kartal


IPA
:
1. Mengidentifikasi kondisi cuaca
2. Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan
    keadaan langit
3. Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan
    untuk menunjukkan kondisi cuaca




4. Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan
    keadaan cuaca tertentu
5. Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan
    dengan keadaan




6.Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
7. Menjelaskan kegunan sumber daya alam


Matematika
:
1. Menggambar luas persegi
2. Menggambar luas persegi panjang
3. Membandingkan luas bangun datar
4. Mengurutkan luas berbagai bangun datar
5. Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung
    petak satuan
6. Menemukan cara menghitung luas persegi
7. Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
8. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun
    datar


Bahasa Indonesia
:
1. Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
2. Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang
    dibacanya dengan kata-kata sendiri
3. Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
4. Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
5. Membaca bacaan dengan suara lantang
6. Mengamati gambar seri
7. Menentukan urutan dan maksud gambar seri
8. Menulis dan menggunakan kata depan ke
9. Melengkapi kalimat dengan kata depan
10.Menyusun kalimat acak
11.Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
12.Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk
     prosa









           
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
:
1. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi macam-
    macam upacara adat di tiap daerah
2. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa
    Indonesia
3. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi agama yang
    ada di Indonesia
4. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi manfaat
    gotong royong]
5. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
    gotong royong di masyarakat
6. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan
    gotong royong di sekolah
IPS
:
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan perbedaan pasar
    tradisional dan pasar swalayan
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
    kerugian jual beli di pasar tradisional
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
    kerugian jual beli di pasar swalayan
4. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan dengan yang
    dimaksud dengan barter
5. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan alat tukar jual beli
    yang digunakan pada zaman dulu
6. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang
    kartal
IPA
:
1. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kondisi
    cuaca
2. Melalui pengamatan siswa dapat meramalkan keadaan cuaca
    yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
3. Melalui pengamatan siswa dapat menggambar secara
    sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan
    kondisi cuaca


4. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kehidupan
    manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. Melalui penjelasan siswa dapat mendeskripsikan hubungan
    antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan


6. Melalui penjelasan siswa dapat membuat daftar jenis-jenis
    sumber daya alam
7. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan kegunan sumber
    daya alam
Matematika
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat menggambar luas persegi
2. Melalui penjelasan siswa dapat menggambar luas persegi
    panjang
3. Melalui penjelasan siswa dapat membandingkan luas bangun
    datar
4. Melalui penjelasan siswa dapat mengurutkan luas berbagai
    bangun datar
5. Melalui penjelasan siswa dapat menaksir luas daerah beberapa
    bangun datar dengan menghitung petak satuan
6. Melalui penjelasan siswa dapat menemukan cara menghitung
    luas persegi
7. Melalui penjelasan siswa dapat menemukan cara menghitung
    luas persegi panjang
8. Melalui penjelasan siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
    berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat menyatakan pendapat terhadap
    suatu pernyataan
2. Melalui tanya jawab Siswa dapat menjelaskan secara lisan
    tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
3. Melalui penjelasan siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan
    yang dibacakan teman
4. Melalui tanya jawab siswa dapat mengajukan pertanyaan dari
    dongeng yang dibacakan
5. Melalui bacaan siswa dapat membaca bacaan dengan suara
    lantang
6. Melalui pengamatan siswa dapat mengamati gambar seri
7. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan urutan dan
    maksud gambar seri
8. Melalui membaca siswa dapat menulis dan menggunakan kata
    depan ke
9. Melalui penjelasan siswa dapat melengkapi kalimat dengan
    kata depan
10.Melalui penjelasan siswa dapat menyusun kalimat acak
11.Melalui penjelasan siswa dapat menulis amanat puisi yang
     sudah ditulis siswa
12.Melalui penjelasan siswa dapat mengubah puisi yang sudah
     ditulis ke dalam bentuk prosa

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.  MATERI POKOK
1.   PKn
1. Kekayaan alam Indonesia
2. Harga diri
3. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3.   IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarian dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan

F.   METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I :
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa menjelaskan yang dimaksud dengan cuaca
2. Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang macam-macam cuaca beserta keuntungan
   dan kerugian dari cuaca tersebut
PKn
1. Guru menjelaskan tentang upacara adat dan amcam-macam upacara adat yang ada di Indonesia
2. Siswa mempraktekkan/ mendemonstrasikan salah satu upacara adat
Matematika
1. Guru menjelaskan mengenai luas persegi
2. Siswa menggambar luas persegi dengan ukuran yang telah ditentukan oleh guru

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membaca suatu cerita
2. Siswa menanggapi cerita yang telah dibacakan guru
IPS
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang perbedaan pasar tradisional dan pasar
    swalayan, kemudian hasilnya dikumpulkan
Matematika
1. Siswa menggambar luas persegi panjang dengan macam-macam ukuran

ý  Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa secara berpasangan saling tanya jawab tentan bacaan yang dibacanya
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru tentang membandingkan luas bangun
   datar
IPA
1. Siswa dapat menyebutkan gejala-gejala cuaca yang akan terjadi menurut pengalamannya
    masing-masing

Minggu II
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siwa membuat kincir angin yang sederhana yang digunakan untuk menunjukkan kondisi
    cuaca
PKn
1. Guru menerangkan tentang macam-macam suku bangsa dan agama yang ada di
    Indonesia
2. Guru memberikan tugas kliping tentang macam-macam pakaian adat suku bangsa dan
    tempat ibadah umat beragama
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dengan cara mengurutkan luas
    berbagai bangun datar

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membaca dongeng secara lantang
2. Siswa membuat pertanyaan dari dongeng yang dibacanya
IPS
1. Guru menjelaskan tentang pasar tradisional dan pasar swalayan
2. Siswa berdiskusi secara kelompok mengenai keuntungan dan kerugian jula beli di pasar
    tradisional dan pasar swalayan
Matematika
1. Siswa menggambar bangun persegi dengan cara menghitung petak satuan

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat kalimat dari gambar-gambar yang ada pada buku dan mengurutkannya
    sehingga menjadi sebuah cerita
IPA
1. Siswa dapat menjelaskan cara kehidupan dan mata pencaharian masyarakat yang berada
    di cuaca dingin (contoh : daerah Pangalengan, Lembang)
Matematika
1. Siswa membuat gambar persegi panjang dengan cara menghitung

Minggu III
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa menjelaskan pakaian yang dikenakan yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
PKn
1. Siswa mendemontrasikan dengan cara membuat drama yang isinya mengenai
    keramahtamahan masyarakat Indonesia
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat kalimat dengan menggunakan kata depan ke-
2. Siswa melengkapi kalimat dengan kata depan
IPS
1. Guru menjelaskan yang dimaksud dengan barter dan alat tukar jual beli pada zaman
    dahulu
2. Siswa mempraktekkan di kelas tentang jual beli dengan cara barter
Matematika
1. Siswa menegrjakan soal-soal cara menghitung luas persegi

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menyusun kalimat yang diacak dengan tulisan sambung
IPA
1. Siswa membuat kliping tentang macam-macam pakaian yang sesuai dengan keadaan
    cuaca
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang

Minggu IV
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa mengelompokkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya
    alam yang tidak dapat diperbaharui
PKn
1. Siswa menjelaskan manfaat gotong royong
2. Siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dikerjakan secara gotong royong di
    masyarakat
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cara menghitung luas persegi panjang

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menulis puisi yang berisikan amanat
IPS
1. Siswa menyebutkan jenis-jenis uang kartal
2. Siswa mempraktekkan jual beli dengan menggunakan uang kartal
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mengubah puisi yang diberikan oleh guru ke dalam bentuk prosa
IPA
1. Siswa menjelaskan keguanaan-kegunaan dari tiap-tiap sumber daya alam
Matematika
1. Siswa mengerjakan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
.1.Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
    bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
    lisan maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
    takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
    individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
    penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
   Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.     Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.     Buku IPA
3.     Buku Matematika
4.     Buku Bahasa Indonesia
5.     Buku IPS
6.     Ensiklopedia
7.     Kamus Bahasa Indonesia
8.     Pedoman EYD
9.     Koran dan Majalah
10.   Media elektronik

B. Alat Peraga:
1.     Gambar-gambar baju daerah
2.     Gambar-gambar rumah ibadah
3.     Gambar-gambar rumah adat
4.     Kompas
5.     Kincir angin
6.     Globe
7.     Uang kartal dan uang giral
8.     Tabel perbelanjaan
9.     Puisi
10.   Drama
11.   Bangun datar
12.   Busur derajat

I.    PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN :
§  Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
§  Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
§  Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
§  Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
§  Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
§  Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
IPS :
§  Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
§  Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§  Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§  Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
§  Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
§  Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§  Mengidentifikasi kondisi cuaca
§  Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§  Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§  Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§  Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
§  Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
§  Menjelaskan kegunan sumber daya alam
Matematika :
§  Menggambar luas persegi
§  Menggambar luas persegi panjang
§  Membandingkan luas bangun datar
§  Mengurutkan luas berbagai bangun datar
§  Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
§  Menemukan cara menghitung luas persegi
§  Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§  Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
§  Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§  Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
§  Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§  Membaca bacaan dengan suara lantang
§  Mengamati gambar seri
§  Menentukan urutan dan maksud gambar seri
§  Memahami dan menggunakan kata depan ke
§  Melengkapi kalimat dengan kata depan
§  Menyusun kalimat acak
§  Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
§  Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Sebutkanlah macam-macam upacara adat di tiap daerah
§  Jelaskanlah suku bangsa Indonesia
§  Jelaskanlah agama yang ada di Indonesia
§  Jelaskanlah manfaat gotong royong]
§  Jelaskanlah kegiatan gotong royong di masyarakat
§  Jelaskanlah kegiatan gotong royong di sekolah
IPS :
§  Jelaskanlah perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
§  Jelaskanlah keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
§  Jelaskanlah keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
§  Jelaskanlah dengan yang dimaksud dengan barter
§  Sebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
§  Sebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA :
§  Jelaskanlah kondisi cuaca
§  Jelaskanlah keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
§  Jelaskanlah secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
§  Jelaskanlah kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
§  Jelaskanlah hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
§  Buatkanlah daftar jenis-jenis sumber daya alam
§  Jelaskanlah kegunan sumber daya alam
Matematika :
§  Buatkanlah gambar luas persegi
§  Buatkanlah gambar luas persegi panjang
§  Bandingkan luas bangun datar
§  Urutkan luas berbagai bangun datar
§  Naksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
§  Temukan cara menghitung luas persegi
§  Temukan cara menghitung luas persegi panjang
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia :
§  Nyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
§  Jelaskanlah secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
§  Jelaskanlah pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
§  Jelaskanlah pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
§  Bacakanlah bacaan dengan suara lantang
§  Jelaskanlah cara mengamati gambar seri
§  Tentukan urutan dan maksud gambar seri
§  Jelaskanlah cara memahami dan menggunakan kata depan ke
§  Jelaskanlah cara melengkapi kalimat dengan kata depan
§  Susunkanlagh kalimat acak
§  Tuliskanlah amanat puisi yang sudah ditulis siswa
§  Jelaskanlah cara mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa

·   LKS
·   Lmbar observasi.


J. Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala .....................



.................................
NIP.

......., ...................... 2016       
Guru Tematik Kelas III



..............................
NIP. -


0 komentar:

Posting Komentar