Pada
kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1. Kami mencoba membuat CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1 ini, sebagai kelanjutan
contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 dari BAB 4. sengaja kami buat untuk
membantu guru - guru khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah
dalam pelajaran bidang agama. Bentuk dari masing
komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas v MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1
bab 5
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ..................................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester
: V/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya
diri dalam berinteraksi
dengan keluarga
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.5 Menghayati sikap teguh pendirian, dermawan, optimis, qanaah, dan
tawakkal dalam
kehidupan sehari – hari.
2.5 Membiasakan
sikap teguh pendirian , dermawan, optimis, qanaah, dan tawakkal
dalam kehidupan sehari – hari.
3.5 Memahami sikap teguh pendirian , dermawan, optimis,
qanaah, dan tawakkal
dalam kehidupan sehari – hari.
4.5 Menyajikan
contoh sikap teguh pendirian , dermawan, optimis, qanaah, dan
tawakkal dalam kehidupan sehari – hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IPKD)
1. Menjelaskan sikap teguh
pendirian.
2. Membiasakan bersikap
teguh pendirian dalam kehidupan sehari – hari.
3. Menjelaskan sikap
dermawan.
4. Membiasakan bersikap
dermawan dalam kehidupan sehari – hari.
5. Menjelaskan sikap optimis
6. Membiasakan bersikap
optimis dalam kehidupan sehari – hari.
7. Menjelaskan sikap
qanaah.
8. Membiasakan bersikap qanaah
dalam kehidupan sehari – hari.
9. Menjelaskan sikap
tawakal
10.Membiasakan bersikap
tawakal dalam kehidupan sehari – hari.
D. Materi Pokok
Akhlak
Terpuji (teguh pendirian , dermawan, optimis, qanaah, dan tawakkal)
Teguh
pendirian adalah tetap berpegang teguh apa yang telah menjadi pendapatnya. Ciri
– ciri orang yang memiliki sifat teguh pendirian antara lain tidak mudah
terkena bujuk rayu orang lain, tidak mudah putus asa.
Dermawan adalah
memberikan sebagian harta kepada orang lain yang membutuhkan tanpa mengharap
adanya imbalan. Ciri – ciri orang yang memiliki sifat dermawan antara lain rela
berkorban untuk menolong sesama, menyayangi sesama manusia tanpa mengenal
perbedaan, lebih mengutamakan kepentingan umum.
Optimis
adalah menaruh harapan baik dalam menghadapi segala hal. Orang yang optimis
biasanya memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Salah satu keuntungan
mempunyai sifat optimis adalah merasa yakin akan kemampuan diri sendiri.
Qanaah
adalah rela menerima apa adanya atas pemberian Allah. Sifat qanaah membuat
orang hidup tenang dan terhindar dari rasa gelisah. Salah satu keuntungan
mempunyai sifat qanaah adalah bersabar jika mengalami kegagalan dan bersyukur
apabila mendapat kenikmatan.
Tawakkal
artinya menyerahkan segala sesuatu kepada Allah SWT. Setelah berusaha dengan
sungguh – sungguh. Salah satu keuntungan mempunyai sifat tawakkal adalah tidak kecewa berkepanjangan apabila mengalami
kegagalan.
E. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik tentang akhlak yang terpuji yang pernah
dipelajari beserta artinya.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan meng-
kaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Peserta
didik diajak mengamati gambar.
b. Guru
mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
apa yang dilakukan kedua anak tersebut? Termasuk
akhlak apakah mencuri itu?
Mengapa
ada anak yang tidak mau ikut? Termasuk akhlak apa yang dimiliki oleh
anak itu?
c. Setelah
proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban per-
tanyaan tersebut dengan cara membaca buku
teks.
d. Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Student Team Achievement Divisions (STAD).
e. Guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
yang anggotanya 4-5
anak, dan mempersiapkan materi diskusi yang
akan dibahas oleh setiap kelompok.
(pengertian dan keuntungan memiliki sikap
teguh pendirian,dermawan, optimis,
qanaah, dan tawakkal).
f. Guru
menyajikan pelajaran (teguh pendirian,dermawan, optimis, qanaah, dan
tawakkal).
g. Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota- anggota
kelompok.
h. Guru
memberi kuis/ pertanyaan kepada seluruh peserta didik.pada saat menjawab
kuis tidak boleh saling membantu.
i. Hasil tes atau kuis selanjutnya dibandingkan
dengan rata – rata sebelumnya dan poin
akan
diberikan berdasarkan tingkat keberhasilan siswa mencapai atau melebihi
kinerja sebelumnya. Poin ini selanjutnya
dijumlahkan untuk membentuk skor
kelompok.
j. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok
yang terbaik prestasinya atau
yang
telah memenuhi kriteria tertentu.
k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan
materi sikap teguh pendirian.
3. Penutup
a. Peserta
didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
dengan
materi sikap teguh pendirian..
b. Guru
memberikan pesan kepada peserta didik agar memiliki sikap teguh pendirian.
c. Guru
mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang baru dilaksakan, materi apa saja yang
telah dikuasai, materi apa saja yang
belum dikuasai, dan mengajak peserta didik
untuk mengasosiasi apa yang seha-
rusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa
yang tidak boleh dilakukan.
Lembar
pengamatan:
No
|
Nama
peserta didik
|
Aspek perilaku yang diamati
|
||
keaktifan
|
Kemampuan menjelaskan
|
Tanggung jawab
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
Keterangan
Keaktifan
Indikator:
·
Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
·
Membaca materi pelajaran dengan tuntas
·
Bertanya dengan inisiatif sendiri
·
Menjawab pertanyaan guru
·
Menjawab pertanyaan peserta didik lain
·
Mengajukan ide/gagasan
Tinggi : jika 4-6 indikator muncul
Sedang : jika 3-4 indikator muncul
Rendah : jika 1-2 indikator muncul
Kerjasama
Indikator:
·
Menggunakan kalimat sederhana
·
Penjelasan runtut
·
Penjelasan mudah dipahami
Tinggi : jika 3 indikator muncul
Sedang : jika 2 indikator muncul
Rendah : jika 1 indikator muncul
Tanggung jawab
Indikator:
·
Melaksanakan tugas dengan sungguh - sungguh
·
Melaksanakan tugas tepat waktu
·
Melaksanakan tugas dengan perolehan hasil yang maksimal
Tinggi : jika 3 indikator muncul
Sedang : jika 2 indikator muncul
Rendah : jika 1 indikator muncul
Catatan:
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk menjawab suatu kasus, yang rambu – rambu
jawabannya sebagai berikut:
1. Rinto
tidak memiliki sikap teguh pendirian, karena seharusnya Rinto menolak ajakan
Yoga dan tetap berangkat TPQ untuk belajar.
2. Diperbolehkan
asal dengan tujuan untuk memberikan motivasi pada yang lain agar
berlomba – lomba dalam melakukan infaq atau
shadaqah. Akan tetapi jika tujuannya
riya maka tidak diperbolehkan.
3. Sikap
optimis yang dimiliki oleh Suharlan tidak tepat karena dia belum melakukan
usaha
dengan sungguh – sungguh.
4. Sikap
qanaah yang dimiliki oleh Pak
Abdurrahman sudah tepat karena dia sudah
melakukan usaha dengan sungguh – sungguh.
5. Sikap
tawakkal yang dilakukan Pak Sadikin tidak tepat karena dia belum melakukan
suatu
usaha terlebih dahulu.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang
dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang
perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta
didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru
menyampaikan materi penting yang harus dikuasai oleh peserta didik yaitu
berkaitan dengan materi teguh pendirian,dermawan, optimis, qanaah, dan tawakkal.
E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih!
1) Teguh pendirian adalah tetap
berpegang teguh apa yang telah menjadi
pendapatnya.
2) Ciri – ciri orang yang memiliki
sifat teguh pendirian antara lain tidak mudah
terkena bujuk rayu orang lain,
tidak mudah putus asa.
3) Membantu meringankan kesulitan
orang lain, menghilangkan kesenjangan
sosial.
4) Dermawan adalah memberikan
sebagian harta kepada orang lain yang
membutuhkan tanpa mengharap adanya imbalan.
5) Merahasiakannya agar terhindar
dari sifat ria, memilih harta yang paling baik,
segera melupakan apa yang telah kita berikan
kepada orang lain
6) Optimis adalah menaruh harapan
baik dalam menghadapi segala hal.
7) Merasa yakin akan kemampuan diri sendiri,
selalu siap dalam menghadapi
segala hal, potensi mudah
berkembang dan cepat maju.
8) Qanaah adalah rela menerima apa
adanya atas pemberian Allah.
9) Bersabar jika mengalami kegagalan
dan bersyukur apabila mendapatkan
kenikmatan, hidupnya akan tenang
dan terhindar dari rasa gelisah, terhindar
dari sifat tamak/rakus, iri
hati, dan dengki.
10) Tidak kecewa berkepanjangan
apabila mengalami kegagalan, terhindar dari
rasa cemas, gelisah, dan
khawatir yang berlebihan, terhindar dari sifat
sombong, karena keberhasilan itu
bukan semata – mata hasil pekerjaan
seseorang, tetapi atas kehendak
Allah SWT.
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
Peroleh
|
Skor Max
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 3
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 2
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 1
|
3
2
1
|
3
|
15
|
Pedoman
Penilaian
Skor
maksimal 15
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom sangat setuju, setuju atau tidak setuju!
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
SS
|
S
|
TS
|
||
1
|
Walaupun
tidak ada guru di dalam kelas pada saat ulangan harian. Iwan tidak mau
menyontek.
|
|||
2
|
Fahmi
tergoda oleh rayuan temannya, ketika dia diajak oleh temannya untuk mencuri
mangga milik tetangga.
|
|||
3
|
Bu Soni
hanya mau membantu pembangunan masjid di desanya apabila warga desa mau
memilihnya dalam pemilihan kepala desa.
|
|||
4
|
Salah satu
cara untuk menjadi dermawan adalah sering memberi walaupun dalam jumlah yang
sedikit.
|
|||
5
|
Besok ada
ulangan, malam ini aku harus belajar sungguh – sungguh, agar tidak mendapat
nilai kurang, kasihan ayah ibu yang sudah bekerja keras untuk membiayai
sekolahku.
|
|||
6
|
Meskipun
lawan tandingnya badannya lebih besar, Alfan tetap merasa optimis karena ia
telah giat berlatih secara rutin.
|
|||
7
|
Toni
bekerja pada sebuah bengkel, jika ada pasien yang memberi uang tip dia mengerjakannya
dengan sungguh – sungguh, namun jika tidak ada uang tip maka ia bekerja
seenaknya.
|
|||
8
|
Fahri
selalu bersyukur setiap kali menerima rezeki pemberian Allah, tak pernah ada
perasaan kurang.
|
|||
9
|
Sebelum
tidur Pak Ahmad mengunci semua pintu rumahnya, setelah itu berserah diri
kepada Allah atas keamanan semua hartanya.
|
|||
10
|
Pagi itu
Andi pergi ke pasar untuk membeli gula pasir. Ia memarkir sepedanya dipinggir
jalan tanpa dikunci, padahal di pasar itu seringkali terjadi pencurian.
|
Rubrik Penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
2
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
3
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
4
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
5
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
6
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
7
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
8
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
9
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
10
|
Sangat setuju skor 3, setuju skor 2, tidak setuju Skor 1
|
3
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang
dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan
rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
||||||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
Bekerja sama
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
dst
|
||||||||||||||
Keterangan:
4 : Membudaya 3 : Berkembang 2 : terlihat 1:
belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah
menguasai materi pembelajaran, diminta untuk
mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan
memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Membaca
kisah Masyithah dan menulisnya kembali dengan menggunakan bahasa
sendiri.
2. Menyebutkan
akhlak terpuji yang dimiliki oleh Masyithah.
G. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik.
Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus
pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial
dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada
saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai). Penilaian dilakukan dengan tipe soal sejenis.
H. Interaksi Guru Dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta
didik di madrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada
orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan
kegiatan
belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
Bentuk komunikasi ini
dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta
didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung
kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik
serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali
murid.
Mengetahui,
Kepala .........................
( ................................................ )
NIP.
|
.................. 27 juli
2015
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( .................................)
NIP. -
|
Demikian CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin CONTOH RPP K13 AQIDAH AKHLAK KELAS 5 SEMESTER 1 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar