Selasa, 01 Maret 2016

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 AQIDAH AKHLAK BAB 3 KELAS IV SEMESTER 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini, Kami akan berbagi tentang contoh RPP Aqidah Akhlak  kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3 sampai BAB 5. Kami  mencoba membuat contoh RPP Aqidah Akhlak  kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3.  sampai BAB 5  karena Banyak diantara guru di indonesia yang merasa kebingungan dalam mencari contoh RPP Aqidah Akhlak  kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3 sampai BAB 5. apa saja  bentuk dari masing komponen-komponen   RPP  Aqidah Akhlak  kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3.  sampai BAB 5  tersebut, langsung saja berikut contoh RPP kurikulum 2013.


BAB 3
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP) 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
 
Nama Madrasah        : .........................
Mata Pelajaran           : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester          : IV/I
Alokasi Waktu            :

A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya
        berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
        kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
        tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
        logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
        sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
        berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar (KD)
1.3       Meyakini adanya kitab-kitab Allah Swt
3.3.      Mengetahui adanya kitab-kitab Allah Swt sebagai implementasi dari pengamalan           rukun Iman ke-3 (tiga).
4.3.      Menceritakan kitab-kitab Allah Swt beserta nabi yang menerimanya.

            Indikator KD :
            1. Menjelaskan pengertian kitab-kitab Allah Swt.
            2. Menyebutkan nama kitab-kitab Allah Swt.
            3. Menjelaskan nabi penerima kitab-kitab Allah Swt.
            4. Menyajikan contoh perilaku akhlak mulia sebagai implementasi dari rukun                      Iman ke  tiga.

Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi
oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi makanan halal dan haram.
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup

C. Materi Pokok
Beriman kepada kitab-kitab Allah.
Beriman kepada kitab-kitab Allah Swt. merupakan rukun Iman yang ketiga.
Kita wajib meyakini keberadaan kitab-kitab Allah Swt. Di antara kitab-kitab Allah
yang diturunkan kepada para Rasul-Nya adalah Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an.
- Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as.,
- Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud as.,
- Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa as. dan
- Kitab Suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

Meyakini kitab-kitab Allah swat. dapat dilakukan dengan cara:
a. Mempercayai keberadaan kitab Taurat, Zabur , Injil dan Al-Qur’an.
b. Mempelajari isi kandunganAl-Qur’an.
c. Mempraktekkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
d. Membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

D. Proses Pembelajaran

1. Pendahuluan
            a. Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan enam rukun iman.
            b. Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan                            mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
            c. Guru menyampaikan tujuan pembelajara
2. Kegiatan Inti
            a. Peserta didik diajak untuk menyanyikan lagu “Kitab-kitab Allah”.
            b. Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya kaitannya dengan isi lagu
                tersebut.Misalnya, kitab apakah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad                     saw.?
                Berapa nabi yang menerima kitab-kitab Allah Swt. yang dijelaskan dalam Al-
                Qur’an? Siapakah yang menerima kitab Zabur?
            c. Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban                       pertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
            d. Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat
                digunakan adalah Make a Match.
            e. Yang perlu dipersiapkan oleh guru adalah menyiapkan beberapa kartu yang                  berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian                      kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
DITERIMA OLEH NABI MUHAMMAD
 
KITAB AL- QUR’AN
 
Contoh Kartu
DITERIMA OLEH NABI
DAUD AS.

 
KITAB ZABUR
 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
                f. Guru mengocok kartu terlebih dahulu dan membagikan kartu kepada peserta                   didik (usahakan setiap peserta didik mendapat satu kartu, tetapi jika peserta                      didiknya masih ada yang belum dapat kartu maka dapat dimintai bantuannya                      untuk menjadi pengamat).
            g. Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
            h. Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok                      dengan kartunya (soal jawaban)
            i.  Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu                 diberi poin.
            j.  Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu                    yang berbeda dari sebelumnya.
            k. Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi beriman kepada kitab-                kitab Allah Swt.

3. Penutup
            a. Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan                                         berkaitan dengan materi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
            b. Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar senantiasa berakhlak               mulia sebagai implementasi rukun iman yang ke tiga.
            c. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi berikutnya yaitu                              Indahnya berprilaku terpuji.

Lembar pengamatan


No


Nama peserta didik
Aspek perilaku belajar yang diamati


Jumlah skor

Kemampuan
Menjelaskan


Keaktifan
Mencari
Pasangan

Kemampuan
dalam
Menerima
Penjelasan

1
2
3
1
2
3
1
2
3

1











2











3











4











Keterangan
(Indikator) Keaktifan :
-       Mengikuti proses pembelajaran dengan baik
-       Membaca materi pembelajaran dengan baik
-       Bertanya dengan inisiatif sendiri
-       Menjawab pertanyaan guru
-       Menjawab pertanyaan peserta didik lain
-       Mengajukan ide/ gagasan
Tinggi        : jika 4-6 indikator muncul
Sedang     : jika 3-4 indikator muncul
Rendah      : jika 1-2 indikator muncul
(Indikator) Kerja sama :
Tinggi             : - bekerja sama dengan semangat yang tinggi
                           - dalam bekerja sama tanpa membedakan teman
                           - dalam bekerja sama tanpa merendahkan teman yang kurang mampu
Sedang          : - mau bekerja sama
                           - dalam bekerja sama masih memilah-milih teman dalam kelompok
                           - dalam bekerja sama masih ada unsur merendahkan teman yang                                         kurang mampu
Rendah         : - mau bekerja sama karena keterpaksaan
                           - tidak mau bekerja sama
(Indikator) tanggung jawab :
-       Melaksanakan tugas sungguh – sungguh
-       Melaksanakan tugas tepat waktu
-       Melaksanakan dengan perolehan hasil yang maksimal
Tinggi        : jika 3 indikator muncul
Sedang     : jika 2 indikator muncul
Rendah     : jika 1 indikator muncul

Catatan
            Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas, diantaranya:
1. Mengisi tabel kitab Allah Swt. dan nabi yang menerimanya.
2. Menjawab beberapa pertanyaan diantaranya mengapa kita wajib meyakini kitab-
    kitab Allah Swt., Bagaimana caranya meyakini kitab-kitab Allah Swt.?

Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup.
Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik.
Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.

Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh
peserta didik yaitu berkaitan dengan materi beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

E. Penilaian
Kunci Jawaban kolom Ayo Berlatih
1) Rukun iman yang ketiga.
2) Nabi Isa as.
3) Taurat
4) Nabi Daud as.
5) Nabi Muhammad saw.

Rubrik penilaian
Soal
Rubrik penilaian
Skor

1
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

2
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

3
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

4
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

5
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2

6

Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ------------------------------ x 100
                        Skor Maksimal
Penilaian Sikap
Berilah tanda centang (V ) diantara kolom benar, ragu-ragu dan salah !


No

pernyataan

Jawaban
B
R R
S

1
Kitab-kitab Allah Swt. selain Al-Qur’an sudah tidak
berlaku lagi saat ini bagi umat Islam.



2
Al-Qur’an terpelihara sampai akhir zaman.



3
Membaca dan menghafal Al-Qur’an sebagai bukti
beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.



4
Injil diturunkan untuk kaum nasrani.



5
Kita tidak perlu mempercayai kitab-kitab Allah selain
Al-Qur’an.



Keterangan :
B         = benar
RR      = ragu-ragu
S         = salah

Rubrik penilaian
No soal
Rubrik penilaian
Skor
1
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
2
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
3
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
4
Benar skor 1, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 6
6
5
Benar skor 6, Ragu-ragu skor 3, Salah Skor 1
6
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
                        Skor Diperoleh
Nilai Akhir = ----------------------x 100
                        Skor Maksimal


Penilaian Kinerja
Ayo carilah dalam Al-Qur’an ayat-ayat yang menjelaskan tentang diturunkannya kitab-
kitab Allah kepada para nabi dan rasul!

Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
1)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu
            jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.

Tugasku
Tahukah kalian bahwa nabi dan rasul menerima wahyu dari Allah melalui perantara?
Carilah informasi tersebut kepada guru
dan orang tua kalian bagaimana para nabi
dan rasul itu menerima wahyu?

Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut.
1)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, nilai 100.
2)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik sesuai dengan rambu-rambu jawaban             dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 90.
3)         Jika tugas yang dibuat oleh peserta didik kurang sesuai dengan rambu-rambu   jawaban dan mengumpulkannya setelah waktu yang telah ditentukan, nilai 80.
Catatan
-       Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penilaiannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
-       Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai – nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini.
Lembar Pengamatan Sikap
Tema                     : ...................................................................
Sub Tema              : ...................................................................
Hari/tanggal          : ...................................................................


No

Nama peserta didik
Perilaku yang di amati
Percaya diri
disiplin
bekerjasama
3
2
1
3
2
1
3
2
1

































            Keterangan:
            3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat
F. Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah menguasai materi pembelajaran, diminta untuk mengerjakan
materi pengayaan yang sudah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).

G. Remedial
            Bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar, guru sebaiknya
mengidentifikasi tujuan pembelajaran belum dikuasai oleh peserta didik. Berdasar dari
identifikasi itu, guru menyampaikan pembelajaran ulang yang sudah fokus pada materi
yang dianggap sulit oleh peserta didik.
            Pelaksanaan remedial dilakukan pada hari dan waktu tertentu yang sesuai dengan keadaan, contoh: pada saat jam belajar (apabila masih ada waktu), diluar jam pembelajaran (30 menit setelah jam belajar selesai).

H. Interaksi Guru dengan Orang Tua
            Kegitan belajar peserta didik dimadrasah sebaiknya dikomunikasikan kepada orang tua/wali murid. Komunikasi ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan belajar yang telah dialami oleh peserta didik.
            Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan dengan cara pihak madrasah menyediakan buku penghubung. Peserta didik diminta memperlihatkan “komentar guru” yang ada pada buku penghubung kepada orang tua/wali murid, dan orang tua/wali murid memberikan komentar balik serta membubuhkan paraf sebagai tanda telah diketahui oleh orang tua/wali murid.

Mengetahui                                                        ...........................
Kepala..............                                                 GURU MAPEL



........................                                                      .........................

Demikian contoh RPP Aqidah kurikulum 2013 kelas IV MI BAB 3

Artikel terkait

Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB I
Contoh RPP Aqidah Ahlak Kurikulum 2013 BAB II

1 komentar: