Kompetensi Dasar adalah kemempuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh oleh peserta didik melalui pembelajaran.
Akhir-akhir ini KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) sudah banyak dan sudah bisa diakses dengan mudah tapi biasanya itu merupakan gabungan KI/ KD dari jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA (yang masih disatukan) sehingga guru-guru Madrasah mencarinya masih agak sulit mungkin terutama sebagai guru mapel Agama Islam.
Nah kali ini saya mau berbagi KI DAN KD AQIDAH AKHLAK KELAS IV SEMESTER 1 yang sudah spesivik memuat KI/
KD mapel Agama yakni Aqidah Akhlaq.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
AKIDAH AKHLAK KELAS IV SEMESTER 1
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Meyakini kekuasaan Allah Swt. Melalui
kalimat
tayyibah La Haula Wala Quwwata
Illa Billahil‘Aliyyil-‘Azim (hauqalah)
1.2 Meyakini Allah Swt. sebagai al-Mu’min, al-
‘Azim, al-Hadi, al-‘Adl, dan
al-Hakam
1.3 Meyakini adanya kitab-kitab Allah Swt.
1.4 Menghayati sifat hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
1.5 Memiliki sikap tabah dan sabar dalam
menghadapi cobaan sebagai
implementasi
dalam meneladani kisah
Masyitah
1.6 Memiliki sikap menghindari kufur nikmat
sebagai implementasi
menghindari dari
kisah Tsa’labah
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli,
dan
percaya diri dalam berinteraksi
dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Terbiasa membaca kalimat tayyibah
Lahaula Wala Quwwata Illa
Billahil-‘Aliyyil-
‘Azim
(hauqalah) sesuai ketentuan
syar’i
2.2 Mencontoh sifat Allah Swt. sebagai al-
Mu’min, al-‘Azim, al-Hadi,
al-‘Adl, dan al-
Hakam
2.1 Menerima adanya kitab-kitab Allah Swt.
2.4 Memiliki sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
2.5 Memiliki sikap tabah dan sabar dalam
menghadapi cobaan sebagai
implementasi
dalam meneladani kisah
Masyitah
2.6. Memiliki sikap menghindari kufur nikmat
sebagai implementasi
menghindari dari
kisah
Tsa’labah
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara
mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di
sekolah
dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui kalimat tayyibah La haula
Wala Quwwata Illa
Billahil-‘Aliyyil-‘Azim
(hauqalah)
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt. Yang
terkandung
dalam al-Asma’ al-Husna (al-
Mu’min, al-‘Azrm, al-Hadi,
al-‘Adl, dan al-
Hakam)
3.3 Mengetahui adanya kitab-kitab Allah Swt.
sebagai implementasi dari
pengamalan
rukun
Iman ke-3 (tiga)
3.4 Memahami sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
3.5 Mendeskripsikan sikap tabah dan sabar
dalammenghadapi cobaan dalam
kisah
Masyitah
3.6 Mendeskripsikan kisah Tsa’labah sebagai
implementasi dalam
menghindari sifat
tercela kufur nikmat
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa
yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat,
dan
dalam
tindakan yang mencerminkan
perilaku
anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1 Melafalkan kalimat tayyibah La haula Wala
Quwwata illa Billahil-‘Aliyyil-‘Azim
(hauqalah)
dan maknanya
4.2 Melafalkan al-Asma’ al-husna (al-Mu’min,
al-Azim, al-Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam)
dan artinya
4.3 Menceritakan kitab-kitab Allah Swt.
beserta nabi yang menerimanya
4.4 Menyimulasikan sikap hormat dan patuh
dalam
kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyimulasikan sikap tabah dan sabar
dalam menghadapi cobaan
sebagai
implementasi dalam meneladani
kisah
Masyitah
4.7 Menceritakan kisah Tsa’labah sebagai
bentuk
menghindari akhlak tercela kufur
nikmat
|
0 komentar:
Posting Komentar