Senin, 28 Maret 2016

RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

dibawah ini adalah RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2 semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.

Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjeHsWEg5KwYGC6SBE2fsqxUEVY2b5XVlzzFNbf6Fioyl5gNjT8vZyiEfhravKVvja7wnPKfRWfz10tzljN1lLct8-bB6dsYl4ez-SMxoiY5RTnSCBc2XgRwFlK_o0kg65ggDSdpWdcfBQ/s1600/kurikulum-tingkat-satuan-pendidikan-ktsp.jpg
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .....................
Tema                    :  Budi Pekerti
Kelas/Semester    :  IIA / 2
Alokasi Waktu     : 2 minggu

A. Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia

·         Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·         Berbicara          : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan   mendeskripsikan benda
·         Menulis             : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar   dan menyalin puisi anak.

PKN

·         Memahami sikap demokratis
·         Menampilkan nilai-nilai pancasila.

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia

·         Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·         Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·         Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.

PKN

·         Mengenal kegiatan bermusyawarah
·         Menghargai suara terbanyak.
·         Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
·         Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

C. Indikator

PKN

1.      Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
4.      Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

1.      Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
2.      Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
3.      Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

D. Tujuan Pembelajaran.

PKN

1.      Melalui penjelasan siswa memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Melalui penjelasan siswa memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Melalui penjelasan siswa membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
4.      Melalui penjelasan siswa merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

1.      Melalui penjelasan siswa memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
2.      Melalui penjelasan siswa menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
3.      Melalui penjelasan siswa membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.Materi Pelajaran

PKN

1.      Musyawarah.
2.      Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
3.      Sikap lapang dada.
4.      Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.

Bahasa Indonesia

1.      Menyampaikan pesan pendek.
2.      Menyalin kalimat.
3.      Menulis karangan / puisi.

F. Metode Ajar  ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
1.      Demontasi
2.      Penugasan
3.      Kuis
4.      Tanya jawab
PKN
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan
5.      Pembiasaan

G.Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN).  5 x 35’
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.      Guru membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
2.      Guru menginformasikan materi yang akan disampaikan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara global.
2.      Guru mendiktekan isi pesan.
3.      Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
4.      Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
5.      Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
6.      Siswa membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.

Bahasa Indonesia

1.      Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
2.      Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
3.      Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
2.      Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
3.      Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
5.      Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
6.      Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
7.      Guru membacakan dan menyanyikan lagu  yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
8.      Siswa dapat mengambil intisari dari isi lagu tersebut.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      Guru memberi penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
2.      Guru bertanya jawab materi yang telah disampaikan.
3.      Guru memberikan tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN).  5 x 35 ‘
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.      Guru bersama siswa membaca do’a dan mengabsen siswa.
2.      Guru meingatkan siswa untuk merapihkan tempat duduk.
3.      Guru mengadakan pre test materi yang telah disampaikan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru membagi beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
2.      Siswa maju ke depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
3.      Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
4.      Guru memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
2.      Siswa mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
3.      Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
4.      Siswa membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
5.      Siswa beratnya jawab sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
6.      Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      Guru memeberi penilaian hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
2.      Guru memberikan tugas dan portofolio.

Pertemuan  ketiga
  1. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1.      Guru Berdo’a dan mengabsen siswa.
2.      Guru bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
  1. Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menulis kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
2.      Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
3.      Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
4.      Bercerita yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
5.      Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.      Siswa menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
2.      Siswa menceritakan akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Siswa mengisi skala sikap yang diberikan guru.
4.      Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
5.      Siswa mempraktekan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
6.      Siswa membuat percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
7.      Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      Guru mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
2.      Guru memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
3.      Guru memberikan tugas atau PR

H.  Alat dan Sumber belajar

1.      Alat peraga
2.      Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
3.      Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
4.      Lingkungan sekitar

I.    Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Bahasa Indonesia
  • Mencatat isi pesan.
  • Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
  • Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
  • Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
PKN
  • Menyebutkan cara bermusyawarah yang benar.
  • Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
  • Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
  • Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi.
  • Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
  • Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
  • Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.


tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
·    Salin ke dalam hurup sambung
 -  Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi    : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi    : “………………….”.
Arman : “…………………..”.

J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala ......



...........................
NIP.





............................        
Guru Tematik Kelas II



...............................
NIP.-




demikianlah contoh  RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI semoga dapat bermanfaat.
Wassalam


Mengetahui
Kepala ......



...........................
NIP.





............................        
Guru Tematik Kelas II



...............................
NIP.-

0 komentar:

Posting Komentar