Pada
kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 5 SEMESTER 1 . Kami mencoba membuat CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 5 SEMESTER 1 sebagai kelanjutan CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 3 KELAS 5 SEMESTER 1 sengaja kami buat untuk membantu teman - teman yang mengajar di madrasah ibtidaiyah khususnya yang mengajar pelajaran agama. RPP ini hanya contoh saja teman - teman bisa menyempurnakan lagi. Bentuk dari masing
komponen-komponen CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 5 SEMESTER 1 ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP
kurikulum 2013.
bab 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ...............................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: V/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi
dengan keluarga
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menghayati akhlak yang baik
ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
2.4 Membiasakan akhlak yang baik
ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
3.4 Mengetahui akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
4.4 Mensimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat
umum.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
1. Menjelaskan akhlak yang
baik ketika ditempat ibadah (masjid)
2. Membiasakan akhlak yang
baik ketika ditempat ibadah (masjid).
3. Menjelaskan akhlak yang
baik ketika ditempat (madrasah, jalan, pasar, rumah
sakit)
4. Membiasakan akhlak yang
baik ketika ditempat (madrasah, jalan, pasar,
rumah sakit)
D. Materi Pokok
Berakhlak di
Tempat Ibadah (Masjid)
1. Hendaknya dalam keadaan suci dan
berwudhu.
2. Masuk masjid hendaklah dengan
kaki kanan dan berdoa.
3. Melaksanakan shalat sunnah
tahiyatul masjid.
4. Memakai wangi – wangian (bagi
kaum laki laki)
5. Tidak melakukan jual beli
didalamnya
6. Melakukan i’tikaf (memperbanyak
dzikir kepada Allah).
7. Tidak duduk melingkar didalam
masjid sebelum ditegakkan shalat Jum’at.
8. Keluar dari masjid dengan kaki
kiri dan berdoa.
Berakhlak di
Tempat Umum
1. Tidak membuat keributan atau
kegaduhan
2 Tidak mengganggu atau berbuat
jahil kepada teman
3. Memberi salam dan bersikap sopan
terhadap guru
4. Berdoa sebelum dan sesudah
belajar
5. Mentaati semua tata tertib yang
ada
Adab ketka
dijalan antara lain:
1. Bagi
pejalan kaki:
a. Berjalanlah pada arah sebelah
kiri, apabila ada trotoarnya maka
manfaatkanlah trotoar itu.
b. Berjalan tidak terlalu cepat dan
tidak pula terlalu lambat.
c. Tidak boleh bersenda gurau atau
bermain – main dijalan.
d. Pandangan tidak boleh kesana
kemari kecuali bila sangat diperlukan.
e. Tidak berjalan dengan satu sandal
atau satu sepatu.
f. Apabila ingin menyebrang jalan
lewatlah pada zebra cross atau
jembatan
penyebrangan.
2. Bagi
pengendara:
a. Mematuhi aturan berkendara.
b. Harus mentaati rambu – rambu lalu
lintas
c. Menghormati pengguna jalan lain,
terutama bagi pejalan kaki.
d. Pemilik kendaraan lebih berhak
berada di bagian depan kendaraannya.
3. Adab
ketika di pasar antara lain:
1. Membaca doa ketika masuk pasar
2. Bertutur kata yang sopan (tidak
boleh berteriak – teriak)
3. Bersikap jujur. Pedagang tidak
boleh menyembunyikan barang yang ada
cacatnya, mengurangi timbangan,
dan pembeli harus membayar sesuai
kesepakatan harga.
4. Bersikap sabar ketika pasar dalam
keadaan ramai.
Adab ketika
di rumah sakit:
1. Menjaga ketenangan
2. Menjaga kebersihan
3. Tidak boleh bersenda gurau atau
bermain – main
4. Jika ingin membesuk pasien
hendaknya sesuai jam besuk.
E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan asmaul husna yang pernah
dipelajari beserta artinya.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak mengamati gambar.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan gambar.
Misalnya, sedang apa anak tersebut? Ketika masuk ke masjid mendahulukan
kaki
apa?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Everyone is
a Teacher Here
e. Langkah –
langkah yang harus dipersiapkan oleh guru adalah potongan kertas (satu
kertas HVS ukuran folio dijadikan delapan)
f. Membagikan kertas kepada peserta didik dan
meminta mereka untuk menuliskan
sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang
sedang di pelajari.
g. Mengumpulkan
kertas – kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak
kepada masing – masing peserta didik dan
diusahakan pertanyaan tidak kembali
kepada yang bersangkutan.
h. Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan memahami
pertanyaan di kertas masing – masing sambil
memikirkan jawabannya (lebih kurang
5 menit)
i. Peserta didik diminta untuk membacakan
pertanyaan yang ada ditangannya dan
memberikan jawaban/penjelasan atas pertanyaan
tersebut, kemudian mintalah
kepada teman sekelasnya untuk memberikan
tanggapan.
j. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi adab ditempat ibadah
dan
tempat umum.
3. Penutup
a. Peserta didik dengan
bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi adab ditempat
ibadah dan tempat umum.
b. Guru memberikan
penekanan kepada peserta didik agar senantiasa menjaga ketenangan, ketertiban, dan
kebersihan di tempat ibadah dan tempat
umum.
c. Guru mengajak peserta
didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru
dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta
didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan
dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. Menghapal
doa masuk masjid dan doa keluar dari masjid.
2. Menulis
sepuluh nama tempat umum, rekreasi, mushalla, kantor kelurahan, GOR,
dan lain sebagainya.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang
dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang
perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta
didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman”
guru menyampaikan materi penting yang harus
dikuasai oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi adab ditempat
ibadah dan
tempat umum.
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Masjid adalah tempat suci umat
Islam untuk melakukan kegiatan – kegiatan
yang baik seperti, shalat,
i’tikaf,berzikir,dan mendekatkan diri kepada Allah,
membaca dan mendalami al-Qur’an.
2) Bersuci terlebih dahulu, masuk ke
masjid harus mendahulukan kaki kanan,
melaksanakan shalat tahiyatul
masjid, melakukan i’tikaf, dan keluar masjid
dengan mendahulukan kaki kiri.
3) Tempat yang dipergunakan untuk
tempat umum.
4) Madrasah, jalan, supermaket,
rumah sakit, WC umum, tempat rekreasi,
mushalla.
5) Menjaga kebersihannya, tidak
merusak, ikut merawat, tidak melakukan aksi
corat – coret.
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor Max
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
|
15
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
SS
|
S
|
TS
|
||
1
|
Dengan
teknologi yang semakin canggih, lambat laun manusia pasti akan mengetahui
kapan terjadinya hari kiamat.
|
|||
2
|
Kejadian
hari kiamat, digambarkan oleh Allah dalam al –Qur’an surat al – Qari’ah ayat
1 – 11.
|
|||
3
|
Ilmua
agama dicabut, laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki
merupakan tanda – tanda akan terjadi hari kiamat.
|
|||
4
|
Sebagai
seorang yang beriman, Sahrul yakin dan percaya bahwa hari kiamat pasti akan
terjadi.
|
|||
5
|
Peristiwa
hari kiamat merupakan peristiwa biasa dan dapat dibayangkan bagaimana
terjadinya.
|
|||
6
|
Terjadinya
hari kiamat ditandai dengan ditiupnya sangkakala yang pertama oleh malaikat
Israfil.
|
|||
7
|
Keadaan
manusia pada hari kiamat adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan..
|
|||
8
|
Turunnya
Nabi Isa AS ke muka bumi adalah untuk membunuh Dajjal dan menegakkan syariat
nabi Muhammad SAW.
|
|||
9
|
Setelah
dibangkitkan dari kuburnya, manusia akan dikumpulkan oleh Allah di Padang
Mahsyar..
|
|||
10
|
Manusia
perlu memperbanyak amal kebaikan karena semua amal manusia akan dimintai
pertanggungjawaban.
|
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
2
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
3
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
4
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
5
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
6
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
7
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
8
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
9
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
10
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang
dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan
rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema : ...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
|||||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
dst
|
Keterangan:
4 : Membudaya 3 : Berkembang 2 : terlihat 1:
belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Tulislah
niat i’tikaf
2. Tulislah Surat
al – Isra’ ayat 37 beserta terjemahannya.
3. Bagaimana
adab di jalan sesuai dengan isi kandungan ayat di atas?
G. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik.
Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus
pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial
dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada
saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit
setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta
didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan
kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini
dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta
didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung
kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik
serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali
murid.
Demikian CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Mengetahui,
Kepala.....................
( ............................................. )
NIP.
196605141992031002
|
..............., 27 juli
2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ......................................)
NIP. -
|
Demikian CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar