Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD. TEMA KEGIATAN SEHARI HARI,
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : ...............
Kelas / Semester : IIA/ 2
Tema : Kegiatan Sehari-hari
Waktu : 3 Minggu
A.Standar
Kompetensi
PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
IPS
- Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Matematika
- Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500
IPA
- Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B. Indonesia
Berbicara
- Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
- Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
- Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
SBK
- Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
B. Kompetensi
Dasar
PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
- Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
Matematika
- Membandingkan bilangan sampai 500
- Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
- Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
- Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
- Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
- Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
IPA
- Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
- Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
- Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
B. Indonesia
- Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
- Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
- Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
- Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
- Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
- Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
- Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
SBK
- Mengenang berbagai unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
- Menanggapi berbagai unsur rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
- Mengenal unsur-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
C.Indikator
PKn
- Memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
- Menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
IPS
- Memelihara benda penting di lingkungan keluarga
Matematika
- Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
- Menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
- Membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
- Menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
- Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
IPA
- Mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
- Mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
- Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
B. Indonesia
- Mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
- Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
- Mampu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
- Menjelaskan isi puisi yang di baca bersama
- Menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.
SBK
- Mengenang berbagai unsur rupa dan perpaduannya
- Memilih objek benda alam yang menarik
- Mengenal unsur bunyi dan musik
D.Tujuan
Pembelajaran
PKn
- Siswa dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
- Siswa dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
IPS
- Siswa dapat memelihara benda penting di lingkungan keluarga
Matematika
- Siswa dapat menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
- Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
- Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
- Siswadapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
- Guru menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
- Siswa dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat
IPA
- Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
- Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
- Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
B. Indonesia
- Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
- Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
- Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
- Guru menjelaskan isi puisi yang di baca bersama
- Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.
SBK
- Siswa dapat mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
- Siswa dapat memilih objek benda alam yang menarik
- Siswa dapat mengenal unsur bunyi dan musik
E.Materi
Pokok / (Materi Ajar)
- Gotong royong
- Pemeliharaan lingkungan
- Dokumen keluarga
- Penjumlahan dan pengurangan
- Pengukuran waktu
- Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
- Tempat hidup makhluk hidup
- Diri sendiri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan.
- Permainan, kesehatan, lingkungan, tempat umum
- Mengenal unsur musik, bunyi dan perpaduannya
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. Metoda
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Demontrasi
3.
Permainan
4.
Tugas
5.
Tanya jawab
F. Langkah-langkah
pembelajaran
Kegiatan Awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.
Guru
menyiapkan siswa untuk berbaris dan berdo’a bersama
2.
Guru mengapersepsi/mengkonsentrasikan
anak
3.
Pre test
Kegiatan Inti
Minggu ke I (
B. Indonesia, Matematika, Sains, IPS, PKn, SBK)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru memberi tugas kepada siswa untuk
mengerjakan bilangan dan lambangnya
dengan membandingkan bilangan serta mengurutkan bilangannya
2. Guru memberikan penjelasan kepada siswa
tentang prilaku diri sendiri berikut kegiatan sehari-hari dan peristiwa
3. Guru memberi tugas kepada siswa untuk
menuliskan bagian utama tumbuhan dan hewan
4. Melalui penjelasan guru, siswa memahami
tentang hidup rukun
5. Guru menganjurkan siswa untuk memelihara
dokumennya sendiri
6. Guru memberi tugas kepada siswa untuk
menggambar dengan menggunakan bintik dan garis disertai dengan perpaduan warnanya
Minggu ke 2 B. (Indonesia, Matematika. IPA )
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan tentang cara memelihara
lingkungan kelas
2. Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menentukan nilai tempayt ratusan, puluhan dan satuan
3. Siswa diberi tugas untuk membaca,
mengubah, menulis, menjumlah dan mengurangkan bilangan dalam bentuk panjang.
4. Siswa memahami beragam jenis benda padat
dan cair dari hasil penjelasan guru
5. Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
atau menanggapi hasil penjelasan guru tentang kegiatan di dalam kelas
6. Guru menjelaskan tentang cara memilih objek benda alam yang
menarik
Minggu ke 3 (Matematika, B. Indonesia, SBK)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Melalui penjelasan guru, siswa memahami
cara memelihara dokumen dan benda penting
2. Guru menjelaskan cara menggunakan alat
ukur waktu dengan satuan jam berikut
alat ukur panjang
3. Siswa dapat membedakan cirri benda padat
dan benda cair
4. Siswa menanggapi isi percakapan yang
dilakukan temannya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5. Siswa dapat membedakan menguat dan melemahnya bunyi
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.
Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara
lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa di fasilitasi
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun
kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1.
Guru mengadakan
post test untuk mengetahui kemampuan anak, sampai sejauh mana anak
memperhatikan dari hasil penjelasan yang disampaikan. Bentuk tes secara lisan
H.Alat
dan Sumber Belajar
- Buku panduan matematika, sains,.PKn, SBK, dan B. Indonesia
- Alat peraga, lingkungan sekitar
- Sumber lain
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKn
IPS
Matematika
IPA
B. Indonesia
SBK
|
tertulis,
lisan,
|
isian,essay,
Uraian
|
BPKn
IPS
Matematika
IPA
B. Indonesia
SBK
|
J. Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ...............
............................
NIP.
|
......................... 20...
Guru Tematik Kelas II
.............................
NIP-
|
demikian tadi contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD. TEMA KEGIATAN SEHARI HARI, semoga bermanfaat bagi teman - teman yang akan merefisi perangkat pembelajaran khususnya RPP.
Wassalam
0 komentar:
Posting Komentar