Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Edukasi.
Salam Edukasi.
Dibawah ini kami sajikan CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PERMAINAN. RPP ini merupakan kelanjutan dari RPP tema - tema lain yang kami sudah pubikasikan sebelumnya di blog ini juga. agar teman - teman dengan mudah mencari RPP KTSP KELAS 3 SEMESTER
Setiap pertengahan tahun semua guru di indonesia disibukkan dengan
penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun
kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan
pembelajaran. guru kembali mmembuat perangkat pembelajaran khususnya
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai
KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi,
elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan
pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP
kelas 3 yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami
buatkan indikator pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : ..........................
TEMA : PERMAINAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
–
Memiliki
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
–
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
–
Memahami
kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta
hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
–
Menghitung
keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
V. Bahasa
Indonesia
–
Memahami
cerita dan teks drama anak yang dilisankan
–
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
–
Memahami
teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
–
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.2
|
Menampilkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia
|
IPS
|
:
|
2.4
|
Mengenal
sejarah uang
|
2.5
|
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
||
IPA
|
:
|
6.4
|
Mengidentifikasi
cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Matematika
|
:
|
5.3
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.2
|
Menirukan
dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
|
6.2
|
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
|
||
7.2
|
Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang
tepat
|
||
8.2
|
Menulis
puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
|
C.INDIKATOR
PKN
|
:
|
1. mengidentifikasi macam-macam upacara
adat di tiap daerah
2. Siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa
Indonesia
3. mengidentifikasi agama yang ada di
Indonesia
4. mengidentifikasi manfaat gotong royong]
5. mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di masyarakat
6. mengidentifikasi kegiatan gotong royong
di sekolah
|
IPS
|
:
|
1. menjelaskan perbedaan pasar tradisional
dan pasar swalayan
2. menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar tradisional
3. menjelaskan keuntungan dan kerugian jual
beli di pasar swalayan
4. menjelaskan dengan yang dimaksud dengan
barter
5. menyebutkan alat tukar jual beli yang
digunakan pada zaman dulu
6. menyebutkan jenis-jenis uang kartal
|
IPA
|
:
|
1. Siswa dapat mengidentifikasi kondisi
cuaca
2. meramalkan keadaan cuaca yang akan
terjadi berdasarkan keadaan langit
3. menggambar secara sederhana simbol yang
bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
4. mengidentifikasi kehidupan manusia yang
sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. mendeskripsikan hubungan antara pakaian
yang dikenakan dengan keadaan
|
||
6. membuat
daftar jenis-jenis sumber daya alam
7. menjelaskan kegunan sumber daya alam
|
||
Matematika
|
:
|
1. menggambar luas persegi
2. menggambar luas persegi panjang
3. membandingkan luas bangun datar
4. mengurutkan luas berbagai bangun datar
5. menaksir luas daerah beberapa bangun
datar dengan menghitung
petak satuan
6. menemukan cara menghitung luas persegi
7. menemukan cara menghitung luas persegi
panjang
8. menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
2. menjelaskan secara lisan tentang isi
dongeng yang dibacanya
dengan kata-kata sendiri
3. menjawab pertanyaan bacaan yang
dibacakan teman
4. mengajukan pertanyaan dari dongeng yang
dibacakan
5. membaca bacaan dengan suara lantang
6. mengamati gambar seri
7. menentukan urutan dan maksud gambar seri
8. memahami dan menggunakan kata depan ke
9. melengkapi kalimat dengan kata depan
10. menyusun kalimat acak
11. menulis amanat puisi yang sudah ditulis
siswa
12. mengubah puisi yang sudah ditulis ke
dalam bentuk prosa
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi macam-macam
upacara adat di tiap daerah
2.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi suku bangsa
Indonesia
3.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi agama yang ada
di Indonesia
4.
Melalui pengamatan siswa dapat
mengidentifikasi manfaat gotong
royong]
5.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi kegiatan gotong
royong di masyarakat
6.
Melalui pengamatan siswa
dapat mengidentifikasi kegiatan gotong
royong di sekolah
|
IPS
|
:
|
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan perbedaan pasar
tradisional dan pasar swalayan
2.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar
tradisional
3.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan keuntungan dan
kerugian jual beli di pasar
swalayan
4. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan dengan yang
dimaksud dengan barter
5. Siswa dapat menyebutkan alat tukar jual
beli yang digunakan pada
zaman dulu
6. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang
kartal
|
IPA
|
:
|
1.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kondisi cuaca
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
meramalkan keadaan cuaca yang
akan terjadi berdasarkan keadaan
langit
3.
Melalui pengamatan siswa dapat menggambar secara sederhana
simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
|
4.
Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kehidupan
manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
mendeskripsikan hubungan antara
pakaian yang dikenakan dengan
keadaan
|
||
6. Melalui
penjelasan siswa dapat membuat daftar jenis-jenis sumber
daya alam
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menjelaskan kegunan sumber daya
alam
|
||
Matematika
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
menggambar luas persegi
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
menggambar luas persegi panjang
3. Melalui
penjelasan siswa dapat
membandingkan luas bangun datar
4. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengurutkan luas berbagai bangun
datar
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
menaksir luas daerah beberapa
bangun datar dengan menghitung
petak satuan
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
menemukan cara menghitung luas
persegi
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menemukan cara menghitung luas
persegi panjang
8. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan bangun datar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
2. Melalui
tanya jawab dapat
menjelaskan secara lisan tentang isi
dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
3. Melalui
membaca siswa dapat
menjawab pertanyaan bacaan yang
dibacakan teman
4. Melalui
membaca siswa dapat
mengajukan pertanyaan dari dongeng
yang dibacakan
5. Melalui
bacaan siswa dapat membaca
bacaan dengan suara lantang
6. Melalui
pengamatan siswa dapat
mengamati gambar seri
7. Melalui
penjelasan siswa dapat
menentukan urutan dan maksud
gambar seri
8. Melalui
penjelasan siswa dapat
memahami dan menggunakan kata
depan ke
9. Melalui
penjelasan siswa dapat
melengkapi kalimat dengan kata
depan
10.Melalui
penjelasan siswa dapat
menyusun kalimat acak
11.Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis amanat puisi yang sudah
ditulis siswa
12.
Melalui penjelasan siswa
dapat mengubah puisi yang sudah ditulis
ke dalam bentuk prosa
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarian dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas,
berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan pengertian sumber daya alam
2. Siswa menyebutkan contoh-contoh sumber daya
alam
3. Siswa menyebutkan cara-cara memperoleh sumber daya alam
PKn
1. Siswa bertanya jawab tentang kemerdekaan Indonesia
2. Siswa menyebutkan tempat dibacakannya teks
proklamasi kemrdekaan RI
3. Siswa menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
4. Siswa bersama-sama membaca teks
proklamasi
Matematika
1. Siswa mengukur keliling papan tulis
2. Siswa menyelesaikan soal-soal
cerita yang berhubungan dengan keliling
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan teks drama
2. Siswa membacakan teks drama di depan
kelas secara bergiliran
IPS
1. Guru menerangkan jenis-jenis uang giral
2. Guru bertanya jawab dengan siswa
3. Siswa memberikan contoh uang giral
Matematika
1. Siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang
berhubungan dengan keliling persegi
ý Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat percakapan drama anak yang
ditontonnya di televisi
2. Siswa melakukan percakapan drama
anak di depan kelas
Matematika
1. Siswa menghitung keliling benda persegi panjang
di kelas
2. Siswa menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan keliling persegi panjang
IPA
1. Siswa menyebutkan kegunaan tumbuhan
2. Siswa menyebutkan contoh bahan makanan yang
berasal dari hewan
3. Siswa menyebutkan kegunaan air bagi
kehidupan manusia
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa memberikan contoh tentang cara-cara
melestarikan alam
2. Siswa menyebutkan cara menghemat
bahan tambang
PKn
1. Siswa menjelaskan hal yang menjadi kebanggaan
bangsa Indonesia
2. Siswa menyebutkan beberapa hasil karya bangsa
Indonesia
3. Siswa menyebutkan cara menghargai hasil
karya bangsa Indonesia
Matematika
1. Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk
persegi
2. Siswa menyelesaikan soal-soal yang
berhubungan dengan luas persegi
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menjelaskan contoh masalah yang pernah
dialami
2. Siswa mengungkapkan masalah yang pernah
dialaminya
3. Siswa menanggapi masalah yang terjadi
pada teman sebangkunya
IPS
1. Guru berdiskusi dengan siswa tentang pengertian
dan kegunaan uang
2. Siswa menjelaskan pengertian kurs
3. Siswa menyebutkana mata uang negara lain
Matematika
1. Siswa menggambar persegi dengan berbagai ukuran
yang diberikan guru
2. Siswa menghitung luas persegi tersebut
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan sebuah puisi
2. Siswa menjelaskan isi puisi yang dibacakan guru
3. Siswa membacakan puisi di depan kelas
IPA
1. Siswa berdiskusi tentang perbedaan lingkungan
kotor dan bersih
2. Siswa membuat kliping tentang
lingkungan bersih dan kotor
Matematika
1. Siswa menghitung luas benda persegi yang berada
di kelas
2. Siswa menyelesaikan soal-soal
cerita yang berhubungan dengan luas persegi
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa mendiskusikan secara berkelompok tentang
tindakan-tindakan kepedulian
terhadap lingkungan
2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai tindakan-tindakan
yang merusak lingkungan
PKn
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang
prilaku yang menunjukkan rasa bangga
sebagai anak Indonesia
2. Ketua kelompok membacakan hasil
diskusi di depan kelas
Matematika
1. Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk
segi panjang
2. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan luas
persegi panjang
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan petunjuk cara membuat mainan
2. Siswa membuat mainan tempat pensil dari karton
IPS
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai
pembuatan daftar belanja
2. Siswa mencatat harga barang yang berada di koperasi
sekolah secara berkelompok
Matematika
1. Siswa menggambar persegi panjang dengan
berbagai ukuran yang diberikan guru
2. Siswa menghitung luas persegi panjang yang digambarnya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat puisi dari gambar yang diberikan
guru
2. Siswa menuliskan puisi dengan tema
pahlawan
IPA
1. Siswa menjelaskan dampak penebangan pohon-pohon
secara sembarangan
2. Siswa menyebutkan akibat dari menangkap ikan
dengan bahan peledak
3. Siswa menjelaskan dampak kerusakan lingkungan bagi
kehidupan
Matematika
1. Siswa menyelesaikan
soal-soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan
maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku
Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku
Matematika
4. Buku
Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. LKS
7. Kamus
Bahasa Indonesia
8. Pedoman
EYD
9. Koran dan
Majalah
10. Media
elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
I. PENILAIAN
1. Teknik
Tes
Tes dan
non tes
2. Bentuk
Tes
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
§ Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
§ Menyebutkan 3 hal yang menjadi
kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§ Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§ Menjelaskan bagaimana cara menghargai
hasil karya bangsa Indonesia
§ Mengidentifikasi perilaku
yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§ Menyebutkan
jenis-jenis uang giral
§ Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
§ Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
§ Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli
berikut harganya
IPA :
§ Mengidentifikasi cara-cara yang
digunakan manusia dalam melestarikan alam
§ Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan
alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§ Memberi contoh perilaku yang menunjukkan
kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§ Menjelaskan dampak perilaku manusia
terhadap lingkungan
Matematika :
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan keliling
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan luas persegi
§ Menyelesaikan soal cerita yang
berhubungan dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§ Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan guru
§ Meniru percakapan singkat dari drama
anak yang ditonton di televisi
§ Menjelaskan masalah yang terjadi dari
peristiwa yang dialami
§ Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu
secara lisan
§ Menanggapi masalah yang terjadi secara
lisan
§ Menjelaskan puisi dengan kata-kata
sendiri
§ Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan
ekspresi
§ Menjelaskan cara membuat mainan
§ Menulis petunjuk membuat mainan
§ Melengkapi petunjuk
§ Menulis puisi dengan bantuan gambar
§ Menulis puisi dengan tema tertentu
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Sebutkan kapan Indonesia merdeka
§ Sebutkan nama pembaca teks proklamasi
§ Sebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
§ Sebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§ Jelaskanlah bagaimana cara menghargai
hasil karya bangsa Indonesia
§ Jelaskanlah perilaku yangmenunjukkan
rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§ Sebutkan
jenis-jenis uang giral
§ Jelaskanlah beberapa macam kegunaan uang
§ Jelaskanlah yang dimaksud dengan kurs
§ Buatkanlah daftar pembelanjaan yang
dibeli berikut harganya
IPA :
§ Jelaskanlah cara-cara yang digunakan
manusia dalam melestarikan alam
§ Sebutkanlah gambar-gambar lingkungan
alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§ Berikanlah contoh perilaku yang
menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§ Jelaskanlah dampak perilaku manusia
terhadap lingkungan
Matematika :
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan keliling
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan luas persegi
§ Selesaikan soal cerita yang berhubungan
dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§ Lakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan guru
§ Tirukanlah percakapan singkat dari drama
anak yang ditonton di televisi
§ Jelaskanlah masalah yang terjadi dari
peristiwa yang dialami
§ Bagaimana cara menanggapi penjelasan
melakukan sesuatu secara lisan
§ Bagaimana cara Menanggapi masalah yang
terjadi secara lisan
§ Jelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
§ Jelaskan puisi dengan penghayatan dan
ekspresi
§ Jelaskan cara membuat mainan
§ Tuliskanlah petunjuk membuat mainan
§ Bagaimana cara melengkapi petunjuk
§ Tuliskanlah puisi dengan bantuan gambar
§ Tuliskanlah puisi dengan tema tertentu
· LKS
· Lembar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ....................
..............................
NIP.
|
...........,
...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
..........................
NIP. -
|
Demikian informasi tentang CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PERMAINAN dan
mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan semoga dapat memberikan
manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''
Wassalam.