Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Edukasi.
Salam Edukasi.
Pada pertengahan tahun semua guru di Indonesia disibukkan dengan
penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun
kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan
pembelajaran. Guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai
KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi,
elaborasi dan kompirmasi, dan untuk Kurikulum K 13 terdapat KI sampai K4 dan KD. Bagi kelas rendah yang kembali menggunakan
pembelajaran tematik KTSP ,khususnya kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah CONTOH RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA PERTANIAN yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami
buatkan indikator pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : .......................
TEMA :
PERTANIAN
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 3 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I. PKN
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
4.1
|
Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
IPS
|
:
|
2.2
|
Memahami
pentingnya semangat kerja
|
IPA
|
:
|
4.2
4.3
5.2
|
Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi
gerak
Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya
Menerapkan
cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
|
Matematika
|
:
|
3.1
|
Mengenal
pecahan sederhana
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5.1
|
Memberikan
tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
|
C.INDIKATOR
|
5.2
6.2
7.1
8.1
|
Menirukan
dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
Menceritakan
peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
Menjawab
dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata)
yang dibaca secara intensif.
Menulis
karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan
kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan
tanda titik
|
PKN
|
:
|
1. Mendeskripsikan letak geografis Indonesia
2. Menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
3. Menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
4. Menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
5. Menyebutkan hasil laut
6. Menyebutkan manfaat sungai
7. Menyebutkan tanaman palawija yang bisa
ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
1. Menjelaskan pentingnya semangat kerja
2. Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki
semangat kerja
3. Menjelaskan alasan orang harus bekerja
|
IPA
|
:
|
1. Menyebutkan pengertian
angin
2. Menunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
3. Menyebutkan benda-benda
yang dapat bergerak
oleh angin
4. Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
5. Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
6. Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-
benda
|
Matematika
|
:
|
1. Membuktikan pecahan 1/2, 1/4
2. Membuktikan pecahan
1/3, 1/6
3. Menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
4. Membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
5. Menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
6. Membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
7. Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan
berbagai bentuk gambar
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
melakukan sesuatu
2. Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan teman
3. Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat
di televisi
4. Menceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya dari media cetak
5. Membacakan bacaan agak panjang secara
intensif
6. Membuat karangan sendiri dengan bantuan
gambar
7. Menulis kalimat berita
8. Memilih kalimat berita
9. Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
10. Menyatakan pendapat terhadap suatu
pernyataan
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1. Melalui
membaca siswa dapat
mendeskripsikan letak
geografis Indonesia
2. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan hasil hutan dan
manfaatnya
3. Melalui membaca siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis hutan
dan tujuannya
4. Melalui
membaca siswa menyebutkan
jenis-jenis bahan
tambang
5. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan hasil laut
6. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan manfaat sungai
7. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan tanaman palawija
yang bisa ditanam di Indonesia
|
IPS
|
:
|
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan pentingnya
semangat kerja
2. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan ciri-ciri orang
yang memiliki semangat kerja
3. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan alasan orang
harus bekerja
|
IPA
|
:
|
1. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan pengertian angin
2. Melalui
pengamatan siswa dapat
menunjukkan adanya energi
berdasarkan pengamatan
3. Melalui
membaca siswa dapat menyebutkan benda-benda
yang dapat bergerak oleh angin
4. Melalui
pengamatan siswa dapat
membuat daftar sumber-
sumber energi yang terdapat di sekitar kita
5. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan tujuan
penggunaan sumber energi
6. Melalui
tanya jawab siswa dapat
menjelaskan angin untuk
menggerakkan benda-benda
|
Matematika
|
:
|
1. Melalui
pengamatan siswa dapat
membuktikan pecahan 1/2,
1/4
2. Melalui
pengamatan siswa dapt
membuktikan pecahan 1/3,
1/6
3. Melalui
pengamatan siswa dapat
menulis lambang pecahan
1/2, 1/4
4. Melalui
pengamatan siswa dapat membilang
pecahan dengan
lambang 1/2. 1/4
5. Melalui
penjelasan siswa dapat
menulis lambang pecahan 1/3,
1/6
6. Melalui
penjelasan siswa dapat
membaca lambang pecahan
1/3, 1/6
7.
Melalui penjelasan siswa
dapat menyajikan nilai pecahan
dengan menggunakan berbagai bentuk
gambar
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1.
Melalui membaca siswa dapat
mendengarkan penjelasan
tentang petunjuk melakukan sesuatu
2.
Melalui membaca siswa dapat
melakukan percakapan dari
penggalan teks drama yang
dibacakan teman
3.
Melalui pengamatan siswa
dapat menceritakan kembali
bencana alam yang dilihat di
televisi
4.
Melalui pengamatan siswa
dapat menceritakan kembali
bencana alam yang dibacanya dari
media cetak
5.
Melalui membaca siswa dapat
membacakan bacaan agak
panjang secara intensif
6.
Melalui penjelasan siswa
dapat membuat karangan sendiri
dengan bantuan gambar
7.
Melalui penjelasan siswa
dapat menulis kalimat berita
8.
Melalui penjelasan siswa
dapat memilih kalimat berita
9.
Melalui penjelasan siswa
dapat menulis pokok-pokok pikiran
dalam bacaan
10.
Melalui penjelasan siswa
dapat menyatakan pendapat
terhadap suatu pernyataan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apersepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas,
berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat
peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I :
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa melakukan pengamatan terhadap angin yang
dihasilkan oleh kipas angin.
2. Siswa menjelaskan bahwa angin memiliki energi
3. Siswa menjelaskan bahwa angin dapat
menimbulkan energi gerak
PKN
1. Siswa menjelaskan pengaruh letak geografis
Indonesia terhadap kekayaan alam
2. Siswa diminta menyebutkan 1 contoh kekayaan
alam yang berupa hasil hutan
3. Siswa menjelaskan jenis-jenis hutan beserta
fungsinya
4. Siswa tanya jawab mengenai fungsi hutan
5. Siswa menjelasakan akibat dari penebangan pohon
secara liar
6. Siswa menjelaskan tanah mengandung bahan-bahan
tambang yang berguna bagi
manusia
7. Siswa menjelaskan penggolongan bahan
tambang
Matematika
1. Siswa dapat membuktikan pecahan 1/2, 1/4
2. Siswa dapat membuktikan pecahan 1/3,
1/6
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa dapat mendengarkan penjelasan petunjuk melakukan sesuatu
2. Siswa mencatat pokok-pokok penjelasan
3. Siswa meringkas penjelasan yang
didengar
IPS
1. Siswa menjawab pertanyaan
tentang pekerjaan orang tua, untuk apa
orangtua
bekerja
2. Siswa dapat
menjelaskan pentingnya suatu keeterampilan agar mudah mendapat
pekerjaan
3. Guru menjelaskan pentingnya orang
memiliki semangat kerja
Matematika
1. Guru memberi contoh cara menulis
lambang pecahan 1/2, 1/4
2. Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/2, 1/4
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonsia
1. Guru memberi tugas kepada siswa
untuk mencatat berita tentang bencana alam yang
didengar
2. Siswa menceritakan kembali tentang bencana
alam yang dilihat di televisi
Matematika
1. Guru memberi contoh menulis lambang pecahan
1/3, 1/6
2. Guru bersama siswa membaca lambang
pecahan 1/3, 1/6
IPA
1. Guru menjelaskan angin memiliki energi untuk
menggerakkan band-benda]
2. Siswa memberi contoh benda-benda yang dapat digerakkan
oleh angin.
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Guru memberi contoh cara membaca yang baik dan
benar
2. Siswa disuruh membaca bacaan yang agak panjang dengan
huruf intensif (seorang-
seorang)
IPS
1. Guru menjelaskan pentingnya seseorang memiliki
semangat kerja
2. Siswa menjelaskan akibat dari tidak
memiliki semangat kerja
Minggu II
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru bertenya jawab dengan siswa tentang
manfaat angin
2. Guru menjelaskan selain angin bermanfaat, angin juga
merugikan
3. Siswa memberi salah satu contoh angin yang merugikan
PKn
1. Guru bercerita tentang kehidupan di pantai
2.Siswa menarik kesimpulan dari cerita itu tentang apa
yang dihasilkan laut, bagaimana memelihara kekayaan laut
Matematika
1. Guru memberikan contoh tentang menentukan nilai
pecahan melalui gambar
2. Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan 3 buah gambar secara acak
2. Siswa mengurutkan 3 buah gambar
3. Siswa menyusun karngan berdasarakan gambar
tersebut
4. Siswa menulis kalimat berita dengan benara
5. Siswa memilih kalimat berita dengan
benar
IPS
1. Guru menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki
semangat kerja
2. Siswa menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang memiliki
semangat kerja
Matematika
1. Guru memberikan contoh tentang cara menentukan
pecahan melalui gambar
2. Siswa menentukan nilai pecahan melalui gambar
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan sebuah teks bacaan
2. Siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran dalam
bacaan tersebut.
Matematika
1. Guru memberikan gambar-gambar yang sudah ada
nilai pecahannya
2. Siswa disuruh mewarnai gambar tersebut sesuai dengan
nilai pecahannya
IPA
1. Guru memberi contoh kalau siang hari panas,
jemuran bisa kering. Mengapa pakaian
basah bisa kering, dari mana sumbernya?
2. Siswa memberi contoh yang lain berkaitan dengan
sumber energi
3. Siswa menyimpulkan apa yang dimaksud
dengan energi berdasarakan contoh yang
diberikan
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
B. Indonesia
1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari
atau menulis berita yang dibacanya
dari media cetak
2. Siswa sendiri-sendiri dapat menceritakan
kembali tentang bencana alam yang
ditulisnya dari media cetak
IPS
1. Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
2. Siswa menyebutkan manfaat kejujuran
Minggu III
ý Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru memberikan contoh : Ibu sedang memasak di
dapur menggunakan kompor
minyak tanah.
2. Siswa memberikan contoh-contoh yang
lain yang berkaitan dengan sumber energi
dan pemanfaatannya
PKn
1. Guru menjelaskan hasil-hasil kekayaan sungai
2. Guru menjelaskan maksud tanaman palawija
3. Siswa menyebutkan tanaman palawija yang
biasa ditanam di Indonesia
Matematika
1. Guru memebrikan gambar-gambar tersebut
sesuai dengan pecahannya
2. Siswa diminta mewarnai gambar
tersebut sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan II : 6 x 36 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan sebuah gambar
2. Siswa membuat karangan sendiri sesuai dengan gambar
yang dilihatnya
IPS
1. Guru memberikan ilustrasi bagaimana akibatnya
orang yang tidak jujur dalam
bekerja
2. Siswa menyebutkan ciri-ciri orang yang jujur
Matematika
1. Siswa membuat gambar
sesuai dengan nilai pecahannya
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membagi kelompok sesuai dengan jumlah
peran yang ada di teks drama
2. Tiap kelompok melakukan percakapan sesuai dengan teks
drama yang dibacanya
Matematika
1. Guru memberikan gambar-gambar sudah ada nilai
pecahannya
2. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut sesuai
nilai pecahannya
3. Siswa membuat gambar sesuai dengan nilai pecahannya
IPA
1. Guru menjelaskan alasan perlunya berhemat
energi
2. Siswa memberikan contoh penghematan energi dalam
kehidupan sehari-hari
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Guru memberikan contoh suatu pernyataan,
kemudian memberikan tanggapan
terhadapan pernyataan tersebut
2. Siswa diberi tugas untuk mengemukakan pendapat
secara tertulis terhadap suatu
pernyataan.
IPS
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang
ciri-ciri orang yang jujur
2. Siswa mengemukakan keuntungan orang yang
memiliki sifat jujur dalam kehidupan
sehari-hari
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1. Siswa membiasakan membaca dan menulis yang
beragam melalui tugas-tugas
tertentu yang bermakna;
2. Siswa dapat menjawab melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
3. Siswa dapat berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
4. Siswa mendapat pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa dapat membuat laporan eksplorasi yang
dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
3. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
4. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. Kamus Bahasa Indonesia
7. Pedoman EYD
8. Koran dan Majalah
9. LKS
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
I. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN:
· Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Menyebutkan manfaat sungai
· Menyebutkan tanaman palawija yang
ditanam di Indonesia
· Mengidentifikasi hasil laut
IPS :
· Menjelaskan alasan orang harus bekerja
· Menjelaskan pentingnya memiliki semangat
kerja
· Menjelaskan ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan pembacaan teks berisi
petunjuk melakukan sesuatu
· Melakukan percakapan dari penggalan teks
drama yang dibacakan teman
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Menceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Membaca bacaan agak panjang secara
intensif
· Membuat karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Menulis kalimat berita
· Memilih kalimat berita
· Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
· Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Menyebutkan pengertian angin
· Menunjukkan pengertian angin
· Menunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Menyebutkan benda-benda yang dapat
bergerak oleh angin
· Membuat daftar sumber-sumber energi yang
terdapat di sekitar kita
· Menjelaskan tujuan penggunaan sumber
energi
· Menjelaskan angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Membuktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Menulis lambang pecahan setengah,
seperempat
· Menulis lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Membaca bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Membaca lambang pecahan sepertiga,
seperenam
·
Menyajikan
nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN:
· Sebutkan kekayaan alam hasil hutan
· Sebutkan manfaat sungai
· Sebutkan tanaman palawija yang ditanam
di Indonesia
· Jelaskanlah hasil laut
IPS :
· Jelaskanlah alasan orang harus bekerja
· Jelaskanlah pentingnya memiliki semangat
kerja
· Jelaskanlah ciri-ciri orang yang
memiliki semangat kerja
Bahasa Indonesia :
· Jelaskanlah teks berisi petunjuk
melakukan sesuatu
· Jelaskanlah cara melakukan percakapan
dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dilihat di televisi
· Ceritakan kembali bencana alam yang
dibacanya di media cetak
· Bacakanlah bacaan agak panjang secara
intensif
· Buatkanlah karangan dari pikiran sendiri
dengan bantuan gambar
· Tuliskanlah kalimat berita
· Pilihkanlah kalimat berita
· Tuliskanlah pokok-pokok pikiran dalam
bacaan
· Jelaskanlah pendapat terhadap suatu pernyataan
IPA :
· Sebutkan pengertian angin
· Tunjukkan pengertian angin
· Tunjukkan adanya energi berdasarkan
pengamatan
· Sebutkan benda-benda yang dapat bergerak
oleh angin
· Buatkanlah daftar sumber-sumber energi
yang terdapat di sekitar kita
· Jelaskanlah tujuan penggunaan sumber
energi
· Jelaskanlah angin untuk menggerakkan
benda-benda
Matematika :
· Buktikan pecahan-pecahan setengah,
seperempat
· Buktikan pecahan-pecahan sepertiga,
seperenam
· Tuliskanlah lambang pecahan setengah,
seperempat
· Tuliskanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Bacakanlah bilangan pecahan setengah,
seperempat
· Bacakanlah lambang pecahan sepertiga,
seperenam
· Jelaskanlah nilai pecahan dengan
menggunakan berbagai bentuk gambar
· LKS
· Lembar observasi.
|
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ...........
..................................
NIP.
|
.............,
...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
...........................
NIP. -
|
Demikianlah informasi tentang CONTOH RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA PERTANIAN, sengaja saya buat untuk membantu para pendidik agar lebih mudah dalam membuat RPP khususnya dikelas rendah yang menggunakan kurikulum KTSP dan
mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan semoga dapat memberikan
manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''