Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...salam sejahtera buat kita semua....
dibawah ini adalah CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1. sengaja dibuat untuk teman - teman yang ingin membuat RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS SEMESTER 1. RPP ini sebagai kelanjutan dari Bab sebelumnya. agar teman - teman yang ingin membuat RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1 ini tidak kesulitan. Bentuk dari masing
komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP
kurikulum 2013.
bab 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : .........................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar (KD)
2.4.
Memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
3.4.
Memahami sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.
Menyimulasikan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Menyebutkan keuntungan memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari- hari.
3.
Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
C. Materi Pokok
Indahnya
Berprilaku Terpuji (1)
Allah
memerintahkan kepada kita untuk hormat dan patuh kepada kedua orang tua.
Berapa
contoh sikap anak yang menghormati orang tua:
1. Patuh dan
taat bila dinasehati
2. Rajin
salat dan belajar
3. Membantu pekerjaan
orang tua sesuai kemampuan
4. Mendoakan
kedua orang tua
5. Tidak
menyakiti hatinya
6. Bersikap
dan bertutur kata yang sopan dan lemah lembut
Guru telah
berjasa mendidik dan memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kita,
karena itu
kita juga wajib bersikap hormat dan patuh kepadanya.
D. Proses Pembelajaran
Materi Ajar
Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
1. Pendahuluan
a. Guru
bertanya kepada peserta didik tentang akhlak terpuji yang telah mereka
pelajari.
b. Guru
memberikan apresiasi terhadap semua pertanyaan peserta didik dan
mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar dapat
bertanya sesuai gambar, misalnya:
seorang anak sedang digendong oleh
siapa? Siapa yang membesarkan kita?
Sebutkan jasa orang tua kepada kita?
c. Setelah proses bertanya peserta didik
diminta untuk menemukan jawaban
pertanyaan tersebut dengan cara
membaca buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini salah
satu model pembelajaran yang cocok di
antaranya model Numbered
Heads Together(NHT).
e. Langkah-langkah yang harus
dipersiapkan oleh guru adalah membagi peserta
didik menjadi beberapa kelompok yang
anggotanya 4-5 orang, membuat nomor,
mempersiapkan materi diskusi
(pengertian hormat dan patuh, contoh sikap hormat
dan patuh, keuntungan memiliki sikap hormat dan patuh).
f. Setiap peserta didik dalam setiap
kelompok mendapat nomor.
g. Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya.
h. Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota
kelompok dapat mengerjakannya/
mengetahui jawabannya
i. Guru memanggil salah satu nomor peserta
didik (setiap peserta didik dari tiap
kelompok yang bernomor sama)
mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban
untuk seluruh kelas.
j. Guru secara random memilih kelompok
yang harus menjawab pertanyan
tersebut, selanjutnya peserta didik
yang nomornya disebut guru dari kelompok
tersebut mengangkat tangan dan
berdiri untuk menjawab pertanyaan.
k. Kelompok lain yang bernomor sama
menanggapi jawaban tersebut.
l. Guru memberikan apresiasi kepada setiap
kelompok.
m. Guru memberikan penguatan berkaitan
dengan materi sikap hormat dan patuh.
3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak
untuk membuat kesimpulan berkaitan
dengan materi hormat dan patuh.
b. Guru memberikan penekanan kepada
peserta didik agar senantiasa membiasakan
diri untuk memiliki sifat hormat dan patuh.
c. Guru mengajak peserta didik untuk
melakukan refleksi terhadap pembelajaran
yang baru dilaksanakan, materi apa
saja yang telah dikuasai, materi apa saja
yang belum dikuasai, dan mengajak
peserta didik untuk mengasosiasi apa yang
seharusnya dilakukan dan dibiasakan
dan apa yang tidak boleh dilakukan.
d. Guru meminta peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu tentang kisah
siti masyitah
lembar pengamatan
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek
perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
keterlibatan
|
inisiatif
|
Tanggung jawab
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
Keterangan
(Indikator) Keaktifan :
(Indikator) Keaktifan :
-
Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
-
Membaca materi pembelajaran dengan baik
-
Bertanya dengan inisiatif sendiri
-
Menjawab pertanyaan guru
-
Menjawab pertanyaan peserta didik lain
-
Mengajukan ide/ gagasan
Tinggi : jika 4-6 indikator muncul
Sedang : jika 3-4 indikator muncul
Rendah : jika 1-2 indikator
muncul
(Indikator)
Kerja sama :
Tinggi : - bekerja sama dengan semangat
yang tinggi
- dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
- dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman
yang kurang mampu
Sedang : - mau bekerja sama
- dalam bekerja sama masih memilah-milih
teman dalam kelompok
- dalam bekerja sama masih ada unsur
merendahkan teman yang kurang mampu
Rendah : - mau bekerja sama karena
keterpaksaan
- tidak mau bekerja sama
(Indikator) tanggung
jawab :
- Melaksanakan tugas sungguh – sungguh
- Melaksanakan tugas tepat waktu
- Melaksanakan dengan perolehan hasil
yang maksimal
Tinggi : jika 3 indikator muncul
Sedang : jika 2 indikator muncul
Rendah : jika 1 indikator muncul
Catatan
Pada kolom
kegiatan, peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan guru.
a.
Menceritakan bagaimana sikap hormat dan patuh kepada kedua orang tua.
b.
Menceritakan bagaimana sikap hormat dan patuh kepada guru.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah
berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup.
Kolom aku
bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik.
Kolom
hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom
“Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikusasi oleh
peserta
didik yaitu berkaitan dengan materi Hormat dan Patuh
F. Penilaian
Kunci
Jawaban kolom Ayo Berlatih
1) Mematuhi
2)
Mengerjakan
3) Patuh
4) Hormat
5)
Menghormati
Rubrik penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ------------------------------ x 100
Skor Maksimal
Penilaian
Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
B
|
R R
|
S
|
||
1
|
Kakak
sedang belajar, adik menyetel radio dengan suara
yang keras
|
|||
2
|
Doni
mengerjakan PR nya dengan sungguh-sungguh.
|
|||
3
|
Apabila
adik menangis, maka sebagai kakak, kita harus
Menghiburnya.
|
|||
4
|
Ketika Ibu
memanggil kita, sedang kan kita sedang asyik
bermain
maka sikap kita adalah mengacuhkannya.
|
|||
5
|
Kita tidak
boleh berkata kasar kepada orang tua dan
guru.
|
Keterangan :
B = benar
RR = ragu-ragu
S = salah
Rubrik
penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
2
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
3
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
4
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
5
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
Pedoman
penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Kinerja
Ketika hari
Ahad ayah dan ibumu mengajak ke rumah nenek, tetapi kamu dan
teman-teman
sudah punya acara ke Toko buku. Apa yang harus kalian lakukan agar tetap terjalin
sikap saling menghormati diantara anggota keluarga ?
Rubrik Penilaian
Skor
penilaian sebagai berikut.
1) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik kurang sesuai dengan rambu-rambu jawaban
dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.
Tugasku
Tahukah
kalian bahwa nabi dan rasul menerima wahyu dari Allah melalui perantara?
Carilah
informasi tersebut kepada guru dan orang tua kalian bagaimana para nabi
dan rasul
itu menerima wahyu?
Skor
penilaian sebagai berikut.
1) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik kurang sesuai dengan rambu-rambu jawaban
dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam
proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
bekerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan:
3
: Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi
pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan
nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi
tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi
itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap
sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai).
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta didik
dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi
ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh
peserta didik.
Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan
dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta
memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang
tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta
membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1. ini jauh dari sempurna oleh karena itu kami sangat mengharap masukan, saran dan kritik agar CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1 ini bisa menjadi lebih baik. terimakasih. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1. ini jauh dari sempurna oleh karena itu kami sangat mengharap masukan, saran dan kritik agar CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1 ini bisa menjadi lebih baik. terimakasih. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Mengetahui,
Kepala ...............................
( ........................................ )
NIP.
|
.......................................
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ........................................ )
NIP. -
|
Mengetahui,
Kepala ...............................
( ........................................ )
NIP.
|
.......................................
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ........................................ )
NIP. -
|
0 komentar:
Posting Komentar