Selasa, 01 Maret 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...salam sejahtera buat kita semua....
dibawah ini adalah CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1. sengaja dibuat untuk teman - teman yang ingin membuat RPP K13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS SEMESTER 1. RPP ini sebagai kelanjutan dari Bab sebelumnya. agar teman - teman yang ingin membuat RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1 ini tidak kesulitan. Bentuk dari masing komponen-komponen RPP  Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


bab 4
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : .........................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester          : IV/I
Alokasi Waktu            :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar (KD)
2.4. Memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
3.4. Memahami sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
4.4. Menyimulasikan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
1. Menjelaskan pengertian sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menyebutkan keuntungan memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-           hari.
3. Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari

C. Materi Pokok
Indahnya Berprilaku Terpuji (1)
Allah memerintahkan kepada kita untuk hormat dan patuh kepada kedua orang tua.
Berapa contoh sikap anak yang menghormati orang tua:
1. Patuh dan taat bila dinasehati
2. Rajin salat dan belajar
3. Membantu pekerjaan orang tua sesuai kemampuan
4. Mendoakan kedua orang tua
5. Tidak menyakiti hatinya
6. Bersikap dan bertutur kata yang sopan dan lemah lembut

Guru telah berjasa mendidik dan memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kita,
karena itu kita juga wajib bersikap hormat dan patuh kepadanya.

D. Proses Pembelajaran
Materi Ajar Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru

1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik tentang akhlak terpuji yang telah mereka
    pelajari.
b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua pertanyaan peserta didik dan
    mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a.         Peserta didik diajak mengamati gambar.
b.         Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar, misalnya:
            seorang anak sedang digendong oleh siapa? Siapa yang membesarkan kita?
            Sebutkan jasa orang tua kepada kita?
c.         Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban
            pertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
d.         Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok di
            antaranya model Numbered Heads Together(NHT).
e.         Langkah-langkah yang harus dipersiapkan oleh guru adalah membagi peserta
            didik menjadi beberapa kelompok yang anggotanya 4-5 orang, membuat nomor,
            mempersiapkan materi diskusi (pengertian hormat dan patuh, contoh sikap          hormat dan patuh, keuntungan memiliki sikap hormat dan patuh).
f.          Setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor.
g.         Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
h.         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota
            kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
i.          Guru memanggil salah satu nomor peserta didik (setiap peserta didik dari tiap
            kelompok yang bernomor sama) mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban
            untuk seluruh kelas.
j.          Guru secara random memilih kelompok yang harus menjawab pertanyan
            tersebut, selanjutnya peserta didik yang nomornya disebut guru dari kelompok
            tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab pertanyaan.
k.         Kelompok lain yang bernomor sama menanggapi jawaban tersebut.
l.          Guru memberikan apresiasi kepada setiap kelompok.
m.        Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi sikap hormat dan patuh.
           
3. Penutup
a.         Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan
            dengan materi hormat dan patuh.
b.         Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa         membiasakan diri untuk memiliki sifat hormat dan patuh.
c.         Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran
            yang baru dilaksanakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja
            yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang
            seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
d.         Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya yaitu tentang   kisah siti masyitah
lembar pengamatan


No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

keterlibatan

inisiatif
Tanggung jawab

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1











2











3











4











Keterangan
(Indikator) Keaktifan :
-       Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
-       Membaca materi pembelajaran dengan baik
-       Bertanya dengan inisiatif sendiri
-       Menjawab pertanyaan guru
-       Menjawab pertanyaan peserta didik lain
-       Mengajukan ide/ gagasan
Tinggi        : jika 4-6 indikator muncul
Sedang     : jika 3-4 indikator muncul
Rendah      : jika 1-2 indikator muncul
(Indikator) Kerja sama :
Tinggi             : - bekerja sama dengan semangat yang tinggi
                           - dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
                           - dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman yang kurang mampu
Sedang          : - mau bekerja sama
                           - dalam bekerja sama masih memilah-milih teman dalam kelompok
                           - dalam bekerja sama masih ada unsur merendahkan teman yang                                         kurang mampu
Rendah         : - mau bekerja sama karena keterpaksaan
                           - tidak mau bekerja sama
(Indikator) tanggung jawab :
-       Melaksanakan tugas sungguh – sungguh
-       Melaksanakan tugas tepat waktu
-       Melaksanakan dengan perolehan hasil yang maksimal
Tinggi        : jika 3 indikator muncul
Sedang     : jika 2 indikator muncul
Rendah     : jika 1 indikator muncul
Catatan
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan guru.
a. Menceritakan bagaimana sikap hormat dan patuh kepada kedua orang tua.
b. Menceritakan bagaimana sikap hormat dan patuh kepada guru.

Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup.
Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik.
Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikusasi oleh
peserta didik yaitu berkaitan dengan materi Hormat dan Patuh

F. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih
1) Mematuhi
2) Mengerjakan
3) Patuh
4) Hormat
5) Menghormati
Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
                        Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !

No

pernyataan

Jawaban
B
R R
S

1
Kakak sedang belajar, adik menyetel radio dengan suara
yang keras



2
Doni mengerjakan PR nya dengan sungguh-sungguh.



3
Apabila adik menangis, maka sebagai kakak, kita harus
Menghiburnya.



4
Ketika Ibu memanggil kita, sedang kan kita sedang asyik
bermain maka sikap kita adalah mengacuhkannya.



5
Kita tidak boleh berkata kasar kepada orang tua dan
guru.



Keterangan :
B         = benar
RR      = ragu-ragu
S         = salah

Rubrik penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
2
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
3
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
4
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
5
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal

Penilaian Kinerja
Ketika hari Ahad ayah dan ibumu mengajak ke rumah nenek, tetapi kamu dan
teman-teman sudah punya acara ke Toko buku. Apa yang harus kalian lakukan agar tetap terjalin sikap saling menghormati diantara anggota keluarga ?

Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
1)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu   jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.

Tugasku
Tahukah kalian bahwa nabi dan rasul menerima wahyu dari Allah melalui perantara?
Carilah informasi tersebut kepada guru dan orang tua kalian bagaimana para nabi
dan rasul itu menerima wahyu?

Skor penilaian sebagai berikut.
1)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu   jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.

Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.

Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema              : ...................................................................
Hari/tanggal          : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
bekerjasama
3
2
1
3
2
1
3
2
1

































       Keterangan:
       3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat

F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).



H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1. ini jauh dari sempurna oleh karena itu kami sangat mengharap masukan, saran dan kritik agar CONTOH RPP K 13 AQIDAH AKHLAK BAB 4 KELAS 4 SEMESTER 1 ini bisa menjadi lebih baik. terimakasih. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Mengetahui,
Kepala ...............................



( ........................................ )
NIP.

.......................................
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ........................................ )
NIP. -

Mengetahui,
Kepala ...............................



( ........................................ )
NIP.

.......................................
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ........................................ )
NIP. -

0 komentar:

Posting Komentar