dibawah
ini adalah RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI sebagai
kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2
semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman
mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar
sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog
ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .....................
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : IIA / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
·
Mendengarkan
: memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
·
Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa
informasi dengan mendeskripsikan benda
·
Menulis : menulis permulaan dengan
mendeskripsikan benda di sekitar dan
menyalin puisi anak.
PKN
·
Memahami sikap demokratis
·
Menampilkan nilai-nilai pancasila.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
·
Menyampaikan
pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
PKN
·
Mengenal
kegiatan bermusyawarah
·
Menghargai
suara terbanyak.
·
Menampilkan
sikap mau menerima kekalahan.
·
Mengenal
nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
PKN
1. Memahami dan membiasakan melakukan sikap
demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
2. Memahami dan menampilkan nilai-nilai
pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3. Membiasakan untuk bersikap lapang dada,
jujur, disiplin, dan senang bekerja.
4. Merasakan manfaat hidup penuh dengan
nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan
senang bekerja.
Bahasa Indonesia
1. Memahami sebuah isi pesan yang didengar
kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan
maupuntulisan.
2. Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat
tegak bersambung.
3. Membuat karangan pendek dengan melanjutkan
sebuah cerita yang sudah disediakan.
D. Tujuan Pembelajaran.
PKN
1. Melalui penjelasan siswa memahami dan membiasakan melakukan sikap
demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
2. Melalui penjelasan siswa memahami dan menampilkan nilai-nilai
pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
3. Melalui penjelasan siswa membiasakan untuk bersikap lapang dada,
jujur, disiplin, dan senang bekerja.
4. Melalui penjelasan siswa merasakan manfaat hidup penuh dengan
nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan
senang bekerja.
Bahasa Indonesia
1. Melalui penjelasan siswa memahami sebuah isi pesan yang didengar
kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan
maupuntulisan.
2. Melalui penjelasan siswa menyalin kalimat cetak menjadi kalimat
tegak bersambung.
3. Melalui penjelasan siswa membuat karangan pendek dengan melanjutkan
sebuah cerita yang sudah disediakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E.Materi Pelajaran
PKN
1. Musyawarah.
2. Menghargai pendapat orang lain dan
hasilkeputusan bersama.
3. Sikap lapang dada.
4. Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan
senang bekerja.
Bahasa Indonesia
1. Menyampaikan pesan pendek.
2. Menyalin kalimat.
3. Menulis karangan / puisi.
F. Metode Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
1. Demontasi
2. Penugasan
3. Kuis
4. Tanya jawab
PKN
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Pembiasaan
G.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1. Guru membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat
duduk.
2. Guru menginformasikan materi yang akan
disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian
menceritakan secara global.
2. Guru mendiktekan isi pesan.
3. Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi
pesan yang didiktekan guru.
4. Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan
guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
5. Guru memeriksa dan menilai pekerjaan
siswa.
6. Siswa membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar
dengan memperhatikan tanda baca.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
2. Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan
soal.
3. Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1.
Siswa
menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
2.
Siswa
ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta
suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
3.
Siswa
dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Guru
mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
5.
Siswa
membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan
dibacakan lancar serta nyaring.
6.
Mengambil
intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan
dengan bacaan tersebut.
7.
Guru
membacakan dan menyanyikan lagu
yang bertemakan budi pekerti dan siswa
menirukannya.
8.
Siswa
dapat mengambil intisari dari isi lagu tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. Guru memberi penilaian pekerjaan siswa
secara tertulis.
2. Guru bertanya jawab materi yang telah
disampaikan.
3. Guru memberikan tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1. Guru bersama siswa membaca do’a dan
mengabsen siswa.
2. Guru meingatkan siswa untuk merapihkan
tempat duduk.
3.
Guru mengadakan
pre test materi yang telah disampaikan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru membagi beberapa kelompok (5 orang
/kelompok).
2. Siswa maju ke depan untuk menerima pesan
beraantai dari guru.
3. Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan
sampai habis kelompok).
4. Guru memberikan kesimpulan sebagai
penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa mengadakan sebuah diskusi untuk
membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
2. Siswa mengikuti diskus tersebut dengan
harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil
keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
3. Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai
penguatan.
4. Siswa membacakan sebuah dongeng dengan
lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
5. Siswa beratnya jawab sekitar dongeng yang
dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter
dalam dongeng tersebut.
6. Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng
atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. Guru memeberi penilaian hasil kerja siswa
baik per kelompok maupun perorangan.
2.
Guru memberikan
tugas dan portofolio.
Pertemuan ketiga
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
1. Guru Berdo’a dan mengabsen siswa.
2. Guru bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan
diajarkan.
- Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menulis kalimat dengan menggunakan
huruf cetak.
2. Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam
huruf tegak bersambung.
3. Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan
memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
4. Bercerita yang ada hubungan dengan sikap
lapang dada.
5. Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk
mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan
senang bekerja berikut contoh-contohnya.
2. Siswa menceritakan akibat yang dirasakan
dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
3. Siswa mengisi skala sikap yang diberikan
guru.
4. Guru memberikan contoh cara memperkenalkan
diri.
5. Siswa mempraktekan cara memperkenalkan
teman dengan bahasa sendiri.
6. Siswa membuat percakapan dengan cara
memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
7. Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. Guru mengadakan tanyajawab sekitar materi
yang telah disampaikan.
2. Guru memberikan penilaian hasil kerja
siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
3. Guru memberikan tugas atau PR
H. Alat dan Sumber belajar
1. Alat peraga
2. Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
3. Buku sumber lain yang dapat menunjang
proses belajar mengajar.
4. Lingkungan sekitar
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Bahasa
Indonesia
PKN
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
·
Salin ke dalam hurup sambung
-
Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua.
- Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst.
- Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu.
- Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst.
- Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”.
Dodi : “ saha namina ?.
Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”.
Dodi : “………………….”.
Arman : “…………………..”.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ......
...........................
NIP.
| ............................
Guru Tematik Kelas II
...............................
NIP.-
|
demikianlah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA BUDI PEKERTI semoga dapat bermanfaat.
Wassalam
Mengetahui
Kepala ......
...........................
NIP.
|
............................
Guru Tematik Kelas II
...............................
NIP.-
|
0 komentar:
Posting Komentar