Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
dibawah
ini adalah RPP KTSP KELAS 2 SD TEMA PERISTIWA TERDAPAT INDIKATOR
sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2
semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman
mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .....................
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : IIA/ 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A.
Standar Kompetensi
B. Indonesia
1. Memahami pesan pendek dan dongeng yang
dilisankan
2. Mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
3. Memehami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati
4. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan
benda di sekitar dan menyalin puisi anak
IPS
5. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam
keluarga dan lingkungan tetangga
IPA
6. Mengenal berbagai sumbar energi yang
sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
7.
Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
8.
Memahami
nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di
air.
B.
Kompetensi Dasar
B. Indonesia
1. Menyampaikan pesan pendek yang
didengarkannya kepada orang lain.
2. Menceritakan kembali isi dongeng yang di
dengarkan.
3. Menceritakan kembali cerita anak yang
didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
4. Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
5. Menyalin puisi anak dengan huruf tegak
bersambung yang rapi.
IPS
6. Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota keluarga.
7. Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan
peran dalam anggota keluarga.
8. Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan
tetangga.
IPA
9. Mengidentifikasikan sumber-sunber energi
(panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
10. Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
11. Mendeskripsikan kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
12. Berkreasi dengan cat warna.
C. Indikator
Bhs. Indonesia
1.
Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan
menyampaikannya kepada orang lain.
2.
Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang didengarkan.
3.
Membaca lancar dengan dengan pemahaman teks
cerita agak panjang.
4.
Menulis pengalaman dengan huruf sambung
yang benar.
IPS
1.
Memahami pentingnya memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
2.
Memahami cara memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
3.
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
IPA
1.
Menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya
melalui alat rumah tangga.
2.
Membedakan panas matahari pagi, siang dan
sore hari.
3.
Memahami kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Memahami adanya kedudukan matahari pagi,
siang dan sore hari.
SBK
1.
Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat
warna dari bahan buatan.
2.
Memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat
warna.
C.
Tujuan Pembelajaran
Bhs. Indonesia
1.
Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
2.
Melalui
penjelasan siswa dapat
menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
3.
Melalui
penjelasan siswa dapat
membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
4.
Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
IPS
1.
Melalui
penjelasan siswa dapat
memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
2.
Melalui
penjelasan siswa dapat
memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
3.
Melalui
penjelasan siswa dapat
mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
IPA
1.
Melalui
penjelasan siswa dapat menunjukkan
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
2.
Melalui
penjelasan siswa dapat
membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
3.
Melalui
penjelasan siswa dapat
memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Melalui
penjelasan siswa dapat
memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
SBK
1.
Melalui
penjelasan siswa dapat
menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
2.
Melalui
penjelasan siswa dapat
memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D.
Materi Pokok
1. Teks berisi pesan pendek.
2. Bercerita tentang dongeng.
3. Menceritakan yang didengarkan.
4. Teks panjang 20 – 25 kalimat.
5. Puisi menggunakan huruf sambung.
6. Dokumen diri dan keluarga.
7. Pengalamam diri sendiri dan keluarga
8. Lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah
9. Sumber energi dan kegunaannya
10. Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi
alam dan kehidupan di bumi
11. Kegunaan panas matahari dalam kehidupan
sehari-hari
12. Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan
cat warna dari bahan alami dan buatan
E.
Metode Pembelajaran
1. Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian
tugas, tanya jawab.
F.
Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
awal
Apresepsi/ Motivasi :
- Guru merapikan siswa, mengatur tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
- Test awal pelajaran (pre test).
Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat
menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
2. Siswa mencari sumber yang menghasilkan
panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
3. Guru membimbing siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan tentang pesan, siswa
dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
2. Siswa menunjukkan sumber yang
menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa
mendengarkan cerita yang dibacakan
guru dan menyampaikan pertanyaan sesuai
isi cerita.
2. Guru menjelaskan pentingnya memelihara
dokumen.
3.
Siswa menulis
dan membuat kalimat sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru
kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa
membuat Tugas portofolio, mengkliping
gambar alat rumah tangga
elektronik (perorangan / perkelompok)
2. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
3. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
5. Siswa di beri pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
6. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
7. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia) 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa mendengarkan cerita guru kemudian
menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan
menggunakan kata-kata sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan
pengalaman masing-masing.
2. Siswa mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari
bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman,
memberikan
penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke II
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Setelah mendengarkan cerita guru, siswa
dapat menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
2. Siswa membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks
cerita agak panjang.
2. Melalui penjelasan guru, siswa dapat
memahami cara memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia) 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan guru, siswa dapat
menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia) 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi
teks yang telah dibaca dalam hati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
7. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
8. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Setelah mendengarkan cerita guru siswa
dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
2. Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat
warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.
Siswa
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.
Siswa
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
3.
Siswa
diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4.
Siswa
di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.
Siswa
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.
Siswa
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke III
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan guru siswa
menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang lain.
2. Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa
dapat menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun,
mendapat adik baru).
2. Melalui penjelasan guru dan pengamatan
gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar
rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. m Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia). 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.
Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia). 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Dengan penjelasan guru, siswa membacakan
puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 2 x 35
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
2. Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi,
dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran /
post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.
G.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat peraga
2. Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS,
SBK,
3. Buku sumber lain yang dapat menunjang proses
belajar mengajar.
4. Lingkungan sekitar
H. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
·
Mencatat isi pesan.
·
Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·
Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang
lain.
·
Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi
cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan kembali cerita yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita
agak panjang .
·
Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam
hati.
·
Menulis pengalaman dengan huruf sambung
(memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
IPS
·
Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·
Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu
kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·
Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
·
Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Mengungkapkan pengalaman diri
sendiri dan keluarga.
·
Menceritakan keadaan lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi
dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·
Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas,
bunyi, dan cahaya.
·
Memberikan contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang
dan sore hari).
·
Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari
terhadap manusia.
SBK
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
B. Indonesia
·
Bagaimana cara mencatat isi pesan.
·
Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa
kalimat.
·
Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan
kepada orang lain.
·
Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai
dengan isi cerita yang didengarkan.
·
Ceritakan kembali cerita yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita
agak panjang .
·
Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam
hati.
·
Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf
sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
IPS
·
Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·
Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil
tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·
Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan
koleksi barang keluarga.
·
Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·
Sebutkanlah pengalaman diri
sendiri dan keluarga.
·
Ceritakan keadaan lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
·
Bagaimana cara Mencari sumber yang
menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·
Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas,
bunyi, dan cahaya.
·
Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan
sore hari).
·
Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari
terhadap manusia.
SBK
·
Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·
LKS
·
Lmbar
observasi.
|
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala .......
...........................
NIP.
|
........................
Guru Tematik
.....................
NIP.-
|
demikianlah isi dari RPP KTSP KELAS 2 SD TEMA PERISTIWA TERDAPAT INDIKATOR ini semoga dapat bermanfaat bagi pendidik agar lebih bersemangat lagi dalam mengajarkan anak didik bangsa.
Wassalam