Salam Edukasi.
Untuk meningkatkan mutu lulusan yang baik, setiap sekolah harus menerapkan 8 bagian penting dalam pemenuhan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan
yaitu : Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses,
Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan
Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan, Standar
Penilaian Pendidikan.
Tinggi rendah mutu lulusan ditentukan
oleh tinggi rendahnya sumber daya manajemen. Manajemen dalam menentukan
kurikulum, pendidik, proses pembelajaran, penilaian, sarana dan
prasarana yang diperlukan sekolah dapat menunjang keberhasilan mutu
lulusan yang tinggi.
berikut ini salah satu contoh lembar kerja analisis keterkaitan SKL, KI dan KD TEMATIK KELAS 1 SD
sengaja
kami buat untuk membantu para guru dalam membuat dan menyusun perangkat
pembelajaran khususnya guru yang mengajar di kelas 1 yang menggunakan
kurikulum 2013. lembar kerja analisis keterkaitan SKL, KI dan KD TEMATIK KELAS 1 SD, ini saya buat dan saya masukkan di blog ini hanya satu mata pelajaran saja. jika anda membutuhkan mata pelajaran lain, anda bisa menulis di kolom koment.
semoga dapat bermanfaat.
LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI dan KD
MATERI PELAJARAN : Matematika
KELAS : I
DOMAIN
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI/KONSEP
ESENSIAL
|
AKTIVITAS/ KEGIATAN BELAJAR SISWA UNTUK MENCAPAI
KOMPETENSI
|
TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN
|
|
Sikap
|
Pribadi yang beriman, berakhlak mulia, percaya diri
dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial, alam sekitar serta dunia dan peradabannya
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menerima
anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang
Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di
alam sekitar
|
· Teks cerita
diri tentang keberadaan keluarga
· Teks
tentang keluarga, silsilah keluarga
· Teks arahan
/petunjuk tentang merawat tubuh
· Teks terima
kasih
|
pembiasaan
|
Non tes ( observasi, penilaian diri, penilaian antar
teman, jurnal)
|
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam
melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2 Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan
menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar,
bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.3 Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat
berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
2.4 Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu
dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat
jam belajar dan jam istirahat
|
||||||
Pengetahuan
|
Pribadi yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan berwawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
.1 Mengenal teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa
siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.2 Menegenal teks
petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
3.3 Mengenal teks terima kasih
tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.4 Mengenal teks cerita
diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik
|
TesTertulis, lisan, penugasan
|
||
Tes praktik, proyek, portofolio)
|
|||||||
Keterampilan
|
Pribadi yang berkemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis,dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat
tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai
sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
4.5 Membuat teks diagram/label
tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
|
Biar yang dowload puas buatkan komplitnya aja... Kita kan cari enaknya aja. Trim Ok
BalasHapus