Pada
kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan dari contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 2. ke contoh RPP Aqidah
Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3. Kami mencoba membuat contoh
RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3 ini, sebagai motifasi buat teman - teman agar lebih mudah dalam membuat RPP khususnya yang mengajar dibidang PAI di Madrasah Ibtidaiyah. RPP ini sifatnya tidak baku teman - teman bisa merubah atau menambah agar RPP ini lebih sempurna. Bentuk dari masing
komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, dan kami kemas RPP ini dari BAB 1 sampai BAB Selanjutnya. pembaca bisa melihat di blog ini juga. langsung saja berikut contoh RPP
kurikulum 2013.
BAB 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ............................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: V/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi
dengan keluarga
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.3 Meyakini adanya hari akhir
(kiamat).
2.3 menunjukkan prilaku orang yang
beriman pada hari akhir (kiamat).
3.3 memahami hikmah beriman kepda hari akhir (kiamat)
4.3 menyajikan contoh prilaku akhlak mulia sebagai implementasi hikmah
beriman
kepada hari akhir (kiamat)
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
1. Menjelaskan pengertian
hari akhir.
2. Menyebutkan nama – nama
hari akhir.
3. Menjelaskan tanda-
tanda umum hari akhir.
4. Menjelaskan tanda-
tanda khusus hari akhir.
5. Menjelaskan hikmah beriman kepada
hari akhir.
6. Menyajikan contoh
prilaku akhlak mulia sebagai manifestasi beriman kepada
hari akhir (kiamat).
D. Materi Pokok
Hari Akhir
(kiamat).
Percaya
kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke -5. Hari akhir (hari kiamat)
adalah hari dihancurkannya bumi dan seluruh isinya. Terjadinya hari akhir
diawali dengan ditiupnya sangkakala yang pertama oleh Malaikat Israfil.
Diantara
tanda – tanda umum hari kiamat adalah benda keras dapat berbicara, ilmu agama di cabut,laki – laki mirip
perempuan dan perempuan mirip laki – laki, orang kaya diagung-agungkan, dan
ghibah menjadi ucapan sehari hari. Sedangkan tanda – tanda khusus datangnya
hari kiamat adalah munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS. Keluarnya Yakjuj
Makjuj, munculnya dabbah, matahari terbit dari arah terbenamnya, kemenangan
orang – orang islam atas Yahudi.
Hikmah
beriman kepada hari akhir adalah: memperkuat keyakinan bahwa Allah SWT. Maha
Kuasa, terdorong untuk taat beribadah kepada Allah SWT, terdorong untuk selalu
minta ampunan kepada Allah SWT, akan memanfaatkan hidup di dunia ini untuk
senantiasa beramal saleh (kebaikan), terdorong untuk menghindari perbuatan
tercela.
E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan enam rukun iman.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak untuk menyanyikan lagu “ Hari Akhir” ciptaan Miftakhur Ridlo
versi Lir Ilir/ Sholawat.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan isi lagu
tersebut. Misalnya, peristiwa apakah yang di
gambarkan dalam lagu tersebut?
Bagaimana keadaan bumi dan planet pada hari
itu? Bagaimana keadaan manusia
pada
hari itu? Bagaimana keadaan gunung pada hari itu?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Make a
Match.
Yang perlu
dipersiapkan oleh guru adalah menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang
cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban.
|
|
|
|
f. Guru
mengocok kartu terlebih dahulu dan membagikan kartu kepada peserta
didik (usahakan setiap peserta didik
mendapat satu kartu, tetapi jika peserta
didiknya
masih ada yang belum dapat kartu maka dapat dimintai bantuannya
untuk menjadi pengamat).
g. Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
h. Setiap
peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok
dengan kartunya (soal jawaban)
i. Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu
diberi
poin.
j. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar
tiap peserta didik mendapat kartu
yang berbeda dari sebelumnya.
k. Guru
memberikan penguatan berkaitan dengan materi hari akhir
3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru
diajak untuk membuat kesimpulan
berkaitan dengan materi hari
akhir.
b. Guru memberikan
penekanan kepada peserta didik agar senantiasa waspada akan terjadinya kiamat kecil (
kematian) yang pasti akan di alami
oleh setiap manusia.
c. Guru mengajak peserta
didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru
dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta
didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan
dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. menjawab beberapa
pertanyaan yang kaitannya dengan isi kandungan surat al –
Qariah. Adapun rambu – rambu jawabannya
adalah:
a. Hari dihancurkan bumi dan seluruh
isinya.
b. Seperti anai – anai yang
beterbangan.
c. Seperti bulu yang dihambur-
hamburkan.
d. Orang – orang yang berat
timbangan ( kebaikan)nya.
e. Orang – orang yang ringan
timbangan ( kebaikan)nya
2. Nama –
nama hari akhir: Yaumul Hisab, yaitu hari perhitungan segala amal
perbuatan, Yaumul Ba’ats, yaitu hari di
bangkitkannya manusia dari kuburnya,
Yaumul Jaza, yaitu hari pembalasan amal
baik dan amal buruk, Yaumul Hasr, yaitu
hari penyesalan.
3. Memberikan
contoh benda keras dapat berbicara. Adapun rambu – rambu
Jawabannya:
a. Hari dihancurkan bumi dan seluruh
isinya.
b. Seperti anai – anai yang
beterbangan.
c. Seperti bulu yang dihambur-
hamburkan.
d. Orang – orang yang berat
timbangan ( kebaikan)nya.
e. Orang – orang yang ringan
timbangan ( kebaikan)nya
4. Menjawab
pertanyaan dari sebuah kasus yang rambu – rambu jawabannya adalah
anggapan seperti itu tidak benar karena orang
yang percaya akan adanya hari akhir
dan
kehidupan sesudahnya pasti dia akan menyiapkan bekal ( amal saleh) yang
sebanyak – banyaknya.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang
dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang
perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta
didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru
menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu
berkaitan dengan materi hari akhir.
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Manusia seperti anai – anai yang
beterbangan.
2) Hari dihancurkan bumi dan seluruh
isinya
3) Laki – laki mirip perempuan dan
perempuan mirip laki – laki, benda keras
dapat berbicara, ilmu agama
dicabut.
4) Munculnya Dajjal, turunnya Nabi
Isa AS. Keluarnya Yakjuj Makjuj, munculnya
dabbah, matahari terbit dari arah terbenamnya,
5) Memperkuat keyakinan bahwa Allah
SWT. Maha Kuasa, terdorong untuk taat
beribadah kepada Allah SWT,
terdorong untuk selalu minta ampunan kepada
Allah SWT, akan memanfaatkan
hidup di dunia ini untuk senantiasa beramal
saleh (kebaikan)
,Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor Max
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
15
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!
No
|
peristiwa
|
Jawaban
|
||
SS
|
S
|
TS
|
||
1
|
Dengan
teknologi yang semakin canggih, lambat laun manusia pasti akan mengetahui
kapan terjadinya hari kiamat.
|
|||
2
|
Kejadian
hari kiamat, digambarkan oleh Allah dalam al –Quran surat al –Qari’ah ayat
1-11
|
|||
3
|
Ilmu agama
di cabut,laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki
merupakan tanda – tanda akan terjadinya hari kiamat.
|
|||
4
|
Sebagai
seorang yang beriman, Sahrul yakin dan percaya bahwa hari kiamat pasti akan
terjadi.
|
|||
5
|
Peristiwa
hari kiamat merupakan peristiwa biasa dan dapat di bayangkan bagaimana
terjadinya.
|
|||
6
|
Terjadinya
hari kiamat ditandai dengan ditiupnya sangkakalayang pertama oleh malaikat
Israfil.
|
|||
7
|
Keadaan
manusia pada hari kiamat adalah seperti bulu yang di hamburkan.
|
|||
8
|
Turunnya
Nabi Isa AS. Kemuka bumi adalah untuk membunuh Dajjal dan menegakkan syariat
Nabi Muhammad SAW.
|
|||
9
|
Setelah
dibangkitkan dari kuburnya, manusia akan dikumpulkan oleh Allah di Padang
Mahsyar.
|
|||
10
|
Manusia
perlu memperbanyak amal kebaikan karena semua amal manusia akan dimintai
pertanggungjawaban.
|
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
2
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
3
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
4
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
5
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
6
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
7
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
8
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
9
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
10
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang
dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan
rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
|||||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
dst
|
Keterangan:
4 : Membudaya 3 : Berkembang 2 : terlihat 1:
belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis
ayat dan terjemah surat az- Zalzalah
2. Menjawab
beberapa pertanyaan yang kaitannya dengan isi kandungan Surat az-
Zalzalah.
a. Az-Zalzalah adalah nama lain dari
hari akhir. Apa artinya az-Zalzalah?
b. Bagaimana keadaan bumi pada hari
akhir?
c. Bagaimana keadaan manusia pada
hari akhir?
d. Apa yang dimaksud ‘’zarrah’’ pada
surat az-Zalzalah?
G. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik.
Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus
pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial
dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada
saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit
setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta
didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan
kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini
dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta
didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung
kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik
serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali
murid.
Mengetahui,
Kepala ...............................
( ........................................ )
NIP.
|
................ 27 juli
2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ......................... )
NIP. -
|
Demikian
contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3. yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas v MI BAB 3 ini masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar