Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kelanjutan dari CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI, sengaja kami bagikan untuk teman - teman yang kembali menggunakan KTSP 2006.
Pada pertengahan tahun semua guru di Indonesia disibukkan dengan
penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun
kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan
pembelajaran. guru kembali membuat perangkat pembelajaran khususnya
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). khususnya dikelas rendah menggunakan
pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI yang kami buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami
buatkan indikator pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
NAMA SEKOLAH : .........................................
TEMA :
KEPERLUAN SEHARI –
HARI
KELAS /SEMESTER : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU : 4 MINGGU
A. STANDAR
KOMPETENSI
I.
PKN
3. Memiliki harga diri sebagai individu
II. IPS
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi dan sumber
IV. Matematika
3. Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
V. Bahasa
Indonesia
5. Memahami cerita dan teks drama anak yang
dilisankan
6. Menguangkapkan pikiran, perasaan dan
pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 –
200 kata) dan membaca puisi
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi
dalam karangan sederhana dan puisi
B. KOMPETENSI
DASAR
PKN
|
:
|
3. Mengenal pentingnya harga diri
|
|||||||||||||||
IPS
|
:
|
2. Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
|||||||||||||||
IPA
|
:
|
4. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda
dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
|
|||||||||||||||
Matemati
|
:
|
3. Mengenal pecahan sederhana
|
|||||||||||||||
Bahasa
Indonesia
|
:
|
5. Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita
pengalaman teman yang didengarnya
|
|||||||||||||||
5. Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari
pembacaan teks drama anak yang
didengarnya
6. Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau
didengar
7. Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks
agak panjang (150 - 200 kata) yang
dibaca secara intensif.
8. Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan
kata dan kalimat yang tepat dengan
memperhatikan penggunaan ejaan,
huruf kapital dan tanda titik.
C. INDIKATOR
|
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
PKN
|
:
|
1.
Melalui penjelasan siswa
dapat mengidentifikasi harga diri
2.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan kelebihan harga diri
manusia dari makhluk lain
3.
Melalui penjelasan siswa dapat mengasumsikan manusia sebagai
makhluk Tuhan
4.
Melalui penjelasan siswa
dapat memberi alasan mengapa manusia
penting memiliki harga diri
5. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan cara menjaga harga
diri dalam hidup bermasyarakat
|
IPS
|
:
|
1. Melalui
penjelasan siswa dapat
mengenal jenis-jenis pekerjaan
yang ada di lingkungan sekitar
rumah
2. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
yang menghasilkan barang
3. Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis pekerjaan
yang mengutamakan jasa
4. Melalui
penjelasan siswa dapat
membuat daftar pekerjaan orang
tua kelas 3
5.Melalui
membaca siswa dapat
menyebutkan manfaat semangat kerja
|
IPA
|
:
|
1.
Melalui demonstrasi siswa
dapat mengidentifikasi berbagai gerak
benda melalui percobaan
2. Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak
benda
3.
Melalui penjelasan siswa
dapat membuat daftar kegunaan gerak
benda dalam kehidupan sehari-hari
4.
Melalui penjelasan siswa
dapat menerapkan berbagai gerak benda
untuk berbagai keperluan
5.
Melalui tanya jawab siswa
dapat menjelaskan pentingnya
menghemat energi
6.
Melalui membaca siswa dapat
memberi contoh cara menghemat
energi di lingkungan rumah
7.
Melalui penjelasan siswa
dapat menerapkan cara menghemat
energi di sekolah
8.Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan cara menghemat
energi dalam kehidupan sehrai-hari
|
Matematika
|
:
|
1.
Melalui demonstrasi siswa
dapat menyajikan gambar dengan
menuliskan pecahannya
2. Melalui
penjelasan siswa dapat
membilang pecahan dengan kata-
kata
3. Melalui
penjelasan siswa dapat menuliskan pecahan dengan
lambang
4. Melalui
penjelasan siswa dapat menuliskan pecahan dengan kata-
kata
5. Melalui
penjelasan siswa dapat membilang pecahan dengan
lambang
6. Melalui
penjelasan siswa dapat membandingkan dua buah
pecahan
7. Melalui
penjelasan siswa dapat menggunakan pembanding lebih
Atau tanda pembanding
8. Melalui
penjelasan siswa dapat menggunakan pembanding kurang
dari atau tanda
pembanding
|
Bahasa
Indonesia
|
:
|
1.
Melalui tanya jawab siswa dapat menanggapi masalah yangterjadi
di sekitar kita
2. Melalui
membaca siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita
3.
Melalui tanya jawab siswa dapat menanggapi secara lisan
masalah yang kita dengar
4. Melalui
demonstrasi siswa dapat menirukan penggalan percakapan
daricerita yang dibaca
5. Melalui
tanya jawab siswa dapat memberikan pendapat / perasaan
dari hal-hal yang didengar siswa
6. Melalui
bacaan siswa dapat menceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak
menyenangkan
7. Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan secara terperinci
Suatu tempat
8. Melalui
penjelasan siswa dapat menjelaskan urutan perjalanan
menuju suatu tempat
9. Melalui
membaca siswa dapat menjawab pertanyaan dari bacaan
yang dibaca
10.Melalui
penjelasan siswa dapat menggunakan tanda koma di
depan bilangan persepuluh dan di
antara rupiah dan sen
11.Melalui
penjelasan siswa dapat menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan
atau kelipatan yang
menunjukkan jumlah
12.Melalui
membaca siswa dapat mengajukan pertanyaan dari
bacaan
13.Melalui
tanya jawab siswa
menjelaskan secara lisan dongeng
yang dibaca dengan kata-kata sendiri
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Diskusi
3. Tanya Jawab
4. Demonstrasi
5. Pemberian Tugas
F. MATERI POKOK
1. PKn
1. Kekayaan
alam Indonesia
2. Harga
diri
3. Kebanggaan
sebagai bangsa Indonesia
2. IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
3. Semangat kerja
4. Jual beli
5. Uang
6. Pengelolaan uang
3. IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4. Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5. Bahasa
Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan
Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas,
berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B. Kegiatan Inti
Minggu I
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru bersama siswa
melakukan percobaan berbagai gerak benda
2. Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan
3. Siswa mencatat hasil percobaan
PKn
1. Guru menjelaskan
pentingnya memiliki harga diri
2. Guru menjelaskan kelebihan harga diri manusia
dari makhluk lain
3. Siswa mengidentifikasi bentuk-bentuk harga diri
Matematika
1. Guru menyajikan gambar
yang dibagi beberapa bagian
2. Guru melukiskan lambang pecahannya
3. Siswa membilang dengan kata-kata
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membaca bacaan
dengan seksama
2. Siswa menjawab pertanyaan bacaan
3. Guru menilai hasil jawaban siswa
IPS
1. Guru bersama siswa mengidentifikasi
jenis-jenis pekerjaan
2. Guru menjelakan pekerjaan yang dikelola oleh
swasta dan pemerintah
3. Siswa menyebutkan jenis pekerjaan yang dikelola oleh swasta
Matematika
1. Siswa menggambar bangun
datar yang melambangkan pecahan
2. Siswa menuliskan lambang pecahannya untuk tiap-tiap gambar
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan cara
pemekaian tanda koma ( , ) di depan bilangan
persepuluhan
2. Siswa menggunakan tanda koma dalam kalimat yang
ada bilangannya
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
Matematika
1. Guru menjelaskan cara
membilang pecahan dengan lambang pecahan
2. Siswa membilang dan membaca lambang pecahan
3. Guru memberi soal-soal pecahan dan siswa mengerjakannya
IPA
1. Guru dan siswa
mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
2. Siswa menyebutkan contoh gerak benda
berdasarkan permukaannya
3. Siswa menyebutkan contoh gerak benda berdasarkan berat benda
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
B. Indonesia
1. Guru menjelaskan penggunaan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan
atau kelipatan yang menunjukkan jumlah.
2. Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan
bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan
yang menunjukkan jumlah
IPS
1. Siswa menunjukkan jenis
pekerjaan yang bergerak di bidang jasa
2. Siswa mengelompokkan jenis pekerjaan yang termasuk wiraswasta
3. Siswa mencatat jenis pekerjaan baik yang dikelola swasta
atau pemerintahan maupun
wiraswata
Minggu II
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan kegunaan
benda dalam kehidupan sehari-hari
2. Siswa membuat daftar benda dan kegunaanya
3. Guru menilai hasil kerja siswa
PKn
1. Guru mengasumsikan
manusia sebagai makhluk Tuhan
2. Guru menjelaskan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang harga diri
Matematika
1. Guru menyajikan nilai
pecahan
2. Siswa menentukan nilai pecahan dengan gambar
3. Siswa menggambar bangun datar yang menunjukkan nilai pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Guru membacakan sebuah
cerita
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita guru
3. Siswa menceritakan kembali secara singkat cerita yang dibacakan guru
IPS
1. Guru menjelaskan manfaat dari
tiap jenis pekerjaan
2. Siswa membedakan dari ketiga jenis pekerjaan
3. Guru menanggapi penjelasan/ pendapat siswa
Matematika
1. Guru menyajikan gambar
dengan nilai pecahannya
2. Siswa menentukan benar atau salah nilai pecahan
sesuai gambarnya
3. Guru memberikan penilaian atas hasil kerja siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Beberapa siswa menceritakan pengalaman di
sekitar sekolah di depan kelas
2. Siswa lain menanggapi cerita teman-temannya
3. Siswa menanggapi maslah yang didengarnya secara lisan
Matematika
1. Guru menyajikan nilai
pecahan seperdua dan seperempat berikut gambarnya
2. Siswa membaca pecahan seperdua, seperempat, dua
perempat, tiga perempat
3. Siswa menuliskan nilai pecahan dengan kata-kata
IPA
1. Guru menjelaskan berbagai
gerak benda sesuai keperluannya
2. Siswa menyebutkan contoh dari gerak benda di
air
3. Siswa memberikan contoh dari gerak benda di darat
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B.
Indonesia , IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberi contoh cara
membuat penggalan dari satu cerita
2. Siswa menirukan penggalan percakapan dari
sebuah cerita
3. Guru meanggapinya dengan penjelasan yang lebih jelas
IPS
1. Guru menugaskan tiap
siswa bertanya ke sisw lain tentang pekerjaan orang tua
2. Siswa mencatat jenis pekerjaan orang tua kelas
3
3. Siswa membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
Minggu III
ý Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA,
PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Guru menjelaskan pentingnya menghemat energi
2. Guru menjelaskan bahwa sumber daya alam
merupakan salah satu cara menghemat
energi
3. Siswa mencatat rangkuman tentang hemat energi
PKn
1. Guru menjelaskan cara
menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
2. Siswa mengidentifikasi bentuk harga diri pribadi
Matematika
1. Siswa mengisi lambang pecahan yang ditunjukkan
oleh bagian yang diarsir
2. Siswa mengubah nama pecahan dengan lambang pecahan
ý Pertemuan II : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa mengemukakan pendapat secara lisan tentang cerita yang
didengar
2. Siswa memberikan saran
atas pendapat teman lain
3. Siswa menuliskan pendapat dan sarannya
IPS
1. Siswa mengidentifikasi jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
2. Guru menanggapi pendapat siswa
3. Guru menjelaskan kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
Matematika
1. Guru menjelaskan cara
penyelesaian soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
2. Guru dan siswa menuliskan kalimat matematikanya
pada gambar
3. Guru menilai hasil pekerjaan siswa
ý Pertemuan III : 6 x 35 menit (B.
Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa
Indonesia
1. Siswa menceritakan
pengalaman yang menyenangkan
2. Siswa menceritakan pengalaman secara tertulis
3. Guru menanggapi cerita siswa yang menyenangkan dan tidak
menyenangkan
Matematika
1. Guru menjelaskan arti
tanda pembanding kurang dari atau lebih dari
2. Siswa menggunakan tanda pembanding pada dua
gambar yang berbentuk sama
3. Guru menilai hasil pekerjaan siswa
IPA
1. Siswa memberikan contoh
cara penghematan energi di rumah
2. Guru menaggapi pendapat siswa
3. Siswa mencatat beberapa cara penghematan energi di rumah
ý Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia,
IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru mengajukan pertanyaan dari bacaan yang dibaca siswa
2. Siswa menjawabnya secara tertulis
3. Guru memberi penilaian atas jawaban siswa
IPS
1. Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga
semangat belajar
2. Siswa menyebutkan cara mengatasi kemalasan
3. Siswa mencatat cara-cara mengatasi kemalasan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat membaca dan menulis yang beragam
melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa membuat tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa diberi kesempatan dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk
meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang
belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan
guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang
diajarkan
H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1. Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2. Buku IPA
3. Buku Matematika
4. Buku Bahasa Indonesia
5. Buku IPS
6. LKS
7. Kamus Bahasa Indonesia
8. Pedoman EYD
9. Koran dan Majalah
10. Media elektronik
B. Alat Peraga:
1. Gambar-gambar
baju daerah
2. Gambar-gambar
rumah ibadah
3. Gambar-gambar
rumah adat
4. Kompas
5. Kincir
angin
6. Globe
7. Uang kartal dan uang giral
7. Uang kartal dan uang giral
8. Tabel
perbelanjaan
9. Puisi
10. Drama
11. Bangun
datar
12. Busur
derajat
I. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
PKN :
§ Mengidentifikasi harga diri
§ Menjelaskan kelebihan harga diri manusia
dari makhluk lain
§ Mengasumsikan manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Memberi alasan mengapa manusia penting
memiliki harga diri
§ Menyebutkan cara menjaga harga diri
dalam hidup bermasyarakat
IPS :
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada
di lingkungan sekitar rumah
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas
3
§ Menyebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan
§ Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi gerak benda
§ Membuat daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Menerapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§ Memberi contoh cara menghemat energi di
lingkungan rumah
§ Menerapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Menyebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Menyajikan gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Membilang pecahan dengan kata-kata
§ Menuliskan pecahan dengan lambang
§ Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Membilang pecahan dengan lambang
§ Membandingkan dua buah pecahan
§ Menggunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Menggunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Menanggapi masalah yang terjadi di
sekitar kita
§ Mendengarkan pembacaan cerita
§ Menanggapi secara lisan masalah yang
kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Menceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Menjelaskan secara terperinci suatu
tempat
§ Menjelaskan urutan perjalanan menuju
suatu tempat
§ Menjawab pertanyaan dari bacaan yang
dibaca
§ Menggunakan tanda koma di depan bilangan
persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Menggunakan tanda titik untuk memisahkan
bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Menjelaskan secara lisan dongeng yang
dibaca dengan kata-kata sendiri
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
PKN :
§ Jelaskanlah harga diri
§ Jelaskanlah kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§ Jelaskanlah manusia sebagai makhluk
Tuhan
§ Jelaskanlah alasan mengapa manusia
penting memiliki harga diri
§ Sebutkan cara menjaga harga diri dalam
hidup bermasyarakat
IPS :
§ Jelaskanlah jenis-jenis pekerjaan yang
ada di lingkungan sekitar rumah
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
menghasilkan barang
§ Sebutkan jenis-jenis pekerjaan yang
mengutamakan jasa
§ Buatkanlah daftar pekerjaan orang tua
kelas 3
§ Sebutkan manfaat semangat kerja
IPA :
§ Jelaskanlah berbagai gerak benda melalui
percobaan
§ Jelaskanlah hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda
§ Buatkanlah daftar kegunaan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari
§ Terapkan berbagai gerak benda untuk
berbagai keperluan
§ Jelaskanlah pentingnya menghemat energi
§ Sebutkanlah contoh cara menghemat energi
di lingkungan rumah
§ Terapkan cara menghemat energi di
sekolah
§ Sebutkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehrai-hari
Matematika :
§ Jelaskanlah gambar dengan menuliskan
pecahannya
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan kata-kata
§ Tuliskan pecahan dengan lambang
§ Tuliskan pecahan dengan kata-kata
§ Jelaskanlah cara membilang pecahan
dengan lambang
§ Bandingkan dua buah pecahan
§ Gunakan pembanding lebih atau tanda
pembanding
§ Gunakan pembanding kurang dari atau
tanda pembanding
Bahasa Indonesia :
§ Bagaimana cara menanggapi masalah yang
terjadi di sekitar kita
§ Jelaskanlah isi cerita
§ Bagaimana cara menanggapi secara lisan
masalah yang kita dengar
§ Menirukan penggalan percakapan dari
cerita yang dibaca
§ Memberikan pendapat / perasaan dari
hal-hal yang didengar siswa
§ Ceritakan kembali peristiwa yang
menyenangkan dan tidak menyenangkan
§ Jelaskanlah secara terperinci suatu
tempat
§ Jelaskanlah urutan perjalanan menuju suatu tempat
§ Jelaskanlah cara menggunakan tanda koma di depan
bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§ Jelaskanlah cara Menggunakan tanda titik untuk
memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§ Jelaskanlah cara Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§ Jelaskanlah secara lisan dongeng yang dibaca dengan
kata-kata sendiri
· LKS
· Lembar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
* sebagian
besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ............................
................................
NIP.
|
.,
...................... 2016
Guru Tematik Kelas
III
............................
NIP. -
|
Demikianlah CONTOH RPP KTSP KELAS 3 SD TERDAPAT INDIKATOR TEMA KEPERLUAN SEHARI HARI
0 komentar:
Posting Komentar