Kamis, 17 Maret 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 MATERI INFAQ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Dibawah ini salah satu CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 MATERI INFAQ. sengaja kami buat untuk membantu pendidik sebagai acuan dalam membuat CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 MATERI INFAQ. karena ada sebagian pendidik yang kebingungan dalam membuat RPP khususnya dibidang PAI. RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 ini juga dibuat sesuai dengan  Buku Guru yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. CONTOH RPP K13 FIQIH KELAS 4 MI SEMESTER 1 MATERI INFAQ ini dibuat sifatnya tidak baku sehingga pendidik bisa mengubah yang sekiranya kurang sempurna. anda bisa juga mencari RPP KURIKULUM 13 FIQIH MI SEMESTER 1 di blog sebagai kelanjutan dari RPP ini. selamat membaca...


RENCANA PELAKSANAAN PEMEBELAJARAN
Identitas sekolah         :  .........................
Mata pelajaran             : Fiqih
Kelas/semester            : 4/1
Pertemuan ke-             : 1 dan 2
Materi pokok               : infak
Alokasi waktu              : 8 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
KI-2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara  mengamati, menanya dan  mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang   dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
           
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1
Menerima perintah zakat, infak, dan sedekah
2.1
Menjalankan ketentuan zakat, infak, dan sedekah
3.1
Memahami   ketentuan Infak

3.1.1.    Pengertian InfakI berdasarkan al-Qur’an - Hadis
3.1.2.   Pengertian  Infak  berdasarkan ahli fikih
3.1.3.    Ketentuan Infak  berdasarkan al-Qur’an – Hadis
3.1.4.   Ketentuan Infak  berdasarkan ahli fikih
3.1.5.   Ketentuan kesunahan Infak

3.1.6.   Hikmah mengeluarkan Infak   
4.1
Mensimulasikan tata  cara Infak  

4.1.1.   Menyusun langkah-langkah simulasi  tata cara Infak
4.1.2.   Mendemonstrasikan tata cara Infak


C.       Tujuan Pembelajaran
·      Setelah mengikuti kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu memahami ketentuan, meyakini hikmah, mempraktikkan dan membiasakan Infak.

D.       Materi Pembelajaran

1.       Menunaikan Infak  berarti telah membelanjakan dijalan Alloh .
2.       Secara garis besar Infak adalah membelanjakan hartanya kejalan Alloh).
3.       Hukum mengeluarkan Infakt adalah sunnah wajib makruh haram bagi setiap orang Muslim yang telah memenuhi syarat.
4.       Di dalam Al-Qur’an perintah berinfak akan diberi kebaikan yang amat banyak .
5.       Manfaat dan kegunaan Infak
6.       Infak  bertujuan untuk mendapatkan kebaikan .
.
7.       Benda yang digunakan untuk berinfak  adalah  harta yang disenangi .
.
8.       Badan yang mengelola zakat BAZIS (Badan Amil Zakat Infak Sedakah)


E.        Metode  Pembelajaran
·      Tanya jawab (siswa berpasangan saling bertanya jawab tentang zakat fitrah)
·      Problem solving(analisis kasus tentang  orang yang tidak mau berinfak . 
·      Diskusi tentang kasus di atas dengan berkelompok

F.        Media, Alat dan Sumber Belajar
1.      Media
·         Gambar/video
·         Lafal niat berinfak dan doa berinfak
2.      Alat/Bahan
·         Uang  Pakaian buku
·         Lafal niat dan doa Infak
3.      Sumber Belajar
·           Buku Fiqih kelas 4 Anis Tanwir Hadi 
·           Buku tuntunan zakat Sulaiman Rosyid, fikih Sunah, dll

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.        Pendahuluan
·           Guru memulai kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdo’a bersama.
·           Guru menyapa, memeriksa kehadiran, kerapian serta kesiapan peserta didik.
·           Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi pada peserta didik.
·           Guru mempersiapkan cerita (kasus).

2.        Kegiatan Inti
·           Mengamati
-       Peserta didik mengamati gambar/video orang/anak yang sedang melaksanakan Infak  .
-       Peserta didik menyimak cerita pendek tentang seorang yang berinfak .
·           Menanya
-       Peserta didik menanya hal-hal yang terkait dengan gambar/video dan isi cerita yang disampaikan guru.
·           Mengeksplorasi
-       Peserta didik mencari/menemukan pengertian Infak  melalui tanya jawab .
-       Peserta didik aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model problem solving tentang cerita/kasus dengan langkah-langkah sebagai berikut:
o  Guru menyiapkan cerita pendek tentang seorang yang berinfak .
o  Siswa berkelompok dan mendiskusikan cerita tersebut.
o  Setelah semua kelompok menempelkan hasil diskusinya, guru bersama peserta didik mengoreksi bersama.
·           Mengasosiasi
Peserta didik menghubungkan tentang infak  dan kasus yang ada dicerita dan membuat kesimpulan.
·           Mengkomunikasikan
-       Peserta didik menyampaikan kembali materi yang telah ia terima/ketahui di depan kelas.

3.        Penutup
·           Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.
·           Guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran.
·           Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan membaca hamdalah dan mengakhiri pertemuan dengan ucapan salam.


-        
H.       Penilaian
1.      Non tes
           Bentuk:
a.       Observasi
b.       Penilaian Diri
c.       Penilaian antar peserta didik/teman
2.      Tes
a.       Tulis
b.      Tes unjuk kerja, portofolio, dan proyek


Mengetahui                                                   Penyabangan
 Kepala Sekolah                                            Guru Mata Pelajaran




Drs.Mulyadi, S.Ag. M.Pd                            Supianto, S.Pd.I
            NIP.196605141031002                                NIP.




PENILAIAN
1.        Pertemuan I
a.       Penilaian Sikap
Lembar Pengamatan Sikap Spiritual

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                           : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran




2
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat/karunia Allah SWT




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengucapkan kalimat thayyibah saat melihat, mendengar atau merasakan sesuatu




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Allah saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang  
      tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak  
      melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33




Lembar Pengamatan Sikap Disiplin

Nama Peserta Didik                : ………………….
Kelas                                       : ………………….
Tanggal Pengamatan               : …………………..
Materi Pokok                          : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti kegiatan praktik sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Kriteria Nilai:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

b.      Penilaian Pengetahuan
Teknik : Tertulis
Bentuk            : Uraian
Intrumen         :
1.         Jelaskan pengertian Infak !
2.         Jelaskan hukum  infak yang bersifat wajibl!
3.         Sebutkan 2 contoh yang berhak menerima Infak!
4.         Sebutkan  manfaat  dan kegunaan infak !
5.         Tuliskan ayat Qur an yang menghimbau  untuk berinfak!

Pedoman penskoran
  Skor setiap jawaban benar = 2

Pedoman Penilaian:



 




Kriteria Nilai
A = 80 – 100   = Baik sekali
B = 70 – 79     = Baik
C = 60 – 69     = Cukup
D = < 60          = Kurang

a.       Penilaian Praktik
Teknik :
Bentuk :
Intrumen:
Hafalkan niat zakat fitrah!
No.
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
fasih
kelancaran
Makhroj
1.




2.




3.




4.




5.





Pedoman penskoran
4
 = sangat baik
(jika ketiga/semua aspek yang dinilai terpenuhi)
3
 = baik
(jika ada dua aspek yang dinilai terpenuhi)       
2
 = cukup
(jika hanya satu aspek yang dinilai terpenuhi)
1
 = kurang
(jika semua aspek yang dinilai tidak terpenuhi)





 
semoga RPP KURIKULUM 13 FIQIH MI SEMESTER 1 ini dapat bermanfaat salam santun buat pembaca, wassalam...




1 komentar: