Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. Kami mencoba membuat rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. karena Banyak diantara guru di indonesia yang merasa kebingungan dalam mencari rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. apa saja bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas 4 tersebut, berikut ini contoh RPP kurikulum 2013.
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. Kami mencoba membuat rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. karena Banyak diantara guru di indonesia yang merasa kebingungan dalam mencari rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. apa saja bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas 4 tersebut, berikut ini contoh RPP kurikulum 2013.
bab 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ............................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: IV/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kekuasaan Allah Swt. melalui kalimat
thayyibah La
haula Wala Quwwata Illa
Billahil-‘Aliyyil-Adzim (Hauqalah).
3.1 Mengetahui kalimat
thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Adzim (Hauqalah).
4.1 Melafalkan kalimat
thayyibah La haula Wala Quwwata Illa
Billahil- ‘Aliyyil-‘Adzim(Hauqalah) dan maknanya.
Indikator
1. Menghafal kalimat thayyibah Hauqalah.
2. Menyebutkan arti
kalimat thayyibah Hauqalah.
3. Menyebutkan waktu yang
tepat dalam membaca kalimat thayyibah
Hauqalah.
4. Membiasakan membaca
kalimat thayyibah Hauqalah
C. Materi Pokok
Kalimat thayyibahLaa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil
Adziim.
Lafal
kalimat Hauqolah adalah
Yang artinya
tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.
Kalimat ini
dipergunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah.
Keutamaannya
membaca kalimat Hauqolah
adalah:
a. Dapat
menghapus dosa.
b. Termasuk
amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
c. Salah
satu harta simpanan di Surga.
d. Merupakan
tanaman di Surga.
e. Termasuk
salah satu pintu Surga.
f. Merupakan
ucapan orang yang berserah diri kepada Allah.
D. Proses Pembelajaran
Materi ajar
Kalimat thayyibah Laa haula
Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Ad-ziim.
1. Persiapan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah
yang pernah dipelajari beserta artinya.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak mengamati gambar.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
apa yang dilakukan oleh anak tersebut? Apa
yang dibaca oleh anak tersebut?
Apa arti bacaan tersebut? Apa hikmah
membaca bacaan tersebut?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Group Investigation.
e. Guru
menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: ba-
caan kalimat thayyibah
Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim(Hauqalah)
dan
artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat thayyibah Hauqalah, hikmah
membaca kalimat thayyibah Hauqalah.Lihat buku teks
f. Membagi kelas menjadi enam kelompok, dan
setiap kelompok memilih satu orang
sebagai ketua kelompok dan satu orang sebagai
juru bicara.
g. Setiap
kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk
didiskusikan.
h. Juru
bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan
kesempatan untuk memberikan tanggapan.
i. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
lain untuk menyampaikan
hasil diskusi (sesuai dengan materi yang
telah diberikan). Kegiatan ini berlang-
sung sampai ke enam kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
j. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan
materi kalimat thayyibah
Hauqalah.
3. Penutup
a. Peserta
didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
dengan
materi materi kalimat thayyibah
Hauqalah.
b. Guru
memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan
untuk membaca materi kalimat thayyibah Hauqalah
c. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang baru dilaksakan, materi apa saja yang
telah dikuasai, materi apa saja yang
belum dikuasai, dan mengajak peserta didik
untuk mengasosiasi apa yang seha-
rusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa
yang tidak boleh dilakukan.
Pada
kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
observasi
sebagai berikut :
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek
perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
keterlibatan
|
inisiatif
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
3 = Baik 2 =
Sedang 1 = Kurang
.
Keterlibatan
|
Baik
|
Keterlibatan
secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan
pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak
terlibat/pasif
|
|
Inisiatif
|
Baik
|
Keterlibatan
secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan
pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak
terlibat/pasif
|
|
Tanggung jawab
|
Baik
|
Keterlibatan
secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
|
Sedang
|
Keterlibatan
pemikiran/ide
|
|
Kurang
|
Tidak
terlibat/pasif
|
Keterangan
Skor maksimal 9
Skor
Diperoleh
Nilai Akhir
= ---------------------- x 100
Skor Maksimal
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
Mengamati
gambar kemudian menyusun kalimat yang menunjukkan waktu yang tepat untuk
mengucapkan kalimat thayyibah Hauqalah. Jadi rambu-rambu jawabannya adalah
kalimat thayyibah Hauqalah dibaca ketika:
a. Hendak
keluar rumah
b. Menjadi
berhasil usahanya
c. Menjadi
juara dalam perlombaan
Hasil yang
diperoleh pada kolom kegiatan, hanya dijadikan sebagai alat ukur mengetahui kompetensi
yang telah dikuasai oleh peserta didik, sehingga guru tahu kompetensi apa yang
belum dikuasai dan siapa saja yang belum menguasai kompetensi tersebut.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah
berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom
aku bisa
berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati
berisi
pesan agar
peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom
“Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta
didik yaitu berkaitan dengan materi kalimat thayyibah
Hauqalah.
c. Kegiatan Penutup
a. Guru
mengajak semua peserta didik bersama menyimpulkan kajian pelajaran.
b. Guru
memberikan tugas kelompok untuk dikerjakan di rumah.
c. Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pelajaran yang akan datang.
d. Guru
mengajak peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Laa Haula
Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm Yang artinya tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan
pertolongan Allah.
2) Bismillah, Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm, Hamdalah dan Allahuakbar.
3) Sombong dan membanggakan diri.
4) Keluar rumah dan meminta pertolongan
Allah Swt.
5) Keutamaan Kalimat Hauqolah adalah :
a.
Dapat menghapuskan dosa.
b.
Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
c.
Salah satu harta simpanan di Surga.
d.
Merupakan tanaman di Surga
e.
Termasuk salah satu pintu Surga
f.
Merupakan ucapan orang yang berserah
diri kepada Allah Swt.
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu atau salah !
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
B
|
R R
|
S
|
||
1
|
Kalimat Hauqolah
Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil
Aliyyil
Adziimmdilafalkan
pada saat kita mengalami kesulitan.
|
|||
2
|
Allah akan
memberikan beban kesulitan melebihi kesang-
gupan
hamba-Nya.
|
|||
3
|
Membiasakan
membaca kalimat Hauqolah dapat meng-
hindari
putus asa dalam menghadapi kesulitan.
|
|||
4
|
Allah
membolehkan kita meminta kekuatan dan pertolongan kepada roh ghaib atau
benda-benda pusaka.
|
|||
5
|
Kita tidak
boleh berburuk sangka terhadap Allah Swt.
apabila
permintaan belum dikabulkan.
|
|||
6
|
Laut yang
terbelah oleh tongkat Nabi Musa merupakan
contoh
dari pertolongan Allah.
|
Keterangan :
B = benar
RR = ragu-ragu
S = salah
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
2
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
3
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
4
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
5
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Kinerja
Lafalkanlah
Kalimat Toyyibah Hauqolah dengan benar beserta artinya di
depan gurumu.
Rubrik
Penilaian Skor penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah dengan baik dan mengartikan juga dengan baik, nilai
100.
2) Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah baik tetapi dalam mengartikan kurang baik, nilai 90.
3) Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah kurang baik dan dalam mengartikan juga kurang baik, nilai 80.
Tugasku
Skor
penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik menulis kalimat Hauqolah dengan benar dan mengartikannya
dengan baik, nilai 100.
2) Jika peserta didik menulis kalimat Hauqolah dengan benar tetapi dalam mengarti-
kannya kurang baik nilai 90.
3) Jika pserta didik menulis kalimat Hauqolah kurang benar dan dalam mengartikan-
nya juga kurang baik, nilai 80.
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam
proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
bekerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan:
3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 :
Belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
a. Tulislah
doa-doa harian yang lainnya.
b. Membuat
soal dan saling menjawab.
G. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik.
Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus
pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial
dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada
saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit
setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta
didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan
kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini
dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta
didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung
kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik
serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali
murid.
Pada pelajaran ini orang tua/wali
murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku
anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat thayyibah Hauqolah.
Mengetahui,
Kepala.............
( .................................. )
NIP.
|
...................... .........
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ...................................)
NIP. -
|
Demikian rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar