Sabtu, 02 April 2016

JENIS - JENIS METODE PEMBELAJARAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Metode adalah pelicin jalan pengajaran menuju tujuan (Mahfud: 55). Metode harus menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan demikian guru sebaiknya menggunakan metode yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat dijadikan alat yang efektif untuk mencapai tujuan pengajaran. Setiap metode memiliki sifat masing-masing baik kelebihan maupun kekurangan. Winarno Surcahmad mengatakan bahwa pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu latar belakang anak didik, tujuan yang ingin dicapai, situasi yang ada, fasilitas yang tersedia dan kualitas guru.
Perlu diketahui bahwa tidak ada satu metode pun yang dianggap paling baik diantara metode-metode yang lain (Surachmad 2004: 2). Tiap metode mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing. Suatu metode munngkin baik untuk suatu tujuan tertentu, pokok bahasan maupun situasi dan kondisi tertentu, tetapi mungkin tidak tepat untuk situasi yang lain. Demikian pula dengan suatu metode yamg dianggap baik untuk suatu pokok bahasan yang disampaikan oleh guru tertentu, kadang-kadang belum tentu berhasil dibawakan oleh guru.
Adakalanya seorang guru perlu menggunakan beberapa metode dalam menyampaikan suatu pokok bahasan tertentu. Dengan variasi beberapa metode, penyajian pengajaran menjadi lebih hidup.Misalnya pada awal pengajaran, guru memberikan suatu uraian dengan metode ceramah, kemudian menggunakan contoh-contoh melalui peragaan dan diakhiri dengan diskusi atau tanya- jawab. Disini bukan hanya guru yang aktif berbicara, melainkan siswa pun terdorong untuk berpartisipasi.
dibawah ini kami akan bagikan jenis - jenis metode pembelajaran, silahkan disimak
Jenis Metode Pembelajaran
Setiap metode pembelajaran masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan dalam membentuk kemampuan siswa.Adapun jenis-jenis metode pembelajaran tersebut adalah (Ngalim Purwanto, 64):
a. Metode ceramah
Metode cermah ini banyak digunakan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran secara klasikal.
b. Metode diskusi
Metode ini sering digunakan dalam pembelajaran kelompok.Metode mengajar diskusi merupakan cara mengajar dalam pambahasan dan penyajian materinya melalui suatu problema atau pertanyaan yang harus diselesaikan berdasarkan pendapat atau keputusan secara bersama.
c. Metode simulasi
Metode simulasi merupakan metode mengajar yang dapat digunukan dalam pembelajaran kelompok. Mengajar dengan metode ini objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya, tetapi kegiatan mengajar yang bersifat pura-pura.
d. Metode demonstrasi
Metode demonstrasi merupakan metode mengajar yang disajikan bahan pelajaran dengan mempertunjukkan secara langsung objeknya atau caranya melakukan sesuatu untuk mempertunjukan proses tertentu.
e. Metode eksperimen
Metode ekspserimen merupakan metode mengajar dalam pentajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses.
4. Metode Role Play
Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa(Sudjana, 2004:62).Pengambangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Pemain ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung pada apa yang diperankan.
Role Playing adalah suatu tiruan yang bersifat drama yang diperankan oleh dua orang atau lebih tentang peranan yang berbeda-beda dalam keadaan tertentu (Pasaribu dan Simanjuntak, 1983: 35). Menurut Slameto (1991), metode role playing adalah peranan sebuah situasi dalam hidup manusia dengan tanpa diadakan latihan, dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk dipakai sebagai bahan analisa oleh kelompok.
Role playing atau sosiodrama adalah sandiwara tanpa naskah (skript) dan tanpa latihan terlebih dahulu,sehingga dilakukan secara spontan. Masalah yang didramatisasikan adalah mengenai situasi sosial (Syaiful dan Aswan, 1997:115). Menurut Mulyasa (2006), bermain peran (Role Playing) diarahkan pada pemecahan masalah-masalah yang menyangkut hubungan antar manusia, terutama yang menyangkut kehidupan peserta didik.
demikian tadi beberapa jenis - jenis metode yang dapat kami sajikan semoga bermanfaat bagi kita khususnya bagi pendidik dan sebagai motifasi untuk berkreasi dan mempunyai siasat agar siswa lebih cendrung untuk lebih semangat untuk belajar
Wassalam

BANK SOAL KURIKULUM 2013 TEMATIK KELAS 4 SD TEMA 6

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dibawah ini kami akan bagikan contoh http://pendidikanpelajaranagama.blogspot.co.id/2016/04/bank-soal-kurikulum-2013-tematik-kelas_7.html BANK SOAL KURIKULUM 2013 TEMATIK KELAS 4 SD TEMA 6, soal ini kami buat untuk teman - teman disekolah yang mengunakan kurikulum 2013. BANK SOAL KURIKULUM 2013 TEMATIK KELAS 4 SD TEMA 6 ini kami buat permata pelajaran agar mudah dalam menilai dan memasukkan ke buku nilai yang dibuat permata pelajaran, yuk kita lihat BANK SOAL KURIKULUM 2013 TEMATIK KELAS 4 SD TEMA 6 dibawah ini 
 https://ecs7.tokopedia.net/img/product-1/2015/7/29/345409/345409_d45e9343-27cf-421a-b969-4de4974dbef5.jpg
IPA
1. Indonesia memiliki keanekaragaman  satwa langka yang dilindungi. dibawah ini yang
     termasuk satwa langka, kecuali...... 
    a. Elang              b. Harimau Sumatera          c. Anoa             d. Burung Bangau
2.  Satwa langka dibawah ini berasal dari provinsi......
    Soal Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 1 a. Sulawesi         b. Sumatera         c. Papua       d. Jawa
3. Bunga yang dijadikan sebagai pesona bangsa Indonesia adalah bunga…
    a. Mawar     b. Anggrek      c. Melati          d. Kamboja
4. Salah satu faktor punahnya hewan adalah…..
    a. Adanya perburuan liar     b. Menempatkannya dikebun binatang
    c. Melakukan penangkaran             d. tidak melakukan illegal loging
5. Indonesia memiliki banyak obyek wisata yang sangat indah, salah satunya adalah pantai
    Dreamland. Pantai tersebuat terletak diprovinsi….
a.       Bali        b. Jawa Barat              c. NTB                        d. Sulawesi
Bhs Indonesia
6. Anita dan teman – temannya mencari informasi tentang hewan dan tumbuhan langka,
    informasi artinya….
   a. pemberitahuan     b. Gambar       c. Karangan     d. Cerita
7. Berbagai hasil laut dapat manfaat oleh penduduk sebagai sumber daya alam yang
    menghasilkan devisa bagi Negara. Kata yang bercetak miring seharusnya….
    a. Dimanfaatkan     b. Memanfaatkan        c. Bermanfaat              d. Manfaatnya
8. (1). Bakau adalah sejenis pohon yang tumbuh didaerah perairan dangkal.(2). Hutan bakau
    berfungsi sebagai pelindung pantai. (3). Pohon bakau tumbuh didaerah tropis. (4). Hutan
    bakau juga menjadi sumber makanan serta oksigen bagi biota laut.
    Kalimat utama pada paragraf diatas pada kalimat nomor….
a.       1                        b. 2                  c. 3                  d. 4
9. Berdasarkan paragraf di atas, fungsi hutan atau pohon bakau terdafat pada kalimat….
   a. 1 dan 2                b. 3 dan 4                    c. 2 dan 3                    d. 2 dan 4
10. Contoh sumber daya alam hayati yaitu….
   a. Hewan, hutan dan air                              b. tumbuhan, hewan dan perkebunan
  c. Air, hasil tambang dan tumbuhan            d. Hutan, laut dan air
 PKn
11. Sikap terhadap sumber daya alam adalah….
      a. Memanfaatkan tanpa batas                   b. Menjualnya ke pihak asing
      c. Membiarkan agar tidak habis                d. Memanfaatkannya sehemat mungkin
12. Bahan dasar kertas termasuk sumber daya alam yang berasal dari….
      a. Tumbuhan                     b. Hewan         c. Mineral        d. Bahan tambang
13. Berikut yang bukan merupakan pemanfaatan sumber daya alam tumbuhan adalah….
     a. Sebagai bahan makanan                          b. Sebagai bahan baku kertas
     c. Sebagai pembangkit listrik                      d. Sebagai bahan bangunan
14. berikut yang merupakan usaha pemerintah untuk melestarikan sumber daya alam adalah…..
      a. Mendirikan cagar alam                           b. mendirikan industri           
      c. Menebang pohon                                   d. Membangun pemukiman
15. Gambar  dibawah ini merupakan salah satu peninggalan zaman batu yang disebut…..
     https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQQ2VtRs5DGigLz9BTlnxXLCs3710mw-V7E5bKW0_FoQppt5INTx5-Wr-d9dInGceJhKG2knVSzNYYeeJXGTPDI58SVydGhmKILbzd0nJCy8XaxEPCLXwYtUa9vbB7eL8IO19w_c73Pno/s1600/zaman+batu+paleotikun.jpg
    a. Dolmen                b. Menhir                     c. Waruga                    d. Arca
 IPS
16. Meja dari batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sajian untuk pemujaan disebut…..
     a. Menhir                b. Arca                                    c. Sarkofagus              d. Dolmen
17. Nekara adalah salah satu peninggalan sejarah pada zaman ……
     a. Batu                    b. Besi                          c. Tembaga                 d. Perunggu
18. Bangunan yang digunakan untuk menyimpan benda bersejarah disebut……
     a. Prasasti               b. Situs                        c. Museum                   d. Istana
19. Kerajaan hindu pertama di Indonesia adalah……
     a. Kutai                  b. Sriwijaya                 c. Majapahit                d. Mataram
20. Kerajaan pertama kali di Indonesia adalah kerajaan ……
    a. Gowa                   b. Mataram                  c. Demak                     d. Samudera Pasai
Matematika
21. Bentuk pecahan decimal dari 3/5 adalah…..
     a. 0,5                      b. 0,6                           c. 0,75                         d. 0,4
22. Bentuk pecahan biasa dari 0,325 adalah…..
    a. 7/20                     b. 65/20                       c. 13/40                       d. 15/40
23. Hasil dari penjumlahan 3,25 + 4,5 2,75 adalah…..
     a. 9,5                      b. 11,50                       c. 10,3                         d. 10,5
24. Pada peta tertulis skala 1: 2.500.000. jarak kota Banjar dan Bandung adalah 3cm. berapakah
      jarak sebenarnya
      a. 750 km              b. 7.500 km                 c. 75 km                      d. 7,5 km
25. Bangun  persegi memiliki sisi sama panjang yang berjumlah……
      a. 1                                    b. 2                              c. 3                              d. 4
SBDP
26. Sebelum membuat gambar pemandangan, hendaknya kita membuat…..terlebih dahulu
      a. sketsa                 b. garis                       c. warna                           d. kolase
                 27. Lukisan dan gambar merupakan contoh karya seni…..
      a. 3 Dimensi          b. 2 dimensi               c. 4 dimensi                     d. 5 dimensi  
28. Gambar seorang nelayan merupakan pemandangan didaerah….
      a. pegunungan       b. pantai                     c. perkebunan                  d. daratan
29. Salah satu langkah yang harus dipersiapkan dalam menggambar yaitu….
      a. peralatan gambar    b. bolpoin              c. buku   tulis                   d. snak
30. Karya seni rupa yang dilakukan dengan menempelkan potongan – potongan kertas  atau
       material untuk membuat desain tertentu disebut…
      a. Meronce         b. Kolase                c. membatik                    d. melukis

Demikianlah contoh BANK SOAL KURIKULUM 2013 TEMATIK KELAS 4 SD TEMA 6 semoga dapat bermanfaat bagi teman - teman yang mengajar menggunakan kurikulum 2013. 
Wassalam

Rabu, 30 Maret 2016

RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

dibawah ini adalah RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2 semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.

Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhTp5UvmEAky0YYy3SP5eEDdImodsJSmcESJ7a5Pys-I7ORafEDtFSe0v-LtP7Rkrop9oMGx1W3e8xK-DfCnYahgMX57DLshEQLMqryH4cQxY5RDPGQRXp0Pk1cL59V-PwUmFUCQv7NZA/s1600/KTSP.png
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik



Nama Sekolah     : ................
Kelas / Semester  :  IIA / 2
Tema                    :  Lingkungan
Waktu                  :  4 minggu

 

A.Standar Kompetensi

      B. Indonesia

      Berbicara
  • Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
  • Menulis
  • Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.

Matematika

  • Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
  • Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.

IPA

  • Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
  • Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

IPS

  • Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
  • Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
  • Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
  • Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.

B. Kompetensi Dasar
      B. Indonesia
·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·        Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·        Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

Matematika

·        Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·        Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·        Melakukan operasi bilangan campuran.
·        Mengelompokkan bangun datar.
·        Mengenal sudut bangun datar.

IPA

·        Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·        Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·        Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·        Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·        Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·        Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

SBK

·        Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·        Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·        Berkreasi dengan cat warna.

C. Indikator
      B. Indonesia
  1. Menirukan gerak dan suara binatang.
  2. Menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
  3. Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
  4. Menuliskan yang didiktekan guru.
  5. Melengkapi cerita tentang data keluarga.
  6. Menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
  7. Membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.

Matematika

1.     Mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
2.     Mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
3.     Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
4.     Mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5.     Menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.

IPA

1.     Mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
2.     Memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3.     Menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
4.     Menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.

IPS

1.     Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
2.     Memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
3.     Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
4.     Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

1.     Membuat karya gambar cetak ekpresi.
2.     Memainkan alat musik ritmis.
3.     Menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.

D.Tujuan Pembelajaran
      B. Indonesia
  1. Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
  2. Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
  3. Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
  4. Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
  5. Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
  6. Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
  7. Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.

Matematika

1.     Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
2.     Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
3.     Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
4.     Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
5.     Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.

IPA

1.     Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
2.     Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
3.     Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
4.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.

IPS

1.     Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
2.     Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
3.     Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
4.     Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

1.     Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
2.     Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
3.     Siswa dapat menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

 

E. Materi ajar (materi pokok)

  1. Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
  2. Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
  3. Mendeklamasikan puisi.
  4. Perkalian dan pembagian.
  5. Bangun datar dan unsure bangun datar.
  6. Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
  7. Menceritakan pengalaman.
  8. Lingkungan alam dan buatan.
  9. Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.

F. Metoda pembelajaran

  1. Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

G. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.Guru  merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
        Pertemuan pertama (B. Indonesia, Matematika, IPS).  3 x 35’.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.  Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan
     binatang secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
2.      Siswa mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
3.      Siswa mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.

Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika).  4 x 35.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan penjelasan guru tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.
2.      Guru menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
 
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mengungkapkan ciri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
2.      Siswa mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
3.      Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.

Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika).  4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan unsur cetak gambar / cetak tinggi.
2.      Guru membimbing siswa membaca dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
3.      Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
4.      Siswa mendemontrasikan hitung perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru bersama siswa menirukan suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
2.      Siswa mendemontrasikan hitung perkalian 1 – 3.

Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mengerjakan perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
2.      Siswa menyusun kalimat sederhana.

Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa dibimbing guru mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
2.      Siswa membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar secara seksama.

Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru membimbing siswa memperagakan peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan sekitarnya.
2.      Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.
3.      Siswa menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.
 
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
2.      Siswa menuliskan yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
3.      Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa membaca dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
2.      Siswa mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.
 
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia)  2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5
2.      Siswa menyusun kalimat sederhana.

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK)  4x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa membaca kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
2.      Siswa membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.

Minggu ke 3

Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mengerjakan hitung pembagian dan penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
2.      Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
 
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru membimbing siswa mengerjakan hitung campuran perkalian dan pembagian.
2.      Siswa melengkapi cerita tentang data keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
3.      Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.

Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan energi yang sering digunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
2.      Siswa membaca dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
3.      Melalui penjelasan guru tentang pembagian sampai 50

Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa meringkas bacaan, melengkapi kalimat yang telah disediakan guru.
2.      Siswa diberi pembagian sebagai kebalikan perkalian
3.      Siswa mengerjakan soal cerita tentang perkalian dan pembagian.

Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
2.      Siswa mengurutkan bangun datar menurut ukurannya.
3.      Siswa menulis kalimat yang didiktekan guru.

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan sdengan bentuk puisi.
2.      Siswa mendeklamasikan puisi tersebut di depan kelas.
3.      Dengan penjelasan guru tentang cara pembuatan cat warna dan bahan alami.
4.      Siswa mendemontrasikannya pembuatan cat warna.

Minggu ke 4
Pertemuan pertama (Matematika). 3 x 35
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
2.      Siswa menyimak penjelasan guru.
3.      Siswa menyebutkan unsur-unsur bangun datar.
4.      Siswa menggambarkan jenis-jenis bangun datar.

Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
2.      Siswa membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
3.      Siswa melanjutkan materi berikutnya yaitu menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu.
4.      Siswa menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.

Pertemuan ketiga (Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan materi berikutnya.
2.      Siswa melaksanankan tugas yang diberikan guru yaitu membuat bidang datar dengan ukuran yang ditentukan guru dengan menggunakan alat bantu.
3.      Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar kelas.

Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menugaskan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar.
2.      Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar.
3.      Siswa menyalin kalimat dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung.
4.      Guru menugaskan siswa untuk mencari gambar yang berhubungan dengan lingkungan alam dan buatan dari berbagai media cetak untuk dibuat kliping.
5.      Pertemuan kelima (IPA). 2 x 35’
6.      Guru mengulas materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
7.      Siswa dibawa guru ke luar kelas untuk merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup.
8.      Siswa membuat laporan apa yang di rasakannya.

Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan cara penggunaan cat warna yang terbuat dari bahan alam atau buatan.
2.      Siswa mencoba membuat cetakan sederhana dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari bahan alam atau buatan.
3.      Siswa dapat membandingkan kualitas cat warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
           1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
                bermakna;
            2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
                baru baik secara lisan maupun tertulis;
            3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
                bertindak tanpa rasa takut;
            4. Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
            5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
            6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
                individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      Guru mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
2.      Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
3.      Guru memberikan tugas atau PR

H.Alat dan sumber :

1.      Buku paket
2.      Alat peraga
3.      Media cetak
4.      Media elektronik
5.      Lingkungan sekitar
6.      Kreatifitas guru

 

I. Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
B. Indonesia
·         Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·         Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·         Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·         Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·         Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·         Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·         Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·         Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·         Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·         Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·         Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·         Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·         Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·         Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·         Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·         Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·         Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·         Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

IPS

·         Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·         Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·         Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·         Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

·         Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·         Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·         Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·         Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
B. Indonesia
·         Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·         Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·         Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·         Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.
·         Ceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·         Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·         Jelaskanlah cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·         Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·         Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·         Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·         Tuliskanlah karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Hitungkanlah secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·         Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.
·         Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·         Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·         Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·         Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·         Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi listrik.
·         Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·         Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

IPS

·         Ceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Peragakan peran tentang diri sendiri.
·         Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·         Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·         Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

·         Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·         Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·         Jelaskanlah  cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·         Jelaskanlah cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·         Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.




J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.









CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.


Mengetahui
Kepala .....



...........................
NIP.

..........................
Guru Tematik



.....................
NIP.-








demikianlah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA LINGKUNGAN semoga dapat bermanfaat bagi kita
 Wassalam