Senin, 21 Maret 2016

CONTOH ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN KELAS I SD K13

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


      Kegiatan menyusun rencana pembelajaran merupakan salah satu tugas penting bagi guru dalam proses pembelajaran siswa. Dalam permendiknas RI No. 52 tahun 2008 tentang standar proses disebutkan bahwa dalam satu komponen dalam penyusunan RPP yaitu adanya tujuan pembelajaran yang didalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
      Agar proses pembelajaran dengan baik maka guru dituntut untuk mampu menyusun dan merumuskan tujuan pembelajaran secara jelas dan tegas.
      Dibawah ini adalah contoh  ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN  KELAS I SD KURIKULUM 13 untuk sebagai acuan buat para guru yang  mengajar tematik dikelas 1. Kami berbagi kepada teman - teman merasa kebingungan dalam membuat analisis tujuan pembelajaran kelas I SD Kurikulum 13 ini.  ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN  KELAS I SD, KURIKULUM13 ini jauh dari sempurna sehingga kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk membantu agar lebih sempurna. semoga bermanfaat.

ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA                                    : 5 PENGALAMANKU
SUB TEMA                           : I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN               : I

Tujuan Pembelajaran Pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
¡  Setelah menyimak cerita tentang pengalaman masa kecil, siswa dapat menceritakan pengalamannya sendiri dengan lancar.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat menceritakan kembali hasil diskusi dengan lancar.
¡  Setelah menirukan bunyi Pancasila, siswa dapat menyebutkan sila-sila Pancasila dengan benar.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat memasangkan simbol-simbol dalam Pancasila dengan lengkap dan tepat.
¡  Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat mengenal irama lagu bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis dengan benar.
Setelah mendengarkan lagu Hari Merdeka, siswa dapat mengikuti pola irama lagu bertanda birama dua menggunakan alat musik ritmis dengan benar.


           Mengetahui                                                        ,........................2016
           Kepala ..........                                                   Guru Kelas ....

          ......................                                                    ................................
  NIP                                                                   NIP .-








ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA                                    : 5 PENGALAMANKU
SUB TEMA                           : I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN               : II

Tujuan Pembelajaran Pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
¡  Setelah bertanya jawab, siswa dapat menceritakan berbagai peristiwa yang dialami menggunakan bahasa Indonesia yang baik dengan percaya diri.
¡  Setelah mendengarkan cerita, siswa dapat menyampaikan pendapat tentang cerita temannya dengan bahasa yang santun.
¡  Setelah menghitung benda sebanyak 21–40, siswa dapat menuliskan lambang bilangan dengan tepat.
¡  Setelah menghitung benda sebanyak 21–40, siswa dapat mengurutkan bilangan dengan tepat.
¡  Setelah mengurutkan bilangan, siswa dapat menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan dengan tepat.
¡  Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menentukan simbol bintang sebagai simbol sila pertama dengan tepat.
Setelah mengamati simbol Pancasila, siswa dapat menjelaskan perilaku di sekitar rumah atau sekolah sesuai dengan Pancasila dengan benar...

          Mengetahui                                                        ,........................2016
           Kepala ..........                                                   Guru Kelas ....

          ......................                                                    ................................
  NIP                                                                   NIP .-




ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA                                    : 5 PENGALAMANKU
SUB TEMA                           : I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN               : III

Tujuan Pembelajaran Pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
¡  Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu memahami isi bacaan dengan baik.
¡  Setelah membaca wacana tentang cahaya, siswa mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana secara tepat.
¡  Setelah mengelompokkan tusuk gigi ke dalam puluhan dan satuan, siswa dapat mengurutkan suatu bilangan dengan tepat.
¡  Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat membandingkan besar suatu bilangan dengan tepat.
¡  Setelah mengelompokkan benda, siswa dapat membandingkan banyak benda dalam puluhan dan satuan dengan tepat.
¡  Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat mempraktikkan gerak menekuk lutut dan peregangan tangan dengan baik dan benar.
¡  Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam dengan seimbang.
Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak keseimbangan berupa berdiri dengan mata terpejam dengan seimbang
           Mengetahui                                                        ,........................2016
           Kepala ..........                                                   Guru Kelas ....

          ......................                                                    ................................
  NIP                                                                   NIP .-

ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN
KELAS I
TEMA                                    : 5 PENGALAMANKU
SUB TEMA                           : I Pengalaman masa kecil
PEMBELAJARAN               : IV

Tujuan Pembelajaran Pada Buku
Tujuan Pembelajaran Hasil Analisis
¡  Setelah membaca teks, siswa mengetahui cara membuat bingkai dengan rapi.
¡  Setelah membuat bingkai, siswa dapat menjelaskan fungsi dari bingkai yang telah dibuat dengan jelas dan tepat.
¡  Setelah mengetahui cara membuat bingkai, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dengan tepat.
¡  Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat membuat bingkai dari bubur kertas dengan rapi.
¡  Setelah mengamati, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
¡  Setelah memecahkan masalah, siswa dapat menuliskan lambang bilangan dengan tepat.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara hitung maju dengan tepat
           Mengetahui                                                        ,........................2016
           Kepala ..........                                                   Guru Kelas ....

          ......................                                                    ................................
  NIP                                                                   NIP .-

Contoh ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN  KELAS I SD, K13 , ini jauh dari sempurna maka kritik dan saran sangat diperlukan untuk lebih sempurnanya ANALISIS TUJUAN PEMBELAJARAN  KELAS I SD, K 13 ini, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya pendidik.
Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar