Kamis, 10 Maret 2016

CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 KELAS V SEMESTER 1 BAB 3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan dari contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2.  ke  contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3. Kami  mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3 ini, sebagai motifasi buat teman - teman agar lebih mudah dalam membuat RPP khususnya yang mengajar dibidang PAI di Madrasah Ibtidaiyah. RPP ini sifatnya tidak baku teman - teman bisa merubah atau menambah agar RPP ini lebih sempurna.  Bentuk dari masing komponen-komponen RPP  Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, dan kami kemas RPP ini dari BAB 1 sampai BAB Selanjutnya. pembaca bisa melihat di blog ini juga. langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


BAB 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : ............................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : V/I
Alokasi Waktu          :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
        diri dalam berinteraksi dengan keluarga
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.3  Meyakini adanya hari akhir (kiamat).
2.3  menunjukkan prilaku orang yang beriman pada hari akhir (kiamat).
3.3 memahami hikmah beriman kepda hari akhir (kiamat)
4.3 menyajikan contoh prilaku akhlak mulia sebagai implementasi hikmah beriman
      kepada hari akhir (kiamat)

C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
            1. Menjelaskan pengertian hari akhir.
            2. Menyebutkan nama – nama hari akhir.
            3. Menjelaskan tanda- tanda umum hari akhir.
            4. Menjelaskan tanda- tanda khusus hari akhir.
            5. Menjelaskan hikmah beriman kepada hari akhir.
            6. Menyajikan contoh prilaku akhlak mulia sebagai manifestasi beriman kepada
               hari akhir (kiamat).

D. Materi Pokok

Hari Akhir (kiamat).

Percaya kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke -5. Hari akhir (hari kiamat) adalah hari dihancurkannya bumi dan seluruh isinya. Terjadinya hari akhir diawali dengan ditiupnya sangkakala yang pertama oleh Malaikat Israfil.
Diantara tanda – tanda umum hari kiamat adalah benda keras dapat berbicara,  ilmu agama di cabut,laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki, orang kaya diagung-agungkan, dan ghibah menjadi ucapan sehari hari. Sedangkan tanda – tanda khusus datangnya hari kiamat adalah munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS. Keluarnya Yakjuj Makjuj, munculnya dabbah, matahari terbit dari arah terbenamnya, kemenangan orang – orang islam atas Yahudi.
Hikmah beriman kepada hari akhir adalah: memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT. Maha Kuasa, terdorong untuk taat beribadah kepada Allah SWT, terdorong untuk selalu minta ampunan kepada Allah SWT, akan memanfaatkan hidup di dunia ini untuk senantiasa beramal saleh (kebaikan), terdorong untuk menghindari perbuatan tercela.

E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan enam rukun iman.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
     kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu “ Hari Akhir” ciptaan Miftakhur Ridlo
    versi Lir Ilir/ Sholawat.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan isi lagu
    tersebut. Misalnya, peristiwa apakah yang di gambarkan dalam lagu tersebut?
    Bagaimana keadaan bumi dan planet pada hari itu? Bagaimana keadaan manusia
    pada hari itu? Bagaimana keadaan gunung pada hari itu?
c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
     tanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
    digunakan adalah Make a Match.
Yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah menyiapkan beberapa kartu yang                        berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian                      kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
Hari dihancurkan bumi beserta seluruh isinya
 
Pengertian Hari Akhir
 
Contoh Kartu
Hari dibangkitkannya manusia dari kuburnya.

 
Yaumul Ba’ats
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
               
f. Guru mengocok kartu terlebih dahulu dan membagikan kartu kepada peserta
    didik (usahakan setiap peserta didik mendapat satu kartu, tetapi jika peserta
    didiknya masih ada yang belum dapat kartu maka dapat dimintai bantuannya
    untuk menjadi pengamat).
g. Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
h. Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok
    dengan kartunya (soal jawaban)
i.  Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu
    diberi poin.
j.  Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu
    yang berbeda dari sebelumnya.
k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi hari akhir
3. Penutup
            a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan
               berkaitan dengan materi hari akhir.
            b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa                                  waspada akan terjadinya kiamat kecil ( kematian) yang pasti akan di alami
               oleh setiap manusia.
           c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran                 yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja                         yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa                 yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh                                  dilakukan.

Catatan:
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. menjawab beberapa pertanyaan yang kaitannya dengan isi kandungan surat al –
    Qariah. Adapun rambu – rambu jawabannya adalah:
            a. Hari dihancurkan bumi dan seluruh isinya.
            b. Seperti anai – anai yang beterbangan.
            c. Seperti bulu yang dihambur- hamburkan.
            d. Orang – orang yang berat timbangan ( kebaikan)nya.
            e. Orang – orang yang ringan timbangan ( kebaikan)nya
2. Nama – nama hari akhir: Yaumul Hisab, yaitu hari perhitungan segala amal
    perbuatan, Yaumul Ba’ats, yaitu hari di bangkitkannya manusia dari kuburnya,
    Yaumul Jaza, yaitu hari pembalasan amal baik dan amal buruk, Yaumul Hasr, yaitu
    hari penyesalan.
3. Memberikan contoh benda keras dapat berbicara. Adapun rambu – rambu
    Jawabannya:
            a. Hari dihancurkan bumi dan seluruh isinya.
            b. Seperti anai – anai yang beterbangan.
            c. Seperti bulu yang dihambur- hamburkan.
            d. Orang – orang yang berat timbangan ( kebaikan)nya.
            e. Orang – orang yang ringan timbangan ( kebaikan)nya
4. Menjawab pertanyaan dari sebuah kasus yang rambu – rambu jawabannya adalah
    anggapan seperti itu tidak benar karena orang yang percaya akan adanya hari akhir
    dan kehidupan sesudahnya pasti dia akan menyiapkan bekal ( amal saleh) yang
    sebanyak – banyaknya.



Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
            Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
            Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi hari akhir.

E. Penilaian
   Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
            1) Manusia seperti anai – anai yang beterbangan.
            2) Hari dihancurkan bumi dan seluruh isinya
            3) Laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki, benda keras
               dapat berbicara, ilmu agama dicabut.
            4) Munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS. Keluarnya Yakjuj Makjuj, munculnya
               dabbah, matahari terbit dari arah terbenamnya,        
            5) Memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT. Maha Kuasa, terdorong untuk taat
               beribadah kepada Allah SWT, terdorong untuk selalu minta ampunan kepada
               Allah SWT, akan memanfaatkan hidup di dunia ini untuk senantiasa beramal
              saleh (kebaikan)

,Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor Max

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3


15
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 15
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!

No

peristiwa

Jawaban
SS
S
TS
1
Dengan teknologi yang semakin canggih, lambat laun manusia pasti akan mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.



2
Kejadian hari kiamat, digambarkan oleh Allah dalam al –Quran surat al –Qari’ah ayat 1-11



3
Ilmu agama di cabut,laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki merupakan tanda – tanda akan terjadinya hari kiamat.



4
Sebagai seorang yang beriman, Sahrul yakin dan percaya bahwa hari kiamat pasti akan terjadi.



5
Peristiwa hari kiamat merupakan peristiwa biasa dan dapat di bayangkan bagaimana terjadinya.



6
Terjadinya hari kiamat ditandai dengan ditiupnya sangkakalayang pertama oleh malaikat Israfil.



7
Keadaan manusia pada hari kiamat adalah seperti bulu yang di hamburkan.



8
Turunnya Nabi Isa AS. Kemuka bumi adalah untuk membunuh Dajjal dan menegakkan syariat Nabi Muhammad SAW.



9
Setelah dibangkitkan dari kuburnya, manusia akan dikumpulkan oleh Allah di Padang Mahsyar.



10
Manusia perlu memperbanyak amal kebaikan karena semua amal manusia akan dimintai pertanggungjawaban.




Rubrik Penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
2
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
3
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
4
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
5
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
6
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
7
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
8
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
9
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
10
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap  atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema             : ...................................................................
Hari/tanggal         : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























dst












            Keterangan:
            4 : Membudaya  3 : Berkembang   2 : terlihat      1: belum terlihat

F. Pengayaan
            Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis ayat dan terjemah surat   az- Zalzalah
2. Menjawab beberapa pertanyaan yang kaitannya dengan isi kandungan Surat az-
    Zalzalah.
            a. Az-Zalzalah adalah nama lain dari hari akhir. Apa artinya az-Zalzalah?
            b. Bagaimana keadaan bumi pada hari akhir?
            c. Bagaimana keadaan manusia pada hari akhir?
            d. Apa yang dimaksud ‘’zarrah’’ pada surat az-Zalzalah?
   
G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.

H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.

Mengetahui,
Kepala ...............................



( ........................................ )
NIP.

................ 27 juli  2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ......................... )
NIP. -


Demikian  contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3.  yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya,  mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3 ini  masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh



0 komentar:

Posting Komentar