Selasa, 08 Maret 2016

CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

   Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kelanjutan  dari CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI, sengaja kami bagikan untuk teman - teman yang kembali menggunakan KTSP 2006.
     Pada pertengahan tahun semua guru  di Indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.  guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator  pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK


NAMA SEKOLAH         : .........................................
TEMA                              : KEPERLUAN SEHARI – HARI
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU      : 4 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
      3.   Memiliki harga diri sebagai individu

II.      IPS
      2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

III.     IPA
      4.   Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IV.     Matematika
      3.   Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

V.  Bahasa Indonesia
      5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
      6.   Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
      7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
      8.   Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
3.   Mengenal pentingnya harga diri
IPS
:
2.   Mengenal jenis-jenis pekerjaan
IPA
:
4.   Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
      dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
Matemati  
:
3.   Mengenal pecahan sederhana
Bahasa Indonesia
:
5.   Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
      pengalaman teman yang didengarnya


5.   Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari
      pembacaan teks drama anak yang didengarnya
6.   Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau
      didengar
7.   Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks
      agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
8.  Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan
     kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan,
     huruf kapital dan tanda titik.

C. INDIKATOR

PKN
:
1. Mengidentifikasi harga diri
2. Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari
    makhluk lain
3. Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
4. Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki
    harga diri
5. Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup
    bermasyarakat
IPS
:
1. Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di
    lingkungan sekitar rumah
2. Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
    menghasilkan barang
3. Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
    mengutamakan jasa
4. Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
5. Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA
:
1. Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui
    percobaan
2. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak
    benda
3. Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam
    kehidupan sehari-hari
4. Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai
    keperluan
5. Menjelaskan pentingnya menghemat energi
6. Memberi contoh cara menghemat energi di
    lingkungan rumah
7. Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
8. Menyebutkan cara menghemat energi dalam
    kehidupan sehrai-hari
Matematika
:
1. Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
2. Membilang pecahan dengan kata-kata
3. Menuliskan pecahan dengan lambang
4. Menuliskan pecahan dengan kata-kata
5. Membilang pecahan dengan lambang
6. Membandingkan dua buah pecahan
7.Menggunakan pembanding lebih atau tanda
    pembanding
8. Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda
    pembanding
Bahasa Indonesia
:
1. Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
2. Mendengarkan pembacaan cerita
3. Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
4. Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang
    dibaca
5. Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang
    didengar siswa
6. Menceritakan kembali peristiwa yang
    menyenangkan dan tidak menyenangkan
7. Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
8. Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
9. Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
10.Menggunakan tanda koma di depan bilangan
     persepuluh dan di antara rupiah dan sen
11.Menggunakan tanda titik untuk memisahkan
     bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang
     menunjukkan jumlah
12.Mengajukan pertanyaan dari bacaan
13.Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca
     dengan kata-kata sendiri
           
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat mengidentifikasi harga diri
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan kelebihan harga diri
    manusia dari makhluk lain
3. Melalui penjelasan  siswa dapat mengasumsikan manusia sebagai
    makhluk Tuhan
4. Melalui penjelasan siswa dapat memberi alasan mengapa manusia
    penting memiliki harga diri
5. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan cara menjaga harga
    diri dalam hidup bermasyarakat
IPS
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan
    yang ada di lingkungan sekitar rumah
2. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
    yang menghasilkan barang
3. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
    yang mengutamakan jasa
4. Melalui penjelasan siswa dapat membuat daftar pekerjaan orang
    tua kelas 3
5.Melalui membaca siswa dapat menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA
:
1. Melalui demonstrasi siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak
    benda melalui percobaan
2. Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak
    benda
3. Melalui penjelasan siswa dapat membuat daftar kegunaan gerak
    benda dalam kehidupan sehari-hari
4. Melalui penjelasan siswa dapat menerapkan berbagai gerak benda
    untuk berbagai keperluan
5. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan pentingnya
    menghemat energi
6. Melalui membaca siswa dapat memberi contoh cara menghemat
    energi di lingkungan rumah
7. Melalui penjelasan siswa dapat menerapkan cara menghemat
    energi di sekolah
8.Melalui tanya jawab  siswa dapat menyebutkan cara menghemat
   energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika
:
1. Melalui demonstrasi siswa dapat menyajikan gambar dengan
    menuliskan pecahannya
2. Melalui penjelasan siswa dapat membilang pecahan dengan kata-
    kata
3. Melalui penjelasan siswa dapat menuliskan pecahan dengan
    lambang
4. Melalui penjelasan siswa dapat menuliskan pecahan dengan kata-
    kata
5. Melalui penjelasan siswa dapat membilang pecahan dengan
    lambang
6. Melalui penjelasan siswa dapat membandingkan dua buah
    pecahan
7. Melalui penjelasan siswa dapat menggunakan pembanding lebih
    Atau tanda pembanding
8. Melalui penjelasan siswa dapat menggunakan pembanding kurang
    dari atau tanda
    pembanding
Bahasa Indonesia
:
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menanggapi masalah yangterjadi
    di sekitar kita
2. Melalui membaca siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita
3. Melalui tanya jawab  siswa dapat menanggapi secara lisan
    masalah yang kita dengar
4. Melalui demonstrasi siswa dapat menirukan penggalan percakapan
    daricerita yang dibaca
5. Melalui tanya jawab siswa dapat memberikan pendapat / perasaan
    dari hal-hal yang didengar siswa
6. Melalui bacaan siswa dapat menceritakan kembali peristiwa yang
    menyenangkan dan tidak menyenangkan
7. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan secara terperinci
    Suatu tempat
8. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan urutan perjalanan
    menuju suatu tempat
9. Melalui membaca siswa dapat menjawab pertanyaan dari bacaan
    yang dibaca
10.Melalui penjelasan siswa dapat menggunakan tanda koma di
     depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
11.Melalui penjelasan siswa dapat  menggunakan tanda titik untuk
     memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang
     menunjukkan jumlah
12.Melalui membaca siswa dapat  mengajukan pertanyaan dari
     bacaan
13.Melalui tanya jawab siswa menjelaskan secara lisan dongeng
     yang dibaca dengan kata-kata sendiri

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E.  METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

F.   MATERI POKOK
1.   PKn
1. Kekayaan alam Indonesia
2. Harga diri
3. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
3. Semangat kerja
4. Jual beli
5. Uang
6. Pengelolaan uang
3.   IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I
ý  Pertemuan I :  6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
      IPA
1. Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda
2. Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
3. Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
1. Guru menjelaskan pentingnya memiliki harga diri
2. Guru menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
3. Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
1. Guru menyajikan gambar yang dibagi beberapa bagian
2. Guru melukiskan lambang pecahannya
3. Siswa membilang dengan kata-kata

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membaca bacaan dengan seksama
2. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
3. Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
1. Guru bersama siswa mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan
2. Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh swasta dan pemerintah
3. Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola oleh swasta
Matematika
1. Siswa menggambar bangun datar yang melambangkan pecahan
2. Siswa menuliskan lambang pecahannya  untuk tiap-tiap gambar
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan cara pemekaian tanda koma ( , ) di depan bilangan  persepuluhan
2. Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat yang ada bilangannya
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
1. Guru menjelaskan cara membilang pecahan dengan lambang pecahan
2. Siswa membilang dan membaca lambang pecahan
3. Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
1. Guru dan siswa mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
2. Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan permukaannya
3. Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
B. Indonesia
1. Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan
    atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
2. Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan
    yang menunjukkan jumlah
IPS
1. Siswa menunjukkan jenis pekerjaan yang bergerak di bidang jasa
2. Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
3. Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta atau pemerintahan maupun
    wiraswata

Minggu II
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan kegunaan benda dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membuat  daftar benda dan kegunaanya
3. Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
1. Guru mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
2. Guru menjelaskan mengapa manusia penting memiliki harga diri
3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
1. Guru menyajikan nilai pecahan
2. Siswa menentukan nilai pecahan dengan gambar
3. Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru membacakan sebuah cerita
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru
3. Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
1. Guru menjelaskan manfaat dari tiap jenis pekerjaan
2. Siswa membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
3. Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
1. Guru menyajikan gambar dengan nilai pecahannya
2. Siswa menentukan benar atau salah nilai pecahan sesuai gambarnya
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Beberapa siswa menceritakan pengalaman di sekitar sekolah di depan kelas
2. Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
3. Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan

Matematika
1. Guru menyajikan nilai pecahan seperdua dan seperempat berikut gambarnya
2. Siswa membaca pecahan seperdua, seperempat, dua perempat, tiga perempat
3. Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
1. Guru menjelaskan berbagai gerak benda sesuai keperluannya
2. Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda di air
3. Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia , IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberi contoh cara membuat penggalan dari satu cerita
2. Siswa menirukan penggalan percakapan dari sebuah cerita
3. Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
1. Guru menugaskan tiap siswa bertanya ke sisw lain tentang pekerjaan orang tua
2. Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua kelas 3
3. Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3

Minggu III
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi
2. Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam merupakan salah satu cara menghemat
    energi
3. Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
1. Guru menjelaskan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
2. Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
1. Siswa mengisi lambang pecahan yang ditunjukkan oleh bagian yang diarsir
2. Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang didengar
2. Siswa memberikan saran atas pendapat teman lain
3. Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
1. Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
2. Guru menanggapi pendapat siswa
3. Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
1. Guru menjelaskan cara penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
2. Guru dan siswa menuliskan kalimat matematikanya pada gambar
3. Guru menilai hasil pekerjaan siswa

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menceritakan pengalaman yang menyenangkan
2. Siswa menceritakan pengalaman secara tertulis
3. Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
Matematika
1. Guru menjelaskan arti tanda pembanding kurang dari atau lebih dari
2. Siswa menggunakan tanda pembanding pada dua gambar yang berbentuk sama
3. Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
1. Siswa memberikan contoh cara penghematan energi di rumah
2. Guru menaggapi pendapat siswa
3. Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang dibaca siswa
2. Siswa menjawabnya secara tertulis
3. Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
1. Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga semangat belajar
2. Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
3. Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
    bermakna;
2. Siswa membuat tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
    secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
    bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa diberi kesempatan dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
    individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
    penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.   Buku IPA
3.   Buku Matematika
4.   Buku Bahasa Indonesia
5.   Buku IPS
6.   LKS
7.   Kamus Bahasa Indonesia
8.   Pedoman EYD
9.   Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1.   Gambar-gambar baju daerah
2.   Gambar-gambar rumah ibadah
3.   Gambar-gambar rumah adat
4.   Kompas
5.   Kincir angin
6.   Globe
7.   Uang kartal dan uang giral
8.   Tabel perbelanjaan
9.   Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

I.    PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN :
§  Mengidentifikasi harga diri
§  Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Membilang pecahan dengan kata-kata
§  Menuliskan pecahan dengan lambang
§  Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Membilang pecahan dengan lambang
§  Membandingkan dua buah pecahan
§  Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Mendengarkan pembacaan cerita
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Jelaskanlah harga diri
§  Jelaskanlah kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Jelaskanlah manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Jelaskanlah alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Sebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§  Jelaskanlah jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Buatkanlah daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Sebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§  Jelaskanlah berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Jelaskanlah hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Buatkanlah daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Terapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Jelaskanlah pentingnya menghemat energi
§  Sebutkanlah contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Terapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Sebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§  Jelaskanlah gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Jelaskanlah cara membilang pecahan dengan kata-kata
§  Tuliskan pecahan dengan lambang
§  Tuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Jelaskanlah cara membilang pecahan dengan lambang
§  Bandingkan dua buah pecahan
§  Gunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Gunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§  Bagaimana cara menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Jelaskanlah  isi cerita
§  Bagaimana cara menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Ceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Jelaskanlah secara terperinci suatu tempat
§  Jelaskanlah urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Jelaskanlah  cara menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Jelaskanlah  cara Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Jelaskanlah  cara Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Jelaskanlah  secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
·   LKS
·   Lembar observasi.


J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
    3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
9.
10.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala ............................



................................
NIP.

., ...................... 2016        
Guru Tematik Kelas III



............................
NIP. -

Demikianlah CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI







0 komentar:

Posting Komentar