Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting bagi guru dalam proses pembelajaran siswa. Dalam permendiknas RI No. 52 tahun 2008 tentang standar proses disebutkan bahwa dalam satu komponen dalam penyusunan RPP yaitu adanya tujuan pembelajaran yang didalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
Agar proses pembelajaran dengan baik maka guru dituntut untuk mampu menyusun dan merumuskan tujuan pembelajaran secara jelas dan tegas.
Dibawah ini adalah contoh ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS I SD KURIKULUM 13 untuk sebagai acuan buat para guru yang mengajar tematik dikelas 1. Kami berbagi kepada teman - teman merasa kebingungan dalam membuat analisis tujuan pembelajaran kelas I SD Kurikulum 13 ini. ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS I SD, KURIKULUM13 ini jauh dari sempurna sehingga kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk membantu agar lebih sempurna. semoga bermanfaat.
ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA :
5 PENGALAMANKU
SUB TEMA :
I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN : I
Tujuan Pembelajaran Pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
¡ Setelah menyimak cerita tentang pengalaman masa kecil, siswa dapat menceritakan
pengalamannya sendiri dengan lancar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali hasil diskusi dengan
lancar.
¡ Setelah menirukan bunyi Pancasila, siswa dapat menyebutkan sila-sila
Pancasila dengan benar.
¡ Setelah mengamati gambar, siswa dapat memasangkan simbol-simbol dalam
Pancasila dengan lengkap dan tepat.
¡ Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat mengenal irama lagu
bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis dengan benar.
|
Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat
mengikuti pola irama lagu bertanda birama dua menggunakan alat musik ritmis
dengan benar.
|
Mengetahui ,........................2016
Kepala .......... Guru Kelas ....
...................... ................................
NIP NIP .-
ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA :
5 PENGALAMANKU
SUB TEMA :
I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN : II
Tujuan Pembelajaran Pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
¡ Setelah bertanya jawab, siswa dapat menceritakan berbagai peristiwa yang
dialami menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan percaya diri.
¡ Setelah mendengarkan cerita, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang cerita
temannya dengan bahasa yang santun.
¡ Setelah menghitung benda sebanyak 21–40, siswa dapat menuliskan lambang
bilangan dengan tepat.
¡ Setelah menghitung benda sebanyak 21–40, siswa dapat mengurutkan bilangan
dengan tepat.
¡ Setelah mengurutkan bilangan, siswa dapat menguraikan jumlah benda dalam
puluhan dan satuan dengan tepat.
¡ Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menentukan simbol bintang
sebagai simbol sila pertama dengan tepat.
|
Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat
menjelaskan perilaku di sekitar rumah atau sekolah sesuai dengan Pancasila
dengan benar...
|
Mengetahui ,........................2016
Kepala .......... Guru Kelas ....
...................... ................................
NIP NIP .-
ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA :
5 PENGALAMANKU
SUB TEMA :
I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN : III
Tujuan Pembelajaran Pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
¡ Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu memahami isi bacaan
dengan baik.
¡ Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu menjawab pertanyaan
yang berkaitan dengan wacana secara tepat.
¡ Setelah mengelompokkan tusuk gigi ke dalam puluhan dan satuan, siswa
dapat mengurutkan suatu bilangan dengan tepat.
¡ Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membandingkan besar
suatu bilangan dengan tepat.
¡ Setelah mengelompokkan benda, siswa dapat membandingkan banyak benda
dalam puluhan dan satuan dengan tepat.
¡ Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat mempraktikkan gerak
menekuk lutut dan peregangan tangan dengan baik dan benar.
¡ Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak
keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam dengan seimbang.
|
Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat
melakukan gerak keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam dengan
seimbang
|
Mengetahui ,........................2016
Kepala .......... Guru Kelas ....
...................... ................................
NIP NIP .-
ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA :
5 PENGALAMANKU
SUB TEMA :
I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN : IV
Tujuan Pembelajaran Pada Buku
|
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
|
¡ Setelah membaca teks, siswa mengetahui cara membuat bingkai dengan rapi.
¡ Setelah membuat bingkai, siswa dapat menjelaskan fungsi dari bingkai yang
telah dibuat dengan jelas dan tepat.
¡ Setelah mengetahui cara membuat bingkai, siswa dapat mengidentifikasi
alat dan bahan yang digunakan dengan tepat.
¡ Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat membuat bingkai dari
bubur kertas dengan rapi.
¡ Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan
benar.
¡ Setelah memecahkan masalah, siswa dapat menuliskan lambang bilangan
dengan tepat.
|
Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan
soal-soal penjumlahan dengan cara hitung maju dengan tepat
|
Mengetahui ,........................2016
Kepala .......... Guru Kelas ....
...................... ................................
NIP NIP .-
Contoh ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS I SD, K13 , ini jauh dari sempurna maka kritik dan saran sangat diperlukan untuk lebih sempurnanya ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS I SD, K 13 ini, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya pendidik.
Wassalam
0 komentar:
Posting Komentar