Senin, 29 Februari 2016

CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK BAB 2 K13 KELAS IV SEMESTER 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2.  Kami  mencoba membuat contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2 ini, sebagai kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1 yang sudah saya publis sebelumnya, dan untuk tau bagaimana contoh RPP Aqidah Ahlak kurikulum 2013 BAB I silahkan baca di artikel
contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1.  sengaja kami buat untuk membantu guru - guru khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dalam pelajaran bidang agama. Bentuk dari masing komponen-komponen RPP  Aqidah kurikulum 2013 kelas IV  MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


bab 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : ...............................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester          : IV/I
Alokasi Waktu            :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar (KD)
1.2       Meyakini Allah Swt sebagai al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam.
3.2       Mengenal sifat-sifat Allah Swt yang terkandung dalam al-Asma’ al-Husnaa (al     Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
4.2       Melafalkan al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-           Hakam) dan artinya.

            Indikator
            1. Menyebutkan arti al-Mu’min.
            2. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-Mu’min.
            3. Meneladani sifat al-Mu’min.
            4. Menyebutkan arti al-‘Azhim.
            5. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-‘Azhim.
            6. Meneladani sifat al-‘Azhim.
            7. Menyebutkan arti al-Hadi.
            8. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-Hadi.
            9. Meneladani sifat al-Hadi
            10. Menyebutkan arti al-‘Adl.
            11. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-‘Adl.
            12. Meneladani sifat al-‘Adl.
            13. Menyebutkan arti al-Hakam.
            14. Memberikan contoh bukti bahwa Allah bersifat al-Hakam.
            15. Meneladani sifat al-Hakam.



C. Materi Pokok
            Kalimat al-Asma al-Husna(al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).Asmaul Husna adalah nama-nama yang agung dan indah sesuai dengan sifat-sifat Allah Swt. al-Mu’min berarti Maha Pemberi Aman. Allah Swt. memberikan keamanan kepada setiap makhluk-Nya. al-‘Azhim berarti Maha Agung. Keagungan Allah Swt. dibuktikan dengan ciptaannya yang sangat menabjubkan. al-Hadi berarti Maha Pemberi Petunjuk. Allah Swt. memberi petunjuk manusia yang memohon kepada-Nya.
al-‘Adl berarti Maha Adil. Allah Swt. bersifat Maha Adil kepada semua hamba-Nya.
Al-Hakam berarti Maha Bijaksana. Allah Swt. Maha Bijaksana terhadap semua makhluk-Nya.

D. Proses Pembelajaran
Materi Ajar Kalimat al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).

1. Pendahuluan
            a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan asmaul husna yang                       pernah dipelajari beserta artinya.
            b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan
                 mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
            c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
            a. Peserta didik diajak mengamati gambar.
            b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
                Bagaimana perasaanmu memandang alam sekitar? Siapakah yang                                   menciptakannya? Siapakah yang menjaganya? Siapa yang mengaturnya?
            c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban                       pertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
            d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
                 digunakan adalah  Take and Give.
            e. Yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah:
                         i.  Kartu ukuran ± 10 x 15 cm (sejumlah peserta didik). Tiap kartu berisi                                  sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya), materi sesuai                                       dengan  kompetensi yang ingin dicapai.
Contoh kartu

Nama         : ....................................................................
Sub materi :.....................................................................
NAMA YANG DI BERI
1. ......................................................
2. ......................................................
3. ......................................................
4. ......................................................
5. ......................................................

                        ii. Menyiapkan sub materi: materi yang akan dijadikan sebagai bahan                                    diskusi yaitu: al-asmaa al-Husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan                                   al-Hakam beserta artinya, bukti bahwa Allah bersifat al-Mu’min, al-                                                ‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al-Hakam, dan cara meneladani sifat Allah al-                                         Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al-Hakam. Lihat buku teks.
            f.  Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
            g. Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap peserta didik diberi masing-                      masing satu kartu untuk dipelajari (dihafal) lebih kurang 5 menit.
            h. Semua peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling                         memberi  informasi. Tiap peserta didik harus mencatat nama pasangannya                          pada kartu contoh.
            i.  Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima                materi masing-masing (take and give).
            j.  Untuk mengevaluasi keberhasilan, guru memberikan pertanyaan kepada                         peserta didik yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
            k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi asmaul husna al-                          Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldanal-Hakam.

3. Penutup
            a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan                                         berkaitan dengan asmaul husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al-                    Hakam.
            b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa                                  membiasakan diri untuk meneladani sifat Allah al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-                   ‘Adl dan al-Hakam.
            c. Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran                            yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja                           yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa                        yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh                                      dilakukan.
Catatan
            Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melafalkan kalimat al-asmaa al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam). yang menunjukkan bukti
bahwa Allah Swt. memiliki kalimat al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam). Jadi rambu-rambu jawabannya adalah kalimat al-Asma al-Husna (al Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam) dibuktikan bahwa Allah Swt memberikan :
1) Rasa aman
2) Rasa adil
3) Keagungan
4) Petunjuk
5) Kebijaksanaan
           
            Pada proses kegiatan pembelajaran guru dapat memberikan penilaian melalui    lembar observasi sebagai berikut



No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

Kemampuan
Menjelaskan


Keaktifan
Mencari
Pasangan

Kemampuan
dalam
Menerima
Penjelasan

1
2
3
1
2
3
1
2
3

1











2











3











4











                3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang

Keterangan
Kemampuan
Menjelaskan

Baik
Menggunakan kalimat sederhana, runtut, dan mudah dipahami
Sedang
Menggunakan kalimat sederhana, tidak runtut, tapi bisa dipahami
Kurang
Sulit dipahami
Keaktifan
Mencari
Pasangan
Baik
Mencari 5 atau lebih teman pasangan
Sedang
Mencari 3-4 teman pasangan
Kurang
Mencari 1-2 teman pasangan
Kemampuan
Dalam Menerima
Penjelasan
Baik
Sekali penjelasan langsung paham
Sedang
Masih ada beberapa pertanyaan baru paham
Kurang
Minta kepada teman untuk menjelaskan ulang

Skor maksimal 9
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = --------------------- x 100
                        Skor Maksimal

Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku
bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta didik yaitu berkaitan dengan materi asmaul husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam



E. Penilaian
1)         Al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl yang artinya tiada Yang menjaga         keamanan,Yang Maha Agung, Yang Maha Pemberi Petunjuk dan Yang Maha          Adil.
2)         Hal-hal yang harus dilakukan dalam mengamalkan al-‘Azhim :
            a. Mengagungkan kebesaran Allah Swt.
            b. Menjauhkan segala sikap dan perilaku yang rendah dan menghinakan diri                     seperti: senantiasa mengharap belas kasihan orang lain, mencuri,korupsi,                             menggibah, mengumbar nafsu sahwat dan perut.
            c. Memuliakan orang tua, tetangga,guru, mengasihi saudara, menyayangi                                       sesama, membantu orang lain yang kesulitan hidup, menasehati sesama                            dalam kebaikan.
            d. Menjunjung tinggi ilmu dengan cara menjadi pribadi yang mengamalkan dalam
                kebaikan serta memiliki keahlian dalam suatu bidang.
3)            Hal-hal yang harus dilakukan dalam mengamalkan al- Hadi:
            a. Memperbanyak amal ibadah dan menyibukkan diri untuk selalu mengingat                     Nya.
            b. Saling menasehati dan menyeru kepada kebaikan serta menetapkan dalam
                kesabaran.
4)            Hal-hal yang harus dilakukan dalam mengamalkan al-‘Adl:
            1. Berlaku adil pada diri sendiri dengan meredam nafsu syahwat dan mengikuti                 agama dan akal. Bukan malah sebaliknya.
            2. Membantu orang yang mencari keadilan dan berlaku adil kepada semua                          pihak. Termasuk berlaku adil (kepada diri sendiri) dalam memanfaatkan waktu        yg tersedia demi meraih kemajuan dalam belajar.
5)            Hal-hal yang harus dilakukan dalam mengamalkan al-Hakam:
            1. Menjadikan niat karena Allah sebagai motivasi dalam melakukan setiap                           kebaikan.
            2. Mengutamakan perbuatan baik, menjauhi perbuatan buruk.
            3. Menjadikan musibah atau penderitaan hidup sebagai ujian untuk menjadi lebih
                baik dan semakin dekat kepada-Nya.
            4. Lebih banyak beribadah dari pada berleha-leha.
            5. Lebih banyak bekerja dari pada bercanda dan bicara.
            6. Senantiasa mensyukuri atas segala nikmat yang diberikannya
Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor

1
Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husna betul dan terjemahnya juga betul skor 4
Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husna
betul akan tetapi terjemahnya terdapat unsur kesalahan skor 3
Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husnaterdapat kesalahan akan tetapi terjemahnya betul skor 2
Jika jawaban peserta didik baik kalimat al-Asma al-Husna
dan terjemahnya terdapat kesalahan skor 1

4

2
Jika peserta didik menjawab empat jawaban dan keempatnya betul skor 4
Jika peserta didik menjawab empat jawaban, dua jawaban betul dan dua jawaban salah skor 3
Jika peserta didik menjawab dua jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1

4

3
Jika peserta didik menjawab dua jawaban dan keduanya betul skor 4
Jika peserta didik menjawab dua jawaban, satu jawaban betul dan satu jawaban salah skor 3
Jika peserta didik menjawab satu jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1

4

4
Jika peserta didik menjawab dua jawaban dan keduanya betul skor 4
Jika peserta didik menjawab dua jawaban, satu jawaban betul dan satu jawaban salah skor 3
Jika peserta didik menjawab satu jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1

4

5
Jika peserta didik menjawab enam jawaban dan keenamnya betul skor 4
Jika peserta didik menjawab enam jawaban, tiga jawaban betul dan tiga jawaban salah skor 3
Jika peserta didik menjawab tiga jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1

4
Pedoman Penilaian
Skor tertinggi 20
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = --------------------- x 100
                        Skor Maksimal

Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !

No

pernyataan

Jawaban
B
R R
S

1
Semua manusia akan diuji oleh Allah Swt. kecuali mereka
yang beriman




2
Farid sedang menderita sakit ia berdo’a kepada Allah
supaya diberi kesembuhan.



3
Ahmad tidak pernah berputus asa dan mau bekerja keras
maka ia diberi kemudahn oleh Allah.



4
Pak Rasid selama hidup selalu bersikap dermawan maka
hidupnya akan menjadi miskin.



5
Pak sabar orang yang sangat miskin maka ia tidak
mendapat perlindungan dari Allah Swt.



Keterangan :
B          = benar
RR      = ragu-ragu
S          = salah

Penilaian Kinerja
Lafalkanlah Kalimat
al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) dengan benar beserta artinya di depan gurumu.

Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut :
1)         Jika peserta didik melafalkan kalimat
            al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) dengan        baik dan mengartikan juga dengan baik, nilai 100.
2)         Jika peserta didik melafalkan kalimat
            al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) baik tetapi    dalam mengartikan kurang baik, nilai 90.
3)         Jika peserta didik melafalkan kalimat al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al-      Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) kurang baik dan dalam mengartikan juga kurang   baik, nilai 80.

Tugasku
Skor penilaian sebagai berikut :
1)         Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husna dengan benar dan mengarti-  kannya dengan baik, nilai 100.
2)         Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husna dengan benar tetapi dalam
            mengartikannya kurang baik nilai 90.
3)         Jika pserta didik menulis kalimat al-Asma al-Husna kurang benar dan dalam           mengartikannya juga kurang baik, nilai 80.

F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis ayat dan terjemah:
a). Surah al-Fath ayat 4,
b). Surah al-Waqi’ah ayat 74,
c). Surah al-Hajj ayat 54,
d) Surah al-Infithor ayat 7, dan
e). Surah as-Sajadah ayat 7.
2. Menulis bunyi al-Asma al-Husna yang terdapat dalam setiap ayat tersebut.

G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
            Pada pelajaran ini orang tua/wali murid diminta partisipasinya agar peserta didik
dapat meneladani sifat-sifat Allah yang terdapat pada asmaul husna al-Mu’min, al-‘Azhim,
al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam.


Mengetahui,
Kepala..............



( ......................................... )
NIP.

........................... 
Guru Mapel Aqidah Akhlak.



( ..................................... )
NIP. -
Demikian contoh RPP Aqidah kurikulum 13 kelas IV MI BAB 2 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya,  mungkin contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2 Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh




0 komentar:

Posting Komentar