Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD. TEMA KESEHATAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
dibawah
ini adalah RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD. TEMA KESEHATAN sebagai
kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2
semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman
mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar
sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog
ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD. TEMA KESEHATAN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Kelas / Semester : IIA / 2
Tema : Kesehatan
Waktu : 2 Minggu
a.Standar
Kompetensi
B. Indonesia
Mendengarkan
–
Memahami
pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
–
Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
–
Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan
membaca dalam hati
–
Menyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.
IPA
–
Memahami
peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
–
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
b. Kompetensi
Dasar
B. Indonesia
–
Menyampaikan
pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
–
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah dipahami orang lain
–
Membaca
nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi
yang tepat.
–
Meyalin
puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.
IPA
–
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya
matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
–
Memberi
contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
c. indikator
B. Indonesia
- Mencatat isi pesan tentang kesehatan
- Dapat menjelaskan ciri-ciri binatang secara rinci
- Membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
- Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
- Membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan
IPA
- Menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
- Menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
- Memperagakan alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
IPS
- Menyebutkan beberapa contoh cara memelihara lingkungan
- Mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
- Mempraktekan cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan lingkungan
d. Tujuan
Pembelajaran
B. Indonesia
- Siswa dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
- Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri binatang secara rinci
- Siswa dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
- Siswa dapat menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
- Siswa dapat membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan
IPA
- Siswa dapat menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
- Siswa dapat menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
- Siswa memperagakan alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
IPS
- Siswa dapat menyebutkan beberapa contoh cara memelihara lingkungan
- Siswa dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
- Siswa dapat mempraktekan cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan lingkungan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. Materi
Ajar (Materi Pokok)
1.
Membaca dan menulis kalimat sederhana
2.
Sumber energi dan kegunaannya
3. Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi
alam danlingkungan di bumi
4.
Kebersihan lingkungan di sekitar rumah
F. Metoda
Pembelajaran
- Ceramah, latihan, demontrasi, pemberian tugas, Tanya jawab.
g. langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal
Apresepsi/ Motivasi :
- Guru bersama siswa berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
- Pre test
Kegiatan Inti
Minggu
ke I. (B. Indonesia, IPS,
Matematika) 3 x 35’
Pertemuan
Pertama
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan guru diharapkan siswa
dapat mencatat isi pesan yang bertemakan kesehatan.
2. Guru menjelaskan beberapa contoh tentang memelihara lingkungan
dan dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan
sekitar dengan cara bekerjasama
Pertemuan Kedua
( B. Indonesia, IPA, Matematika) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa dibimbing guru membaca teks dengan intonasi dan pelapalan
yang benar serta dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
2. Melalui penjelasan guru tentang kegunaan
panas dan cahaya matahari diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan sinar matahari seperti :
untuk mengeringkan pakaian.
Pertemuan Ketiga (B. Indonesia,
Matematika) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Setelah menyimak bacaan diharapkan siswa
dapat menyempurnakan kalimat, dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi
bacaan
2. Melalui penjelasan guru tentang cara
penulisan hurup kapital yang benar seperti nama orang, nama kota, awal kalimat, diharapkan siswa
dapat menerapkannya dalam penulisan atau menyalin kalimat.
Pertemuan Keempat (B. Indonesia) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa dibimbing guru mempraktekkancara kerjasama dalam
memelihara dan membersihkan lingkungan sekitar
2. Siswa menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
Pertemuan Kelima (B. Indonesia) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan guru dan
menyusun kalimat
2.
Melaluipenjelasan
guru mengenai cara menyusun karangan
sederhana diharapkan siswa mampu menuangkannya dalam tulisan yang
baik dan benar.
Pertemuan Keenam (B. Indonesia,
IPA) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan pengaruh yang timbul dari sinar
matahari diantaranya yaitu jika badan terus menerus terkena sinar matahari maka
akan menjadi hitam, jika melihat matahari langsung maka akan merusak mata.
Untuk menghindari ini semua maka perlu menggunakan pelindung seperti paying,
kacamata dan yang lainnya.
2. Siswa membuat sebuah karangan yang dibantu dengan gambar
untuk memeudahkan anak dalam berkarya.
Minggu ke 2
Pertemuan
ke pertama (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan
guru yaitu menulis dengan menggunakan huruf kapital.
2. Siswa mengerjakan tugas yang diberikan
guru yaitu menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan huruf sambung.
3. Siswa menyusun kalimat acak menjadi
kalimat yang sempurna
4. Guru menjelaskan tentang keadaan
lingkungan alam dan buatan
5. Siswa mendengarkan, menyimak dan
menanggapi penjelasan guru melanjutkan materi sebelumnya.
6. Siswa memberikan contoh cara memelihara
dan menjaga lingkungan alam di sekitar rumah baik secara lisan maupun tertulis.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS). 3 x
35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.
Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan ke materi
berikutnya.
2. Siswa menulis karangan pendek dengan
melanjutkan cerita yang sudah disediakan.
3. Siswa membacakan hasil karangannya didepan
kelas untuk ditanggapi.
4. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan
pengalamannya membersihkan lingkungan di sekitar rumah
5. Siswa menceritakan secara lisan
pengalamannya membersihkan lingkungan disekitar rumah
Pertemuan keempat (IPA) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
menjelaskan materi tentang kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari melanjutkan materi
sebelumnya.
2. Siswa menyimak dan menanggapi penjelasan
guru
3. Siswa menyebutkan kegunaan panas, dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dan makhluk hidup
lainnya
4. Siswa menyebutkan akibat atau pengaruh
yang ditimbulkan dari panas dan cahaya matahari serta memperagakan cara
menghindarinya.
Pertemuan
kelima (B. Indonesia). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan materi yang akan
disampaikan yaitu memperagakan percakapan.
2. Siswa memperagakan percakapan didepan
kelas dengan tema kesehatan.
3. Siswa menyebutkan tokoh dalam teks
percakapan tersebut.
4. Siswa menjawab pertanyaan teks percakapan tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang
bermakna;
2. Siswa melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara
lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa
takut;
4. Siswa di fasilitasi
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
3. Tanya jawab
4. Kesimpulan
5. Tes tertulis
h. Alat
dan Sumber Belajar
1. Buku
panduan B. Indonesia, Sains, IPS,.
2.
Buku
sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar
3. Alat
peraga
i. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
IPA
IPS
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
IPA
IPS
·
LKS, Lembar observasi
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
semoga RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KESEHATAN ini dapat bermanfaat bagi teman - teman yang akan merevisi perangkat pembelajaran terutama di Indikator dan tujuan pembelajaran.
Wassalam
Mengetahui
Kepala......
..............................
NIP.
|
...........................20
Guru Tematik Kelas II
......................
NIP-
|
semoga RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KESEHATAN ini dapat bermanfaat bagi teman - teman yang akan merevisi perangkat pembelajaran terutama di Indikator dan tujuan pembelajaran.
Wassalam