Sabtu, 05 Maret 2016

CONTOH RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA PERTANIAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Edukasi.

Pada pertengahan tahun semua guru  di Indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.  Guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, dan untuk Kurikulum K 13 terdapat KI sampai K4 dan KD.  Bagi kelas rendah yang kembali menggunakan pembelajaran tematik KTSP ,khususnya kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah  CONTOH RPP KTSP  TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA PERTANIAN yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator  pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

NAMA SEKOLAH         : .......................
TEMA                              : PERTANIAN
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU        : 3 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
      4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II.  IPS
      2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
      4.   Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
      3.   Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
V.  Bahasa Indonesia
      5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
      6.   Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
      7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
      8.   Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
4.1
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
IPS
:
2.2
Memahami pentingnya semangat kerja
IPA
:
4.2

4.3
5.2
Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
:
3.1
Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia
:
5.1
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya









C.INDIKATOR

5.2

6.2
7.1

8.1
Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
PKN
:
1. Mendeskripsikan letak geografis Indonesia
2. Menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
3. Menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
4. Menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
5. Menyebutkan hasil laut
6. Menyebutkan manfaat sungai
7. Menyebutkan tanaman palawija yang bisa
    ditanam di Indonesia
IPS
:
1. Menjelaskan pentingnya semangat kerja
2. Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki
    semangat kerja
3. Menjelaskan alasan orang harus bekerja
IPA
:
1. Menyebutkan pengertian angin
2. Menunjukkan adanya energi berdasarkan
    pengamatan
3. Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak
    oleh angin
4. Membuat daftar sumber-sumber energi yang
    terdapat di sekitar kita
5. Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
6. Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-
    benda
Matematika
:
1. Membuktikan pecahan 1/2, 1/4
2. Membuktikan pecahan 1/3, 1/6
3. Menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
4. Membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
5. Menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
6. Membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
7. Menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan
    berbagai bentuk gambar
Bahasa Indonesia
:
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
    melakukan sesuatu
2. Melakukan percakapan dari penggalan teks
     drama yang dibacakan teman
3. Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat
    di televisi
4. Menceritakan kembali bencana alam yang
    dibacanya dari media cetak
5. Membacakan bacaan agak panjang secara
    intensif
6. Membuat karangan sendiri dengan bantuan
    gambar
7. Menulis kalimat berita
8. Memilih kalimat berita
9. Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
10. Menyatakan pendapat terhadap suatu
    pernyataan
           





D. TUJUAN PEMBELAJARAN

PKN
:
1. Melalui membaca siswa dapat mendeskripsikan letak
    geografis Indonesia
2. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan hasil hutan dan
    manfaatnya
3. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan jenis-jenis hutan
    dan tujuannya
4. Melalui membaca siswa menyebutkan jenis-jenis bahan
    tambang
5. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan hasil laut
6. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan manfaat sungai
7. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan tanaman palawija
    yang bisa ditanam di Indonesia
IPS
:
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pentingnya
    semangat kerja
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang
    yang memiliki semangat kerja
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan alasan orang
    harus bekerja
IPA
:
1. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan pengertian angin
2. Melalui pengamatan siswa dapat menunjukkan adanya energi
    berdasarkan pengamatan
3. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan benda-benda
    yang dapat bergerak oleh angin
4. Melalui pengamatan siswa dapat membuat daftar sumber-
    sumber energi yang terdapat di sekitar kita
5. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan tujuan
    penggunaan sumber energi
6. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan angin untuk
    menggerakkan benda-benda
Matematika
:
1. Melalui pengamatan siswa dapat membuktikan pecahan 1/2,
    1/4
2. Melalui pengamatan siswa dapt membuktikan pecahan 1/3,
    1/6
3. Melalui pengamatan siswa dapat menulis lambang pecahan
    1/2, 1/4
4. Melalui pengamatan siswa dapat membilang pecahan dengan
    lambang 1/2. 1/4
5. Melalui penjelasan siswa dapat menulis lambang pecahan 1/3,
    1/6
6. Melalui penjelasan siswa dapat membaca lambang pecahan
    1/3, 1/6
7. Melalui penjelasan siswa dapat menyajikan nilai pecahan
    dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
Bahasa Indonesia
:
1. Melalui membaca siswa dapat mendengarkan penjelasan
    tentang petunjuk melakukan sesuatu
2. Melalui membaca siswa dapat melakukan percakapan dari
    penggalan teks drama yang dibacakan teman
3. Melalui pengamatan siswa dapat menceritakan kembali
    bencana alam yang dilihat di televisi
4. Melalui pengamatan siswa dapat menceritakan kembali
    bencana alam yang dibacanya dari media cetak
5. Melalui membaca siswa dapat membacakan bacaan agak
    panjang secara intensif
6. Melalui penjelasan siswa dapat membuat karangan sendiri
    dengan bantuan gambar
7. Melalui penjelasan siswa dapat menulis kalimat berita
8. Melalui penjelasan siswa dapat memilih kalimat berita
9. Melalui penjelasan siswa dapat menulis pokok-pokok pikiran
    dalam bacaan
10. Melalui penjelasan siswa dapat menyatakan pendapat
    terhadap suatu pernyataan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.  MATERI POKOK
1.   PKn
1. Kekayaan alam Indonesia
2. Harga diri
3. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3.   IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan

F.   METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.    Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat
    peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I :
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
      IPA
1. Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang dihasilkan oleh kipas angin.
2. Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
3. Siswa menjelaskan bahwa angin dapat menimbulkan energi gerak
PKN
1. Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kekayaan alam
2. Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan alam yang berupa hasil hutan
3. Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan beserta fungsinya
4. Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
5. Siswa menjelasakan akibat dari penebangan pohon secara liar
6. Siswa menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan tambang yang berguna bagi
    manusia
7. Siswa menjelaskan penggolongan bahan tambang
Matematika
1. Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
2. Siswa dapat membuktikan pecahan 1/3, 1/6

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa dapat  mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
2. Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
3. Siswa meringkas penjelasan yang didengar
IPS
1. Siswa menjawab pertanyaan tentang pekerjaan orang tua, untuk apa
    orangtua bekerja
2. Siswa dapat menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat
    pekerjaan
3. Guru menjelaskan pentingnya orang memiliki semangat kerja

Matematika
1. Guru memberi contoh cara menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
2. Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/2, 1/4

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonsia
1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencatat berita tentang bencana alam yang
    didengar
2. Siswa menceritakan kembali tentang bencana alam yang dilihat di televisi
Matematika
1. Guru memberi contoh menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
2. Guru bersama siswa membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
IPA
1. Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk menggerakkan band-benda]
2. Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin.

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan benar
2. Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan huruf intensif (seorang-
    seorang)
IPS
1. Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki semangat kerja
2. Siswa menjelaskan akibat dari tidak memiliki semangat kerja

Minggu II
ý  Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru bertenya jawab dengan siswa tentang manfaat angin
2. Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga merugikan
3. Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
1. Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
2.Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
1. Guru memberikan contoh tentang menentukan nilai pecahan melalui gambar
2. Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý  Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
2. Siswa mengurutkan 3 buah gambar
3. Siswa menyusun karngan berdasarakan gambar tersebut
4. Siswa menulis kalimat berita dengan benara
5. Siswa memilih kalimat berita dengan benar
IPS
1. Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
2. Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki semangat kerja
Matematika
1. Guru memberikan contoh tentang cara menentukan pecahan melalui gambar
2. Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan sebuah teks bacaan
2. Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam bacaan tersebut.
Matematika
1. Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada nilai pecahannya
2. Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
1. Guru memberi contoh kalau siang hari panas, jemuran bisa kering. Mengapa pakaian
    basah bisa kering, dari mana sumbernya?
2. Siswa memberi contoh yang lain berkaitan dengan sumber energi
3. Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan energi berdasarakan contoh yang
    diberikan

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
B. Indonesia
1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari atau menulis berita yang dibacanya
    dari media cetak
2. Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan kembali tentang bencana alam yang
    ditulisnya dari media cetak
IPS
1. Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
2. Siswa menyebutkan manfaat kejujuran

Minggu III
ý  Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di dapur menggunakan kompor
    minyak tanah.
2. Siswa memberikan contoh-contoh yang lain yang berkaitan dengan sumber energi
    dan pemanfaatannya
PKn
1. Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
2. Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
3. Siswa menyebutkan tanaman palawija yang biasa ditanam di Indonesia
Matematika
1. Guru memebrikan gambar-gambar tersebut sesuai dengan pecahannya
2. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai dengan nilai pecahannya

ý  Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan sebuah gambar
2. Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar yang dilihatnya
IPS
1. Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya orang yang tidak jujur dalam
    bekerja
2. Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
1. Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah peran yang ada di teks drama
2. Tiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks drama yang dibacanya
Matematika
1. Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai pecahannya
2. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai nilai pecahannya
3. Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
1. Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat energi
2. Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari


ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan contoh suatu pernyataan, kemudian memberikan tanggapan
    terhadapan pernyataan tersebut
2. Siswa diberi tugas untuk mengemukakan pendapat secara tertulis terhadap suatu

    pernyataan.
IPS
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang ciri-ciri orang yang jujur
2. Siswa mengemukakan keuntungan orang yang memiliki sifat jujur dalam kehidupan
    sehari-hari
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membiasakan membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
    tertentu yang bermakna;
2. Siswa dapat menjawab melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
    memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
    takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa dapat membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
    secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
3. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
4. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.   Buku IPA
3.   Buku Matematika
4.   Buku Bahasa Indonesia
5.   Buku IPS
6.   Kamus Bahasa Indonesia
7.   Pedoman EYD
8.   Koran dan Majalah
9.   LKS


B. Alat Peraga:
1.   Gambar-gambar baju daerah
2.   Gambar-gambar rumah ibadah
3.   Gambar-gambar rumah adat
4.   Kompas
5.   Kincir angin
6.   Globe
7.   Uang kartal dan uang giral
8.   Tabel perbelanjaan
9.   Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

I.    PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN:
·   Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·   Menyebutkan manfaat sungai
·   Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·   Mengidentifikasi hasil laut
IPS :
·   Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·   Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·   Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
·   Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·   Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·   Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·   Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·   Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·   Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·   Menulis kalimat berita
·   Memilih kalimat berita
·   Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·   Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
·   Menyebutkan pengertian angin
·   Menunjukkan pengertian angin
·   Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·   Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·   Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·   Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·   Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika :
·   Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·   Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·   Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·   Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·   Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·   Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·   Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN:
·   Sebutkan kekayaan alam hasil hutan
·   Sebutkan manfaat sungai
·   Sebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·   Jelaskanlah hasil laut
IPS :
·   Jelaskanlah alasan orang harus bekerja
·   Jelaskanlah pentingnya memiliki semangat kerja
·   Jelaskanlah ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
·   Jelaskanlah teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·   Jelaskanlah cara melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·   Ceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·   Ceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·   Bacakanlah bacaan agak panjang secara intensif
·   Buatkanlah karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·   Tuliskanlah kalimat berita
·   Pilihkanlah kalimat berita
·   Tuliskanlah pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·   Jelaskanlah pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
·   Sebutkan pengertian angin
·   Tunjukkan pengertian angin
·   Tunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·   Sebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·   Buatkanlah daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·   Jelaskanlah tujuan penggunaan sumber energi
·   Jelaskanlah angin untuk menggerakkan benda-benda
Matematika :
·   Buktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·   Buktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·   Tuliskanlah lambang pecahan setengah, seperempat
·   Tuliskanlah lambang pecahan sepertiga, seperenam
·   Bacakanlah bilangan pecahan setengah, seperempat
·   Bacakanlah lambang pecahan sepertiga, seperenam
·   Jelaskanlah nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar

·   LKS
·   Lembar observasi.


v   Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

            3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala ...........



..................................
NIP.

............., ...................... 2016        
Guru Tematik Kelas III



...........................
NIP. -

Demikianlah informasi tentang CONTOH RPP KTSP  TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA PERTANIAN, sengaja saya buat untuk membantu para pendidik agar lebih mudah dalam membuat RPP  khususnya dikelas rendah yang menggunakan kurikulum KTSP dan mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''