Selasa, 29 Maret 2016

CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK KURIKULUM 2013 KELAS 4 SEMESTER 1

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. Kami  mencoba membuat rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4. karena Banyak diantara guru di indonesia yang merasa kebingungan dalam mencari rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 sampai bab 4.  apa saja  bentuk dari masing komponen-komponen RPP  Aqidah kurikulum 2013 kelas 4  tersebut, berikut ini contoh RPP kurikulum 2013.


bab 1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : ............................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester        : IV/I
Alokasi Waktu          :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.1 Meyakini kekuasaan Allah Swt. melalui kalimat  
      thayyibah La haula Wala  Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-Adzim (Hauqalah).
3.1 Mengetahui kalimat
      thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Adzim (Hauqalah).
4.1 Melafalkan kalimat
      thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil- ‘Aliyyil-‘Adzim(Hauqalah) dan maknanya.
            Indikator
            1. Menghafal kalimat thayyibah Hauqalah.
            2. Menyebutkan arti kalimat thayyibah Hauqalah.
            3. Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca kalimat thayyibah Hauqalah.
            4. Membiasakan membaca kalimat thayyibah Hauqalah

C. Materi Pokok
Kalimat thayyibahLaa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim.
Lafal kalimat Hauqolah adalah

Yang artinya tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.
Kalimat ini dipergunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah.
Keutamaannya membaca kalimat Hauqolah
adalah:
a. Dapat menghapus dosa.
b. Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
c. Salah satu harta simpanan di Surga.
d. Merupakan tanaman di Surga.
e. Termasuk salah satu pintu Surga.
f. Merupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah.

D. Proses Pembelajaran
Materi ajar Kalimat thayyibah Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Ad-ziim.

1. Persiapan
a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah
    yang pernah dipelajari beserta artinya.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
     kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
    apa yang dilakukan oleh anak tersebut? Apa yang dibaca oleh anak tersebut?
    Apa arti bacaan tersebut? Apa hikmah membaca bacaan tersebut?
c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
     tanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
    digunakan adalah Group Investigation.
e. Guru menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: ba-
     caan kalimat thayyibah Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim(Hauqalah)
     dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat thayyibah Hauqalah, hikmah
     membaca kalimat thayyibah Hauqalah.Lihat buku teks
f.  Membagi kelas menjadi enam kelompok, dan setiap kelompok memilih satu orang
    sebagai ketua kelompok dan satu orang sebagai juru bicara.
g. Setiap kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk
    didiskusikan.
h. Juru bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan
     kesempatan untuk memberikan tanggapan.
i.  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan
     hasil diskusi (sesuai dengan materi yang telah diberikan). Kegiatan ini berlang-
     sung sampai ke enam kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
j.  Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Hauqalah.

3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
    dengan materi materi kalimat thayyibah Hauqalah.
b. Guru memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan
    untuk membaca materi kalimat thayyibah Hauqalah
c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
    yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang
    belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang seha-
    rusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
            Pada kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
    observasi sebagai berikut :


No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

keterlibatan

inisiatif
Tanggung jawab

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1











2











3











4











            3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang
.
Keterlibatan


Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif
Inisiatif


Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif
Tanggung jawab

Baik
Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang
Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang
Tidak terlibat/pasif
Keterangan

Skor maksimal 9
Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ---------------------- x 100
                        Skor Maksimal
Catatan:
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas,
diantaranya:
Mengamati gambar kemudian menyusun kalimat yang menunjukkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah Hauqalah. Jadi rambu-rambu jawabannya adalah kalimat thayyibah Hauqalah dibaca ketika:
a. Hendak keluar rumah
b. Menjadi berhasil usahanya
c. Menjadi juara dalam perlombaan
Hasil yang diperoleh pada kolom kegiatan, hanya dijadikan sebagai alat ukur mengetahui kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik, sehingga guru tahu kompetensi apa yang belum dikuasai dan siapa saja yang belum menguasai kompetensi tersebut.

Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom
aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi
pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta didik yaitu berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Hauqalah.

c. Kegiatan Penutup
a. Guru mengajak semua peserta didik bersama menyimpulkan kajian pelajaran.
b. Guru memberikan tugas kelompok untuk dikerjakan di rumah.
c. Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pelajaran yang akan datang.
d. Guru mengajak peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdalah.

E. Penilaian
   Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
            1) Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm Yang artinya tiada daya                      upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.
            2) Bismillah, Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm, Hamdalah dan                      Allahuakbar.
            3) Sombong dan membanggakan diri.
            4) Keluar rumah dan meminta pertolongan Allah Swt.
            5) Keutamaan Kalimat Hauqolah adalah :
                        a. Dapat menghapuskan dosa.
                        b. Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
                        c. Salah satu harta simpanan di Surga.
                        d. Merupakan tanaman di Surga
                        e. Termasuk salah satu pintu Surga
                        f.  Merupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah Swt.
Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6
Pedoman Penilaian
Skor maksimal 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu atau salah !

No

pernyataan

Jawaban
B
R R
S

1
Kalimat Hauqolah Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil
Aliyyil Adziimmdilafalkan pada saat kita mengalami kesulitan.




2
Allah akan memberikan beban kesulitan melebihi kesang-
gupan hamba-Nya.



3
Membiasakan membaca kalimat Hauqolah dapat meng-
hindari putus asa dalam menghadapi kesulitan.



4
Allah membolehkan kita meminta kekuatan dan pertolongan kepada roh ghaib atau benda-benda pusaka.



5
Kita tidak boleh berburuk sangka terhadap Allah Swt.
apabila permintaan belum dikabulkan.



6
Laut yang terbelah oleh tongkat Nabi Musa merupakan
contoh dari pertolongan Allah.



Keterangan :
B         = benar
RR      = ragu-ragu
S         = salah

Rubrik Penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
2
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
3
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
4
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
5
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Penilaian Kinerja
Lafalkanlah Kalimat Toyyibah Hauqolah dengan benar beserta artinya di depan gurumu.
Rubrik Penilaian Skor penilaian sebagai berikut :
1)         Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah dengan baik dan mengartikan      juga    dengan baik, nilai 100.
2)         Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah baik tetapi dalam mengartikan       kurang baik, nilai 90.
3)         Jika peserta didik melafalkan kalimat Hauqolah kurang baik dan dalam       mengartikan juga kurang baik, nilai 80.

Tugasku
Skor penilaian sebagai berikut :
1)         Jika peserta didik menulis kalimat Hauqolah dengan benar dan mengartikannya
            dengan baik, nilai 100.
2)         Jika peserta didik menulis kalimat Hauqolah dengan benar tetapi dalam mengarti-
            kannya kurang baik nilai 90.
3)         Jika pserta didik menulis kalimat Hauqolah kurang benar dan dalam mengartikan-
            nya juga kurang baik, nilai 80.
Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema             : ...................................................................
Hari/tanggal         : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
bekerjasama
3
2
1
3
2
1
3
2
1

































            Keterangan:
            3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat

F. Pengayaan
            Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
a. Tulislah doa-doa harian yang lainnya.
b. Membuat soal dan saling menjawab.
G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
            Pada pelajaran ini orang tua/wali murid diminta partisipasinya untuk mengawasi
perilaku anaknya dalam membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat thayyibah Hauqolah.
Mengetahui,
Kepala.............



( .................................. )
NIP.

...................... .........
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ...................................)
NIP. -

Demikian  rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya,  mungkin rpp aqidah k13 kelas 4 semester 1 bab 1 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

0 komentar:

Posting Komentar