Sabtu, 12 Maret 2016

CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PERMAINAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Edukasi.
Dibawah ini kami sajikan CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PERMAINAN. RPP ini merupakan kelanjutan dari RPP  tema - tema lain yang kami sudah pubikasikan sebelumnya di blog ini juga. agar teman - teman  dengan mudah mencari RPP KTSP KELAS 3 SEMESTER
Setiap pertengahan tahun semua guru  di indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.  guru kembali mmembuat perangkat pembelajaran khususnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP kelas 3 yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator  pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK



NAMA SEKOLAH         : ..........................
TEMA                              : PERMAINAN
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU       : 3 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI

I.    PKN
     Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.  IPS
     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
     Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
IV. Matematika
     Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
V.  Bahasa Indonesia
     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan bercerita
     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
     
B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
4.2
Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS
:
2.4
Mengenal sejarah uang


2.5
Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
IPA
:
6.4
Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Matematika
:
5.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang
Bahasa Indonesia
:
5.2
Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya


6.2
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar


7.2
Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat


8.2
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
           
C.INDIKATOR

PKN




:


1. mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
2. Siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
3. mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
4. mengidentifikasi manfaat gotong royong]
5. mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
6. mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
IPS
:
1. menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
2. menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
3. menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
4. menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
5. menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
6. menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA
:
1. Siswa dapat mengidentifikasi kondisi cuaca
2. meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
3. menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca


4. mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan


6. membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
7. menjelaskan kegunan sumber daya alam
Matematika
:
1. menggambar luas persegi
2. menggambar luas persegi panjang
3. membandingkan luas bangun datar
4. mengurutkan luas berbagai bangun datar
5. menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung
    petak satuan
6. menemukan cara menghitung luas persegi
7. menemukan cara menghitung luas persegi panjang
8. menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia
:
1. menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
2. menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya
    dengan kata-kata sendiri
3. menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
4. mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
5. membaca bacaan dengan suara lantang
6. mengamati gambar seri
7. menentukan urutan dan maksud gambar seri
8. memahami dan menggunakan kata depan ke
9. melengkapi kalimat dengan kata depan
10. menyusun kalimat acak
11. menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
12. mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN


:
1. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi macam-macam
    upacara adat di tiap daerah
2. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi suku bangsa
    Indonesia
3. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi agama yang ada
    di Indonesia
4. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi manfaat gotong
    royong]
5. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan gotong
    royong di masyarakat
6. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kegiatan gotong
    royong di sekolah
IPS
:
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan perbedaan pasar
    tradisional dan pasar swalayan
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
    kerugian jual beli di pasar tradisional
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan keuntungan dan
    kerugian jual beli di pasar swalayan
4. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan dengan yang
    dimaksud dengan barter
5. Siswa dapat menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada
    zaman dulu
6. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang kartal
IPA
:
1. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kondisi cuaca
2. Melalui penjelasan siswa dapat meramalkan keadaan cuaca yang
    akan terjadi berdasarkan keadaan langit
3. Melalui pengamatan siswa dapat menggambar secara sederhana
    simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca


4. Melalui pengamatan siswa dapat mengidentifikasi kehidupan
    manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
5. Melalui penjelasan siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara
    pakaian yang dikenakan dengan keadaan


6. Melalui penjelasan siswa dapat membuat daftar jenis-jenis sumber
    daya alam
7. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan kegunan sumber daya
    alam
Matematika
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat menggambar luas persegi
2. Melalui penjelasan siswa dapat menggambar luas persegi panjang
3. Melalui penjelasan siswa dapat membandingkan luas bangun datar
4. Melalui penjelasan siswa dapat mengurutkan luas berbagai bangun
    datar
5. Melalui penjelasan siswa dapat menaksir luas daerah beberapa
    bangun datar dengan menghitung petak satuan
6. Melalui penjelasan siswa dapat menemukan cara menghitung luas
    persegi
7. Melalui penjelasan siswa dapat menemukan cara menghitung luas
    persegi panjang
8. Melalui penjelasan siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
    berhubungan dengan bangun datar
Bahasa Indonesia
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat menyatakan pendapat terhadap suatu
    pernyataan
2. Melalui tanya jawab dapat menjelaskan secara lisan tentang isi
    dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
3. Melalui membaca siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan yang
    dibacakan teman
4. Melalui membaca siswa dapat mengajukan pertanyaan dari dongeng
    yang dibacakan
5. Melalui bacaan siswa dapat membaca bacaan dengan suara lantang
6. Melalui pengamatan siswa dapat mengamati gambar seri
7. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan urutan dan maksud
    gambar seri
8. Melalui penjelasan siswa dapat memahami dan menggunakan kata
    depan ke
9. Melalui penjelasan siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata
    depan
10.Melalui penjelasan siswa dapat menyusun kalimat acak
11.Melalui penjelasan siswa dapat menulis amanat puisi yang sudah
     ditulis siswa
12. Melalui penjelasan siswa dapat mengubah puisi yang sudah ditulis
      ke dalam bentuk prosa

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.  MATERI POKOK
1.   PKn
1. Kekayaan alam Indonesia
2. Harga diri
3. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3.   IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarian dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan

F.   METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I :
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan pengertian sumber daya alam
2. Siswa menyebutkan contoh-contoh sumber daya alam
3. Siswa menyebutkan cara-cara memperoleh sumber daya alam
PKn
1. Siswa bertanya jawab tentang kemerdekaan Indonesia
2. Siswa menyebutkan tempat dibacakannya teks proklamasi kemrdekaan RI
3. Siswa menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
4. Siswa bersama-sama membaca teks proklamasi
Matematika
1. Siswa mengukur keliling papan tulis
2. Siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan keliling

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan teks drama
2. Siswa membacakan teks drama di depan kelas secara bergiliran
IPS
1. Guru menerangkan jenis-jenis uang giral
2. Guru bertanya jawab dengan siswa
3. Siswa memberikan contoh uang giral
Matematika
1. Siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi

ý  Pertemuan III : 4 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat percakapan drama anak yang ditontonnya di televisi
2. Siswa melakukan percakapan drama anak di depan kelas
Matematika
1. Siswa menghitung keliling benda persegi panjang di kelas
2. Siswa menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi panjang
IPA
1. Siswa menyebutkan kegunaan tumbuhan
2. Siswa menyebutkan contoh bahan makanan yang berasal dari hewan
3. Siswa menyebutkan kegunaan air bagi kehidupan manusia

Minggu II
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa memberikan contoh tentang cara-cara melestarikan alam
2. Siswa menyebutkan cara menghemat bahan tambang
PKn
1. Siswa menjelaskan hal yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia
2. Siswa menyebutkan beberapa hasil karya bangsa Indonesia
3. Siswa menyebutkan cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
Matematika
1. Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk persegi
2. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan luas persegi

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menjelaskan contoh masalah yang pernah dialami
2. Siswa mengungkapkan masalah yang pernah dialaminya
3. Siswa menanggapi masalah yang terjadi pada teman sebangkunya
IPS
1. Guru berdiskusi dengan siswa tentang pengertian dan kegunaan uang
2. Siswa menjelaskan pengertian kurs
3. Siswa menyebutkana mata uang negara lain
Matematika
1. Siswa menggambar persegi dengan berbagai ukuran yang diberikan guru
2. Siswa menghitung luas persegi tersebut

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan sebuah puisi
2. Siswa menjelaskan isi puisi yang dibacakan guru
3. Siswa membacakan puisi di depan kelas
IPA
1. Siswa berdiskusi tentang perbedaan lingkungan kotor dan bersih
2. Siswa membuat kliping tentang lingkungan bersih dan kotor
Matematika
1. Siswa menghitung luas benda persegi yang berada di kelas
2. Siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi

Minggu III
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa mendiskusikan secara berkelompok tentang tindakan-tindakan kepedulian
    terhadap lingkungan
2. Guru dan siswa bertanya jawab mengenai tindakan-tindakan yang merusak lingkungan
PKn
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok tentang prilaku yang menunjukkan rasa bangga
    sebagai anak Indonesia
2. Ketua kelompok membacakan hasil diskusi di depan kelas
Matematika
1. Siswa menyebutkan benda-benda yang berbentuk segi panjang
2. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan luas persegi panjang

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan petunjuk cara membuat mainan
2. Siswa membuat mainan tempat pensil dari karton
IPS
1. Siswa berdiskusi secara berkelompok mengenai pembuatan daftar belanja
2. Siswa mencatat harga barang yang berada di koperasi sekolah secara berkelompok
Matematika
1. Siswa menggambar persegi panjang dengan berbagai ukuran yang diberikan guru
2. Siswa menghitung luas persegi panjang yang digambarnya

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPA, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat puisi dari gambar yang diberikan guru
2. Siswa menuliskan puisi dengan tema pahlawan
IPA
1. Siswa menjelaskan dampak penebangan pohon-pohon secara sembarangan
2. Siswa menyebutkan akibat dari menangkap ikan dengan bahan peledak
3. Siswa menjelaskan dampak kerusakan lingkungan bagi kehidupan
Matematika
1. Siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
    bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
    lisan maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
    takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
    individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
    penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
   Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.   Buku IPA
3.   Buku Matematika
4.   Buku Bahasa Indonesia
5.   Buku IPS
6.   LKS
7.   Kamus Bahasa Indonesia
8.   Pedoman EYD
9.   Koran dan Majalah
10. Media elektronik

B. Alat Peraga:
1.   Gambar-gambar baju daerah
2.   Gambar-gambar rumah ibadah
3.   Gambar-gambar rumah adat
4.   Kompas
5.   Kincir angin
6.   Globe
7.   Uang kartal dan uang giral
8.   Tabel perbelanjaan
9.   Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

I.    PENILAIAN
1.   Teknik Tes
      Tes dan non tes
2.   Bentuk Tes
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN :
§  Menyebutkan kapan Indonesia merdeka
§  Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi
§  Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§  Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
§  Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§  Menyebutkan jenis-jenis uang giral
§  Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang
§  Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs
§  Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
IPA :
§  Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
§  Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§  Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§  Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
Matematika :
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
§  Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
§  Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
§  Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
§  Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
§  Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
§  Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
§  Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
§  Menjelaskan cara membuat mainan
§  Menulis petunjuk membuat mainan
§  Melengkapi petunjuk
§  Menulis puisi dengan bantuan gambar
§  Menulis puisi dengan tema tertentu

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Sebutkan kapan Indonesia merdeka
§  Sebutkan nama pembaca teks proklamasi
§  Sebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  Sebutkan hasil karya bangsa Indonesia
§  Jelaskanlah bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia
§  Jelaskanlah perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia
IPS :
§  Sebutkan jenis-jenis uang giral
§  Jelaskanlah beberapa macam kegunaan uang
§  Jelaskanlah yang dimaksud dengan kurs
§  Buatkanlah daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya
IPA :
§  Jelaskanlah cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam
§  Sebutkanlah gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak
§  Berikanlah contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan
§  Jelaskanlah dampak perilaku manusia terhadap lingkungan
Matematika :
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi
§  Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang
Bahasa Indonesia :
§  Lakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru
§  Tirukanlah percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi
§  Jelaskanlah masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami
§  Bagaimana cara menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan
§  Bagaimana cara Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan
§  Jelaskan puisi dengan kata-kata sendiri
§  Jelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi
§  Jelaskan cara membuat mainan
§  Tuliskanlah petunjuk membuat mainan
§  Bagaimana cara melengkapi petunjuk
§  Tuliskanlah puisi dengan bantuan gambar
§  Tuliskanlah puisi dengan tema tertentu

·   LKS
·   Lembar observasi.




J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
            2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala ....................



..............................
NIP.

..........., ...................... 2016       
Guru Tematik Kelas III



..........................
NIP. -

Demikian informasi tentang CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA PERMAINAN dan mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''
Wassalam.