Rabu, 16 Maret 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 MATERI ZAKAT FITRAH

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dibawah ini salah satu CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1. sengaja kami buat untuk membantu pendidik sebagai acuan dalam membuat CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1. karena ada sebagian pendidik yang kebingungan dalam membuat RPP khususnya dibidang PAI. CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 ini juga dibuat sesuai dengan  Buku Guru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 ini dibuat sifatnya tidak baku sehingga pendidik bisa mengubah yang sekiranya kurang sempurna. anda bisa juga mencari RPP KURIKULUM 13 FIQIH MI SEMESTER 1 di blog ini sebagai kelanjutan dari RPP ini. selamat membaca...

RENCANA PELAKSANAAN PEMEBELAJARAN
Identitas Madrasah     :
Mata pelajaran             : Fiqih
Kelas/semester            : 4/1
Pertemuan ke-             : 1
Materi pokok               : Zakat Fitrah
Alokasi waktu             : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
KI-2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara  mengamati, menanya dan  mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang   dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Menerima perintah zakat, infak, dan sedekah
2.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah
3.1  Memahami ketentuan zakat fitrah
3.1.1.  Pengertian zakat fitrah berdasarkan Al-Quran dan Hadits

C.       Tujuan Pembelajaran
·      Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasikan, mengasosiasikan dan mengomunisasikan tentang zakat fitrah peserta didik mampu menjelaskan  pengertian zakat fitrah berdasarkan Al-Quran dan Hadits

D.       Materi Pembelajaran
Pengertian zakat fitrah

E.        Metode  Pembelajaran
·      Tanya jawab (siswa berpasangan saling bertanya jawab tentang zakat fitrah)
·      Ceramah
·      Problem solving (analisis kasus tentang  orang berpuasa meninggal dimalam hari raya dan belum membayar zakat fitrah)
·      Diskusi tentang kasus di atas dengan berkelompok

F.        Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
·         Gambar anak memberi zakat
2.      Alat/Bahan
·         Kertas HVS
·         Spidol
3.      Sumber Belajar
·           Buku Fiqih kelas 4 penerbit TS
·           Buku Fiqih kelas 4 penerbit Erlangga
·           Buku Fiqih Islam Karangan Sulaiman Rosyid

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.        Pendahuluan
·           Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdo’a bersama.
·           Guru menyapa, memeriksa kehadiran, kerapian serta kesiapan peserta didik.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi pada peserta didik.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·           Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi zakat fitrah.

2.        Kegiatan Inti
·           Mengamati
-       Peserta didik mengamati gambar orang/anak yang sedang melaksanakan zakat fitrah.
-       Peserta didik menyimak cerita pendek tentang seorang yang berpuasa dan meninggal saat menjelang Idul Fitri dan belum berzakat fitrah.
·           Menanya
-       Peserta didik menanya hal-hal yang terkait dengan gambar dan isi cerita yang disampaikan guru.
·           Mengeksplorasi
-       Peserta didik mencari/menemukan pengertian zakat fitrah melalui tanya jawab .
-       Peserta didik aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model problem solving tentang cerita/kasus dengan langkah-langkah sebagai berikut:
o  Guru menyiapkan cerita pendek tentang seorang yang berpuasa dan meninggal saat menjelang Idul Fitri dan belum berzakat fitrah.
o  Siswa berkelompok dan mendiskusikan cerita tersebut.
o  Setelah semua kelompok menempelkan hasil diskusinya, guru bersama peserta didik mengoreksi bersama.
·           Mengasosiasi
Peserta didik menghubungkan tentang zakat fitrah dan kasus yang ada dicerita dan membuat kesimpulan.
·           Mengkomunikasikan
-       Peserta didik menyampaikan kembali materi yang telah ia terima/ketahui di depan kelas.

3.        Penutup
·           Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
·           Guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran.
·           Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan membaca hamdalah dan mengakhiri pertemuan dengan ucapan salam.


H.       Penilaian
1.      Non tes
                 Bentuk:
a.          Observasi
b.          Penilaian Diri
c.          Penilaian antar peserta didik/teman
2.      Tes
a.          Tulis
b.         Tes unjuk kerja, portofolio, dan proyek




 Mengetahui                                                  ................................
 Kepala Sekolah                                            Guru Mata Pelajaran




...........................................                           .....................................
            NIP.                                                              NIP.






LEMBAR PENILAIAN OBSERVASI
a.       Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual

Nama Peserta Didik                :
Kelas                                       : IV (empat)
Tanggal Pengamatan               :
Materi Pokok                           : Pengertian Zakat

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran




2
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat/karunia Allah SWT




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengucapkan kalimat thayyibah saat melihat, mendengar atau merasakan sesuatu




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Allah saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang 
      tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak 
      melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33






Lembar Penilaian Diri

Nama Peserta Didik                : Brudin
Kelas                                       : IV (empat)
Tanggal Pengamatan               :
Materi Pokok                          : Pengertian Zakat

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33



TES TULIS
b.      Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tertulis
Bentuk            : Uraian
Intrumen         :
1.         Jelaskan pengertian zakat fitrah!
2.         Jelaskan perbedaan antara zakat fitrah dan zakat maal!
3.         Sebutkan 3 contoh penerima zakat!
4.         Sebutkan 3 contoh manfaat zakat fitrah!
5.         Sebutkan 3 contoh masalah yang terkait dengan zakat fitrah!

Pedoman penskoran
  Skor setiap jawaban benar = 2

Pedoman Penilaian:


 




Kriteria Nilai
A = 80 – 100   = Baik sekali
B = 70 – 79     = Baik
C = 60 – 69     = Cukup
D = < 60          = Kurang



a.       Penilaian Praktik
Teknik :
Bentuk :
Intrumen:
Hafalkan niat zakat fitrah!
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
fasih
kelancaran
Makhroj
1.




2.




3.




4.




5.





Pedoman penskoran
4
 = sangat baik
(jika ketiga/semua aspek yang dinilai terpenuhi)
3
 = baik
(jika ada dua aspek yang dinilai terpenuhi)       
2
 = cukup
(jika hanya satu aspek yang dinilai terpenuhi)
1
 = kurang
(jika semua aspek yang dinilai tidak terpenuhi)

Pedoman Penilaian:


 





Kriteria Nilai
A = 80 – 100   = Baik sekali
B = 70 – 79     = Baik
C = 60 – 69     = Cukup
D = < 60          = Kurang

semoga RPP KURIKULUM 13 FIQIH MI SEMESTER 1 ini dapat bermanfaat salam santun buat pembaca, wassalam...
 

3 komentar: