Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
dibawah
ini adalah RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN sebagai
kelanjutan dari
RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2
semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman
mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar
sesuai dengan
komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog
ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : ................
Kelas / Semester : IIA / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu
A.Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
- Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan
bercerita.
- Menulis
- Menulis
permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
Matematika
- Bilangan :
melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
- Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
- Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
dan kegunaannya.
- Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam
kehidupan sehari-hari
IPS
- Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
- Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa
dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
- Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik
dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
- Memahami
nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
B. Kompetensi Dasar
B.
Indonesia
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
Matematika
·
Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·
Melakukan
pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·
Melakukan
operasi bilangan campuran.
·
Mengelompokkan
bangun datar.
·
Mengenal
sudut bangun datar.
IPA
·
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
·
Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·
Memberi
contoh bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga.
SBK
·
Mengekpresikan
diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·
Mengekpresikan
diri dengan penampilan musik.
·
Berkreasi
dengan cat warna.
C. Indikator
B.
Indonesia
- Menirukan gerak dan suara binatang.
- Menjelaskan cirri binatang secara
rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
- Menjawab pertanyaan sesuai dengan
cerita.
- Menuliskan yang didiktekan guru.
- Melengkapi
cerita tentang data keluarga.
- Menulis dengan baik dan benar serta
penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
- Membuat karangan sederhana dengan
bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
1.
Mengingat pakta perkalian dengan berbagai
cara mulai dari penjumlahan berulang.
2.
Mengingat pakta pembagian dengan berbagai
cara.
3.
Menghitung secara cepat perkalian dan
pembagian
4.
Mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya.
5.
Menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
1. Mencari sumber bunyi
alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas,
sumber energi yang menghasilkan cahaya.
2.
Memberi alasan yang tepat tentang
penggunaan jenis energi
3. Menjelaskan kedudukan matahari pada
pagi, siang dan sore hari.
4. Menjelaskan perbedaan panas
matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan
antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
1.
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
2. Memperagakan peran tentang diri
sendiri serta keluarga.
3.
Menceritakan keadaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
4.
Memberikan contoh cara memelihara dan
menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
SBK
1.
Membuat karya gambar cetak ekpresi.
2. Memainkan alat musik ritmis.
3.
Menjelaskan
cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
D.Tujuan Pembelajaran
B.
Indonesia
- Siswa
dapat menirukan gerak dan suara binatang.
- Siswa
dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat
mendeskripsikannya dengan teman.
- Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
- Siswa
dapat menuliskan yang didiktekan guru.
- Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
- Siswa
dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan
tanda baca dengan tepat.
- Siswa
dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
1.
Siswa
dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan
berulang.
2.
Siswa
dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
3.
Siswa
dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
4.
Siswa
dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5.
Siswa
dapat menentukan, menggambar bangun
datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
1. Siswa
dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi
yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
2.
Siswa
dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3. Siswa
dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
4. Siswa
dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta
menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
1.
Siswa
dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
2. Siswa
dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
3.
Siswa
dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
4.
Siswa
dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat
menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
1.
Siswa
dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
2. Siswa
dapat memainkan alat musik ritmis.
3.
Siswa
dapat menjelaskan cara pembuatan cat
warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. Materi ajar (materi pokok)
- Mendeskripsikan
cirri tumbuhan dan hewan.
- Cara
penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
- Mendeklamasikan puisi.
- Perkalian dan pembagian.
- Bangun datar dan unsure bangun datar.
- Sumber
panas dan energi serta kegunaannya.
- Menceritakan pengalaman.
- Lingkungan alam dan buatan.
- Membuat
gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan
buatan.
F. Metoda pembelajaran
- Demontrasi, latihan, ceramah,
pemberian tugas, tanya jawab.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.Guru merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur
tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia,
Matematika, IPS). 3
x 35’.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan
binatang secara lisan dan dituangkan dalam
tulisan.
2. Siswa mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
3. Siswa mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika). 4
x 35.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan guru tentang suara dan
gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.
2. Guru menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mengungkapkan ciri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya
melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
2. Siswa mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
3. Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering
digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.
Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika). 4
x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan unsur cetak gambar /
cetak tinggi.
2. Guru membimbing siswa membaca dengan
intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
3. Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi
cerita.
4.
Siswa mendemontrasikan
hitung perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 3
x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru bersama siswa menirukan suara
binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung
dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
2.
Siswa mendemontrasikan
hitung perkalian 1 – 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mengerjakan perkalian dengan
penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
2.
Siswa menyusun
kalimat sederhana.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa dibimbing guru mengerjakan hitung
perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
2. Siswa membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang
benar secara seksama.
Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia). 3
x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru membimbing siswa memperagakan peran
tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan
sekitarnya.
2. Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.
3. Siswa menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang
dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3
x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Melalui penjelasan guru tentang kegunaan
energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat
mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
2. Siswa menuliskan yang didiktekan guru
dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
3. Melalui penjelasan tentang pembagian
diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3
x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa membaca dan menjawab pertanyaan dari
isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
2. Siswa mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang
sampai nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mengerjakan hitung pembagian satu
sampai 5
2.
Siswa menyusun
kalimat sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 4x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa membaca kalimat bersuara nyaring
dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung
dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
2. Siswa membuat karya gambar cetak ekspresi
dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mengerjakan hitung pembagian dan
penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
2. Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru membimbing siswa mengerjakan hitung
campuran perkalian dan pembagian.
2. Siswa melengkapi cerita tentang data
keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
3. Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan
perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan
ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan energi yang sering
digunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
2.
Siswa
membaca dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan
menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
3. Melalui penjelasan guru tentang pembagian
sampai 50
Pertemuan
keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa meringkas bacaan, melengkapi kalimat
yang telah disediakan guru.
2.
Siswa diberi
pembagian sebagai kebalikan perkalian
3.
Siswa mengerjakan
soal cerita tentang perkalian dan pembagian.
Pertemuan
kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan
bangun datar menurut bentuknya
2. Siswa mengurutkan bangun datar menurut
ukurannya.
3. Siswa menulis kalimat yang didiktekan guru.
Pertemuan
keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan
sdengan bentuk puisi.
2. Siswa mendeklamasikan puisi tersebut di
depan kelas.
3. Dengan penjelasan guru tentang cara
pembuatan cat warna dan bahan alami.
4.
Siswa
mendemontrasikannya pembuatan cat warna.
Minggu ke 4
Pertemuan pertama
(Matematika). 3 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
2. Siswa menyimak penjelasan guru.
3. Siswa menyebutkan unsur-unsur bangun
datar.
4.
Siswa
menggambarkan jenis-jenis bangun datar.
Pertemuan kedua (B.
Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
2. Siswa membuat karangan pendek dengan
melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
3. Siswa melanjutkan materi berikutnya yaitu
menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu.
4. Siswa menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.
Pertemuan ketiga
(Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
menugaskan siswa untuk melanjutkan
materi berikutnya.
2. Siswa melaksanankan tugas yang diberikan
guru yaitu membuat bidang datar dengan ukuran yang ditentukan guru dengan
menggunakan alat bantu.
3. Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar
kelas.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menugaskan siswa untuk membuat
kalimat berdasarkan gambar.
2. Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar.
3. Siswa menyalin kalimat dari huruf cetak ke
huruf tegak bersambung.
4. Guru menugaskan siswa untuk mencari gambar
yang berhubungan dengan lingkungan alam dan buatan dari berbagai media cetak
untuk dibuat kliping.
5. Pertemuan kelima (IPA). 2 x 35’
6. Guru mengulas materi yang telah
disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
7. Siswa dibawa guru ke luar kelas untuk
merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup.
8.
Siswa
membuat laporan apa yang di rasakannya.
Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
menjelaskan cara penggunaan cat
warna yang terbuat dari bahan alam atau buatan.
2. Siswa mencoba membuat cetakan sederhana
dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari bahan alam atau buatan.
3. Siswa dapat membandingkan kualitas cat
warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.
Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. Guru mengadakan tanyajawab sekitar materi
yang telah disampaikan.
2. Guru memberikan penilaian hasil kerja
siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
3. Guru memberikan tugas atau PR
H.Alat dan sumber :
1. Buku paket
2. Alat peraga
3. Media cetak
4. Media elektronik
5. Lingkungan sekitar
6. Kreatifitas guru
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
B. Indonesia
·
Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya,
dengan pilihan kata runtut.
·
Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan
oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·
Menceritakan kembali cerita yang didengar
menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan
kata yang tepat.
·
Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama
anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·
Menyalin kalimat cetak menjadi tegak
bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan.
·
Menulis karangan sederhana tentang kesukaan /
ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Matematika
·
Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Menghitung secara cepat perkalian dan
pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut
bentuknya.
·
Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·
Menentukan unsure bangun datar yaitu titik
sudut, garis, sisi.
·
Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu
sudut.
·
Menggambar dan membuat bangun persegi,
segitiga, segi empat, persegi
panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui
alat rumah tangga.
·
Mencari contoh alat rumah tangga yang
menggunakan energi.
·
Memberi contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Memberi alasan penggunaan jenis energi
listrik.
·
Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang
dan sore hari.
·
Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
·
Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·
Menceritakan keadaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
·
Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga
lingkungan alam di sekitar kita.
·
Menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Membuat
karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai motif imajinatif.
·
Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan
berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang
benar.
·
Mengatur
komposisi ukuran bahan dan
alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·
Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna
dari bahan alam dan buatan.
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
·
Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara
binatang tertentu.
·
Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya,
dengan pilihan kata runtut.
·
Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh
seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.
·
Ceritakan kembali cerita yang didengar
menggunakan kata-kata sendiri.
·
Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Jelaskanlah cerita tentang data keluarga
dengan kata yang tepat.
·
Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama
anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·
Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak
bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan.
·
Tuliskanlah karangan sederhana tentang
kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Matematika
·
Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Hitungkanlah secara cepat perkalian dan
pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut
bentuknya.
·
Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.
·
Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik
sudut, garis, sisi.
·
Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·
Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun
persegi, segitiga, segi empat,
persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya
melalui alat rumah tangga.
·
Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang
menggunakan energi.
·
Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi
listrik.
·
Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan
sore hari.
·
Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Ceritakan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
·
Peragakan peran tentang diri sendiri.
·
Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah.
·
Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga
lingkungan alam di sekitar kita.
·
Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan
di sekitar rumah.
SBK
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai motif imajinatif.
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara memainkan alat musik
ritmis dengan cara yang benar.
·
Jelaskanlah
cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara pembuatan cat warna
dari bahan alam dan buatan.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala .....
...........................
NIP.
|
|
..........................
Guru Tematik
.....................
NIP.-
|
demikianlah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN semoga dapat bermanfaat bagi kita
Wassalam