dibawah
ini adalahRPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2
semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman
mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar
sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog
ini juga kami buatkan RPP tema
- tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN
RENCANA Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : ......................
Tema : Kegemaran
Kelas/Semester : IIA / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A.
Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
·
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
nyaring dan membaca dalam hati.
·
Menulis
permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
IIPS
·
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
·
Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsur
rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
·
Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsur-unsur
musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·
Mengenal,
menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman
kepekaan indrawi.
·
Memahami
nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
B.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
- Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
- Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
- Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
SBK
- Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
- Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
- Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
- Berkreasi dengan cat warna.
C.
Indikator
Bahasa Indonesia
- Meniknati kegiatan membaca
- Memilih bacaan yang disenangi.
- Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
- Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang
Keluarga.
SBK
- Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
- Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
- Mapat melakukan tepuk bervariasi.
- Memainkan alat musik sederhana.
- Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
- Melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
- Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
- Melakukan tarian pendek secara perorangan.
- Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
D.
Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
- Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
- Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
- Siswa dapat menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
- Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang
Keluarga.
SBK
1. Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
- Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
- Siswa dapat melakukan tepuk bervariasi.
- Siswa dapat memainkan alat musik sederhana.
- Siswa dapat memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
- Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
- Siswa dapat melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
- Siswa dapat melakukan tarian pendek secara perorangan.
- Siswa dapat mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
E.
Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
- lafal dan intonasi yang tepat.
- sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
- kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
- diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
- diri dengan penampilan musik.
- diri dengan menanpilkan gerak tari.
- dan cat warna.
F.
Metoda Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Diskusi.
3. Tanya jawab.
4. Demontrasi.
5. Pemberian tugas.
G.
.Langkah-langkah Pembelajaran
Ø Kegiatan
awal
Apresepsi/ Motivasi :
- Guru mengisi daftar kelas, berdo’a, menyiapkan materi.
- Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
- Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu.
Ø Kegiatan
inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPS). 6 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menerangkan cara membacakan teks dengan memperhatikan
intonasi yang tepat.
2. Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
3. Guru menyuruh siswa mempraktekan cara membacakan teks yang tepat.
IPS
1. Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang.
2. Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa
mengenai cara memelihara dokumen atau koleksi.
3. Guru menyuruh siswa menulisksn cara memelihara dokumen atau koleksi barang.
Pertemuan
kedua (B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru
menyuruh siswa menyimak percakapan
2. Siswa memerankan percakapan dengan teman.
3. Guru memperhatikan siswa yang sedang memerankan percakapan itu.
Pertemuan
ketiga (B. Indonesia, SBK)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelaskan cara mengucapkan kata atau kalimat
yang tepat.
2. Siswa dapat mengucapkan kata atau kalimat
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.
Siswa
menuliskan kata atau kalimat yang diucapkan.
SBK
1. Guru menjelaskan cara membuat gambar cetak
ekpresi dari bahan alam.
2. Guru membagikan kertas untuk membuat
cetakan dari bahan alam pelepah pisang, pelepah talas, belimbing dan cat air.
3. Pertemuan keempat (B. Indonesia)
4. Guru memberi contoh cara melengkapi
kalimat dengan kata Tanya.
5. Siswa dapat membuat kalimat Tanya dengan
kata Tanya apa atau siapa.
6. Siswa melakukan Tanya jawab dengan temannya.
Pertemuan kelima (B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menyuruh siswa melengkapi cerita berdasarkan
gambar.
2. Siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan
gambar.
3. Guru membagikan tugas untuk dilengkapi di rumah
Pertemuan keenam (B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
menulis kalimat dengan tulisan
cetak.
2. Siswa menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
3. Siswa membacakan kalimat yang ditulisnya.
Minggu ke II
Pertemuan pertama (IPS, B. Indonesia). 6 x 35’
IPS
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menyuruh siswa membawa foto keluarga.
2. Siswa menempelkan foto keluarga pada
kertas HVS.
3. Siswa menyebutkan nama-nama yang ada pada foto keluarga.
B. Indonesia
1. Guru
membacakan sebuah cerita yang
disenangi oleh anak.
2. Siswa memperhatikan dengan baik.
3. Guru memberikan soal yang isinya harus sesuai dengan cerita tadi.
Pertemuan kedua ( B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru memberikan contoh cara membacakan
syair lagu.
2. Siswa menulis syair lagu.
3. Siswa mempraktekan membaca syair lagu.
Pertemuan ketiga ( B. Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
mnjelaskan cara menyempurnakan
kalimat.
2. Guru menyuruh siswa mengerjakan soal.
3. Siswa menyempurnakan kalimat dengan memilih kata yang tepat.
Pertemuan keempat. ( B. Indonesia)
Bahasa Indonesia
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Siswa mendengarkan pesan dari guru.
2. Guru memberikan tugas membuat pesan
pendek.
3. Siswa membacakan pesan pendek secara bergiliran.
Pertemuan kelima (B. Indonesia).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru
memberikan tugas mengerjakan suatu
kegiatan
2. Siswa menuliskan kegiatan sendiri.
3.
Siswa
mengucapkan kegiatan sendiri dengan lapal dan intonasi yang tepat.
Pertemuan
keenam (SBK, Bahasa Indonesia).
SBK
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menyuruh siswa memebawa alat musik
yang sederhana.
2. Guru memberikan contoh cara memainkan alat
musik.
3. Siswa mempraktekan membunyikan alat musik dengan benar.
B. Indonesia
1. Guru menyuruh siswa memperagakan suatu kegiatan.
2. Guru memberikan contoh kegiatan di depan.
3.
Siswa
memperagakan kegiatan di depan kelas.
Minggu ke III
Pertemuan pertama (Bahasa Indonesia, IPS)
IPS
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menyuruh siswa membawa akte
kelahiran.
2. Siswa memperhatikan contoh akte kelahiran.
3. Siswa menulis contoh akte kelahiran ke
dalam buku tulis.
Bahasa Indonesia
1. Guru menempelkan gambar cara menanam bunga
di depan kelas.
2. Guru menjelaskan gambar tersebut.
3. Siswa menceritakan gambar dalam beberapa kalimat.
Pertemuan kedua (Bahasa Indonesia).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan cara membuat pertanyaan.
2. Guru memberikan soal membuat pertanyaan.
3.
Siswa
mengerjakan membuat pertanyaan yang sesuai dengan jawaban.
Pertemuan ketiga
(Bahasa Indonesia).
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menjelaskan cara membuat karangan.
2. Siswa
memilih judul karangan.
3. Siswa
menulis sebuah karangan
dengan baik.
Pertemuan keempat (B. Indonesia).
Bahasa Indonesia
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru menyuruh siswa memilih buku cerita.
1. Siswa memilih kumpulan dongeng.
2. Siswa menulis data buku yang dibaca.
Pertemuan kelima (Bahasa Indonesia)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru mengelompokkan siswa kedalam lima kelompok.
2. Guru menjelaskan cara menyampaikan pesan
berantai.
3. Siswa melakukan pesan berantai dengan kelompoknya masing-masing.
Pertemuan
keenam (SBK, B. Indonesia)
SBK
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1. Guru memberikan contoh cara menari yang baik.
2. Siswa memperhatikan guru dengan baik.
3. Siswa mempraktekan sebuah tarian yang sesuai dengan musik.
Bahasa Indonesia
1. Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
2. Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan
soal.
3. Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa
membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
bermakna;
2. Siswa melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru
baik secara lisan maupun tertulis;
3.
Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan
masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
4.
Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5.
Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
6. Siswa membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Ø kegiatan
akhir
Dalam kegiatan akhir.
1. guru
mengajukan pertanyaan materi yang
diajarkan.
2. siswa mengumpulkan tugas sesuai materi
yang diajarkan.
3. guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan.
H.
Alat dan Sumber belajar
Sumber belajar
1. Bina bahasa dan sastra Indonesia.
2. Pendidikan kewarga negaraan dan
pengetahuan social.
3. Terampil dan kreatif.
Alat peraga
1.
Gambar
tumbuhan atau binatang.
2.
Pelepah
pisang, pelepah talas, belimbing (cetakan)
3.
terompet,
suling, pianika (musik).
4. foto
keluarga, akte kelahiran.
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Bahasa
Indonesia
IIPS
SBK
|
Tes lisan Tes tertulis
|
uraian
isian
|
Bahasa Indonesia
·
Jelaskanlah tentang kegiatan membaca.
·
Memilih bacaan yang disenangi contoknya .....
·
Tuliskanlah
karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
·
Ceritakan
cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
SBK
·
Buatkanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·
Buatkanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
·
Jelaskanlah
tepuk bervariasi.
·
Sebutkanlah
memainkan alat musik sederhana.
·
Bagaimana
cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·
Bagaimana
cara Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
·
Bagaimana
cara Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
·
Bagaimana
cara Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·
Bagaimana
cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari
bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·
LKS
·
Lembar observasi.
|
J. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala ....
.............................
NIP.
|
...................
Guru Tematik Kelas II
................................
NIP.-
|
demikianlah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN semoga dapat bermanfaat.
Wassalam
Wassalam
0 komentar:
Posting Komentar