Sabtu, 05 Maret 2016

CONTOH ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, DAN KD KELAS 1 SD/MI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Edukasi.
Untuk meningkatkan mutu lulusan yang baik, setiap sekolah harus menerapkan 8 bagian penting dalam pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yaitu : Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar  Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar Penilaian Pendidikan.
Tinggi rendah mutu lulusan ditentukan oleh tinggi rendahnya sumber daya manajemen. Manajemen dalam menentukan kurikulum, pendidik, proses pembelajaran, penilaian, sarana dan prasarana yang diperlukan sekolah dapat menunjang keberhasilan mutu lulusan yang tinggi.
berikut ini salah satu contoh lembar kerja analisis keterkaitan SKL, KI dan KD TEMATIK KELAS 1 SD
sengaja kami buat untuk membantu para guru dalam membuat dan menyusun perangkat pembelajaran khususnya guru yang mengajar di kelas 1 yang menggunakan kurikulum 2013. lembar kerja analisis keterkaitan SKL, KI dan KD TEMATIK KELAS 1 SD, ini saya buat dan saya masukkan di blog ini hanya satu mata pelajaran saja. jika anda membutuhkan mata pelajaran lain, anda bisa menulis di kolom koment.
semoga dapat bermanfaat.


LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI dan KD
                MATERI PELAJARAN       : Matematika
                KELAS                                    : I


DOMAIN

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

MATERI/KONSEP  ESENSIAL
AKTIVITAS/ KEGIATAN BELAJAR SISWA UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI

TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN

Sikap

Pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial, alam sekitar serta dunia dan peradabannya

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.1      Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2  Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
·    Teks cerita diri tentang keberadaan keluarga
·    Teks tentang keluarga, silsilah keluarga
·    Teks arahan /petunjuk tentang merawat tubuh
·    Teks terima kasih

pembiasaan
Non tes ( observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, jurnal)


2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1    Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2    Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.3    Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat

Pengetahuan
Pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan berwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah  dan di sekolah
.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik

TesTertulis, lisan, penugasan






























Tes praktik, proyek, portofolio)

Keterampilan
Pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku  anak beriman dan berakhlak mulia

4Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.2  Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.3  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.5  Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian



1 komentar:

  1. Biar yang dowload puas buatkan komplitnya aja... Kita kan cari enaknya aja. Trim Ok

    BalasHapus