Jumat, 18 Maret 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 5 SEMESTER 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan CONTOH RPP  K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4  KELAS 5 SEMESTER 1 .  Kami  mencoba membuat CONTOH RPP  K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4  KELAS 5 SEMESTER 1 sebagai kelanjutan CONTOH RPP  K13 AQIDAH AKHLAK BAB 3  KELAS 5 SEMESTER 1 sengaja kami buat untuk membantu teman - teman yang mengajar di madrasah ibtidaiyah khususnya yang mengajar pelajaran agama. RPP ini hanya contoh saja teman - teman bisa menyempurnakan lagi. Bentuk dari masing komponen-komponen CONTOH RPP  K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4  KELAS 5 SEMESTER 1  ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


bab 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : ...............................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : V/I
Alokasi Waktu          :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
        diri dalam berinteraksi dengan keluarga
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.4  Menghayati akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
2.4  Membiasakan akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
3.4 Mengetahui akhlak yang baik ketika ditempat ibadah dan tempat umum.
4.4 Mensimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
            1. Menjelaskan akhlak yang baik ketika ditempat ibadah (masjid)
            2. Membiasakan akhlak yang baik ketika ditempat ibadah (masjid).
            3. Menjelaskan akhlak yang baik ketika ditempat (madrasah, jalan, pasar, rumah
               sakit)
            4. Membiasakan akhlak yang baik ketika ditempat (madrasah, jalan, pasar,
               rumah sakit)

D. Materi Pokok
Berakhlak di Tempat Ibadah (Masjid)
            1. Hendaknya dalam keadaan suci dan berwudhu.
            2. Masuk masjid hendaklah dengan kaki kanan dan berdoa.
            3. Melaksanakan shalat sunnah tahiyatul masjid.
            4. Memakai wangi – wangian (bagi kaum laki laki)
            5. Tidak melakukan jual beli didalamnya
            6. Melakukan i’tikaf (memperbanyak dzikir kepada Allah).
            7. Tidak duduk melingkar didalam masjid sebelum ditegakkan shalat Jum’at.
            8. Keluar dari masjid dengan kaki kiri dan berdoa.
Berakhlak di Tempat Umum
            1. Tidak membuat keributan atau kegaduhan
            2 Tidak mengganggu atau berbuat jahil kepada teman
            3. Memberi salam dan bersikap sopan terhadap guru
            4. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
            5. Mentaati semua tata tertib yang ada
Adab ketka dijalan antara lain:
1. Bagi pejalan kaki:
            a. Berjalanlah pada arah sebelah kiri, apabila ada trotoarnya maka
               manfaatkanlah trotoar itu.
            b. Berjalan tidak terlalu cepat dan tidak pula terlalu lambat.
            c. Tidak boleh bersenda gurau atau bermain – main dijalan.
            d. Pandangan tidak boleh kesana kemari kecuali bila sangat diperlukan.
            e. Tidak berjalan dengan satu sandal atau satu sepatu.
            f. Apabila ingin menyebrang jalan lewatlah pada zebra cross atau jembatan
              penyebrangan.
2. Bagi pengendara:
            a. Mematuhi aturan berkendara.
            b. Harus mentaati rambu – rambu lalu lintas
            c. Menghormati pengguna jalan lain, terutama bagi pejalan kaki.
            d. Pemilik kendaraan lebih berhak berada di bagian depan kendaraannya.
3. Adab ketika di pasar antara lain:
            1. Membaca doa ketika masuk pasar
            2. Bertutur kata yang sopan (tidak boleh berteriak – teriak)
            3. Bersikap jujur. Pedagang tidak boleh menyembunyikan barang yang ada
               cacatnya, mengurangi timbangan, dan pembeli harus membayar sesuai
               kesepakatan harga.
            4. Bersikap sabar ketika pasar dalam keadaan ramai.
Adab ketika di rumah sakit:
            1. Menjaga ketenangan
            2. Menjaga kebersihan
            3. Tidak boleh bersenda gurau atau bermain – main
            4. Jika ingin membesuk pasien hendaknya sesuai jam besuk.

E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan asmaul husna yang pernah
    dipelajari beserta artinya.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
     kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan gambar.
     Misalnya, sedang apa anak  tersebut? Ketika masuk ke masjid mendahulukan kaki
    apa?
c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
     tanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
    digunakan adalah Everyone is a Teacher Here
e. Langkah – langkah yang harus dipersiapkan oleh guru adalah potongan kertas (satu
    kertas HVS ukuran folio dijadikan delapan)
f.  Membagikan kertas kepada peserta didik dan meminta mereka untuk menuliskan
    sebuah pertanyaan tentang materi pokok yang sedang di pelajari.
g. Mengumpulkan kertas – kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak
    kepada masing – masing peserta didik dan diusahakan pertanyaan tidak kembali
    kepada yang bersangkutan.
h. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan memahami
    pertanyaan di kertas masing – masing sambil memikirkan jawabannya (lebih kurang
    5 menit)
i.  Peserta didik diminta untuk membacakan pertanyaan yang ada ditangannya dan
    memberikan jawaban/penjelasan atas pertanyaan tersebut, kemudian mintalah
    kepada teman sekelasnya untuk memberikan tanggapan.
j. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi adab ditempat ibadah dan
   tempat umum.
3. Penutup
            a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan                                         berkaitan dengan materi adab ditempat ibadah dan  tempat umum.
            b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa                                  menjaga ketenangan, ketertiban, dan kebersihan di tempat ibadah dan tempat
               umum.
           c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran                 yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja                         yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa                 yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh                                  dilakukan.

Catatan:
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
1. Menghapal doa masuk masjid dan doa keluar dari masjid.
2. Menulis sepuluh nama tempat umum, rekreasi, mushalla, kantor kelurahan, GOR,
    dan lain sebagainya.
           
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
            Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.



Rangkuman
            Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus
dikuasai oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi adab ditempat ibadah dan
tempat umum.

E. Penilaian
   Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
            1) Masjid adalah tempat suci umat Islam untuk melakukan kegiatan – kegiatan
               yang baik seperti, shalat, i’tikaf,berzikir,dan mendekatkan diri kepada Allah,
               membaca dan mendalami al-Qur’an.
            2) Bersuci terlebih dahulu, masuk ke masjid harus mendahulukan kaki kanan,
               melaksanakan shalat tahiyatul masjid, melakukan i’tikaf, dan keluar masjid
               dengan mendahulukan kaki kiri.
            3) Tempat yang dipergunakan untuk tempat umum.
            4) Madrasah, jalan, supermaket, rumah sakit, WC umum, tempat rekreasi,
               mushalla.
            5) Menjaga kebersihannya, tidak merusak, ikut merawat, tidak melakukan aksi
               corat – coret.
Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor Max

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1

3


15
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 15
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal




Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!

No

pernyataan

Jawaban
SS
S
TS
1
Dengan teknologi yang semakin canggih, lambat laun manusia pasti akan mengetahui kapan terjadinya hari kiamat.



2
Kejadian hari kiamat, digambarkan oleh Allah dalam al –Qur’an surat al – Qari’ah ayat 1 – 11.



3
Ilmua agama dicabut, laki – laki mirip perempuan dan perempuan mirip laki – laki merupakan tanda – tanda akan terjadi hari kiamat.



4
Sebagai seorang yang beriman, Sahrul yakin dan percaya bahwa hari kiamat pasti akan terjadi.



5
Peristiwa hari kiamat merupakan peristiwa biasa dan dapat dibayangkan bagaimana terjadinya.



6
Terjadinya hari kiamat ditandai dengan ditiupnya sangkakala yang pertama oleh malaikat Israfil.



7
Keadaan manusia pada hari kiamat adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan..



8
Turunnya Nabi Isa AS ke muka bumi adalah untuk membunuh Dajjal dan menegakkan syariat nabi Muhammad SAW.



9
Setelah dibangkitkan dari kuburnya, manusia akan dikumpulkan oleh Allah di Padang Mahsyar..



10
Manusia perlu memperbanyak amal kebaikan karena semua amal manusia akan dimintai pertanggungjawaban.




Rubrik Penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
2
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
3
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
4
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
5
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
6
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
7
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
8
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
9
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
10
Sangat setuju skor 3, setuju  skor 2, tidak setuju  Skor 1
3
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap  atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema             : ...................................................................
Hari/tanggal         : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
Bekerja sama
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





























dst












            Keterangan:
            4 : Membudaya  3 : Berkembang   2 : terlihat      1: belum terlihat

F. Pengayaan
            Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Tulislah niat i’tikaf
2. Tulislah Surat al – Isra’ ayat 37 beserta terjemahannya.
3. Bagaimana adab di jalan sesuai dengan isi kandungan ayat di atas?

G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.

H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
   
Mengetahui,
Kepala.....................



( ............................................. )
NIP. 196605141992031002

..............., 27 juli  2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ......................................)
NIP. -

Demikian CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya,  mungkin CONTOH RPP AQIDAH K13 KELAS 5 SEMESTER 1 BAB 4 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh





0 komentar:

Posting Komentar