Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2 ini, sebagai kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1 yang sudah saya publis sebelumnya, dan untuk tau bagaimana contoh RPP Aqidah Ahlak kurikulum 2013 BAB I silahkan baca di artikel contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1. sengaja kami buat untuk membantu guru - guru khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dalam pelajaran bidang agama. Bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2 ini, sebagai kelanjutan contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1 yang sudah saya publis sebelumnya, dan untuk tau bagaimana contoh RPP Aqidah Ahlak kurikulum 2013 BAB I silahkan baca di artikel contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 dari BAB 1. sengaja kami buat untuk membantu guru - guru khususnya yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dalam pelajaran bidang agama. Bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI ini sesuai isi dari buku guru per-BAB, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.
bab 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : ...............................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.2 Meyakini Allah Swt sebagai al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam.
3.2 Mengenal sifat-sifat Allah Swt yang
terkandung dalam al-Asma’ al-Husnaa (al Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).
4.2 Melafalkan al-Asma al-Husna (al-Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al- Hakam) dan artinya.
Indikator
1. Menyebutkan arti al-Mu’min.
2. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat al-Mu’min.
3. Meneladani sifat al-Mu’min.
4. Menyebutkan arti al-‘Azhim.
5. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat al-‘Azhim.
6. Meneladani sifat al-‘Azhim.
7. Menyebutkan arti al-Hadi.
8. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat al-Hadi.
9. Meneladani sifat al-Hadi
10. Menyebutkan arti al-‘Adl.
11. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat al-‘Adl.
12. Meneladani sifat al-‘Adl.
13. Menyebutkan arti al-Hakam.
14. Memberikan contoh bukti bahwa
Allah bersifat al-Hakam.
15. Meneladani sifat al-Hakam.
C. Materi Pokok
Kalimat al-Asma al-Husna(al-Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam).Asmaul Husna adalah nama-nama yang agung dan
indah sesuai dengan sifat-sifat Allah Swt. al-Mu’min berarti Maha Pemberi Aman. Allah
Swt. memberikan keamanan kepada setiap makhluk-Nya. al-‘Azhim berarti Maha Agung. Keagungan Allah
Swt. dibuktikan dengan ciptaannya yang sangat menabjubkan. al-Hadi berarti Maha Pemberi Petunjuk. Allah Swt. memberi
petunjuk manusia yang memohon kepada-Nya.
al-‘Adl berarti Maha Adil. Allah Swt. bersifat Maha Adil
kepada semua hamba-Nya.
Al-Hakam berarti Maha Bijaksana. Allah Swt.
Maha Bijaksana terhadap semua makhluk-Nya.
D. Proses Pembelajaran
Materi Ajar
Kalimat al-Asma
al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi,
al-‘Adl, dan al-Hakam).
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta
didik untuk menyebutkan asmaul husna yang pernah dipelajari beserta artinya.
b. Guru memberikan apresiasi
terhadap semua jawaban peserta didik dan
mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak mengamati
gambar.
b. Guru mendorong peserta didik agar
dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya,
Bagaimana perasaanmu memandang alam sekitar? Siapakah yang menciptakannya? Siapakah yang menjaganya?
Siapa yang mengaturnya?
c. Setelah proses bertanya peserta
didik diminta untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut dengan cara membaca
buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini
salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Take and
Give.
e. Yang perlu dipersiapkan oleh guru
adalah:
i. Kartu
ukuran ± 10 x 15 cm (sejumlah peserta didik). Tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan
kartu yang lainnya), materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai.
Contoh kartu
Nama : ....................................................................
Sub materi
:.....................................................................
NAMA YANG DI BERI
1.
......................................................
2.
......................................................
3.
......................................................
4.
......................................................
5.
......................................................
|
ii. Menyiapkan sub
materi: materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: al-asmaa
al-Husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam beserta artinya, bukti bahwa Allah
bersifat al-Mu’min, al- ‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al-Hakam, dan cara meneladani sifat Allah al- Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al-Hakam. Lihat buku teks.
f. Guru menjelaskan materi sesuai kompetensi yang
ingin dicapai.
g. Untuk memantapkan penguasaan
peserta tiap peserta didik diberi masing- masing satu kartu untuk dipelajari
(dihafal) lebih kurang 5 menit.
h. Semua peserta didik disuruh
berdiri dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Tiap peserta didik harus mencatat
nama pasangannya pada kartu contoh.
i. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat
saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
j. Untuk mengevaluasi keberhasilan, guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang tidak sesuai dengan kartunya
(kartu orang lain).
k. Guru memberikan penguatan
berkaitan dengan materi asmaul husna al- Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldanal-Hakam.
3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru
diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan asmaul husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adldan al- Hakam.
b. Guru memberikan penekanan kepada
peserta didik agar senantiasa membiasakan diri untuk meneladani sifat Allah al-Mu’min,
al-‘Azhim, al-Hadi, al- ‘Adl dan al-Hakam.
c. Guru mengajak peserta didik untuk
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan, materi apa saja yang
telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta
didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan
dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Catatan
Pada kolom kegiatan, peserta didik
diminta untuk melafalkan kalimat al-asmaa
al-Husna (al-Mu’min,
al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam). yang menunjukkan bukti
bahwa Allah
Swt. memiliki kalimat al-Asma
al-Husna (al-Mu’min,
al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam). Jadi rambu-rambu jawabannya adalah kalimat al-Asma al-Husna (al Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam) dibuktikan bahwa Allah Swt memberikan :
1) Rasa aman
2) Rasa adil
3) Keagungan
4) Petunjuk
5)
Kebijaksanaan
Pada proses kegiatan pembelajaran
guru dapat memberikan penilaian melalui lembar
observasi sebagai berikut
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
Kemampuan
Menjelaskan
|
Keaktifan
Mencari
Pasangan
|
Kemampuan
dalam
Menerima
Penjelasan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
3 = Baik 2 =
Sedang 1 = Kurang
Keterangan
Kemampuan
Menjelaskan
|
Baik
|
Menggunakan kalimat sederhana,
runtut, dan mudah dipahami
|
Sedang
|
Menggunakan kalimat sederhana,
tidak runtut, tapi bisa dipahami
|
|
Kurang
|
Sulit dipahami
|
|
Keaktifan
Mencari
Pasangan
|
Baik
|
Mencari 5 atau
lebih teman pasangan
|
Sedang
|
Mencari 3-4 teman
pasangan
|
|
Kurang
|
Mencari 1-2 teman
pasangan
|
|
Kemampuan
Dalam Menerima
Penjelasan
|
Baik
|
Sekali penjelasan
langsung paham
|
Sedang
|
Masih ada beberapa
pertanyaan baru paham
|
|
Kurang
|
Minta kepada teman
untuk menjelaskan ulang
|
Skor
maksimal 9
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= --------------------- x 100
Skor Maksimal
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah
berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku
bisa berisi
perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan
agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom
“Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta
didik yaitu berkaitan dengan materi asmaul
husna al-Mu’min, al-‘Azhim, al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam
E. Penilaian
1) Al-Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl yang artinya tiada Yang menjaga keamanan,Yang Maha Agung, Yang Maha
Pemberi Petunjuk dan Yang Maha Adil.
2) Hal-hal yang harus dilakukan dalam
mengamalkan al-‘Azhim :
a. Mengagungkan kebesaran Allah Swt.
b. Menjauhkan segala sikap dan
perilaku yang rendah dan menghinakan diri seperti: senantiasa mengharap belas kasihan
orang lain, mencuri,korupsi, menggibah, mengumbar nafsu sahwat dan
perut.
c. Memuliakan orang tua,
tetangga,guru, mengasihi saudara, menyayangi sesama, membantu orang lain yang kesulitan
hidup, menasehati sesama dalam kebaikan.
d. Menjunjung tinggi ilmu dengan
cara menjadi pribadi yang mengamalkan dalam
kebaikan serta memiliki keahlian dalam suatu bidang.
3) Hal-hal yang harus dilakukan dalam
mengamalkan al- Hadi:
a. Memperbanyak amal ibadah dan
menyibukkan diri untuk selalu mengingat Nya.
b. Saling menasehati dan menyeru
kepada kebaikan serta menetapkan dalam
kesabaran.
4) Hal-hal yang harus dilakukan dalam
mengamalkan al-‘Adl:
1. Berlaku adil pada diri sendiri
dengan meredam nafsu syahwat dan mengikuti agama dan akal. Bukan malah sebaliknya.
2. Membantu orang yang mencari
keadilan dan berlaku adil kepada semua pihak. Termasuk berlaku adil (kepada diri
sendiri) dalam memanfaatkan waktu yg tersedia demi meraih kemajuan dalam
belajar.
5) Hal-hal yang harus dilakukan dalam
mengamalkan al-Hakam:
1. Menjadikan niat karena Allah
sebagai motivasi dalam melakukan setiap kebaikan.
2. Mengutamakan perbuatan baik,
menjauhi perbuatan buruk.
3. Menjadikan musibah atau
penderitaan hidup sebagai ujian untuk menjadi lebih
baik dan semakin dekat kepada-Nya.
4. Lebih banyak beribadah dari pada
berleha-leha.
5. Lebih banyak bekerja dari pada
bercanda dan bicara.
6. Senantiasa mensyukuri atas segala
nikmat yang diberikannya
Rubrik
penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
|
1
|
Jika
peserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husna betul dan terjemahnya juga betul
skor 4
Jika
peserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husna
betul akan
tetapi terjemahnya terdapat unsur kesalahan skor 3
Jika
peserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husnaterdapat
kesalahan akan tetapi terjemahnya betul skor 2
Jika
jawaban peserta didik baik kalimat al-Asma
al-Husna
dan terjemahnya
terdapat kesalahan skor 1
|
4
|
2
|
Jika
peserta didik menjawab empat jawaban dan keempatnya betul skor 4
Jika
peserta didik menjawab empat jawaban, dua jawaban betul dan dua jawaban salah
skor 3
Jika
peserta didik menjawab dua jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika
peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1
|
4
|
3
|
Jika
peserta didik menjawab dua jawaban dan keduanya betul skor 4
Jika
peserta didik menjawab dua jawaban, satu jawaban betul dan satu jawaban salah
skor 3
Jika
peserta didik menjawab satu jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika
peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1
|
4
|
4
|
Jika
peserta didik menjawab dua jawaban dan keduanya betul skor 4
Jika
peserta didik menjawab dua jawaban, satu jawaban betul dan satu jawaban salah
skor 3
Jika
peserta didik menjawab satu jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika
peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1
|
4
|
5
|
Jika
peserta didik menjawab enam jawaban dan keenamnya betul skor 4
Jika
peserta didik menjawab enam jawaban, tiga jawaban betul dan tiga jawaban
salah skor 3
Jika
peserta didik menjawab tiga jawaban dan jawaban tersebut betul skor 2
Jika
peserta didik memberikan jawaban namun tidak ada jawaban yang betul skor 1
|
4
|
Pedoman
Penilaian
Skor
tertinggi 20
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= --------------------- x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
B
|
R R
|
S
|
||
1
|
Semua
manusia akan diuji oleh Allah Swt. kecuali mereka
yang
beriman
|
|||
2
|
Farid
sedang menderita sakit ia berdo’a kepada Allah
supaya
diberi kesembuhan.
|
|||
3
|
Ahmad
tidak pernah berputus asa dan mau bekerja keras
maka ia
diberi kemudahn oleh Allah.
|
|||
4
|
Pak Rasid
selama hidup selalu bersikap dermawan maka
hidupnya
akan menjadi miskin.
|
|||
5
|
Pak sabar
orang yang sangat miskin maka ia tidak
mendapat
perlindungan dari Allah Swt.
|
Keterangan :
B =
benar
RR = ragu-ragu
S =
salah
Penilaian Kinerja
Lafalkanlah
Kalimat
al-Asma
al-Husna (al-Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) dengan benar beserta artinya di depan gurumu.
Rubrik Penilaian
Skor
penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik melafalkan kalimat
al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi,
al-‘Adl, dan al-Hakam) dengan baik dan mengartikan juga dengan baik, nilai 100.
2) Jika peserta didik melafalkan kalimat
al-Asma al-Husna (al-Mu’min, al-‘Azhim, al- Hadi,
al-‘Adl, dan al-Hakam) baik tetapi dalam mengartikan kurang baik, nilai 90.
3) Jika peserta didik melafalkan kalimat al-Asma
al-Husna (al-Mu’min,
al-‘Azhim, al- Hadi, al-‘Adl, dan al-Hakam) kurang baik dan dalam mengartikan
juga kurang baik, nilai 80.
Tugasku
Skor
penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husna dengan
benar dan mengarti- kannya dengan baik,
nilai 100.
2) Jika peserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husna dengan
benar tetapi dalam
mengartikannya kurang baik nilai 90.
3) Jika pserta didik menulis kalimat al-Asma
al-Husna kurang benar
dan dalam mengartikannya juga kurang baik, nilai 80.
F. Pengayaan
Bagi peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi
pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan
nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Diantara
contoh soal pengayaan yang dapat diberikan adalah:
1. Menulis
ayat dan terjemah:
a). Surah
al-Fath ayat 4,
b). Surah
al-Waqi’ah ayat 74,
c). Surah
al-Hajj ayat 54,
d) Surah
al-Infithor ayat 7, dan
e). Surah
as-Sajadah ayat 7.
2. Menulis
bunyi al-Asma al-Husna yang terdapat dalam setiap ayat
tersebut.
G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi
tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi
itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang
dianggap sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai).
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta didik
dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi
ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh
peserta didik.
Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan
dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta
memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang
tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta
membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
Pada pelajaran ini orang tua/wali
murid diminta partisipasinya agar peserta didik
dapat
meneladani sifat-sifat Allah yang terdapat pada asmaul husna
al-Mu’min, al-‘Azhim,
al-Hadi, al-‘Adl dan al-Hakam.
Demikian contoh RPP Aqidah kurikulum 13 kelas IV MI BAB 2 yang dapat kami sajikan.dan selanjutnya bisa dilihat di Bab selanjutnya, mungkin contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 2.
Masih banyak kekurangan disana sini, karena itu kami sangat mengharap
Masukan, Saran, Kritik atau Ralat, agar Pembahasan ini bisa menjadi
lebih baik.
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Mengetahui,
Kepala..............
( ......................................... )
NIP.
|
...........................
Guru Mapel Aqidah Akhlak.
( ..................................... )
NIP. -
|
Terima Kasih.
Wassalaamu alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
0 komentar:
Posting Komentar