Jumat, 25 Maret 2016

RPP KTSP KELAS 2 SD TEMA PERISTIWA TERDAPAT INDIKATOR


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

dibawah ini adalah RPP KTSP KELAS 2 SD TEMA PERISTIWA TERDAPAT INDIKATOR sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2 semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     : .....................
Tema                    :  Peristiwa
Kelas/Semester    :  IIA/ 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

A.    Standar Kompetensi

B. Indonesia

1.      Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
2.      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
3.      Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
4.      Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak

IPS

5.      Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

IPA

6.      Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
7.      Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

8.      Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.

B.     Kompetensi Dasar

B. Indonesia

1.      Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
2.      Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
3.      Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
4.      Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
5.      Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

IPS

6.      Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
7.      Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
8.      Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

IPA

9.      Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
10.  Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
11.  Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

SBK

12.  Berkreasi dengan cat warna.

C. Indikator

Bhs. Indonesia

1.      Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
2.      Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
3.      Membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
4.      Menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

IPS

1.      Memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
2.      Memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
3.      Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

IPA

1.      Menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
2.      Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
3.      Memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

SBK

1.      Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
2.      Memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

C.    Tujuan Pembelajaran

Bhs. Indonesia

1.      Melalui penjelasan siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
2.      Melalui penjelasan siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
3.      Melalui penjelasan siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
4.      Melalui penjelasan siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.

IPS

1.      Melalui penjelasan siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
2.      Melalui penjelasan siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
3.      Melalui penjelasan siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.

IPA

1.      Melalui penjelasan siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
2.      Melalui penjelasan siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
3.      Melalui penjelasan siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Melalui penjelasan siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

SBK

1.      Melalui penjelasan siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
2.      Melalui penjelasan siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

D.    Materi Pokok
1.      Teks berisi pesan pendek.
2.      Bercerita tentang dongeng.
3.      Menceritakan yang didengarkan.
4.      Teks panjang 20 – 25 kalimat.
5.      Puisi menggunakan huruf sambung.
6.      Dokumen diri dan keluarga.
7.      Pengalamam diri sendiri dan keluarga
8.      Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
9.      Sumber energi dan kegunaannya
10.  Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
11.  Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
12.  Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan

E.     Metode Pembelajaran
1.      Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

F.     Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  1. Guru merapikan siswa, mengatur tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
  2. Test awal pelajaran (pre test).

Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
2.      Siswa mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
3.      Guru membimbing siswa menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS)  3 x 35

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan penjelasan tentang pesan, siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
2.      Siswa menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru  dan menyampaikan pertanyaan sesuai isi cerita.
2.      Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen.
3.      Siswa menulis dan membuat kalimat sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.  Siswa membuat Tugas portofolio, mengkliping gambar alat rumah tangga
      elektronik (perorangan / perkelompok)
2.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
3.      Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
4.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
5.      Siswa di beri pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
6.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
7.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kelima (B. Indonesia)  2 x 35

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Siswa mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
     bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK)  3 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing.
2.      Siswa mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
 1.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 2.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
       memberikan penguatan  dan penyimpulan

Minggu Ke II

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA)  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarkan  dengan menggunakan kata-kata sendiri.
2.      Siswa membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
    memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS)  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat memahami cara memelihara dokumen  dan koleksi barang keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia)  2 x 35

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.  Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
     bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan keempat (B. Indonesia)  2 x 35

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
      bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
7.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
8.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK).  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Setelah mendengarkan cerita guru siswa dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
2.      Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.         Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.         Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.         Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.         Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.         Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.         Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Minggu Ke III

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA).  2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan penjelasan guru siswa menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang lain.
2.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 

Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.      Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat adik baru).
2.      Melalui penjelasan guru dan pengamatan gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      m Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan ketiga (B. Indonesia).  2 x 35
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.   Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
     bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keempat (B. Indonesia).  2 x 35
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.  Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
     bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Dengan penjelasan guru, siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
2.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK).  2 x 35
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
2.      Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
2.      Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3.      Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
4.      Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.      Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6.      Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
 
 Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.

G.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat peraga
2.      Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
3.      Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
4.      Lingkungan sekitar

H.    Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
B. Indonesia
·         Mencatat isi pesan.
·         Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·         Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·         Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·         Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·         Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·         Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·         Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·         Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·         Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·         Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·         Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·         Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·         Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 B. Indonesia
·         Bagaimana cara mencatat isi pesan.
·         Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·         Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·         Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·         Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·         Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·         Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)

IPS

·         Tunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·         Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·         Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·         Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

IPA

·         Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·         Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·         Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·         Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·         Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

SBK

·         Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·   LKS
·   Lmbar observasi.


I.       Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

 3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.









  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala .......



...........................
NIP.

........................        
Guru Tematik


.....................
NIP.-








demikianlah isi dari RPP KTSP KELAS 2 SD TEMA PERISTIWA TERDAPAT INDIKATOR ini semoga dapat bermanfaat bagi pendidik agar lebih bersemangat lagi dalam mengajarkan anak didik bangsa.
Wassalam