Senin, 28 Maret 2016

RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN

http://image.slidesharecdn.com/pptbaru-131120031412-phpapp01/95/ppt-rpp-ktsp-4-638.jpg?cb=1384917307
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

dibawah ini adalahRPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN sebagai kelanjutan dari RPP tema - tema lain dari isi RPP KTSP kelas 2 semester 2. RPP ini juga sudah terdapat indikator agar teman - teman mudah dalam membuat, Ditujuan pembelajaranpun sudah kami rubah agar sesuai dengan komponen - kompenen dalam perangkat pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga bisa bermanfaat.
Yuk kita simak RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN

RENCANA Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  ......................
Tema                    :  Kegemaran
Kelas/Semester    :  IIA / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

A.    Standar Kompetensi
      Bahasa Indonesia
·        Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
·        Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
IIPS
·        Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
·        Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
·        Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsur-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·        Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
·        Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
  • Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
  • Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
SBK
  • Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
  • Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
  • Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
  • Berkreasi dengan cat warna.
C.    Indikator
Bahasa Indonesia
  1. Meniknati kegiatan membaca
  2. Memilih bacaan yang disenangi.
  3. Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
  1. Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang     
       Keluarga.
SBK
  1. Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
  2. Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
  3. Mapat melakukan tepuk bervariasi.
  4. Memainkan alat musik sederhana.
  5. Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
  6. Melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
  7. Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
  8. Melakukan tarian pendek secara perorangan.
  9. Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.

D.    Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
  1. Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
  2. Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
  3. Siswa dapat menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
  1. Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang     
      Keluarga.
SBK
1.   Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
  1. Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
  2. Siswa dapat melakukan tepuk bervariasi.
  3. Siswa dapat memainkan alat musik sederhana.
  4. Siswa dapat memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
  5. Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
  6. Siswa dapat melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
  7. Siswa dapat melakukan tarian pendek secara perorangan.
  8. Siswa dapat mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.     Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
  1. lafal dan intonasi yang tepat.
  2. sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
  1. kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
  1. diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
  2. diri dengan penampilan musik.
  3. diri dengan menanpilkan gerak tari.
  4. dan cat warna.


F.     Metoda Pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Diskusi.
3.      Tanya jawab.
4.      Demontrasi.
5.      Pemberian tugas.

G.    .Langkah-langkah Pembelajaran
Ø  Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a, menyiapkan materi.
  2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
  3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu.
Ø  Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPS). 6 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.

Bahasa Indonesia

1.      Guru menerangkan cara membacakan teks dengan memperhatikan intonasi yang tepat.
2.      Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
3.      Guru menyuruh siswa mempraktekan cara membacakan teks yang tepat.

IPS

1.      Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang.
2.      Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai cara memelihara dokumen atau koleksi.
3.      Guru menyuruh siswa menulisksn cara memelihara dokumen atau koleksi barang.

Pertemuan kedua (B. Indonesia)
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.

            Bahasa Indonesia

1.      Guru menyuruh siswa menyimak percakapan
2.      Siswa memerankan percakapan dengan teman.
3.      Guru memperhatikan siswa yang sedang memerankan percakapan itu.

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, SBK)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.

Bahasa Indonesia

1.      Guru menjelaskan cara mengucapkan kata atau kalimat yang tepat.
2.      Siswa dapat mengucapkan kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
3.      Siswa menuliskan kata atau kalimat yang diucapkan.

SBK

1.      Guru menjelaskan cara membuat gambar cetak ekpresi dari bahan alam.
2.      Guru membagikan kertas untuk membuat cetakan dari bahan alam pelepah pisang, pelepah talas, belimbing dan cat air.
3.      Pertemuan keempat (B. Indonesia)
4.      Guru memberi contoh cara melengkapi kalimat dengan kata Tanya.
5.      Siswa dapat membuat kalimat Tanya dengan kata Tanya apa atau siapa.
6.      Siswa melakukan Tanya jawab dengan temannya.

Pertemuan kelima (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menyuruh siswa melengkapi cerita berdasarkan gambar.
2.      Siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan gambar.
3.      Guru membagikan tugas untuk dilengkapi di rumah

Pertemuan keenam (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menulis kalimat dengan tulisan cetak.
2.      Siswa menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
3.      Siswa membacakan kalimat yang ditulisnya.

Minggu ke II

Pertemuan pertama (IPS, B. Indonesia). 6 x 35’

IPS
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menyuruh siswa membawa foto keluarga.
2.      Siswa menempelkan foto keluarga pada kertas HVS.
3.      Siswa menyebutkan nama-nama yang ada pada foto keluarga.

B. Indonesia

1.      Guru membacakan sebuah cerita yang disenangi oleh anak.
2.      Siswa memperhatikan dengan baik.
3.      Guru memberikan soal yang isinya harus sesuai dengan cerita tadi.

Pertemuan kedua ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru memberikan contoh cara membacakan syair lagu.
2.      Siswa menulis syair lagu.
3.      Siswa mempraktekan membaca syair lagu.
Pertemuan ketiga ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru mnjelaskan cara menyempurnakan kalimat.
2.      Guru menyuruh siswa mengerjakan soal.
3.      Siswa menyempurnakan kalimat dengan memilih kata yang tepat.
  
   Pertemuan keempat. ( B. Indonesia)

Bahasa Indonesia

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Siswa mendengarkan pesan dari guru.
2.      Guru memberikan tugas membuat pesan pendek.
3.      Siswa membacakan pesan pendek secara bergiliran.

Pertemuan kelima (B. Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru memberikan tugas mengerjakan suatu kegiatan
2.      Siswa menuliskan kegiatan sendiri.
3.      Siswa mengucapkan kegiatan sendiri dengan lapal dan intonasi yang tepat.

Pertemuan keenam (SBK, Bahasa Indonesia).

SBK

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menyuruh siswa memebawa alat musik yang sederhana.
2.      Guru memberikan contoh cara memainkan alat musik.
3.      Siswa mempraktekan membunyikan alat musik dengan benar.

B. Indonesia

1.      Guru menyuruh siswa memperagakan suatu kegiatan.
2.      Guru memberikan contoh kegiatan di depan.
3.      Siswa memperagakan kegiatan di depan kelas.

Minggu ke III
Pertemuan pertama (Bahasa Indonesia, IPS)

IPS

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menyuruh siswa membawa akte kelahiran.
2.      Siswa memperhatikan contoh akte kelahiran.
3.      Siswa menulis contoh akte kelahiran ke dalam buku tulis.
Bahasa Indonesia
1.      Guru menempelkan gambar cara menanam bunga di depan kelas.
2.      Guru menjelaskan gambar tersebut.
3.      Siswa menceritakan gambar dalam beberapa kalimat.
     
Pertemuan kedua (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru menjelaskan cara membuat pertanyaan.
2.      Guru memberikan soal membuat pertanyaan.
3.      Siswa mengerjakan membuat pertanyaan yang sesuai dengan jawaban.

Pertemuan ketiga (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.  Guru menjelaskan cara membuat karangan.
2.  Siswa memilih judul karangan.
3.  Siswa menulis sebuah karangan dengan baik.

Pertemuan keempat (B. Indonesia).

Bahasa Indonesia

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.   Guru menyuruh siswa memilih buku cerita.
1.      Siswa memilih kumpulan dongeng.
2.      Siswa menulis data buku yang dibaca.

Pertemuan kelima (Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru mengelompokkan siswa kedalam lima kelompok.
2.      Guru menjelaskan cara menyampaikan pesan berantai.
3.      Siswa melakukan pesan berantai dengan kelompoknya masing-masing.

Pertemuan keenam (SBK, B. Indonesia)

SBK

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
1.      Guru memberikan contoh cara menari yang baik.
2.      Siswa memperhatikan guru dengan baik.
3.      Siswa mempraktekan sebuah tarian yang sesuai dengan musik.

Bahasa Indonesia

1.      Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
2.      Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
3.      Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
 1. Siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang
     bermakna;
    2. Siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
        baru baik secara lisan maupun tertulis;
   3.  Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
       bertindak tanpa rasa takut;
   4.  Siswa di fasilitasi pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
   5.  Siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
   6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
    memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ø  kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir.
1.      guru mengajukan pertanyaan materi yang diajarkan.
2.      siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan.
3.      guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan.

H.    Alat dan Sumber belajar
Sumber belajar
1.      Bina bahasa dan sastra Indonesia.
2.      Pendidikan kewarga negaraan dan pengetahuan social.
3.      Terampil dan kreatif.

Alat peraga
1.      Gambar tumbuhan atau binatang.
2.      Pelepah pisang, pelepah talas, belimbing (cetakan)
3.      terompet, suling, pianika (musik).
4.      foto keluarga, akte kelahiran.
I. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Bahasa Indonesia
  • Menikmati kegiatan membaca.
  • Memilih bacaan yang disenangi.
  • Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IIPS
  • Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
SBK
  • Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
  • Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
  • Melakukan tepuk bervariasi.
  • Memainkan alat musik sederhana.
  • Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
  • Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
  • Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
  • Melakukan tarian pendek secara perorangan.
  • Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
  • Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.


Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 Bahasa Indonesia
·   Jelaskanlah tentang  kegiatan membaca.
·   Memilih bacaan yang disenangi contoknya .....
·   Tuliskanlah karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
·   Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
SBK
·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
·   Jelaskanlah tepuk bervariasi.
·   Sebutkanlah memainkan alat musik sederhana.
·   Bagaimana cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·   Bagaimana cara Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
·   Bagaimana cara Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
·   Bagaimana cara Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·   Bagaimana cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·   Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

·   LKS
·   Lembar observasi.


J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
           


3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala ....



.............................
NIP.

...................        
Guru Tematik Kelas II



................................
NIP.-








demikianlah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 2 SD TEMA KEGEMARAN semoga dapat bermanfaat.
Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar