Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3 sampai BAB 5. Kami mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3. sampai BAB 5 karena Banyak diantara guru di indonesia yang merasa kebingungan dalam mencari contoh RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3 sampai BAB 5. apa saja bentuk dari masing komponen-komponen RPP Aqidah Akhlak kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3. sampai BAB 5 tersebut, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.
BAB 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nama Madrasah : .........................
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu :
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.3 Meyakini adanya kitab-kitab Allah Swt
3.3. Mengetahui adanya kitab-kitab Allah Swt
sebagai implementasi dari pengamalan rukun
Iman ke-3 (tiga).
4.3. Menceritakan kitab-kitab Allah Swt
beserta nabi yang menerimanya.
Indikator
KD :
1. Menjelaskan pengertian
kitab-kitab Allah Swt.
2. Menyebutkan nama kitab-kitab
Allah Swt.
3. Menjelaskan nabi penerima
kitab-kitab Allah Swt.
4. Menyajikan contoh perilaku akhlak
mulia sebagai implementasi dari rukun Iman ke tiga.
Pada kolom
“Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi
oleh peserta
didik yaitu berkaitan dengan materi makanan halal dan haram.
Kolom hikmah
berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup
C. Materi Pokok
Beriman
kepada kitab-kitab Allah.
Beriman
kepada kitab-kitab Allah Swt. merupakan rukun Iman yang ketiga.
Kita wajib
meyakini keberadaan kitab-kitab Allah Swt. Di antara kitab-kitab Allah
yang
diturunkan kepada para Rasul-Nya adalah Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an.
- Kitab
Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as.,
- Kitab
Zabur diturunkan kepada Nabi Daud as.,
- Kitab
Injil diturunkan kepada Nabi Isa as. dan
- Kitab Suci
Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
Meyakini
kitab-kitab Allah swat. dapat dilakukan dengan cara:
a.
Mempercayai keberadaan kitab Taurat, Zabur , Injil dan Al-Qur’an.
b.
Mempelajari isi kandunganAl-Qur’an.
c.
Mempraktekkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
d. Membaca
Al-Qur’an dengan baik dan benar.
D. Proses Pembelajaran
1. Pendahuluan
a. Guru bertanya kepada peserta didik
untuk menyebutkan enam rukun iman.
b. Guru memberikan apresiasi
terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
c. Guru menyampaikan tujuan
pembelajara
2. Kegiatan Inti
a. Peserta didik diajak untuk menyanyikan
lagu “Kitab-kitab Allah”.
b. Guru mendorong peserta didik agar
dapat bertanya kaitannya dengan isi lagu
tersebut.Misalnya, kitab apakah yang diturunkan kepada Nabi
Muhammad saw.?
Berapa nabi yang menerima kitab-kitab Allah Swt. yang dijelaskan dalam
Al-
Qur’an? Siapakah yang menerima kitab Zabur?
c. Setelah proses bertanya peserta
didik diminta untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut dengan cara membaca
buku teks.
d. Untuk menguasai kompetensi ini
salah satu model pembelajaran yang dapat
digunakan adalah Make a Match.
e. Yang perlu dipersiapkan oleh guru
adalah menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang
cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban.
|
|
|
|
f. Guru mengocok kartu terlebih
dahulu dan membagikan kartu kepada peserta didik (usahakan setiap peserta didik
mendapat satu kartu, tetapi jika peserta didiknya masih ada yang belum dapat kartu
maka dapat dimintai bantuannya untuk menjadi pengamat).
g. Tiap peserta didik memikirkan
jawaban/soal dari kartu yang dipegang
h. Setiap peserta didik mencari
pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
i. Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
j. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar
tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
k. Guru memberikan penguatan
berkaitan dengan materi beriman kepada kitab-
kitab Allah Swt.
3. Penutup
a. Peserta didik dengan bantuan guru
diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi beriman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
b. Guru memberikan penekanan kepada
peserta didik agar senantiasa berakhlak mulia sebagai implementasi rukun iman yang
ke tiga.
c. Guru meminta peserta didik untuk
mempelajari materi berikutnya yaitu
Indahnya berprilaku terpuji.
Lembar pengamatan
No
|
Nama peserta didik
|
Aspek perilaku belajar yang diamati
|
Jumlah skor
|
||||||||
Kemampuan
Menjelaskan
|
Keaktifan
Mencari
Pasangan
|
Kemampuan
dalam
Menerima
Penjelasan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
Keterangan
(Indikator) Keaktifan :
(Indikator) Keaktifan :
-
Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
-
Membaca materi pembelajaran dengan baik
-
Bertanya dengan inisiatif sendiri
-
Menjawab pertanyaan guru
-
Menjawab pertanyaan peserta didik lain
-
Mengajukan ide/ gagasan
Tinggi : jika 4-6 indikator muncul
Sedang : jika 3-4 indikator muncul
Rendah : jika 1-2 indikator muncul
(Indikator)
Kerja sama :
Tinggi : - bekerja sama dengan semangat
yang tinggi
- dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
- dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman
yang kurang mampu
Sedang : - mau bekerja sama
- dalam bekerja sama masih memilah-milih
teman dalam kelompok
- dalam bekerja sama masih ada unsur
merendahkan teman yang kurang mampu
Rendah : - mau bekerja sama karena
keterpaksaan
- tidak mau bekerja sama
(Indikator) tanggung
jawab :
- Melaksanakan tugas sungguh – sungguh
- Melaksanakan tugas tepat waktu
- Melaksanakan dengan perolehan hasil
yang maksimal
Tinggi : jika 3 indikator muncul
Sedang : jika 2 indikator muncul
Rendah : jika 1 indikator muncul
Catatan
Pada kolom kegiatan, peserta didik
diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas, diantaranya:
1. Mengisi
tabel kitab Allah Swt. dan nabi yang menerimanya.
2. Menjawab
beberapa pertanyaan diantaranya mengapa kita wajib meyakini kitab-
kitab Allah Swt., Bagaimana caranya
meyakini kitab-kitab Allah Swt.?
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah
berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup.
Kolom aku
bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik.
Kolom
hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom
“Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta
didik yaitu berkaitan dengan materi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
E. Penilaian
Kunci
Jawaban kolom Ayo Berlatih
1) Rukun
iman yang ketiga.
2) Nabi Isa
as.
3) Taurat
4) Nabi Daud
as.
5) Nabi
Muhammad saw.
Rubrik
penilaian
Soal
|
Rubrik
penilaian
|
Skor
|
1
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
2
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
3
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
4
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
5
|
Jika
jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika
jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2
|
6
|
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ------------------------------ x 100
Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah
tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !
No
|
pernyataan
|
Jawaban
|
||
B
|
R R
|
S
|
||
1
|
Kitab-kitab
Allah Swt. selain Al-Qur’an sudah tidak
berlaku
lagi saat ini bagi umat Islam.
|
|||
2
|
Al-Qur’an
terpelihara sampai akhir zaman.
|
|||
3
|
Membaca
dan menghafal Al-Qur’an sebagai bukti
beriman kepada
kitab-kitab Allah Swt.
|
|||
4
|
Injil
diturunkan untuk kaum nasrani.
|
|||
5
|
Kita tidak
perlu mempercayai kitab-kitab Allah selain
Al-Qur’an.
|
Keterangan :
B = benar
RR = ragu-ragu
S = salah
Rubrik
penilaian
No soal
|
Rubrik penilaian
|
Skor
|
1
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
2
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
3
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
4
|
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
|
6
|
5
|
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
|
6
|
Pedoman penskoran
Skor
tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir
= ----------------------x 100
Skor Maksimal
Penilaian Kinerja
Ayo carilah
dalam Al-Qur’an ayat-ayat yang menjelaskan tentang diturunkannya kitab-
kitab Allah
kepada para nabi dan rasul!
Rubrik Penilaian
Skor
penilaian sebagai berikut.
1) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik kurang sesuai dengan rambu-rambu
jawaban dan mengumpulkannya setelah
waktu yang telah ditentukan, nilai 80.
Tugasku
Tahukah
kalian bahwa nabi dan rasul menerima wahyu dari Allah melalui perantara?
Carilah
informasi tersebut kepada guru
dan orang
tua kalian bagaimana para nabi
dan rasul
itu menerima wahyu?
Rubrik Penilaian
Skor
penilaian sebagai berikut.
1) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban dan
mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3) Jika tugas yang dibuat oleh peserta
didik kurang sesuai dengan rambu-rambu jawaban
dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.
Catatan
- Guru dapat mengembangkan soal
berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
- Guru diharapkan memiliki catatan
sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam
proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema
: ...................................................................
Sub Tema :
...................................................................
Hari/tanggal :
...................................................................
No
|
Nama peserta didik
|
Perilaku yang di amati
|
||||||||
Percaya diri
|
disiplin
|
bekerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
Keterangan:
3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 :
Belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta
didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi
pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan
nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
G. Remedial
Bagi peserta didik yang belum
mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi
tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi
itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap
sulit oleh peserta didik.
Pelaksanaan remedial dilakukan pada
hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam
belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah
jam belajar selesai).
H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Kegitan belajar peserta didik
dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi
ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh
peserta didik.
Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan
dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta
memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang
tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta
membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.
Mengetahui ...........................
Kepala.............. GURU MAPEL
........................ .........................
Artikel terkait
Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB I
Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB II
Mengetahui ...........................
Kepala.............. GURU MAPEL
........................ .........................
Demikian contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3
Artikel terkait
Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB I
Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB II
Terimakasih min,,sangat bermanfaat
BalasHapus